idwebhost Bikin Website Sekarang

Cara Memastikan Penyedia Web Hosting Anda Aman dan Terpercaya

Cara Memastikan Penyedia Web Hosting Anda Aman dan Terpercaya campaign-unlimited

Jika Anda saat ini mencari penyedia web hosting baru, maka Anda dapat benar-benar melihat ratusan situs review web hosting yang menjelaskan mengapa host tertentu bagus dan beberapa tidak terpercaya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah berhati-hati untuk mempercayainya.

Alasannya karena sebagian besar ulasan web hosting ini tidak lebih dari afiliasi marketer yang secara pasif mempromosikan layanan web hosting tertentu yang tidak sesuai dengan tingkat kompetensinya, namun terdapat afiliasi tingkat pembayaran

Jadi, pertanyaan besarnya adalah bagaimana Anda benar-benar menyaring review sejumlah penyedia hosting? Atau bagaimana memilih web hosting terpercaya berdasarkan review yang tersebar di internet?

Tips Memastikan Penyedia Web Hosting Anda Terpercaya

Berikut ini beberapa kiat tentang cara memastikan penyedia web hosting Anda terpercaya, aman dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda:

Kiat 1: Periksa Website Mereka

Saat memilih produk layanan hosting, apapun sifatnya, Anda wajib memeriksa situs vendor web hosting terlebih dahulu. Ada beberapa tanda yang dimiliki oleh semua penyedia situs web terpercaya, seperti kenaikan iklan 100%, kepuasan pelanggan 100%  dan kualitas 100%. Tanda-tanda tersebut merupakan cara yang sangat baik untuk mengenali beberapa tanda bahaya sejak awal.

Umur Situs Web Hosting

Selain itu situs web hosting yang seumur jagung bisa jadi tanda bahaya. Faktanya, situs web hosting yang telah ada selama beberapa tahun  dan terkelola dengan baik jauh lebih dapat diandalkan daripada situs yang baru saja muncul.

Tingkat Keamanan Situs

URL biasanya menunjukkan banyak hal tentang suatu bisnis.  Pertama, Anda harus memeriksa apakah penyedia hosting memiliki sertifikat SSL (ditandai dengan awalan HTTPS pada nama domain). 

Desain, Fungsi

Desain dan fungsi situs web biasanya merupakan petunjuk pertama bahwa web hosting itu terpercaya atau tidak. Situs web hosting yang dirancang dengan buruk seharusnya jadi pertanda bahwa mereka tidak serius menangani layanan mereka. 

Halaman Tentang Kami

Tinjau juga halaman Tentang Kami. Penyedia web hosting terpercaya biasanya tidak ragu menunjukkan wajah dan nama mereka di halaman tersebut. 

Periksa Halaman Blog

Biasanya, penyedia hosting yang andal akan menawarkan saran gratis dan akan memiliki banyak informasi berharga di blog mereka. Yang lebih penting, situs web yang andal berusaha untuk menarik audiens organik melalui SEO mereka. 

Halaman Kontak

Terakhir, pastikan untuk memeriksa halaman kontak. Informasi kontak yang banyak merupakan pertanda yang cukup baik. Lagi pula, penyedia hosting yang tidak dapat diandalkan akan berusaha sebisa mungkin menghindari kontak dengan pelanggan mereka. 

Kiat 2: Evaluasi Riwayat Uptime dan Downtime

Kiat Memilih Penyedia Web Hosting Terpercaya

Mengevaluasi riwayat uptime dan downtime penyedia hosting Anda merupakan salah satu faktor terpenting dalam menentukan keandalan dan kepercayaan suatu penyedia web hosting.

Untuk memeriksanya, Anda bisa menggunakan alat online seperti UptimeRobot, Pingdom, atau Site24x7. Cukup periksa situs web penyedia host di alat ini, dan Anda akan melihat seberapa sering mereka offline, jika memang ada.

Jaminan Uptime

Biasanya, penyedia hosting yang andal akan memberi Anda jaminan uptime. Misalnya, jaminan uptime kami di IDWebhost adalah 99,9%, baik menggunakan server fisik maupun server berbasis cloud. 

Frekuensi Downtime

Saat memeriksa waktu aktif dan waktu henti penyedia hosting, analisis frekuensi dan durasi waktu henti mereka. 

Periksa Response Time

Memeriksa waktu respons server penyedia hosting merupakan indikator yang baik untuk mengetahui apakah server mereka kelebihan beban dan apakah mereka memiliki masalah kinerja. Penyedia web hosting yang terpercaya akan menjamin infrastruktur yang cukup untuk memastikan semua klien mereka terlayani dengan baik.

Kiat 3: Periksa Langkah-langkah Keamanan Penyedia Hosting

Fitur keamanan server merupakan faktor penting lain yang harus Anda perhatikan saat memilih penyedia hosting. 

  • Pastikan Anda mendapat perlindungan server dari serangan DDoS, peretasan, dan malware. 
  • Periksa apakah penyedia hosting menawarkan sertifikat SSL dengan paket hosting mereka.
  • Periksa firewall. Firewall mencegah akses tidak sah dan upaya peretasan, serta serangan DDoS.
  • Penyedia hosting Anda harus terus memindai server mereka untuk mencari malware. 

