Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnis Anda

27 Nov 2020
Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnis Anda campaign-unlimited

Social media marketing menjadi suatu cara dalam mempromosikan produk melalui media sosial. Cara ini dinilai cukup efektif dalam menjangkau target audiens dengan mudah.

Nah, bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis Anda ke online, apakah sudah menerapkan strategi social media marketing ini ?

Anda bisa pelajari tips ini sebagai panduan untuk melakukan strategi social media marketing yang bisa digunakan baik untuk Anda yang sedang mengembangkan bisnis online atau jika Anda sudah melakukan social media marketing tapi mungkin butuh koreksi lebih lanjut lagi agar strategi Anda berjalan dengan  baik.

Apa itu Social Media Marketing ?

social media marketing
Apa itu Social Media Marketing

Social media marketing adalah salah satu teknik marketing online dengan cara mempromosikan produk atau jasa ke media sosial seperti facebook, instagram, twitter dsb. Di tahun 2020 ini, platform media sosial telah banyak  bermunculan, sehingga pemilihan platform media sosial yang tepat untuk strategi sosial media marketing Anda menjadi salah satu kunci kesuksesan menggunakan teknik ini.

Bagaimana Cara Memulai Social Media Marketing ?

social media marketing
Bagaimana Cara Memulai Social Media Marketing

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat memulai social media marketing adalah dengan melakukan riset. Nah, riset seperti apa yang perlu dilakukan?

Anda dapat melakukan riset jenis-jenis sosial media mana saja yang sedang tren khususnya di Indonesia.

Berdasarkan informasi dari andi.link yang melakukan review data tren internet dan media sosial tahun 2020 di Indonesia yang ia peroleh dari hootsuite, peringkat peringkat pertama social media yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Youtube sebanyak 88% dari jumlah populasi. Lalu di urutan ke dua ada pengguna Whatsapp sebanyak 84%, lalu Facebook sebanyak 82% dan peringkat ke 4 yaitu Instagram sebanyak 79%.

Dari sini, Anda sudah dapat melihat potensi market mana yang cocok dengan bisnis Anda untuk dimaksimalkan dengan referensi ke 4 platform media sosial.

Cara Strategi Social Media Marketing yang Efektif

social media marketing
Cara Strategi Social Media Marketing

Tiap platform media sosial memiliki cara tersendiri dalam meningkatkan produk atau jasa layanan Anda misalnya, bagaimana cara menjangkau pelanggan, waktu posting, cara berinteraksi dsb.

Nah, untuk lebih memahami strategi dalam melakukan social media marketing, ada baiknya Anda pelajari teknik social media marketing di tiap platform media social berikut ini :

Gunakan Strategi Instagram Marketing

Saat ini, banyak pebisnis yang melakukan promosi produk menggunakan Instagram. Hal ini karena hasil promosi produk menggunakan instagram dinilai dapat menghasilkan yang cukup memuaskan bagi sebagian pebisnis.

Menurut impactplus.com, sebanyak 72% orang memutuskan untuk membeli sebuah produk berdasarkan apa yang mereka lihat di Instagram.

Jika Anda tertarik untuk memaksimalkan strategi marketing Anda dengan Instagram, Anda bisa coba tips melakukan social media marketing menggunakan Instagram dengan langkah-langkah seperti di bawah ini :

  1. Ubahlah akun personal bisnis Anda di Instagram menjadi Akun Bisnis
  2. Optimasi profil bisnis Anda seperti pilih username yang mudah dikenali, gunakan foto profil brand Anda, tulis bio yang menarik, dan masukan link website di bio Anda.
  3. Mulai membuat konten dengan disesuaikan jenis postingan di Instagram contohnya feed instagram, instagram stories, instagram live, dan instagram TV
  4. Optimasi feed instagram Anda seperti pasang gambar atau video edukasi tentang produk Anda, pasang gambar atau video dari influencer yang mempromosikan produk Anda, posting gambar hari besar dsb
  5. Gunakan Instagram stories seperti untuk melakukan pengumuman produk baru Anda atau update informasi mengenai promo/diskon, melakukan polling, jalin interaksi dengan follower, menggiring user ke website Anda dengan fitur swipe up dsb
  6. Gunakan instagram live untuk meningkatkan interaksi atau engagement dengan followers Anda. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat program seperti talkshow, pengumuman produk baru, dan merekam suatu event yang sedang terjadi.
  7. Gunakan Instagram TV yang memudahkan followers Anda dalam menonton video dengan durasi panjang. Jadi jika Anda memiliki konten video yang berisi informasi berseries, Anda bisa manfaatkan instagram TV ini.
  8. Buat caption yang menarik
  9. Buat hastag yang unik dan tambahkan hastag yang populer yang relevan dengan bisnis Anda
  10. Lakukan riset penjadwalan posting di waktu yang tepat
  11. Tingkatkan konten Anda dengan bantuan Instagram Ads
  12. Jalin kerjasama dengan influencer

