Cara Memulai Menjadi Pengembang Wordpress
Blog Tips Keren

Cara Memulai Menjadi Pengembang WordPress

Salah satu hal terbaik tentang WordPress adalah seberapa banyak praktek dalam skill Anda. Anda dapat mengambil platform dan membuat situs yang sukses tanpa pengetahuan teknis. Namun, saat Anda merasa lebih nyaman dengan itu, Anda mungkin mulai bertanya-tanya bagaimana cara memulai menjadi pengembang WordPress.

Untungnya, Anda tidak perlu mencari lebih lama tentang itu. Ada banyak cara untuk memudahkan Anda memasuki dunia pengembangan WordPress dan mulai mengasah keterampilan yang Anda butuhkan. Pengetahuan Anda yang sudah ada sebelumnya akan menjadi modal anda dalam pembelajaran yang akan ada, tetapi menjadi seorang pengembang wordpress adalah bidang yang hampir semua orang bisa menguasainya.

Untuk membantu Anda memulainya, kami akan membahas tentang bagaimana cara memulai menjadi pengembang WordPress, dengan fokus pada apa yang perlu Anda ketahui dan memperkenalkan beberapa sumber daya yang dapat membantu anda.

 

Pengembangan WordPress Banyak Membuka Peluang

Sebelum memulai ini, mari kita pahami tentang pengembang wordpress. Ketika kami berbicara tentang belajar bagaimana menjadi pengembang WordPress, kami tidak hanya berbicara tentang durasi seorang pengembang wordpress secara full time. Tentu saja Anda bisa melakukan itu. Namun, ada banyak alasan untuk menghemat waktu anda ke dalam pengembangan WordPress, bahkan secara paruh waktu.

Beberapa alasan paling umum untuk belajar bagaimana menjadi pengembang WordPress yang meliputi :

  • Anda ingin supaya situs Anda lebih banyak fitur dari pilihan default bawaan wordpress.
  • Plugin dan tema yang ada tidak menyediakan apa yang Anda butuhkan, jadi Anda ingin membuatnya sendiri.
  • Anda ingin menghasilkan uang melalui pengembangan WordPress, seperti dengan menjual plugin, tema, atau situs web.
  • Anda ingin berkontribusi ke WordPress sendiri, dengan mengembangkan untuk platform inti.

Apa pun alasan Anda atau seberapa ambisius rencana Anda, Anda harus memulai dengan beberapa hal mendasar. Mari kita bicara tentang apa yang terlibat dalam belajar bagaimana menjadi pengembang WordPress.

Cara menjadi pengembang WordPress (3 langkah untuk memulai)

 

cara memulai menjadi pengembang wordpress
idwebhost

 

Ada banyak jalan ke dalam pengembangan WordPress, tidak ada jalan yang tepat untuk semua orang. Namun, ada beberapa hal umum yang ingin dilakukan pemula. Dalam langkah-langkah berikut, kami akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia pengembangan WordPress.

Langkah 1: Ketahui bahasa dasar Anda

Pengetahuan adalah kekuatan, jarang yang memahami ketika menyangkut pengembangan. Kriteria yang paling penting untuk belajar bagaimana menjadi pengembang WordPress adalah keakraban dengan bahasa platform wordpress dibangun. Meskipun ada berbagai bahasa yang bermanfaat, empat yang paling penting adalah:

  • PHP : Bahasa scripting ini membentuk tulang punggung WordPress, dan diperlukan untuk banyak pekerjaan di belakang layar.
  • HTML : Bahasa markup ini menentukan bagaimana tampilan laman web di browser.
  • CSS : Bahasa ini menambahkan gaya pada konten situs,seperti warna, font, dan sebagainya.
  • JavaScript : Bahasa pemrograman dinamis ini digunakan untuk membuat elemen interaktif di halaman web. Ini juga diatur untuk menjadi bagian yang lebih besar dari WordPress karena Editor Gutenberg yang baru dibangun dengan React.

Itu hanyalah hal-hal yang mendasar, tentu saja masing-masing bahasa ini digunakan dalam berbagai cara. Jika daftar itu cukup berguna, Anda sebaiknya berfokus pada HTML dan CSS untuk memulainya. Ini adalah bahasa yang lebih mudah dipahami dan mudah dipelajari, dan ada banyak hal yang dapat Anda capai dengan itu.

Bagi mereka yang memulai dari awal, W3Schools menawarkan beberapa tutorial yang sangat mudah dipahami untuk CSS dan HTML5 (versi terbaru). Selain itu, kami sarankan untuk bereksperimen menggunakan bahasa-bahasa itu untuk membuat perubahan ke situs WordPress Anda yang sudah ada. Dengan keterampilan teknis, latihan adalah cara terbaik untuk mengasah kemampuan. Pastikan untuk menggunakan situs yang berbayar, atau setidaknya buat cadangan situs langsung Anda terlebih dahulu seperti dengan menginstal wordpress untuk kegiatan offline karena hal ini menghemat biaya anda.

