Cara Membuat Email Pribadi dengan Mudah
Blog Tips Keren Cara Membuat Email Pribadi dengan Mudah

Cara Membuat Email Pribadi dengan Mudah

buat account email

Saat ini, hampir setiap akun jejaring sosial membutuhkan alamat email untuk melakukan validasi. Untuk itu, email pribadi sangat penting dimiliki untuk berbagai hal. Email merupakan surat elektronik yang digunakan sebagaimana alamat rumah. Bedanya, email hanya dapat menerima kiriman file-file digital saja seperti tulisan, gambar, dan lain sebagainya. Selain itu, email biasanya digunakan sebagai ID Anda di internet ketika mendaftarkan diri ke sebuah layanan atau website tertentu.

Ada begitu banyak layanan ‘free email’ yang tersedia di dunia maya. Meski begitu, Anda tidak perlu kebingungan memilihnya karena salah satu alamat email yang direkomendasikan adalah Gmail dari Google. Selain gratis dan aman, Gmail merupakan layanan email yang memiliki fitur paling lengkap. Gmail diintegrasikan dengan banyak sekali layanan Google lainnya seperti Gtalk, Google+, Google Play (untuk Android), Youtube, dan lainnya.

Cara Membuat Email Pribadi

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat email pribadi di Gmail.

  1. Anda ketik saja www.gmail.com di bar pencarian dan tekan enter.

akses gmail.com

2. Klik ‘buat akun’ ( kotak kosong jangan diisi dulu )

pilih menu akun

3. Selanjutnya Anda akan masuk ke kotak identitas, silahkan isi data-data pribadi Anda, isilah dengan lengkap data-data tersebut dan jangan ada yang terlewatkan, isi juga kode captcha. Setelah selesai isi data tekan saja ‘lanjutkan’.

input data email baru

4. Dan selanjutnya Anda akan masuk ke verifikasi, pilih pesan teks (SMS) agar mereka dapat mengirimkan kode verifikasi.

verifikasi data

5. Klik lanjutkan, dan Anda akan menerima kiriman sms dari layanan 4664000, berupa kode verifikasi google untuk email yang akan dibuat, isikan pada kotak yang disediakan.

verifikasi no hp

6. Isi kode yang dikirimkan tadi, selanjutnya akan ada tampilan baru agar Anda bisa meng-upload foto profil, dan foto akan diambil dari ruang penyimpanan Anda. Jika Anda tidak ingin upload foto saat ini, silahkan klik langkah selanjutnya.

upload image

7. Selanjutnya Anda akan sampai pada kotak selamat datang. Perhatikan alamat email baru Anda. Sebaiknya Anda langsung catat nama dan password email agar tidak lupa sehingga jika ingin masuk ke akun email Anda dapat melakukannya dengan mudah.

selesai setting akun

8. Klik lanjutkan ke Gmail, tunggu sesaat untuk loading, dan Anda akan masuk ke ruang penyimpanan pribadi. Selanjutnya email baru Anda telah siap digunakan.

Lalu, bagaimana dengan alamat email custom? Email custom memberi manfaat yang sangat besar bagi branding Anda.

Mengapa Membutuhkan Custom Email Addres?

Tak masalah jika Anda hanya seorang blogger atau pemilik bisnis, alamat email custom akan membedakan Anda dengan competitor. Jika Anda sedang berjuang mencari pekerjaan, alamat email custom akan membedakan Anda dengan kandidat lain. Tentu sangat bagus, bukan, Anda akan dilihat sebagai sosok yang berbeda.

Jika Anda membuat sebuah blog, Anda membutuhkan networking untuk membuat brand image dan reputasi yang kuat di dunia online. Memiliki alamat email pribadi akan membuat Anda berbeda dengan blogger pada niche Anda.

Hal yang sama berlaku ketika Anda sedang membangun sebuah bisnis. Alamat email custom akan memberi Anda krediblitas instan dan menunjukkan Anda adalah seorang yang professional. Ini adalah cara yang bagus untuk menciptakan kesan yang bagus.

Cara Membuat Alamat Email Custom

Membuat alamat email custom sebenarnya cukup mudah dan tidak memerlukan banyak waktu. Katakanlah ini seperti membuat sebuah website. Anda akan mulai dengan membeli nama domain dan memilih penyedia hosting email. Jika sudah memiliki situs web untuk bisnis, maka Anda sudah memilki nama domain sendiri. Adalah opsi terbaik menggunakan nama domain untuk alamat email khusus Anda.

Jika Anda tidak memiliki nama domain sendiri, ada dua pilihan yang bisa Anda pilih dalam membuat email pribadi. Anda bisa dapat membeli nama domain dari registrar domain dan memilih penyedia hosting. Atau Anda dapat membeli nama domain dan membuat alamat email kustom dengan penyedia email yang telah Anda pilih. 

