Pentingnya CIA Triad dalam Pengembangan Web App

20 Mei 2019
Pentingnya CIA Triad dalam Pengembangan Web App campaign-unlimited

Anda para pengembang bisnis dan developer tentunya menyadari bahwa Web App Anda merupakan aset berharga yang harus dijaga keamanannya untuk kelancaran bisnis. Inilah alasan mengapa Anda perlu untuk menerapkan prinsip CIA Triad dalam pengembangan Web App Anda. Mari kita ketahui lebih lanjut mengenai apa itu CIA Triad dan Penerapan CIA Triad untuk Pengembangan Web App.

Apa itu CIA Triad?

CIA Triad merupakan suatu model yang didesain dengan tujuan memandu kebijakan terkait keamanan informasi pada suatu organisasi. CIA sendiri terdiri dari 3 aspek yaitu Confidentiality, Integrity dan Availability. 3 aspek itulah yang dianggap sebagai tiga komponen Cyber Security paling penting di seluruh platform, terutama pada Web App.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang 3 aspek tersebut :

pengertian dan manfaat CIA Triad
IDwebhost

1. Confidentiality

Confidentiality berarti sama dengan privasi. Selain itu juga merupakan serangkaian proses yang perlu dilakukan untuk mencegah tereksposnya informasi yang sensitif dari jangkauan tangan orang-orang yang tidak berkepentingan. Tidak hanya itu, juga harus dipastikan bahwa hanya orang yang tepat yang sudah benar-benar mendapatkan data yang dibutuhkan.

Akses di sini memang harus dibatasi supaya hanya ditujukan bagi mereka yang berkepentingan dalam melihat data yang menjadi permasalahan. Data tersebut biasanya juga dapat dikategorikan menurut jumlah serta jenis kerusakan yang bisa terjadi jika jatuh ke orang yang tidak diinginkan.

Nah, dampaknya nanti akan terlihat dari lebih banyak atau lebih sedikitnya langkah yang perlu dilakukan  sebagai implementasi dari kategori tersebut.

Menjaga kerahasiaan data tersebut juga bisa dilakukan dengan mengadakan pelatihan khusus bagi mereka yang teladh mengetahui adanya dokumen tersebut. Pelatihan seperti itu biasanya akan mencangkup edukasi terkait risiko keamanan yang dapat mengancam informasi atau data penting yang ada.

Aspek lebih lanjut dari pelatihan tersebut bisa mencakup pelajaran untuk membuat kata sandi yang kuat dan berbagai praktik keamanan sejenis yang lainnya.

Adapun aplikasi yang bagus dari metode ini yaitu yang biasa dipakai untuk memastikan kerahasiaan nomor rekening ataupun nomor perutean pada saat melakukan proses transaksi online. Hal itu biasa dilakukan dengan cara mengenkripsi data. Ini merupakan metode umum untuk memastikan bahwa kerahasiaan info yang sudah ada.

Selain itu, dengan memasukkan ID user dan kata sandi juga menjadi bentuk langkah-langkah standar dari metode Confidentiality. Tidak hanya itu, ada juga otentikasi dengan dua faktor. Pilihan lainnya sebenarnya banyak, termasuk otentikasi biometric verification.

3 aspek penting CIA Triad
IDwebhost

2. Integrity

Integriy berarti menjaga konsistensi, akurasi, serta kepercayaan terhadap data untuk setiap waktu sampai seterusnya. Data tidak boleh diedit pada saat transit. Setelah itu juga langkah-langkah tertentu perlu dilakukan untuk memastikan bahwa data tersebut tidak dapat diubah-ubah oleh orang yang tidak mempunyai kepentingan yang sejalan (misalnya, para peretas yang ingin melakukan mengubah atau manipulasi data dsb).

Langkah-langkah tersebut juga termasuk izin untuk mengakses file dan batasan kontrol bagi akses user. Kontrol ini dapat dipakai untuk mencegah perubahan yang keliru atau penghapusan yang tidak disengaja dari user resmi yang bisa juga menjadi sebuah masalah baru. Jadi, intinya backup atau redundant harus tersedia untuk dapat memulihkan data yang sudah terkena masalah supaya bisa kembali ke keadaan seperti semula.