Manfaatkan Instagram Tools

Instagram tools merupakan fitur dari instagram yang membantu Anda dalam social media marketing agar lebih mudah seperti dari pembuatan konten, pelaksanaan promosi, hingga analisa data.

Nah apa saja instagram tools yang bisa di gunakan? Berikut rekomendasinya :

1. Instagram Tools untuk Desain

Terdapat beberapa referensi tools yang bisa digunakan untuk kebutuhan mendesain seperti :

  • VSCO : tools instagram yang memiliki fitur mengubah foto dari kamera handphone
  • Snapseed : tools instagram yang menawarkan fitur editing yang gratis dan cukup lengkap
  • Canva : aplikasi editing yang menyediakan lebih dari 8.000 template gratis yang bisa di edit atau di desain sesuai kebutuhan

2. Instagram Tools untuk Video

  • Boomerang from instagram : aplikasi buatan instagram yang dapat membuat video pendek berulang-ulang
  • Life Lapse : aplikasi yang dapat membuat video untuk durasi lebih lama
  • HypeType : Tools instagram yang menyediakan koleksi animasi dan font yang banyak.

3. Instagram Tools untuk Marketing

  • Repost for Instagram : aplikasi dari android yang dapat digunakan untuk memilih foto dari follower dan memberikan sumber di saat akan melakukan postingan 
  • AutoHash : aplikasi yang menggunakan AI agar dapat mengenali objek yang ada di gambar serta memberikan referensi hashtag dari objek tersebut.

4. Instagram Tools untuk Penjadwalan

  • Sked : tools instagram yang dapat melakukan penjadwalan serta di sediakan dengan beragam fitur editing foto.
  • Later : tools instagram yang selain bisa mengatur penjadwalan juga dapat untuk melakukan riset hashtag dan regram.
  • Hootsuite : tools instagram yang memudahkan Anda untuk melakukan penjadwalan postingan di instagram dari jauh hari.

5. Instagram Tools untuk Analisis dan Monitor Data

  • Instagram Insight : tools instagram gratis yang dapat untuk di gunakan sebagai analisa dan monitor data.
  • Sprout Social : tools instagram ini selain menawarkan analisa data juga dapat melakukan penjadwalan perilisan konten.
  • Iconosquare : tools instagram yang dapat melakukan penjadwalan konten, memonitor topik yang hangat dibicarakan oleh netizen, serta menganalisa performa bisnis instagram Anda.

Gunakan Instagram Ads

Strategi social media marketing Anda akan terasa lebih maksimal lagi performanya jika Anda juga memanfaatkan instagram ads. Walaupun instagram ads berbayar, tapi cara ini dapat memudahkan Anda dalam menjangkau market baru, menambah follower sampai bisa mendatangkan konversi penjualan.

Cara membuat instagram ads ini pun sebenarnya sudah jadi satu dengan facebook ads, jadi jika Anda juga ingin membuat instagram ads, Anda bisa masuk ke facebook ads manager kemudian Anda bisa pilih untuk media penempatan instagram ads atau juga bisa tambahkan  facebook ads jika ingin sekalian menjangkau market di facebook ads.

Untuk cara melakukan instagram ads, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini :

1. Buka facebook ads manager

2. Klik tombol buat iklan

3. Tentukan tujuan iklan Anda

4. Pilih Jenis iklan

5. Tentukan nama iklan dan pilih tujuan iklan yaitu traffik

6. Tentukan target audience untuk jangkauan market Anda

7. Tentukan penempatan dan pilih instagram

8. Tentukan jadwal masa tayang iklan

9. Hubungkan iklan Anda dengan akun instagram

10. Pilih format iklan

11.  Buat teks sebagai judul dan deskripsi iklan

12. Setelah semua setting iklan Anda ok, saatnya Anda melakukan pembayaran

Manfaatkan Facebook Marketing

Facebook marketing merupakan salah satu strategi dari social media marketing dengan memanfaatkan platform facebook sebagai tujuan marketing untuk meningkatkan penjualan produk.