Membuat Custom Domain via Registrar Domain

Diluar sana sangat banya registrar domain yang bertebaran. Tentu saja Anda harus memilih penyedia domain terbaik untuk memeuhi kebutuhan Anda. Caranya adalah, silakan pergi ke website regristrar domain kepercayaan Anda. Kemudian isikan pada text box nama domain yang Anda inginkan.

Bila domain yang Anda inginkan tersedia, pilihlah top level domain yang tersedia. Setelah itu, Anda akan diminta untuk sign up dan masukkanlah informasi dasar yang diminta. Anda juga bisa memilih tata cara pembayaran di halaman ini.

Membuat Alamat Email Pribadi menggunakan Google Apps for Work

Google Apps for Work adalah aplikasi besutan Google yang berguna untuk melancarkan pekerjaan Anda sehari-hari. Dengan tool ini, Anda dan tim bisa mengakses layanan Google dimanapun berada. Sangat fungsional, bukan? Lalu bagaimana cara membuat email custom dengan Google Apps for Work? Berikut langkah-langkahnya: 

1. Langkah pertama, pergilah ke laman Google Apps for Work. Kemudian klik tombol “Get Started. 

2. Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengisi form dengan nama lengkap Anda, alamat email, nama bisnis, hingga tempat dimana bisnis Anda berada. Jika sudah, silakan klik “next”. 

3. Setelah melakukan langkah kedua, selanjutnya yang Anda lakukan adalah konfirmasi domain yang ingin Anda gunakan. Anda bisa memilih menggunakan domain sendiri  di tahap ini. 

4. Selanjutnya, Anda bisa membuat akun Google menggunakan domain Anda sendiri. Anda harus menentukan nama username Anda di titik ini, jadi pikirkanlah dengan hati-hati. Anda bisa menggunakan kombinasi nama Anda. Jika sudah, buatlah kata sandi yang kuat, lalu klik “Accept and Sign up.

5. Setelah semua proses pendaftaran selesai, Anda perlu untuk menambahkan anggota tim sebelum melakukan verifikasi dan set up alamat email kustom Anda.Dengan klik tombol start, Anda bisa memulai membuat akun dengan memasukkan domain Anda, nama depan, nama belakang dan username anggota tim Anda.

6. Langkah keenam ini adalah melakukan verifikasi domain dan set up alamat email custom Anda. Untuk melakukan verifikasi domain, anda perlu menambahkan kode verifikasi meta tag pada header website Anda. Upload file HTML tersebut ke website atau domain host record.

Saat Google Apps for Work melakuakan proses verifikasi, Anda bisa segera menambahkan kode verifikasi meta tag.

Verifikasi domain dan setup Email

Langkah selanjutnya adalah verifikasi domain. Anda bisa melakukan konfigurasi domain MX records. Fitur ini akan mengizinkan Anda menggunakan layanan Google dengan custom domain dan men-direct email Anda ke server Gmail. Untuk bisa melakukannya, Anda perlu mengakses akun web hosting.

Silakan login ke akun cPanel Anda, kemudian masuk ke email section dan klik MX Entry. Anda bisa memilih domain Anda. Setelah itu, kembalilah ke Googel Apps for Work dan ceklis kotak “I have opened the control panel for my domain”. Setelah ceklis kota tersebut, akan tertampil MX Records yang baru. Anda bisa menambahkan records setiap orang di cPanel.

Setelah menambahkan semua records, klik kotak “I created new MX Records” di bagian setup Google Apps for Work. Anda bisa menghapus MX records yang lama yang bukan berasal dari Google di cPanel. Klik kotak “I have deleted existing MX records dan ceklis kotak “I saved the MX records”. Setelah semuanya beres, Anda tinggal klik tombol “Verify Domain And Set up email.

Semua proses diatas akan memakan waktu paling lama 72 jam untuk Google melakukan rute ulang email Anda. Ketika semuanya telah usai, Anda bisa langsung menggunakannya.

Demikianlah beberapa langkah mudah untuk membuat email pribadi. Email sama pentingnya dengan domain di dunia online karena untuk meningkatkan kredibilitas online. Kini, Anda dapat mendaftarkan nama domain dengan mudah menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah layanan domain dan hosting termurah dan berkualitas. Fitur yang diberikan sangat beragam seperti layanan dukungan 24 jam, server yang aman dan stabil, kemudahan dalam mengakses domain, hingga layanan backup yang handal. Jadi tunggu apalagi? Segera daftar dan gunakan domain berkualitas hanya di sini.