idwebhost Bikin Website Sekarang

Jangan Abaikan, Ini Pentingnya Ulasan dan Feedback Pelanggan!

24 Jul 2024
Jangan Abaikan, Ini Pentingnya Ulasan dan Feedback Pelanggan! campaign-unlimited

Sering kali kita merasa khawatir akan pendapat-pendapat pelanggan di berbagai media sosial terkait konten produk yang kita posting. Hal ini cukup menjadi perhatian bagi sebagian besar pelaku bisnis lantaran ulasan pelanggan memang memiliki peran besar terhadap brand reputation.

Review atau komentar dari pelanggan pada dasarnya sangat penting bagi bisnis, terutama di masa kini yang serba digital. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan customer feedback dan strategi yang tepat untuk memanfaatkannya. Mari kita menuju ke pembahasannya di bawah ini!

Apa Itu Customer Review?

ulasan pelanggan

Pada dasarnya customer review adalah ulasan yang diberikan oleh pelanggan usai menggunakan suatu produk atau layanan. Ulasan ini memiliki peran penting untuk membantu bisnis atau merek melakukan evaluasi untuk meningkatkan layanan dan produknya.

Sayangnya, banyak bisnis yang terkadang tidak siap menghadapi customer feedback yang bersifat mengkritik. Bahkan sudah ada banyak merek yang gugur dan terpaksa menutup usahanya karena menggunakan cara menanggapi ulasan negatif yang salah.

Hal ini tentu perlu kita cegah, agar bisnis kita dapat terus berjalan dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Sebagai sebuah brand, kita perlu memiliki nilai-nilai yang dipegang kuat untuk menanggapi dan menerima saran yang diberikan oleh para pelanggan.

Mengapa Ulasan Pelanggan Penting bagi Bisnis?

Customer review atau ulasan pelanggan punya peran penting dalam kesuksesan dan perkembangan bisnis. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa ulasan pelanggan sangat berharga:

  • Membangun Kepercayaan Merek: Ulasan dari pelanggan yang puas dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan baru. Para calon pelanggan baru cenderung mempercayai pengalaman orang lain yang telah menggunakan produk atau jasa.
  • Meningkatkan Visibilitas Online: Platform seperti Google sering kali menampilkan bisnis dengan ulasan yang baik di peringkat atas hasil pencarian. Artinya, ulasan pelanggan yang baik akan membantu meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak pengunjung.
  • Memberikan Insight untuk Peningkatan Produk atau Jasa: Feedback dari pelanggan memberikan masukan tentang aspek produk yang sudah bagus dan aspek lain yang perlu diperbaiki. Dengan masukan ini, bisnis bisa terus berkembang dan menyesuaikan diri sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Memberikan respon ulasan pelanggan, baik yang positif maupun negatif, akan menunjukkan kepedulian merek terhadap pelanggannya. Dengan adanya rasa kepedulian yang mereka rasakan ini, kamu dapat meningkatkan loyalitas dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
  • Menjadi Alat Pemasaran yang Gratis: Ulasan positif akan memberikan rekomendasi yang dapat menarik lebih banyak pelanggan. Pelanggan yang puas biasanya juga tidak ragu untuk membagikan pengalamannya di media sosial atau website. Ini bisa bekerja sebagai strategi marketing yang gratis.

Cara Mendapatkan Customer Feedback

customer review

Mendapatkan feedback dari pelanggan sering kali tidaklah mudah. Beberapa pelanggan bahkan terkadang enggan untuk memberikan komentarnya begitu saja. Akan tetapi dengan beberapa strategi yang tepat, kamu bisa mendapatkannya lho. Ikuti caranya berikut:

1. Tawarkan Insentif

Kamu bisa menawarkan insentif untuk setiap pelanggan yang berkenan memberikan ulasannya. Misalnya bisa berupa diskon, hadiah, atau poin loyalitas sebagai imbalan bagi pelanggan yang memberikan ulasan.

