Tips Mendapat Review Positif dari Pelanggan
Blog Tips Keren Tips Mendapat Review Positif dari Pelanggan

Tips Mendapat Review Positif dari Pelanggan

Hal paling utama yang biasanya dilakukan para calon konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk adalah melibat ulasan atau testimony. Hal tersebut bertujuan untuk menyakinkan mereka agar bisa memutuskan untuk bertransaksi atau tidak. Tetapi, ada juga pebisis online yang mempunyai produk atau jasa yang mempunyai kualitas terbaik tetapi tidak mempunyai banyak penjualan. Hal tersebut bisa saja karena kurangnya factor pendukung seperti tidak adanya testimoni dari pelanggan. Sehingga sangat bisa disimpulkan jika Anda ingin bisnis berjalan dengan lancar dan mencapai target, maka sangat penting untuk memperhatikan betapa pentingnya testimony pelanggan. Untuk itu perlu sebuah trik yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan review positif dari pelanggan.

Agar Bisa Mendapat Review Positif Dari Pelanggan

Meminta Review Positif secara Langsung

Cara agar Anda bisa mendapatkan testimony adalah dengan memintanya secara langsung yang sudah melakukan transkasi dengan Anda. Walaupun sebenarnya, Anda tidak bisa meminta testimoni positif sepenuhnya karena masing-masing pelanggan mempunyai penialian yang berbeda-beda. Ketika sedang meminta testimony, Anda juga sebaiknya tidak dengan menawarkan bayaran dengan tujuan agar pembeli memberikan review positif. Karena cara tersebut sangat tidak jujur dan bisa memberikan dampak yang buruk pada bisnis Anda. Tetapi, jika nantinya ada pembeli yang memberikan review yang positif, bisa Anda berikan penawaran khusus bagi orang tersebut, contohnya seperti memberikan diskon atau kupon perbelanjaan.

Selalu Mudahkan Pelanggan dalam Memberikan Review Positif

Anda juga harus memperhatikan konsumen, contohnya memberikan sebuah kemudahan untuk mereka agar bisa meninggalkan ulasan atau semacam review oline bagi bisnis Anda. Anda juga bisa menyediakan form testimony yang sangat sederhana dan memudahkan untuk diisi. Sehingga Anda juga perlu menghindari hal yang membuat pelanggan Anda malas untuk mengisi, apalagi jika berkaitan dengan hal yang bukan mejadi kepentingan mereka. Contohnya, ketika Anda mempunyai toko online, bisa membuat tombol CTA (Call To Action) dengan sebuah kalimat “Berikan Review”  atau “Berikan Penilaian” pada halaman produk atau halaman terakhir tempat pelanggan menyelesaikan transaksi.

review positif

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengirimkan sebuah email berupa sebuah follow up kepada pelanggan untuk menanyakan pendapat mereka mengenai produk atau jasa yang sudah diterima. Cara ini merupakan sebuah cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan Anda dengan konsumen Anda. Juga bisa digunakan sebagai jalan untuk melakukan komunikasi untuk mengetathui pendapat konsumen tentang bisnis yang Anda jalankan. Kemudian, Anda juga dapat memanfaatkan sebuah fitur polling atau fitur survey agar bisa meminta testimony atau review melalui media sosial.

Selalu Libatkan Pelanggan

Dalam meningkatkan engagement dengan konsumen merupakan sebuah cara agar bisa mendapatkan testimony yang bagus. Tentunya cara ini sangat mudah untuk dilakukan jika bisnis Anda sudah menggunakan platform dengan menggunakan media sosial. Anda juga bisa memulai dengan membuat konten yang berisi tentang pertanyaan agar bisa diposting di media sosial yang Anda punya. Kemudian, ajaklah followers Anda agar bisa memberikan pendapat tentang produk atau jasa yang nantinya akan Anda tawarkan.