3. Availability

Availability bisa diterapkan dengan sangat baik jika developer telah memastikan adanya pemeliharaan pada semua hardware secara ketat. Developer atau pengembang juga perlu melakukan perbaikan hardware secepat mungkin ketika sedang diperlukan. Tidak hanya itu, pengembang juga wajib memelihara lingkungan sistem operasi (OS) agar bisa berfungsi dengan baik dan bebas dari konflik software-nya.

Penting juga bagi pengembang untuk tetap mengikuti semua jenis peningkatan sistem atau pembaharuan yang diperlukan dari waktu ke waktu. Ada lagi tugas yang lain, yaitu dengan menyediakan bandwidth komunikasi yang memadai serta mencegah adanya bottleneck. Hal ini dapat mengurangi konsekuensi serius ketika suatu saat masalah hardware benar-benar terjadi.

Untuk mencegah terjadinya kehilangan data dari bencana, salinan backup dapat disimpan di lokasi yang secara letak geografis terisolasi, bahkan mungkin ditempat yang tahan api atau tahan air. Peralatan keamanan ekstra atau perangkat lunak semacam firewall dan server proxy juga dapat digunakan untuk melindungi data dari time-off dan serangan DDoS serta gangguan jaringan yang lainnya.

Jadi intinya, Confidentiality dalam konteks ini adalah seperangkat aturan yang membatasi akses ke informasi. Integrity itu merupakan jaminan bahwa informasinya dapat dipercaya dan akurat. Terakhir, Availability merupakan jaminan akses yang dapat diandalkan supaya dapat mengolah informasi dari orang yang mempunyai kewenangan.

Baca Juga : Mengenal OWASP Sebagai Standar Keamanan Web App Dunia

Pentingnya CIA Triad dalam Pengembangan Web App
IDwebhost

Penerapan CIA Triad untuk Pengembangan Web App

Seperti yang telah IDwebhost sampaikan di atas di bagian pengantar, penerapan CIA Triad ini sangat penting sekali bagi pebisnis yang ingin mensukseskan usahanya di zaman serba digital ini. Mengapa? Sebab hal ini dapat untuk meningkatkan kepercayaan klien atau calon pelanggan pada brand maupun perusahaan Anda.

Seluruh data user dapat tersimpan dengan aman, dan proses transfer data yang terjadi bisa dipastikan terhindar dari orang yang tak diinginkan. Saat ini, dimana perkembangan teknologi semakin berkembang pesat, para peretas dan perkembangan Malware juga kian semakin canggih. Anda tentunya tidak mau kehilangan customer Anda, Bukan?

Apakah anda mengetahui bahwa dalam bidang keamanan jaringan di Indonesia, informasi jaringan telekomunikasi yang berbasis internet telah dijaga oleh suatu badan organisasi yakni Indonesia Security Incident Response Team of Internet Infrastructure or Coordination Center atau Id-SIRTII/CC. Tugas utama dari Id-SIRTII/CC ini yaitu melakukan sosialisasi dengan pihak terkait tentang IT security.

Baca Juga : Cara Mudah Meningkatkan Keamanan WordPress

Kesimpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda jadi mengetahui pengertian CIA Triad dan bagaimana implikasinya untuk pengembangan Web App Anda. Menjaga Web App Security Anda ternyata akan berdampak pada kepercayaan customer dan pastinya juga terkait dengan kelancaran bisnis Anda. Artikel ini juga adalah bentuk komitmen kami sebagai provider hosting murah dan jasa promosi online di Indonesia yang telah terpercaya.

IDwebhost memiliki misi untuk membantu Anda mencapai kesuksesan di era digital saat ini. Kami juga sering kali untuk membagikan berbagai konten menarik informatif dan pengembangan bisnis serta website. Selamat mengembangkan usaha online Anda dan semoga berhasil!