Simak Tips Memelihara Loyalitas Pelanggan Dalam Bisnis
Blog Tips Keren Simak Tips Memelihara Loyalitas Pelanggan Dalam Bisnis

Simak Tips Memelihara Loyalitas Pelanggan Dalam Bisnis

Kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah salah satu faktor terpenting bagi banyak bisnis, terutama yang berfokus pada pemasaran B2C. Sebagai pemilik bisnis, anda tidak hanya ingin terus mendapatkan pelanggan baru. tetapi anda juga ingin mempertahankan yang sudah ada. Jika pelanggan anda puas, mereka kemungkinan besar akan membeli kembali produk atau layanan anda. Begitu juga sebaliknya, jika mereka tidak puas dengan produk dan layanan yang Anda berikan, mereka akan enggan untuk kembali kepada Anda dan mereka juga dapat berbagi umpan balik negatif dengan orang lain.

Jika anda tidak meluangkan waktu untuk mempertimbangkan loyalitas pelanggan. Hal itu bisa menjelaskan mengapa pelanggan anda kesulitan. Maka mungkin anda tidak tahu apa itu loyalitas pelanggan atau bagaimana cara mempertahankannya. Jika itu masalahnya, anda beruntung! Ikuti bersama kami di bawah ini untuk mempelajari apa itu loyalitas pelanggan, mengapa anda membutuhkannya dan lima langkah untuk membantu anda mempertahankannya.

Apakah anda menyadari bahwa biaya untuk mendapatkan pelanggan baru lebih tinggi daripada biaya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada? Jika pelanggan anda saat ini puas, maka peluang anda untuk mendapatkan pelanggan baru semakin besar. Pelanggan setia anda kemungkinan besar akan menyebarkan bisnis anda dari mulut ke mulut. Jadi, bagaimana anda menjaga pelanggan anda saat ini?

Tips memelihara loyalitas pelanggan dalam bisnis

 

Apa itu Loyalitas Pelanggan?

Menurut wikipedia adalah Loyalitas pelanggan adalah istilah dalam pemasaran untuk menggambarkan seberapa kuat preferensi seorang konsumen terhadap sebuah merek bila dibandingkan dengan merek lainnya. Loyalitas merek sering kali diukur dari seberapa banyak pembelian ulang (repeat purchase) dilakukan atau dari sensitivitas merek. Sehingga dapat disimpulkan loyalitas pelanggan adalah kesediaan pelanggan untuk membeli dari atau bekerja dengan suatu merek lagi dan lagi, dan itu adalah hasil dari pengalaman pelanggan yang positif, kepuasan pelanggan, dan nilai produk atau layanan yang didapatkan pelanggan dari transaksi.

Mengapa Loyalitas Pelanggan Penting Untuk Perusahaan Anda?

Bagaimana bisnis berkembang? Sederhana, sungguh.

Pertumbuhan perusahaan tergantung pada loyalitas pelanggan. Apakah Hiu sedang memasang penutup kuas cat, atau gambar kucing khusus, para investor perlu tahu bahwa konsumen akan cukup tertarik pada produk atau layanan. Dan ketika mereka dapat melihat potensi dan pertumbuhan di masa depan perusahaan.

Inilah sebabnya mengapa loyalitas pelanggan penting. Pelanggan adalah alasan bisnis dapat tumbuh dan terus berkembang. Loyalitas pelanggan benar-benar yang membuat dunia bisnis berputar. Tanpa pelanggan setia, bisnis Anda tidak akan dapat mengalami pertumbuhan, mengumpulkan data, atau meningkatkan penjualan.

Tips memelihara loyalitas pelanggan dalam bisnis

7 Cara memelihara loyalitas pelanggan dalam bisnis

  • Tingkatkan Profesionalisme Karyawan anda

Langkah pertama ini sangat penting bagi anda, terutama jika anda mengawasi banyak karyawan. Sebagai pemilik bisnis, Anda wajib membimbing semua karyawan anda untuk bekerja secara profesional. Perhatikan bagaimana staff anda berurusan dengan pelanggan anda. Beri mereka saran yang membangun tentang apa yang perlu mereka perbaiki atau tingkatkan.

