idwebhost Bikin Website Sekarang

5 Alternatif Wayback Machine: Cara Canggih Melihat Arsip Lama Website

18 Sep 2024
5 Alternatif Wayback Machine: Cara Canggih Melihat Arsip Lama Website campaign-unlimited

Cari tahu di artikel ini apa saja alternatif wayback machine yang bisa Anda gunakan untuk melihat kembali arsip lama suatu website. 

Wayback machine adalah kapsul waktu digital yang menyimpan cuplikan website selama bertahun-tahun. Ini adalah tempat pertama yang harus Anda tuju untuk mencari halaman web atau situs yang diarsipkan. 

Alternatif Wayback Machine

1. Wayback Machine

Mesin pencari Wayback Machine ini tersedia pada beranda Internet Archive. Situs ini memberi peringkat hasil pencarian berdasarkan seberapa sering situs tersebut disimpan dan berapa banyak tautan terkait yang dimiliki setiap beranda. 

Cara menggunakan aplikasi arsip berbasis web ini sama seperti kita mengetik kata kunci di mesin pencarian Google, yaitu:

  • Di bilah pencarian Wayback Machine, ketika URL website yang Anda ingin cari arsipnya. Anda dapat menggunakan URL domain (misalnya, www.example.com) atau halaman tertentu di situs tersebut. 
  • Hasilnya ditampilkan dalam wujud Kalender dengan garis waktu dengan tahun di atas dan tampilan bulanan pada tahun tertentu. 
  • Arahkan kursor ke tanggal manapun untuk melihat cuplikan dari hari itu. Ukuran lingkaran sebanding dengan jumlah cuplikan pada tanggal tersebut. Warna lingkaran yang berbeda-beda menunjukkan:
    • Biru: Perayap mengambil halaman tanpa masalah.
    • Hijau: Perayap menemukan pengalihan.
    • Oranye: Perayap mengalami masalah di sisi klien, seperti kesalahan 404 (Halaman Tidak Ditemukan) .
    • Merah: Perayap menemukan kesalahan server, seperti kesalahan 502 (Gateway Buruk) .

Untuk hasil terbaik, hanya klik tautan biru.

Wayback Machine, cara canggih melihat arsip lama internet

2. Ahrefs Page Inspect Tool

Anda juga bisa menggunakan Ahrefs Page Inspect Tool sebagai alternatif melihat kembali arsip lama website selain Wayback Machine. Ahrefs sendiri adalah salah satu software SEO yang cukup terkemuka saat ini. 

Fitur Page Inspect Tool pada Ahrefs memiliki fungsi yang sama dengan digital time capsule pada Arsip Internet. Namun kelebihannya, Anda bisa melihat perubahan pada teks dan kode HTML di halaman web mana pun. Selain itu, Anda bisa membandingkan versi halaman tertentu pada dua titik waktu yang berbeda secara berdampingan. 

Berikut cara menggunakan Ahrefs Page Inspect Tool (pastikan Anda sudah memiliki akun Ahrefs): 

  • Buka menu Site Explorer pada Ahrefs
  • Paste alamat URL halaman tertentu yang ingin Anda periksa 
  • Buka Page Inspect Tool
  • Pilih dua tanggal yang ingin Anda bandingkan 
  • Beralih antara tombol “HTML” dan “Page text”, tergantung pada perubahan yang ingin Anda periksa

3. Archive.today

Archive.today adalah aplikasi arsip berbasis web yang juga bisa digunakan sebagai alternatif Wayback Machine. Alat ini bisa digunakan secara gratis untuk menyimpan cuplikan halaman website secara real-time. 

Alat ini akan mengarsipkan teks biasa dan gambar yang ditemukan di halaman web dan membuat tautan pendek yang dapat Anda gunakan untuk mengakses halaman yang disimpan.

Dengan cara itu, Anda akan dapat melihat seperti apa tampilan halaman hanya dengan mengambil cuplikan tertentu, bahkan jika halaman asli berubah atau dihapus di masa mendatang. 

Selain membuat dan menyimpan cuplikan halaman web, Anda juga memiliki opsi untuk mencari arsip internet yang ada dengan mengetikkan domain atau URL persis halaman yang Anda cari ke dalam bilah pencarian.

4. Pagefreezer

Keunggulan Pagefreezer dibandingkan aplikasi arsip berbasis web lainnya adalah keamanannya. Platform berbasis Cloud ini memiliki sertifikasi SOC 2 Tipe 1 dan II serta ISO 27001:2013 dan fitur keamanan tambahan, termasuk Single Sign-On (SSO), autentikasi dua faktor (2FA), serta data enkripsi menggunakan Secure Socket Layer (SSL). 

