Tips Memilih Hosting Terbaik
Blog Tips Keren Tips Memilih Hosting Terbaik

Tips Memilih Hosting Terbaik

Salah satu elemen penting saat akan Anda ingin membangun sebuah website adalah hosting. Sebuah website tidak akan bisa berjalan karena tidak memiliki hosting. Hosting bukan tempat dimana Anda menyimpan semua sumber daya dan data yang ada di website. Meskipun demikian, ternyata masih banyak orang yang menganggap berurusan dengan hosting dan segala yang berkaitan dengannya sebagai hal yang ribet. Padahal, memilih hosting yang tepat akan sangat menentukan kesuksesan website Anda kedepannya. Jika Anda adalah orang yang baru mulai berkenalan dengan dunia web dan hosting, ini adalah bacaan yang tepat bagi Anda untuk mempelajari tips memilih hosting terbaik.

Sahabat IDwebhost, simak artikel ini sampai tuntas.

Apa Itu Web Hosting

Sebelum Anda memutuskan memilih penyedia web hosting terbaik untuk digunakan, alangkah baiknya jika Anda mengerti terlebih dahulu definisi dari web hosting secara mendasar. Pada dasarnya web hosting adalah sisi fisikal dari web. Anda tentu melihat situs web yang online terdiri dari berbagai gambar, media, aplikasi dan file lainnya membutuhkan ruang peyimpanan. Dan sebagian dari kita menganggap internet sebagai sesuatu yang berada diluar lingkungan fisik. Padahal semua file tersebut harus disimpan pada server fisik di sutu tempat.

Server harus memiliki banyak sekali daya. Hal ini untuk memuat semua file yang berada di website dan membuat nyaman siapapun orang pengunjungnya. Dan bagi sebagian orang tertutama pemilik website, memiliki dan memlihara server bukanlah sesuatu yang praktis. Disinilah penyedia hosting mengambil peran.

Perusahaan hosting memiliki server dengan jumlah besar serta harus memiliki layanan yang kuat dan konsisten bagi ribuan penggunanya. Saat Anda mendaftar berlangganan hosting, secara sederhana Anda telah menyewa sebuah ruang di server mereka. Tak hanya sekedar menjual ruang, web hosting terbaik juga harus menjaga teknologi mereka tetap berjalan dengan lancar, aman, dan efisien. Sehingga website Anda sebagai pelanggan tetap berjalan tanpa masalah.Tips Memilih Hosting Terbaik

Mengapa Anda membutuhkan Web Hosting

Sekarang silakan jawab pertnyaan ini. “Mengapa saya membutuhkan web hosting?’. Secara garis besar, seseorang membutuhkan jasa web hosting karena ingin websitenya bisa dipublikasikan secara online dan dapat ditemukan oleh orang. Setiap website memerlukan hosting karena ini adalah cara yang akan membawa website yang Anda kelola dapat diakses orang lain dari seluruh dunia.

Tak hanya agar bisa diakses, umumnya penyedia hosting juga menawarkan bebrapa layanan tambahan. Misalnya mereka memiliki sistem keamanan yang menjamin website pelanggannnya aman dari peretasan. Karena itulah penyedia hosting juga mempekerjakan tenaga ahli di bidang teknis agar menjaga kenyamaman para penggunanya.

Salah satu tips memilih web hosting yang baik adalah mengetahui penyedia hosting yang bisa memastikan website selalu siap dan tanpa masalah sama sekali sat dikunjungi banyak orang. Pilihlah penyedia hosting yang memiliki kombinasi antara tools dan talenta yang dimiliki.

6 Hal yang Harus di Perhatikan Saat Memilih Web Hosting

Untuk mendapatkan semua potensi terbaik dari web hosting, sudah tentu Anda harus menemukan penyedia hosting yang tepat. Ada banyak opsi diluar sana saat Anda hendak memilih web hosting yang tepat. Anda harus membandingkan, mana yang sangat cocok dengan kriteria yang Anda cari.