Untuk memulai facebook marketing ini, Anda bisa memulai langkah-langkah strategi facebook marketing yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda terapkan, sebagai berikut :

1. Mulai dengan tujuan facebook marketing yang jelas, apakah untuk meningkatkan engagement, traffic website, atau mendapatkan leads

2. Ketahui target pasar Anda

3. Bangun kontern yang menarik

4. Lakukan penjadwalan posting konten dengan baik dan teratur

5. Tingkatkan komunikasi dengan audiens Anda

6. Memaksimalkan jangkauan market bisnis Anda dengan Facebook Ads

7. Lakukan evaluasi dan analisa strategi yang telah Anda jalankan

Gunakan Facebook Ads 

Facebook Ads merupakan cara cepat dalam meningkatkan bisnis Anda di platform media sosial yang tergabung di facebook. Apa saja yang bisa ditingkatkan di facebook ads ini? Anda bisa meningkatkan bisnis Anda dengan facebook ads seperti meningkatkan kesadaran akan merk bisnis Anda, memaksimalkan jangkauan bisnis Anda, meningkatkan traffik website Anda, mendapatkan data pelanggan berupa nama,nomor telepon, email serta bisa dapat meningkatkan konversi penjualan dari bisnis Anda.

Nah, bagaimana cara menggunakan facebook ads ini? Anda bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Pastikan Anda sudah memiliki fanspage bisnis Anda, jika belum Anda bisa membuat fanspage baru untuk bisnis Anda

2. Buka facebook ads

3. Klik tombol buat iklan

4. Tentukan tujuan iklan Anda

5. Pilih Jenis iklan

6. Tentukan nama iklan dan pilih tujuan iklan yaitu traffik

7. Tentukan target audience untuk jangkauan market Anda

8. Tentukan penempatan dan pilih facebook

9. Tentukan jadwal masa tayang iklan

10. Hubungkan iklan Anda dengan akun fansapage

11. Pilih format iklan

12.  Buat teks sebagai judul dan deskripsi iklan

13. Setelah semua setting iklan Anda ok, saatnya Anda melakukan pembayaran

Anda bisa kunjungi cara membuat facebook ads untuk info lebih lengkapnya.

Manfaatkan Twitter Marketing

Twitter mempunyai cara yang unik dalam menarik calon pengunjung kepada Anda. Strategi marketing menggunakan twitter ini mengutamakan engagement Anda dengan calon pelanggan Anda plus ditambah fitur yang mudah dan simpel.

Nah bagaimana melakukan strategi social media marketing menggunakan twitter? Berikut langkah-langkahnya :

1. Buat profil di Twitter Anda sebaik mungkin

2. Gunakan username yang sesuai dengan nama bisnis Anda

3. Gunakan foto profil dengan logo bisnis Anda untuk meningkatkan branding bisnis Anda

4. Jika Anda seorang public figure, blogger, atau content creator Anda dapat memasang foto profil Anda dengan background yang bersih (tanpa ada elemen-elemen atau hiasan-hiasan)

5. Tambahkan header image di bagian atas profil Anda

6. Maksimalkan Bio pada akun twitter Anda dengan memperkenalkan jenis usaha Anda

7. Posting tweet di waktu yang tepat

8. Gunakan Gambar pada tweet agar menambah potensi untuk di-retweet.

9 Tambahkan video ke tweet pada postingan Anda untuk meningkatkan engagement.

10. Tambahkan gif juga sama dapat meningkatkan engagement.

11.  Gunakan Polling untuk meningkatkan engagement sekaligus mendapatkan insight mengenai audiens Anda

12. Gunakan bahasa dalam membuat tweet senatural mungkin seperti sedang berkomunikasi.

13. Gunakan hashtag

14. Gunakan kata-kata ajakan

15. Ikuti topik pembicaraan yang sedang viral

16. Balas mention, retweet dan like

17. Berinteraksi dengan influencer dalam mendapatkan perhatian dari followers influencer tsb.

18. Gunakan twitter ads untuk mempercepat mendapatkan followers, engagement, pengunjung website serta konversi pemesanan.

Gunakan Strategi User Generated Content

User Generated Content (UGC) adalah sebuah konten berupa review dari user akan produk Anda.  Bentuk dari UGC ini meliputi gambar, video, testimoni, dsb.

