Plugin Forum WordPress: Cara Mudah Buat Forum pada WordPress
Blog Tips Keren Plugin Forum WordPress: Cara Mudah Buat Forum pada WordPress

Plugin Forum WordPress: Cara Mudah Buat Forum pada WordPress

Plugin forum dapat menjadi jembatan bagi Anda dalam menyediakan tempat yang bisa digunakan untuk mengumpulkan para pengunjung website yang mempunyai ketertarikan dan minat yang sama dalam satu wadah. 

Ditambah lagi bagi pengguna WordPress, Anda dapat dengan mudah memilih rekomendasi plugin forum WordPress mana saja yang terbaik untuk Anda gunakan. Sekarang ini tersedia banyak rekomendasi plugin forum WordPress yang tersedia dan bisa Anda manfaatkan untuk diinstall secara gratis.

Untuk mempelajari lebih lengkapnya, Anda dapat mengetahuinya pada pembahasan berikut ini.

 

Isi Artikel :

 

 

 

Apa itu Plugin Forum ?

 

apa-itu-plugin-forum

Plugin forum adalah plugin yang dapat memberikan kemudahan bagi Anda dalam merancang dan menambahkan kolom diskusi pada website WordPress Anda. Selain itu, tidak hanya sekedar menambahkan, plugin ini juga dapat membantu Anda dalam mengatur jalannya diskusi itu sendiri. Adanya forum diskusi di dalam website tentunya sangat bermanfaat bagi Anda. 

Berikut beberapa alasan kenapa plugin forum ini bermanfaat untuk Anda coba.

 

Kenapa Perlu Menggunakan Plugin Forum ? 

 

kenapa-perlu-menggunakan-plugin-forum

Terdapat beberapa sebab mengapa Anda perlu untuk mempertimbangkan kenapa harus install plugin forum pada website Anda. Berikut penjelasannya :

 

1. Forum bisa membangun komunitas

Dengan dibuatkan tempat untuk saling berdiskusi satu dengan lainnya dan komentar, maka hal tersebut dapat secara alami akan terbangun suatu komunitas baru. 

Jika pemilik website mampu mengelolanya dengan baik, maka hal forum ini dapat berpeluang menjadi komunitas yang besar kedepannya.

 

2. Meningkatkan kunjungan website

Para anggota forum dapat saling berdiskusi dalam forum. 

Ditambah lagi jika tema forum yang diikuti dapat sesuai dengan bakat dan minat. Hal inilah yang menjadikan kunjungan website menjadi kian bertambah.

 

3. Forum bermanfaat untuk SEO

Ketika website Anda sering mendapat kunjungan balik baik dari anggota forum dan durasi kunjungan yang lama, tentu hal ini dapat menjadikan nilai bounce rate yang rendah. 

Hal ini juga dapat berpengaruh pada SEO sebuah website. Jadi, tentu dapat menguntungkan pemilik website dari sisi SEO.

 

4. Bagus untuk layanan pelanggan

Forum dapat menjadi tempat dalam menyampaikan testimoni, pengaduan, layanan customer support dan juga pusat bantuan dari konsumen.

Jadi, Anda tidak harus pemilik produk/layanan yang menjawab, sesama anggota pun dapat menjawab karena beranggotakan dalam komunitas yang sama.

 

5. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Terakhir, alasan utama dalam menggunakan forum adalah dapat membangun loyalitas dari pelanggan. Support dari forum yang kuat dan juga besar menjadi salah satu nilai plus bagi suatu produk maupun layanan.

 

 

Rekomendasi Plugin Forum WordPress

 

rekomendasi-plugin-forum-wordpress

Sebagai rekomendasi dalam membuat plugin forum WordPress ini, berikut 10 lebih rekomendasi plugin forum WordPress yang dapat Anda gunakan pada website Anda. Berikut untuk penjelasan lengkapnya :

 

1. bbPress

Rekomendasi plugin pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah  bbPress. 