  • Tindak lanjut dengan Pelanggan anda

Jangan abaikan pelanggan anda setelah mereka selesai membeli produk atau layanan Anda. Anda ingin mereka terus kembali kepada anda, bukan? Karena itu, penting bagi anda untuk menindaklanjutinya. Ucapan terima kasih sederhana melalui SMS atau email dapat membuat mereka tersenyum. Anda juga dapat meminta mereka untuk memberi peringkat dan meninjau produk atau layanan anda.

  • Tingkatkan Kualitas Merek anda

Anda mungkin tidak mengharapkan pelanggan untuk kembali jika mereka bahkan tidak puas dengan produk atau layanan anda. Hal inilah sebabnya mengapa tindak lanjut sangat penting, karena mereka dapat membantu anda mengetahui seberapa puas pelanggan anda dengan kualitas merek anda. Anda dapat menganalisis peringkat yang diberikan oleh pelanggan anda dan kemudian memikirkan cara untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan anda.

  • Bersedekah

Pelanggan anda akan merasa senang ketika mereka diundang untuk menjadi bagian dari masyarakat yang positif. Tunjukkan kepada pelanggan anda bahwa anda juga khawatir tentang masalah lingkungan atau sosial. Anda dapat mempromosikan program Go Green kepada pelanggan anda dengan melepas plastik dan menggantinya dengan kantong kertas atau menawarkan tas yang dapat digunakan kembali. Anda juga dapat bekerja dengan LSM dan mengundang pelanggan Anda untuk memberikan sumbangan.

Metode ini biasa digunakan oleh bisnis ritel dan restoran. Tujuan dari program loyalitas adalah untuk menghargai pelanggan setia anda karena melakukan pembelian secara teratur. Anda dapat menawarkan kartu keanggotaan dan memberi mereka poin setiap kali mereka melakukan pembelian. Poin akan menguntungkan mereka karena mereka dapat ditebus dengan berbagai barang atau layanan yang anda tawarkan.

Jika anda ingin menawarkan program loyalitas pelanggan yang lebih unik, anda bahkan dapat membuatnya yang memanfaatkan aplikasi. Semakin banyak transaksi yang dilakukan pelanggan anda, semakin tinggi poin mereka. Mereka nantinya dapat menggunakannya untuk mendapatkan produk diskon. Pelanggan anda akan semakin tergoda jika anda juga menawarkan program loyalitas VIP atau berjenjang yang memberikan perlakuan khusus bagi anggota.

  • Personalisasi Pemasaran anda

Anda dapat menemukan metode ini online, tetapi bahkan pengecer top dunia seperti Target menerapkan metode ini untuk mempertahankan pelanggan mereka. Minta karyawan anda untuk mencatat profil pelanggan anda. Kirimi mereka email untuk memperkenalkan mereka pada produk atau layanan terbaru anda dan ingatkan mereka untuk kembali kepada anda. Anda juga dapat mengirim email kepada mereka pada hari-hari khusus seperti Valentine dan Natal. Anda bahkan dapat mengirimi mereka permintaan ulang tahun dan memberikan mereka penawaran ulang tahun khusus.

  • Buat Kontes Media Sosial

Pelanggan anda seringkali merupakan pembeli berpotensi besar yang membutuhkan momen tertentu untuk membeli produk anda. Terkadang, anda perlu mengingatkan mereka untuk kembali kepada anda. Selain mengirim SMS dan email, anda juga dapat mencoba mempertahankannya dengan membuat kontes media sosial.
Kontes media sosial sangat mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Anda dapat membuat kompetisi foto yang menampilkan pelanggan anda dengan produk anda dan menawarkan hadiah menarik kepada para pemenang. Pelanggan anda yang berulang kali melakukan pembelian dari anda kemungkinan besar akan berpartisipasi dalam program menyenangkan ini. Sebagai opsi, anda juga dapat membuat kompetisi ini hanya untuk mereka yang sudah memiliki kartu keanggotaan.

Untuk membantu anda mempertahankan kepuasan dan kesetiaan pelanggan, anda dapat berinvestasi dalam sistem manajemen pelanggan yang telah digunakan oleh banyak perusahaan dari semua ukuran. Sistem ini membantu anda melakukan penargetan ulang dan pemasaran ulang, mengirim surel pribadi atau massal, mencatat percakapan dengan pelanggan anda dan banyak lagi.

Tips memelihara loyalitas pelanggan dalam bisnis

Penutup

Selamat Membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.