Page Builder Terbaik Untuk Kamu! Ini 5 Di Antaranya
Blog Tips Keren

Page Builder Terbaik Untuk Kamu! Ini 5 Di Antaranya

Saat ini membuat website, terutama WordPress jadi semakin mudah. Bahkan karena saking mudahnya, kamu nggak perlu belajar bahasa pemograman yang rumit. Kamu bisa memilih tema yang bermacam-macam dengan kostumisasi yang sesuai dengan keinginanmu. Atau, kamu bisa membuat website dambaanmu dengan memakai page builder. Mungkin sebagian dari kalian kebingungan ketika mendengarkan kata-kata page builder. Apalagi kamu yang baru menggeluti dunia website.

Apa sih Plugin Page Builder itu?

Page builder ini merupakan sebuah plugin yang memberikan kemudahan untuk para pemula atau bahkan para profesional di bidang website untuk membuat website dan menata website mereka secara instan. Hal yang membuat plugin yang satu ini cukup membantu adalah cara menggunakannya. Untuk mengkostumisasi tata letak websitemu, tak perlu pakai coding. Kamu hanya perlu men-drag and drop item-item yang ingin kamu letakkan pada page tersebut. Di atas tadi dikatakan bahwa untuk para profesional pun plugin ini cukup membantu. Biasanya para profesional itu menggunakan tema-tema premium dari WordPress. Tema-tema tersebut memang memberikanmu kesempatan untuk mengatur halaman websitemu. Tapi kamu tetap harus menambahkan script entah HTML atau CSS dan pengetahuan dasar soal pemograman.

Tapi dengan bantuan plugin yang satu ini, kamu bisa mengatur tata letak dengan lebih mudah dan sederhana. Bahkan dengan page builder ini kamu bisa mengaplikasikan template yang berbeda pada tiap halamannya. Kamu juga bisa menambahkan price list produkmu, portofolio, event, dan lain sebagainya sesuai kebutuhanmu.

 

page-builder-01

Manfaat Plugin Page Builder

Kita sudah membicarakan pengertian dan apa itu page builder. Sekarang kita akan membahas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari jenis plugin yang satu ini selain yang sudah sedikit  disebutkan di atas tadi.

1. Waktu Pembuatan Website Lebih Cepat

Dengan menggunakan plugin ini, kamu tak perlu buang-buang banyak waktu untuk merancang konsep websitemu. Dengan fitur yang ditawarkan plugin ini, kamu bisa menyesuaikannya dengan lebih cepat.

2. Lebih Mudah Saat Upgrade Konten.

Plugin ini, selain membuat waktu penggarapan website lebih cepat, kamu juga bisa memodifikasi websitemu sesuai kebutuhan. Bukan Cuma sekali! Jika di masa depan nanti kamu ingin merubah beberapa elemen dari websitemu atau menambahkan dan mengurangi beberapa hal di website tersebut, kamu tinggal masuk ke bagian editor. Kemudian tinggal drag and drop saja dan atur websitemu sesuai keinginan.

3. Tanpa Coding

Memahami coding memang membutuhkan waktu dan tidak mudah. Banyak orang yang bilang bahwa memahami coding atau pemograman itu rumit. Sebaigan bahkan mengatakan bahwa coding adalah bahasa alien. Masalahnya, ketika kamu mau mengedit page websitemu, kamu butuh coding. Tapi itu dulu sebelum ada plugin ini. Dengan adanya page builder ini, kamu bisa mengatur websitemu tanpa perlu memahami coding yang rumit itu.

page-builder-03

4. Kostumisasi Suka-suka

Plugin ini membantumu untuk meng-kostumisasi desain websitemu suka-suka. Kamu bisa memilih warna yang pas dengan websitemu dan lain sebagainya. Salah satu contohnya, kamu bisa menambahkan header jika seandainya pada tema bawaan tidak ada header. Kamu juga bisa mengubah layout sehingga websitemu jadi menawan.