Jadi, jika model marketing yang biasa banyak Anda gunakan adalah dari Anda dan tim Anda, tapi dengan model user generated content ini yang melakukan proses marketing adalah dari user atau para pengguna dengan berbagai jenis konten yang mereka buat.

Lalu, bagaimana menggunakan strategi user generated content ini ?

1. Mintalah ijin dan cantumkan sumber jika Anda ingin mencantumkan konten yang dibuat oleh user yang mereview konten dari produk Anda.

2. Buatlah sebuah kontes bagi siapa saja yang mereview produk Anda

3. Lakukan monitoring bagi konsumen yang menggunakan produk Anda dan ajaklah untuk berkolaborasi agar dapat semakin memperlancar strategi marketing UGC Anda.

Tingkatkan Penjualan dan Retargeting

Retargeting adalah suatu cara untuk mempromosikan kembali kepada audience yang telah berinteraksi di website Anda tapi tidak terjadi pembelian.

Retargeting ini umumnya berkaitan dengan ads atau iklan Anda. Karena dengan sistem ads, produk Anda dapat dengan mudah tersistematis menjangkau pelanggan-pelanggan Anda yang tidak jadi membeli produk.

Untuk menggunakan retargeting ads ini, caranya adalah dengan menggunakan sistem Pixel-Based. Apakah itu?

Pixel-Based yaitu sistem yang berisik kode-kode javascript yang dipasang di website atau suatu postingan tertentu.

Dengan kode tsb, alhasil setiap ada pengunjung yang berkunjung ke website Anda maka akan secara otomatis sistem pixel ini akan bekerja.

Cara sistem pixel ini bekerja adalah ketika pengunjung meninggalkan website Anda, maka sistem pixel akan memberikan notifikasi kepada Anda.

Lalu, untuk menggunakan sistem pixel ini Anda dapat menggunakan platform iklan dari Google Ads atau Facebook Ads.

Manfaatkan Plugin Sosial Media

Plugin adalah suatu program yang berisi kumpulan kode yang berfungsi sebagai fitur tambahan yang bisa Anda manfaatkan. Contoh, jika Anda pengguna website WordPress maka Anda dapat menginstall beraneka ragam plugin yang Anda butuhkan.

Nah, salah satu plugin yang bisa Anda gunakan seperti plugin social media seperti :

1. Auto publish : plugin yang berfungsi untuk membagikan artikel atau konten secara otomatis ke media sosial yang terhubung

2. Ikon share : plugin dengan ikon tombol share ke social media sehingga memudahkan jika ada user yang ingin membagikan ke sosial media mereka.

3. Profil media sosial : plugin yang menyediakan profil media sosial di website

4. Profil feed sosial : plugin yang dapat menampilkan feed media sosial di website

Bagaimana Menentukan Strategi Social Media Marketing yang Tepat untuk Anda ?

social media marketing
Bagaimana Menentukan Strategi Social Media Marketing

Dari berbagai strategi sosial media marketing seperti yang dijelaskan di atas, hal yang terpenting sebelum melakukan strategi ini adalah kenali terlebih dahulu target audience dari bisnis Anda.

Contohnya jika bisnis hijab, kebanyakan market yang dapat dijumpai adalah di instagram karena produk hijab banyak menampilkan konten visual agar dapat memberikan gambaran bagi pembeli.

Nah, Anda perlu melakukan riset terhadap bisnis Anda secara lebih dalam dan lakukan strategi social media marketing yang cocok dengan bisnis Anda seperti rekomendasi pada artikel ini.

Kesimpulan

Pebisnis yang baik harus mengerti pola perilaku konsumen terhadap bisnisnya contohnya bagaimana mereka berinteraksi, di media mana mereka paling sering melihat minat akan pembelian produk dsb.

Nah di jaman teknologi yang semakin berkembang, salah satu media yang ramai di gunakan oleh pengunjung adalah social media.

Untuk itu, Anda harus memahami cara melakukan marketing pada sosial media agar bisnis Anda bisa berkembang menyesuaikan jaman salah satunya dengan teknis strategi social media marketing ini.

Pelajari secara mendalam tentang strategi ini dan tentukan jenis strategi sosial media mana yang cocok dengan bisnis Anda.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikut perkembangan informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost. Lalu jika Anda butuh layanan hosting dan domain untuk membangun website, Anda juga bisa kunjungi halaman hosting indonesia dan domain di IDwebhost. Salam!

Penulis
Member since 2 Jul 2013