Meskipun dengan cara ini tidak bisa dianggap sebagai testimoni, tetapi setidaknya ada komunikasi yang terjalin antara Anda dengan konsumen yang terbentuk dengan sangat baik. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai perwakilan untuk memberikan sebuah penilaian untuk bisnis Anda secara lebih akurat dan juga positif. Meskipun dengan menggunakan cara ini belum berhasil mendapat tanggapan yang baik, namun konsumen Anda bisa melihat gambaran mengenai bisnis Anda yang positif. Nantinya calon konsumen Anda juga akan berpendapat yang sama jika Anda peduli dengan penilaian maupun pendapat pelanggan mengenai bisnis Anda.

Mau Terbuka dengan Segala Review

Sangat tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan berbagai review, bisa berupa review psoitif ataupun review negative. Ketika pelanggan memberikan review negatif untuk bisnis Anda, maka Anda harus terbuka dan juga mengevaluasi kinerja bisnis Anda. Dengan Anda menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh konsumen Anda, maka akan bisa meningkatkan kredibilitas dari bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda berhasil dalam menyelesaikan masalah review negative dari pelanggan Anda dengan baik dan juga professional, maka hal tersebut akan menarik untuk calon konsumen Anda.

review positif

Menawarkan Keistimewaan Untuk Pemberi Review

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan review positif untuk brand Anda adalah dengan memberikan iming-iming, bisa berupa reward untuk pelanggan yang telah meninggalkan ulasa atau review. Ini juga bisa dijadikan semakin spesifik dengan cara menghaturkan reward untuk pelanggan yang sudah mempersembahkan ulasan yang positif untuk brand Anda. Contoh reward yang diberikan bisa berupa diskon untuk setiap pembelian produk tertentu atau diberikan kupon belanjaan dengan besaran nomial tertentu. Sehingga ini merupakan sebuah trik yang bisa Anda gunakan untuk menggoda pelanggan Anda agar mau memberikan dan juga bersedia menulis sebuah review positif untuk brand Anda.

Memberikan Review Positif pada Produk Lain

Apa yang Anda berikan kepada orang lain nantinya akan Anda terima kembali. Sama halnya dengan memberikan testimony. Jika Anda meginginkan untuk mendapatkan banyak testimony, maka Anda pun perlu melakukan hal yang sama. Semua bisnis online pasti mempunyai kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk juga dengan bisnis yang lain. Sehingga buatlah sebuah testimony atau penilaian ANda tentang produk atau jasa lain secara positif. Anda juga dapat menambahkan beberapa hastag ketika memposting testimony yang ada di sosial media.

review positif

Cara Memperbaiki Review Negatif

Jika brand Anda mendapatkan review negative, sebenarnya Anda tidak perlu merasa putus aja. Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah dengan mempelajari apapun ulasan negative untuk menjadikan sebuah poin perbaikan pada bisnis Anda kedepannya. Kemudian, berikan sebuah klarifikasi dan juga permintaan maaf kepada pihak yang memberikan review negative. Anda juga perlu menjelaskan jika brand yang Anda miliki mengecewakan pelanggan dan berjanji untuk segera memperbaiki. Ketika sudah selesai dalam membenahi seluruh kinerja dan juga kualitas brand, saatnya Anda bisa meminta review positif dari pelanggan Anda. Tanpa disadari, masa depan bisnis Anda juga bergantung pada review positif yang diberikan.

Untuk selalu menjaga pertumbuhan review positif dari pelanggan, Anda juga harus melakukan checking mengenai kualitas brand dan juga fokus untuk melakukan analisa terhadap trend pasar yang ada. Tentunya, bisnis yang Anda jalankan yang semula hampir runtuh bisa dibangun kembali dan sangat bisa diharapkan untuk tetap bertahan sampai waktu yang lama. Semua pebisnis online pasti mempunyai mimpi yang sama untuk berkembang menjadi besar dan juga dipenuhi dengan banyaknya ulasan positif. Hal itu juga harus dibarengi dengan pantang menyerah dan tidak patah semangat untuk terus mengembangkan bisnis yang Anda punya.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.