Langkah 2 : Buat daftar beberapa sumber penting

Popularitas luas WordPress hadir dengan memberi banyak manfaat. Misalnya, ada banyak sumber daya yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari cara menjadi pengembang WordPress. Meskipun ini bukan daftar yang lengkap, berikut adalah ada beberapa sumber populer untuk memulai menjadi pengembang wordpress :

  • Codex WordPress. Jika Anda belum melakukannya, ini adalah situs yang sangat ingin Anda kenal. Secara khusus, periksa daftar dokumentasi yang berfokus pada pengembang.
  • Kursus WordPress Online. Terkadang, memiliki ahli membimbing Anda melalui hal-hal dasar adalah cara terbaik untuk belajar. Anda dapat menemukan kursus WordPress gratis dan premium tentang topik umum, pengembangan minutia, dan segala sesuatu di antaranya.
  • Situs pengembang WordPress.org. Di sini Anda dapat menemukan panduan untuk mengembangkan tema dan plugin, serta topik yang lebih canggih seperti REST API. Situs web
  • Make WordPress. Ini adalah hub pusat untuk kontributor WordPress dari semua jenis – pengembang, perancang, penerjemah, penguji, dan sebagainya. Kami juga mengumpulkan daftar besar 120+ cheat sheet untuk pengembang WordPress.

Langkah 3 : Tentukan di mana anda bisa fokus dan mendalaminya

 

cara memulai menjadi wordpress developer
idwebhost

Seperti yang telah kami singgung, pengembangan WordPress adalah bidang yang cukup luas. Tidak hanya ada satu tempat untuk memulai, yang berarti Anda dapat menempati di mana pun Anda merasa paling nyaman. Mari kita lihat beberapa cara paling umum untuk mulai mengembangkan skill anda untuk WordPress, dan bagaimana memulainya.

Fork atau mengadopsi tema atau plugin WordPress

Jika Anda belum siap untuk mulai mengembangkan dari awal, salah satu cara untuk mempelajari dengan mudah adalah dengan mengubah tema atau plugin yang sudah tersedia. Ini memungkinkan Anda bereksperimen dengan membuat perubahan dan menguji hasilnya, tanpa harus memikirkan sesuatu yang benar-benar baru.

Ada dua cara utama untuk melakukan ini. Anda dapat membuat ‘fork’ versi pribadi atau tema dari plugin pribadi yang dapat Anda gabungkan dengan konten sesuai keinginan Anda. Jika sebuah plugin atau tema gratis, Anda dapat menemukan kode di masing-masing direktori WordPress, di bawah tab Pengembangan :

Namun, opsi yang lebih baik sering kali dengan ‘mengadopsi’ plugin atau tema yang sudah tidak diupdate atau telah ditinggalkan oleh pengembang wordpress lain. Ini juga memungkinkan Anda bereksperimen dengan kode yang ada, dan Anda bahkan dapat melakukan update pada plugin atau tema tersebut untuk diunggah ke wordpress jika Anda suka. Anda dapat menemukan panduan yang lebih komplit untuk mengambil alih plugin yang ada di sini (banyak informasi yang sama juga berlaku untuk tema).

Buat tema atau plugin Anda sendiri

Jika Anda merasa sedikit lebih ambisius, Anda mungkin ingin mencoba mengembangkan sebuah plugin atau tema baru. Dimulai dengan plugin biasanya adalah rute yang lebih baik, karena Anda dapat memilih satu fitur spesifik yang ingin Anda tambahkan ke WordPress dan mencari tahu cara mewujudkannya. Jika plugin Anda berkinerja baik, Anda bahkan dapat mengirimkannya ke direktori.

Untuk terjun ke pengembangan WordPress ini, Anda akan ingin memulai dengan artikel WordPress Codex tentang cara untuk membuat plugin, serta Plugin Handbook. Ada sumber serupa untuk membangun tema juga. Anda juga mungkin ingin bergabung dengan forum WordPress juga Anda mungkin dapat menemukan tim yang dapat Anda kumpulkan di sana, yang lebih mudah daripada mencoba mengembangkan sendiri untuk semua plugin baru.

Baca Juga : Panduan Cara Upgrade Manual Pada WordPress

Berkontribusi di dalam WordPress

Akhirnya, beberapa orang yang ingin belajar bagaimana menjadi pengembang WordPress yang lebih tertarik untuk berkontribusi pada platform itu sendiri. Jika itu menarik perhatian Anda, Anda akan ingin mengambil pendekatan yang lebih.

Cara terbaik untuk memulai adalah dengan terlebih dahulu memeriksa Buku Pedoman Kontributor Utama. Ini akan memberikan banyak informasi penting tentang apa artinya bekerja dengan WordPress sebagai pengembang. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan kesempatan pertama dengan membantu menguji bug, dimulai dengan bug yang telah dialokasikan untuk kontributor pertama kali.

Memperbaiki bug dapat menambah skill anda di platform sambil mempelajari berbagai hal lainnya. Selain itu, Anda akan mendapat lebih banyak kenalan dengan pengembang yang lebih berpengalaman yang dapat membantu Anda. Seiring waktu, Anda akan dapat bekerja dengan cara Anda dan mulai berkontribusi pada jenis proyek apa pun yang sesuai dengan minat Anda.

Kesimpulan

Mempelajari cara menjadi pengembang WordPress serasa mustahil jika Anda baru tahu atau pemula di bidang ini. Namun, WordPress sebenarnya adalah salah satu tempat terbaik untuk belajar menjadi pengembang, karena sifatnya yang mudah dipelajari dan komunitas yang luas dan suportif.

Meskipun belum ada cara yang ‘cocok’ untuk memulai belajar menjadi pengembang WordPress, tiga langkah berikut akan mengarahkan Anda ke jalan yang benar :

  • Pelajari (atau pahami) bahasa pemrograman web dasar Anda.
  • Lakukan banyak penelitian, dan pertimbangkan untuk mengambil beberapa kursus.
  • Tentukan minat anda mau fokus di bidang apa.

Apakah Anda memiliki pertanyaan lain tentang bagaimana menjadi pengembang WordPress? Bertanyalah di bagian komentar di bawah ini!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.