Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer
Blog Tips Keren Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Saat ini memang sudah banyak sekali cara agar bisa menghasilkan uang tambahan secara mudah. Salah satunya adalah dengan mengikuti program afiliasi atau affiliate marketer. Program afiliasi adalah salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dengan cara melakukan kerjasama yang biasanya dilakukan oleh individu, sebuah badan usaha atau organisasi sehingga kedua belah pihak bisa mendapatkan keuntungan yang sudah disepakati. Seringkali, program ini bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak. Dimana produk perusahaan yang dipasarkan atau dipromosikan, dan individu yang memasarkan nantinya akan mendapatkan komisi jika orang lain mengklik iklan atau membeli produk yang ditawarkan. Orang yang memasarkan produk dari sebuah perusahaan yang disesuaikan dengan kesepakatan nantinya disebuat sebagai affiliate marketer.

Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Memutuskan megikuti program afiliasi memang susah-susah gampang, apalagi bagi yang masih pemula. Namun, Anda bisa melakukannya dengan serius dan juga cekatan nantinya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Berikut ini merupakan kiat sukses dalam menjalankan program afiliasi.

1. Memilih Produk Program Afiliasi Yang Benar dan Tepat

Elemen kunci agar bisa sukses dalam melakukan program pemasaran afiliasi adalah dengan memilih produk yang tepat agar bisa di promosikan. Hal ini bisa dilakukan berupa produk informasi digital, keanggotaan, produk fisik, layanan online dan lain sebagainya. Agar bisa menentukan produk yang nantinya akan di pasarkan, Anda memang harus melakukan riset terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan riset:

  1. Pilihah trend yang ada di media sosial, contohnya seperti Facebook, Instagram maupun twitter.
  2. Pilih produk yang laris di e-commerce
  3. Pilih produk dan layanan jasa yang ada di berita.

Semakin banyaknya buzz mengenai produk maka akan semakin baik pula tingkat penjualan produk dan bisa membawa keuntungan jika Anda join ke program afliasi tersebut.

affiliate marketer

2. Affiliate Marketer, Mempelajari Produk atau Jasa Yang Akan Diiklankan

Anda perlu meluangkan waktu untuk bisa melakukan riset sebelum nantinya memutuskan produk atau jasa yang akan Anda pasarkan. Anda juga harus mempelajari produk, bagaimana kelebihan dan kekurangannya dan juga reputasi yang dimiliki di pasaran. Anda juga dapat mencari tahu mengenai produk yang nantinya akan Anda promosikan apakah lebih baik dengan pesaing . Hal ini nantinya yang meyakinkan Anda bahwa produk yang Anda pilih tepat dan dapat menguntungkan.

3. Affiliate Marketer Harus Mengenali Target Audiens

ANda juga harus mengetahui siapa target audiens Anda, agar ketika memakai program afiliasi tepat sasaran. Dapat juga mempromosikan produk atau jasa layanan tentunya dengan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan ataupun keinginan Audiens Anda. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan alasan mereka akan menjadi visitor web atau blog Anda. Semakin relevan konten yang Anda sajikan yang disesuaikan dengan iklan yang dijalakan, maka akan semakin bertambah peluang agar bisa digunakan oleh audience. Selain itu, Anda juga bisa semakin mengenal audience Anda sehingga akan semakin baik juga Anda dapat memanfaatkannya dari segi demografir, psikografi dan juga informasi agar bisa menargetkan audience ketika beriklan. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan jika produk yang Anda pasarkan dapat memberikan solusi untuk keseluruh target ANda.

4. Affiliate Marketer Harus Bisa Dipercaya

Sebagai seorang affiliate marketer, Anda juga harus dapat dipercaya. Nantinya para pembaca atau pengunjung akan dapat memahami apa yang mereka lihat. Hal ini karena visitor, traffic akan naik dan akan dapat membagikan link atau merekomendasikan website Anda karena konten yang digunakan jelas dan bagus. Sehingga akan semakin banyak visitor maka akan semakin tinggi pula peluang orang tertarik untuk berbagai produk yang Anda promosikan. Melalui hal ini, Anda juga bisa memanfaatkan kunjungan dengan menggunakan iklan atau bisa dengan mempromosikan produk yang dapat memanfaatkan keuntungan mereka. Tentu hal ini bisa membuat Anda akan semakin kehilangan kepercayaan dan juga pembaca setia nantinya meninggalkan website atau blog Anda.

5. Affiliate Marketer Harus Bisa Memberikan Manfaat Untuk Orang Lain

Iklan memang tidak hanya dijadikan sebagai hiburan tetapi juga bisa menjadi informative dan memberikan manfaat unuk kebutuhan siapa saja yang melihatnya. Anda juga harus memikirikan iklan afiliasi yang Anda jalankan sebagai salah satu sumber pendapatan tambahan yang dapat melengkapi website Anda bukan hanya dipasang begitu saja. Namun, tetukan jika produk yang Anda punya dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Caranya, Anda bisa menulis sebuah review atau ulasan tentang produk dari sebuah iklan afliasi yang sudah Anda pasang agar dapat mengarahkan audiens untuk menggunakannya.

affiliate marketer

6. Transparan Mengenai Hubungan Afiliasi

Jika Anda ingin dipercata, maka Anda dapat menunjukan transparansi dari hubungan afiliasi yang Anda jalin. Karena dengan Anda terbuka dan transparan, nantinya pembaca akan bisa menghargai kejujuran Anda dan dapat melakukan kontribusi terhadap penghasilan Anda dengan cara membeli produk atau menawarkan jasa yang Anda tawarkan.

7. Mulai Mencoba Berbagai Program

Mengikuti satu program saja belum tentu efektif untuk Anda. Karena tidak semua program afliasi sama. Bisa dengan menawarkan produk, layanan dan juga stuktur pembayaran yang berbeda. Beberapa program afiliasi memang mempunyai pembayaran secara seumur hidup atas penjualan yang dilakuakn. Namun, ada juga yang membatasi dalam kurun waktu tertentu, contohnya 30-90 hari. Dan ada juga program yang mempunyai banyak fleksibilitas yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan juga keinginan Anda.

8. Membuat Konten Timeless

Konten adalah salah satu kunci penting yang ada dalam sebuah website atau blog. Termasuk digunakan ketika mempromosikan sebuah program afiliasi yang Anda jalankan. Konten merupakan peluang jangka panjang dimana Anda dapat membuat sebuah konten yang timeless. Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan konten tersebut untuk diperbaharui kembali karena informasnya mempunyai nilai dan relevan pada waktu sebelumnya sampai dengan saat ini. Anda juga harus fokus pada penulisan mengenai konten “hijau” yang artinya konten tidak akan lekang oleh waktu.

affiliate marketer

Hal tersebut nantinya akan memberikan jarak tempuh dari konten Anda dan akan mengarahkan lalu lintas selama beberapa tahun yang akan datang. Tentu saja Anda dapat mengubah produk yang dipromosikan yang berkaitan dengan konten. Hal ini karena pengunjung website akan tertarik untuk membaca konten yang up to date atau yang sedang happening. Sehingga Anda dapat mencoba kiat-kiat yang lain. Caranya dengan menghapus tanggal yang ada di postingan blog.

Walaupun konten sudah dibuat beberapa waktu silam, tetapi informasinya masih sangat relevan dan begitu banyak orang yang mengabaikan dikarenakan mempunyai tanggal yang lebih lama.

Menjadi affiliate marketer merupakan salah satu agar yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tips-tips diatas sangat bisa Anda manfaatkan agar bisa memperlancar program afliasi yang Anda ikuti. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.