Inilah 5 Page Builder Terpopuler

Lalu apa saja plugin page builder yang biasa dipakai di WordPress? Berikut ini 5 page builder gratis yang bisa kamu dapatkan langsung di website resmi WordPress. Berikut daftarnya:

1. Elementor

page-builder-04

Jika kamu bertanya, plugin builder apa yang paling populer di kalangan para penggiat website, maka jawabannya adalah Elementor. Elementor saat ini menjadi salah satu plugin builder yang paling sering dipakai oleh banyak orang. Dengan Elementor, kamu bisa membuat website di satu halaman. Dalam plugin ini editor ada di sebelah kanan dan elemen yang kamnu butuhkan ada di sebelah kiri. Kamu pun bisa melihat langsung hasil kerjamu tanpa pergi ke page preview. Pengembang plugin ini pun selalu memberikan fitur baru. Salah satunya adalah template library. Di dalam fitur ini kamu bisa memilih banyak template yang tersedia. Bahkan kamu juga bisa meng-upload desain yang sudah kamu buat ke websitemu.

Lalu bagaimana soal SEO? Apakah plugin ini ramah SEO? Jawabannya adalah iya! Tentu bukan tanpa alasan Elementor menjadi salah satu plugin yang paling sering dipakai kan? Plugin ini dibuat dengan coding yang sudah pas dengan SEO dan juga memiliki tampilan yang responsif. Selain itu plugin ini juga punya 28 lebih widget utama untuk membantumu membuat website. Mulai dari heading, media sosial, sidebar, image, dan lain sebagainya.

2. Themify

page-builder-05

Sama seperti Elementor, Themify juga merupakan plugin yang memiliki banyak elemen mulai dari icon, halaman, button, sampai widget yang bisa kamu pergunakan. Langkah-langkahnya pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu menentukan elemen yang ingin kamu pakai, kemudian tinggal mengkostumisasinya dengan mengganti warna huruf, ukuran huruf, dan lain-lain. Plugin ini pun memiliki versi berbayar dan versi gratis. Meskipun begitu, versi gratis tetap layak dipakai.

Dalam fitur versi gratisnya sendiri ada banyak fitur yang bisa kamu pakai. Seperti misalnya fitur Import dan Export, lalu module yang lengkap, preview editing, copy paste modul dan juga kolom, dan banyak lagi lainnya.

3. Plugin Site Origin

page-builder-06

Sama seperti plugin “pembangun laman” lainnya, Site Origin ini juga membantumu membangun website idaman tanpa coding sama sekali. Kamu bahkan bisa mendapatkan website yang interaktif dengan banyaknya widget yang ditawarkan. Plugin ini juga memiliki fitur history editor. Dalam fitur ini kamu bisa melakukan uji coba dengan mengganti template dan mengembalikan tampilan sebelumnya tanpa mengusik konten yang sudah dibuat. Meski begitu ada beberapa laporan yang menyebutkan bahwa plugin ini bermasalah ketika digunakan oleh beberapa orang. Tapi sepertinya hal itu tidak membuat Site Origin gagal masuk daftar ini. Karena pasti, pengembang telah melakukan beberapa perbaikan yang membuat plugin ini semakin mempermudah kamu membangun website.

4. Aqua Page Builder

page-builder-07

Setiap orang yang menggunakan page builder ini pasti ingin kemudahan. Nah, Aqua Page builder ini bisa menjadi salah satu pilihan. Plugin yang satu ini punya tampilan seperti widget. Ketika kamu menggunakannya, akan tetap terasa nyaman. Kamu bahkan tidak harus menghabiskan banyak waktu memilih elemen yang tepat. Plugin satu ini sudah menyediakan Block dengan 6 elemen utama untuk websitemu.

BACA JUGA: WordPress Hosting vs Web Hosting dan Keuntungannya

Kamu juga bisa melakukan duplikasi agar halaman baru websitemu cepat jadi. Lalu ditambah modifikasi sana sini, kamu sudah bisa mendapatkan halaman baru yang indah. Sama seperti Elementor, plugin ini juga menggunakan sistem drag and drop.

5. Plugin Unyson

page-builder-08

Plugin terakhir yang paling sering digunakan untuk membangun website adalah Unyson. Dalam plugin ini kamu bisa menambahkan module, membuat slide, dan melakukan backup atau pun restore websitemu. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh plugin yang satu ini. Selain itu plugin ini juga gratis dan memberikanmu pilihan aktifasi beberapa fitur sesuai kebutuhan. Unyson juga menyediakan website yang khusus utuk portofolio atau event.

Kesimpulannya, ada banyak sekali page builder yang tersebar di WordPress. Mungkin saking banyaknya kamu jadi bingung mau memilih yang mana. Tapi disarankan untuk memilih sesuai dengan kebutuhanmu.