Plugin ini dibangun khusus digunakan oleh pengguna WordPress. Kemudian dari segi tampilan hampir mirip dengan menu-menu yang terdapat pada WordPress.

Kelebihan dari bbPress ini terdapat pada kemudahan dalam hal pengaturan, mudah digunakan, dalam pengelolaan, cepat dan juga mempunyai tampilan clean. 

Selain itu plugin ini sudah didukung dengan template-template WordPress tanpa merusak tampilan template asli. Secara ukuran plugin ini termasuk kecil sehingga dapat digunakan dengan cepat dan ringan. 

Anda dapat membuat WordPress multisite untuk keperluan dalam mengelola forum tersendiri. Plugin ini dapat diinstall secara gratis dengan berbagai pilihan ekstensi yang banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

 

2. BuddyPress

BuddyPress jika ditinjau dari fitur seperti halnya yang dimiliki pada bbPress. Akan tetapi yang membedakan adalah pada bagian fitur yang dapat menampilkan forum layaknya sosial media Facebook. 

Tentunya bagi para pengunjung forum ini sangat menarik, Anda pun jadi dapat membuat para pengunjung website bisa betah berlama-lama di forum.

Kelebihan BuddyPress ini adalah pada setiap anggota dapat membuat profil sendiri secara kustom tersendiri, menambahkan teman, membuat grup, mengirim pesan pribadi dan sistem notifikasi. Tapi dibalik keuntungan tersebut, ada beberapa fitur yang dimiliki BuddyPress ini yang masih bergantung pada pihak ketiga agar dapat dinikmati user secara leluasa.

 

3. wpForo Forums

Rekomendasi plugin ketiga adalah wpForo Forums. 

Plugin untuk forum ini memberikan solusi seperti dapat menambahkan fitur forum pada website yang lengkap tapi dengan pengaturan yang mudah serta ringan. 

wpForo ini didukung dengan tampilan yang lebih modern dan responsif yang dapat menjalankan forum yang efektif dan efisien.

 Proses instalasinya pun singkat, cukup membutuhkan waktu selama 5 menit dan forum sudah siap digunakan. 

Kelebihan dari wpForo Forums ini yaitu pada fitur cache system. Fitur ini dapat bekerja dengan menyimpan data forum yang ada pada cache browser. Dengan begitu, ketika dibuka lain waktu tidak perlu lagi membutuhkan waktu load yang lebih lama. 

Kekurangannya dari plugin ini adalah pada bagian pengaturan sedikit rumit terutama bagi pengguna baru dan juga pada bagian fitur addon yang dijual secara terpisah.

 

4. Asgaros Forum

Asagros merupakan plugin WordPress forum yang dapat Anda gunakan jika ingin menambahkan fitur forum pada website Anda yang memiliki fitur lengkap. 

Plugin ini mudah dilakukan saat proses instalasi. Settingnya juga terhitung yang cepat dan integrasi yang mudah dengan WordPress. 

Kelebihan dari asgaros ini terletak pada bagian pengelolaan konten, profile pengguna, fitur notifikasi, polling, manajemen iklan, moderator, multi bahasa, widget, statistik, dan lainnya. 

Jika Anda berminat, Anda bisa langsung menginstalnya. Sebagai tambahan informasi, plugin ini  sudah terdapat lebih dari 20.000 instalasi aktif yang menggunakan plugin ini sampai sekarang.

 

5. AnsPress

Jika Anda sedang mencari plugin untuk forum WordPress yang bersifat open source, maka AnsPress ini menjadi solusi yang paling tepat untuk Anda coba. 

Plugin ini dapat menambahkan forum tanya jawab yang lengkap pada website/blog Anda layaknya website yang telah dikenal seperti StackOverflow atau Quora. 

AnsPress sudah mendukung berbagai bahasa, shortcodes, captcha, email, notifikasi dan juga masih banyak lagi. 

Selain forum tanya jawab, AnsPress dapat Anda gunakan untuk keperluan dalam membuat forum tanya jawab internal, tiket, bug report, FAQ dsb.