Berikut ini tips memilih hosting terbaik:

  1. Memiliki Reputasi yang Bagus

Salah satu cara termudah namun sedikit tricky saat memilih penyedia hosting adalah melihat reputasinya. Lantas bagaimana cara untuk mengetahui reputasi sebuah jasa hosting? Anda bisa mencarinya, misalnya menggunakan Google dan lihat informasi apa yang bisa Anda dapatkan dari sana, apa kata pelanggan yang pernah menggunakan jasa mereka. Jika secara umum review yang tertulis bagus, Anda bisa sedikit bernafas lega.

  1. Berani Menggaransi Uptime 99%

Tips Memilih Hosting Terbaik

Peran utama dari sebuah perusahaan web hosting adalah menjaga situs web Anda tetap dapat diakses secara online. Pennyedia jasa hosting yang baik secara berkala memiliki waktu untuk melakukan perawatan. Tak peduli penydia hosting dengan tarif mahal ataupun jasa hosting murah. Hal ini bertujuan agar server, sebagai tenaga utama dari sebuah hosting tidak mudah rusak.

Salah satu pembeda kualitas antar penyendia hosting adalah seberapa baik mereka dalam mengelola masalah yang berpotensi terjadi pada website pelanggannya. Salah satu tips memilih hosting yang penting adalah jaminan uptime 99% dari penyedia hosting. Bahkan perusahaan hosting terbaik umumnya berani memberikan garansi uptime 99% dengan jaminan uang kembali.

  1. Pilihan Paket yang Variatif

Kebutuhan antar pengguna hosting tentu saja berbeda-beda satu sama lain. Anda yang cukup dengan kapasitas atau fitur tertentu. Dan salah satu tips memilih hosting terbaik adalah mencari penyedia hosting yang menawarkan pilihan paket yang variatif. Jadi, sebelum Anda memilih paket hosting yang tepat untuk Anda saat ini, pikirkanlah sejenak, apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Dan juga apakah penyedia hosting tersebut memiliki fitur-fitur yang Anda rencanakan saat website Anda semakin bertumbuh.

  1. Memiliki Tim Support yang Bagus

 

Salah satu indikator penyedia hosting yang bagus adalah mereka memiliki tim support yang bagus. Tim support ini melingkupi berbagai aspek. Antara lain adanya layanan pelanggan yang selalu siap selama 24 jam sehari sepanjang pekan. Dengan tip pelayaan pelanggan yang selalu sigap, tentu Anda tidak akan bingung tentang apa yang harus Anda lakukan saat terjadi masalah dengan website.

Hal yang sama juga terkait dengan migration support. Ini penting bagi Anda yang sebelumnya sudah memiliki website. Jika penyedia hosting tersebut bisa melakukannya dengan lancar, tentu Anda bisa melakukan hal lainnya dengan tenang.

  1. Harga

Salah satu faktor yang banyak dipertimbangkan oleh pengguna dalam dalam mencari hosting adalah biaya. Di luar sana sangat banyak yang menglaim diri sebagai penyedia jasa hosting murah. Pilihlah penyedia hosting yang memiliki  paket sesuai dengan biaya Anda. Jangan sampai Anda telah mengeluarkan banyak uang untuk berlangganan namun performanya tak sesuai dengan harapan.Tips Memilih Hosting Terbaik

  1. Memiliki Opsi Keamanan Memadai

Peretas dan pencuri data adalah penyakit yang selalu menghantui dunia online dan digital. Sebagai pemilik website, keamanan harus menjadi prioritas utama Anda. Pilihlah penyedia hosting yang menawarkan fitur keamanan yang lengkap. Misalnya menyediakan sertifikat SSL untuk meningkatkan keamanan situs website Anda. Perhatikan reputasi keamanan penyedia jasa hosting pilihan Anda.

Saatnya Memilih Web Hosting Pilihan Anda

Sekaranglah saatnya Anda mengambil keputusan untuk memilih penyedia web hosting yang tepat. Anda bisa mempertimbankan salah satu paket hosting IDwebhost. Ada banyak pilihan paket disana, yang akan mengiringi pertumbuhan website Anda. Kami juga berani menggaransi uptime sampai 99%. Juga dukungan tim support 24/7 dan berbagai sumber daya bermanfaat untuk membantu Anda.

Itulah tadi tips memilih hosting terbaik untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis