Tips Memilih Nama Domain Website Mudah Diingat
Blog Tips Keren Tips Memilih Nama Domain Website Mudah Diingat

Tips Memilih Nama Domain Website Mudah Diingat

Salah satu yang wajib dimiliki dalam membuat image di dunia digital seperti saat ini adalah kepemilikan website. Langkah paling awal dalam membuat website adalah memiliki nama domain. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana tips memilih nama domain website mudah diingat dan tepat sasaran.

Saat ini kebutuhan sebuah bisnis mau pun individu untuk hadir dan mencipta ruang di internet adalah sebuah kewajiban. Jika tidak, maka brand dan citra yang dibangun tidak dapat tersebar luas, tidak banyak yang mengakses. Maka sangat penting bisnis atau anda sebagai individu hadir dalam  dunia digital.

Seseorang akan mencari sesuatu melalui mesin pencari, terdapat banyak mesin pencari, yang paling umum adalah Google. Ketika seseorang mengetik kata atau kalimat, maka akan muncul berbagai informasi. Nah, bayangkan jika informasi yang orang tersebut dapatkan adalah mengenai brand atau produk dari bisnis anda. Benar, paparan citra merek, ujungnya adalah proses penjualan.

Semua itu bisa dilakukan ketika anda telah memiliki website, sudah memulai membuat konten untuk website anda. Maka, mari memulai untuk membuat website anda dengan memilih nama domain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Memilih nama domain memang susah-susah gampang, karena terdapat berbagai pertimbangan. Nah, untuk memudahkan langkah Anda dalam menentukan nama domain website yang tepat, berikut 5 tips memilih nama domain website yang mudah diingat:

1. Pertimbangkan Pemilihan Keyword dan Brand

Pertimbangkan Pemilihan domain mengandung Keyword dan Brand

Tips memilih nama domain yang pertama adalah keyword dan bran. Banyak pakar SEO yang menyebutkan bahkan domain yang mengandung kata kunci atau keyword akan lebih mudah dalam proses optimasi SEO nantinya. Walau dalam perkembangan dunia SEO hari ini sudah mulai bergeser, artinya tidak  semua orang memikirkan keberadaan keyword dalam domain mereka.

Namun, jika Anda masih memungkinkan untuk mencari keyword yang sesuai dengan jenis, atau nama dari usaha Anda mengapa tidak. Karena hal ini akan sangat memudahkan bisnis Anda di ranah digital nantinya.  Khususnya dalam proses penjualan. Sehingga menjadi salah satu tips memilih nama domain yang wajib anda pertimbangkan.

Nah, dalam memilih kata kunci ini tentu Anda jangan sampai merusak brand Anda. Nama bisnis Anda tentu harus yang menjadi utama dalam menentukan domain. Misalnya Anda sudah memiliki nama bisnis ERA kemudian produk Anda adalah Jam Tangan. Maka Anda bisa menggabungkan keduanya menjadi era jam tangan, atau jam tangan era.

Kata Era mewakili brand Anda, dan kata Jam Tangan sudah mewakili dari keyword Anda. Tentu orang akan paham ERA adalah sebuah brand dari jam tangan. Ini akan sangat menguntungkan tentunya. Dan kembali pada poin optimasi SEO, keberadaan kata kunci Jam Tangan juga akan memudahkan dalam proses optimasi konten nantinya.

2. Tips Memilih Nama Domain Cari Kata Kreatif

Tips Memilih Nama Domain Cari Kata Kreatif

Memilih nama domain adalah menentukan sebagai apa citra Anda nantinya. Maka penting bagi Anda menentukan nama yang kreatif dan memiliki nilai dari brand yang akan Anda bangun. Karena tujuan dari pembuatan website bagi bisnis adalah untuk menjadi branding, dan media informasi dari perusahaan, terkait berbagai pemberitaan dan penjualan produk.

Tips memilih nama domain yang kreatif, unik dan mudah dalam melakukan branding nantinya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Membuat Nama Domain dengan kata yang baru; contoh penggunaan kata baru menjadi sebuah domain adalah Google, Yahoo, Twitters,  TikTok, dan Lain sebagainya.
  • Membuat Nama Domain dengan kata yang sudah ada; mencari nama yang sudah ada dan kemudian dijadikan nama domain, seperti contoh adalah kata ERA dan Kata Jam Tangan, bisa menjadi sebuah nama domain. Atau Anda bisa mencari kata-kata kreatif memanfaatkan kamus bahasa misalnya.
  • Membuat Nama Domain dengan memodifikasi kata yang sudah ada; temukan kata yang sudah ada kemudian memodifikasi kata tersebut menjadi kata yang baru. Bisa dengan menambahkan, mengurangi, menggabungkan atau mengubah aksen pengucapan.
  • Membuat Nama Domain dengan memanfaatkan generator nama domain; Untuk memudahkan dalam memilih nama domain yang kreatif, Anda bisa memanfaatkan situs penyedia layanan generator domain. Anda bisa menemukan berbagai situs generator domain di Google.

3. Gunakan Nama Domain Dari Kata Sehari-hari

Gunakan Nama Domain Dari Kata Sehari-hari

Tips memilih nama domain yang ketiga adalah dengan memanfaatkan kata keseharian. Mengingat sebuah nama domain bagi pengunjung website bukanlah sesuatu yang sering dilakukan. Namun ketika nama domain Anda memang unik dan mudah diingat, tentu secara tidak langsung pengunjung akan mengingat nama domain Anda.

Apa keuntungan memiliki nama domain yang mudah diingat? Sangat banyak, utamanya bagi Anda yang menggunakan website untuk kebutuhan branding dan penjualan. Pengunjung akan dengan mudah merekomendasikan nama website Anda kepada orang lain misalnya ketika membahas sebuah topik yang sesuai dengan produk atau brand Anda.

Mengapa orang bisa merekomendasikan nama domain Anda? Karena nama yang Anda gunakan adalah nama yang sudah umum, atau sudah ada dalam bahasa sehari-hari. Di Indonesia banyak nama besar yang menggunakan nama umum atau kata sehari-hari untuk produk atau brand nama domain mereka.

Memilih nama domain menjadi susah-susah gampang, terutama ketika nama atau brand yang sudah Anda miliki memang susah dalam pengucapan dan susah diingat. Pertimbangan yang bisa dilakukan mungkin adalah dengan rebranding, atau membuat nama baru.

4. Tips Memilih Nama Domain Dengan Cari Nama Yang Singkat

Tips Memilih Nama Domain Dengan Cari Nama Yang Singkat

Pilihlah nama domain yang singkat. Walau ada kebutuhan untuk menyertakan keyword, bukan  berarti keyword yang Anda gunakan adalah keyword panjang. Gunakan keyword utama saja. Dan ketika tidak memerlukan keyword dalam domain Anda, akan lebih mudah ketika membuat nama domain yang singkat.

Nama domain yang singkat ini berhubungan dengan kemudahan dalam mengingat. Namun perlu Anda pahami bahwa minimal karakter yang dapat digunakan dalam sebuah domain adalah 5 karakter. Tentu Anda dapat menggunakan karakter di bawah 5, namun Anda akan mengeluarkan biaya tambahan untuk karakter yang diinginkan. Sehingga tips memilih nama domain yang ke 4 ini patut Anda lakukan.

Artinya walaupun harus mencari nama domain yang singkat, bukan berarti Anda bebas untuk menggunakan singkatan yang rumit. Singkat harus tetap mudah diingat. Saya kira, untuk brand atau nama usaha biasanya sudah sangat singkat, mengandung satu kata atau dua kata. Sehingga sudah bisa menjadi pertimbangan menjadikan nama usaha sebagai nama domain yang singkat.

5. Perhatikan Penggunaan Ejaan dan Pengetikan

Perhatikan Penggunaan Ejaan dan Pengetikan

Tips  memilih nama domain yang terakhir berkaitan dengan ejaan dan pengetikan. Anda sudah melakukan pemilihan keyword, mempertimbangkan brand? Anda sudah mencari daftar nama kreatif?  Anda sudah mencari daftar nama atau istilah sehari-hari? Anda sudah menyusun kata menjadi singkat untuk domain Anda? Maka, terakhir adalah pastikan kemudahan dalam penggunaan ejaan dari nama domain Anda.

Memilih nama domain harus memperhatikan penggunaan ejaan. Jangan sampai ejaan dalam pengetikannya susah. Mengapa? Karena orang akan menyebutkan atau mengeja nama Anda, juga orang akan mengetikkan  nama domain Anda. Jika nama domain Anda sulit dalam pengejaan dan sulit dalam pengetikkan, tentu upaya branding Anda pun akan kurang optimal.

Kesimpulan

Tips memilih nama domain website mudah diingat memang sangat penting di era digital seperti saat ini. Dengan memperhatikan  5 tips di atas, kita bisa memulai untuk merancang nama domain website kita.  Bagi pelaku bisnis memiliki website bisnis adalah kewajiban, dan Anda tidak perlu khawatir dalam membuat website, karena Anda bisa membuat website dengan wordpress.

Satu hal yang patut Anda perhatikan setelah menjalankan tips memilih nama domain adalah memastikan penyedia layanan domain yang Anda pilih. Ini terkait dengan reputasi dan layanan serta dukungan yang diberikan. Jangan tergiur dengan  iming-iming harga murah, Anda harus melihat terlebih dahulu reputasi penyedia domain. Nah, bagi Anda yang ingin membeli domain murah berkualitas dan sudah teruji langsung bisa mendapatkan domain terbaik yang ada di idwebshost.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai  tips memilih nama domain website yang mudah diingat. Semoga menjadi referensi Anda sekalian dalam menentukan nama domain website impian Anda. Terima kasih. Salam. Ari IDwebhost.