2. Sederhanakan Prosesnya

Proses yang ribet, seringkali membuat pelanggan malas untuk memposting komentarnya. Oleh karena itu, pastikan proses memberikan ulasan mudah dan tidak memakan waktu lama. Kamu bisa menggunakan formulir online yang sederhana dan mudah diakses oleh pelanggan.

3. Minta Feedback secara Langsung

Jangan ragu untuk meminta ulasan secara langsung dari pelanggan setelah mereka melakukan pembelian atau menggunakan produk atau jasamu. Kamu bisa memintanya di OTS atau melalui pembuatan reminder di email atau SMS.

4. Lakukan Survei

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ulasan pelanggan ialah dengan mengirimkan survei singkat terkait pengalaman pelanggan. Survei ini bisa mencakup beberapa pertanyaan sesuai dengan aspek produk atau layanan yang ingin kamu tingkatkan kualitasnya.

5. Berikan Respon pada Ulasan di Media Sosial

Untuk mendapatkan manfaat dari ulasan pelanggan, kamu perlu aktif di media sosial. Keaktifan ini tentunya juga melibatkan pemberian ajakan untuk pelanggan agar memberikan ulasan atau komentarnya.

Tidak lupa, berikan respon juga pada komentar-komentar dari pelanggan. Berikan balasan pada setiap feedback dengan cepat untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai pendapat mereka. Pastikan untuk selalu berpegang teguh pada hal-hal positif dan tidak menyudutkan pelanggan ya.

Strategi Memanfaatkan Ulasan Pelanggan

Lalu, bagaimana kita bisa memanfaatkan ulasan dari pelanggan untuk membantu bisnis lebih maju? Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan customer feedback sebagai alat promosi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lakukan Analisis Pola

Strategi pertama yang perlu kamu lakukan ialah dengan melakukan analisis terhadap ulasan yang didapatkan. Periksa setiap ulasan secara mendetail dan lakukan identifikasi terkait isu yang sering muncul.

Kamu juga bisa melakukan analisis untuk melihat pola komentar dari pelanggan menurut postingan atau produk yang sedang kamu promosikan. Dari sini, kamu bisa menyusun rencana tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Tampilkan Ulasan di Website

Gunakan review terbaik dari pelanggan untuk ditampilkan di halaman produk atau layananmu. Ini tentu bisa menjadi cara untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap produk kamu. Pastikan untuk menyortir ulasan dengan baik dan memasangnya di lokasi yang memang strategis ya.

3. Gunakan Review Positif sebagai Social Proof

Ulasan positif punya peranan yang sangat penting dalam kampanye pemasaran. Review asli dari pelanggan bisa menjadi bukti asli terkait kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk atau layananmu.

4. Ubah Ulasan Negatif sebagai Hal yang Positif

customer review

Seringkali kita merasa takut saat mendapatkan ulasan negatif. Sebagai sebuah brand, kamu bisa menggunakan ulasan ini untuk memperlihatkan bahwa merekmu selalu terbuka terdapat masukan dan bersedia untuk selalu memperbaiki kualitasnya.

Ini tentu bisa memberikan pandangan positif dari para audiens. Kamu bisa mendapatkan reputasi yang lebih baik di mata mereka, sekaligus mendapatkan kepercayaan serta loyalitas dari para pelanggan.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat dan strategi untuk menggunakan ulasan pelanggan sebagai amunisi marketing produk. Kini, tidak perlu khawatir lagi ya jika menemui komentar atau tanggapan negatif dari pelanggan.

Semoga apa yang kami bagikan di artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu ya. Pastikan untuk menggunakan server hosting dengan kecepatan yang tinggi biar pelanggan enggak kesulitan dan banyak komplain! Di IDwebhost, kamu bisa dapatkan hosting super cepat dengan harga paling hemat! Cek sekarang sebelum promonya habis ya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022