 

6. DW Question & Answer

Apakah Anda berencana membuat website forum tanya jawab antar member? Maka solusi plugin yang bisa Anda gunakan adalah DW Question & Answer.

Jika sebelumnya Anda pernah memiliki pengalaman dalam menggunakan forum tanya jawab seperti Quora, maka dengan plugin DW ini akan terlihat mirip dengan platform tersebut. 

Selain itu juga support pada multi bahasa, recaptcha, email dan sejenisnya.

Anda juga dapat memfilter pesan, jawab, komentar atau memberikan jawaban terbaik. 

Selain diatas, plugin ini masih menyimpan banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk ketahui yang bisa Anda sesuaikan pada kebutuhan website forum Anda. 

Ditambah lagi, plugin ini juga sudah lebih dari 10 ribu instalasi aktif dari pengguna WordPress, 

 

7. Discussion Board

Discussion board dapat menambahkan fitur forum ke website WordPress Anda melalui cara instalasi yang mudah. 

Ketika Anda menginstal plugin ini pada pertama kali, Anda bisa mendapatkan 3 halaman sekaligus seperti halaman login, halaman untuk user yang dapat berfungsi sebagai posting topik baru dan juga halaman untuk melihat topik bahasan. 

Plugin Discussion board ini dapat langsung aktif dan tidak perlu konfigurasi terlebih dahulu. 

 

8. CM Answers

Jika plugin untuk forum DW Question & Answer seperti tampilan pada Quora, maka plugin CM Answer ini seperti tampilan pada Stack Overflow. 

Plugin CM Answer memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam melakukan post pertanyaan dan jawaban serta voting, moderasi,, unggah file, notifikasi pesan, kontrol akses dsb. 

Selain itu, plugin CM Answer ini sudah mendukung mode anonim. Jadi bisa Anda manfaatkan bagi Anda yang lebih nyaman dalam memposting dengan mode anonim agar tidak diketahui orang, 

 

9. Simple:Press

Plugin yang kesembilan yang menjadi rekomendasi plugin forum ini adalah Simpel:Press. Anda dapat mendownload plugin ini secara gratis di WordPress.org. 

Walaupun namanya simple, tapi jangan ragukan kemampuannya. Karena plugin ini dapat membuat forum selevel perusahaan ke dalam website WordPress.

Hal ini tentunya menjadi nilai plus bagi Anda yang berencana dalam memulai membuat website forum dengan fitur yang lengkap. 

Kelebihan dari plugin ini semuanya juga sudah lengkap, Anda tidak perlu install addon tambahan dalam menambah suatu fitur.

 

10. WP Symposium

WP Symposium juga menjadi rekomendasi plugin untuk forum yang terakhir pada pembahasan ini. Plugin ini juga sudah terintegrasi dengan sosial media, jadi Anda dapat login ke forum dengan akun sosial media.

 

Kesimpulan

Itulah 10 rekomendasi plugin forum WordPress yang bisa Anda sesuaikan untuk kebutuhan website Anda.  Plugin untuk forum  ini berfungsi untuk membantu Anda dalam membuat website forum yang mudah dibuat dan digunakan.

Selain dari sepuluh rekomendasi plugin untuk forum ini, masih terdapat beberapa rekomendasi seperti Sabai Discuss, WP Discourse, Wp Forum Server,  Forums from WPMU Dev, Forum Engine dsb. 

Jika ada rekomendasi plugin yang lebih menarik dari segi fitur dan kemampuan, Anda bisa memberitahukannya pada kolom komentar dibawah. 

Semoga bermanfaat

Anda juga bisa mengetahui terus perkembangan informasi seputar teknologi, bisnis dsb pada bagian blog IDwebhost secara gratis, 

Selain itu, Anda juga dapat menghubungi IDwebhost agar dapat informasi dan layanan web hosting dan domain untuk kebutuhan bisnis Anda yang mempunyai promo setiap harinya. Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’Amour Aktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.