Satu hal yang perlu diingat bahwa ini adalah alat berbayar. Anda hanya bisa menggunakannya jika berlangganan mulai $229 per bulan. Dengan berbayar, fitur ini menawarkan lebih dari sekedar melihat arsip internet standar. 

Anda bisa mengakses catatan digital yang digunakan untuk bisnis, tujuan hukum, pengumpulan bukti, pemantauan media sosial, serta pembuktikan kepatuhan terhadap CCPA dan GDPR. 

Pagefreezer ini memiliki ekstensi browser Web Preserver, yang memudahkan Anda mengambil seluruh website dan konten media sosial, lengkap dengan stempel waktu yang diautentikasi. 

5. Google Cache

Google Cache adalah fitur yang sudah lama disediakan Google  untuk membantu pengguna melihat cuplikan halaman web seperti tampilan saat terakhir di mesin pencarian Google dan mengindeksnya. Arsip internet yang di-cache ini dapat berguna saat halaman asli tidak tersedia untuk sementara, sudah diubah atau dihapus. 

Halaman cache Google menawarkan cara mengakses konten dan website yang sedang tidak aktif. Sayangnya, fitur ini sudah dihapus oleh Google dan link ke halaman yang di-cache tidak lagi tersedia di SERP. 

Namun, Anda dapat mengetikkan “cache” di depan URL halaman langsung di browser Anda, dan cara ini masih berhasil sampai sekarang. Berikut contohnya:

cache:https://idwebhost.com/blog/web-cache-adalah-pengertian-manfaat-jenis-dan-cara-kerjanya/

Wayback Machine, cara canggih melihat arsip lama internet

Apa Sih Pentingnya Wayback Machine?

Pentingnya Wayback Machine sudah jelas. Alat ini tidak hanya melestarikan sejarah Internet, tetapi juga membantu pengguna kembali dan melihat sumber konten asli untuk melihat seperti apa konten tersebut sebelum adanya perubahan. Hal ini dapat sangat berguna di era informasi yang terus berubah. 

Berikut ini beberapa manfaat penggunaan Wayback Machine:

1. Pilihan pertama atau terakhir untuk mengambil informasi

Jika website Anda mogok atau terhapus dan Anda tidak memiliki cadangannya, salah satu pilihannya adalah kembali dan mengambil kontennya serta mulai membangun lagi. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai aplikasi arsip berbasis web 

Selain itu, pastikan website Anda dicadangkan secara berkala. Jika Anda menghosting website Anda dengan IDwebhost, tim managed services akan melakukan backup database secara harian, mingguan hingga bulanan. 

2. Memecahkan Masalah Website

Anda dapat menggunakan alat ini untuk memecahkan masalah pada website Anda, salah satunya masalah SEO yang sering dihadapi pemilik website. 

Anda bahkan dapat memulihkan status website. Contoh kasus: Wikipedia, berkat banyaknya bot dan relawan, mampu mengganti 9 juga referensi yang rusak berkat Wayback Machine. 

Wayback Machine, cara canggih melihat arsip lama internet

3. Melihat Website yang Tidak Aktif

Anda dapat menggunakan Wayback Machine untuk melihat website, akun media sosial yang sudah tidak aktif.  Meskipun tidak akan ada konten baru di situs tersebut hingga pemilik situs memperbaiki masalahnya, Anda masih dapat melihat konten lama.

Namun ada kekurangan Wayback Machine saat melihat website yang tidak lagi aktif. Alat ini mengambil cuplikan tampilan website pada waktu dan tanggal tertentu, sehingga ada potensi beberapa konten hilang atau tidak muncul di pencarian. 

4. Menyimpan halaman Web Sesuai Permintaan

Arsip Internet tidak pernah menerbitkan inventaris website yang diarsipkannya. Selain itu, alat ini biasanya tidak mengungkapkan algoritma yang digunakan untuk menentukan apa yang harus diambil dan kapan. 

Jika Anda menemukan bahwa situs Anda belum diarsipkan oleh WaybackMachine, Anda memiliki opsi untuk “Capture a web page as it appears now for use as a trusted citation in the future.” Cukup tempel URL Anda di kolom dan klik SAVE PAGE.

Penutup

Itulah lima alternatif Wayback Machine yang bisa Anda gunakan untuk melihat kembali arsip lama internet atau suatu halaman website. Berbagai aplikasi arsip ini berbasis web dan bisa Anda gunakan seperti menggunakan mesin pencarian Google.

Wayback Machine adalah fitur menarik yang menawarkan solusi untuk melihat versi lama website, namun bagaimana jika Anda ingin memastikan data website Anda selalu aman dan dapat dipulihkan kapan saja?

IDwebhost menyediakan layanan backup data web yang jauh lebih lengkap dan andal dibandingkan dengan sekedar snapshot dari Wayback Machine.

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024