Kiat 4: Evaluasi Kecepatan Penyedia Hosting

Meskipun kecepatan yang lambat tidak berarti Anda mendapat web hosting abal-abal, penyedia hosting yang menghargai diri sendiri bertujuan untuk memberi Anda kecepatan tercepat dengan harga terendah. Jadi, bagaimana Anda dapat menentukan apakah penyedia hosting menawarkan kecepatan yang cukup? 

  • Periksa situs web mereka untuk melihat apa yang mereka tawarkan dan apakah paket harga yang Anda inginkan akan sesuai dengan kebutuhan Anda. 
  • Gunakan alat uji kecepatan situs web seperti Google PageSpeed ​​untuk menguji kecepatan URL perusahaan hosting dan domain lain yang menggunakan penyedia web hosting yang sama. 

Kesimpulannya, kecepatan yang ditawarkan provider hosting berperan penting bagi keberhasilan performa website Anda nantinya.

Kiat 5: Riset Dukungan Pelanggan Penyedia Hosting

Biasanya, provider hosting yang tidak dapat diandalkan akan menghindari berbicara dengan pelanggan dan hanya menawarkan dukungan minimal dengan harapan pengguna akan berhenti mencoba. Jadi, periksa jenis dukungan yang ditawarkan penyedia hosting. Misalnya, IDWebhost menawarkan layanan Managed Services dan kontak pelanggan yang selalu online 24 jam. 

Kiat 6: Baca Review dan Testimoni Pelanggan

Cara lain untuk melakukan zero-in yang palsu adalah bergabung dengan beberapa komunitas web hosting yang kredibel dan forum hosting populer karena kita tahu bahwa pelanggan yang bahagia mungkin tidak dapat memberikan ulasan yang bagus, namun pelanggan yang tidak puas atau marah pasti akan cenderung membeberkan.

Kuncinya adalah seringlah memeriksa ulasan buruk yang Anda bisa daripada membuang-buang waktu untuk membaca testimonial ] yang positif. Keluhan biasanya benar dan akan memberi petunjuk yang baik terhadap host yang buruk.

Kiat 7: Pertimbangkan Harga

Berbicara tentang harga dan paket, Anda juga harus memeriksanya untuk memastikan apakah penyedia hosting tersebut dapat diandalkan. Penyedia hosting yang andal akan sepenuhnya transparan. 

Mereka akan menunjukkan semua informasi dan semua yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mendaftar. Misalnya, promo diskon, opsi yang ditawarkan, dan transparan dengan kebijakan harga mereka. 

Rekomendasi Situs Review Web Hosting

Kiat Memilih Penyedia Web Hosting Terpercaya

Berikut beberapa situs yang mereview web hosting di seluruh dunia, mulai dari yang berbasis di Indonesia maupun di luar negeri. 

1. Fakta Hosting

Fakta Hosting, yang berbasis di Indonesia, mengklaim telah meriset lebih dari 27 perusahaan penyedia web hosting di Indonesia selama rentang waktu 12 sampai 24 bulan. 

Situs ini bekerja dengan cara membeli paket hosting di lebih dari 27 penyedia web hosting tersebut, membuat website, dan memonitor uptime, kecepatan, membandingkan customer support, dan fitur-fitur yang ditawarkan, kemudian mempublikasikan fakta-fakta hasil riset tersebut ke audiens. 

2. WebHostingGeeks.com

Situs ini menarik pelanggan ke 10 layanan hosting teratas di pasar manapun. Hal ini sangat baik untuk dioptimalkan untuk peringkat Google dan berada di urutan teratas untuk beberapa kata kunci terkait hosting terbaik di luar sana. Semua ini dikatakan dan dilakukan melalui fitur “Add Customer Review” -nya. 

Saat Anda mencoba mengirimi ulasan dari pengguna yang asli, Anda bisa yakin bahwa hal itu tidak akan dipublikasikan jika ulasan Anda terdengar sebagai promosi untuk salah satu host teratas.

3. Upperhost.com

Webhost nomor satu pada ulasan ini adalah Bluehost dan logo situs sama dengan yang dimiliki Bluehost. Bluehost adalah penyedia hosting yang sangat terkenal tetapi pasti meragukan genuinity informasi yang diberikan di situs ini.

4. Webhostingtoplist.com

Situs ini bahkan tidak gagal karena menerbitkan ulasan. Hal memiliki daftar penyedia top hosting tanpa ada pembenaran.

Ada banyak lagi di luar sana yang hanya tentang mengarahkan pelanggan ke klien mereka dengan ulasan palsu.

Selain risut-situs di atas, ada beberapa situs review web hosting yang juga mengulas penyedia web hosting, yaitu HostingCoupons.org, WebHostingChoice.com, Hosting-review.com, Firstwebhosting.net dan Webhostingtoplist.com.

Sebagai pelanggan maka yakin dengan situs web yang Anda percaya, ketika membahas ulasan penyedia web hosting dan prestasinya. 

Ketika Anda melakukan penelitian kecil ini, akal sehat Anda saja yang cukup untuk menangkap situs ulasan palsu ini. Sedikit riset akan memastikan bahwa Anda menjauh dari masalah setelah memilih host web asli dan kompeten dengan membuat pilihan cerdas.

Singkatnya, ini semua tentang menemukan paket hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan tidak mempertimbangkan paket hosting murah secara membabi buta dengan rekomendasi di internet.

Raditya Peter Han

Member since 2 Jul 2013