Panduan Lengkap Beriklan Google Ads App untuk Pemula
Blog Digital Marketing Panduan Lengkap Beriklan Google Ads App untuk Pemula

Panduan Lengkap Beriklan Google Ads App untuk Pemula

.Google Ads App dapat menjadi solusi bagi Anda yang telah memiliki mobile apps sebagai representasi atau aplikasi bisnis Anda untuk dipromosikan ke berbagai platform yang tersedia di sistem Google.

Dengan mempromosikan mobile apps Anda di Google Ads, tentunya dapat meningkatkan tujuan marketing Anda seperti meningkatkan orang yang menginstall mobile apps Anda atau melakukan tindakan pembelian.

Untuk lebih detailnya, Anda dapat mempelajarinya pada pembahasan berikut ini.

Isi Artikel :

 

Apa itu Google Ads App ?

 

apa-itu-google-ads-app

Google Ads App adalah sarana untuk mempromosikan apps atau mobile apps yang di inginkan pengiklan. Hal ini untuk dipromosikan ke berbagai platform agar menjangkau lebih banyak pengguna dan tercapai tujuan marketing yang diinginkan.

Nah apa saja tujuan marketing yang diinginkan bagi pengiklan atau advertiser? Contohnya seperti menentukan berapa banyak jumlah orang yang melihat iklan dan mendownload / menginstall mobile apps.

Jadi, jika Anda mempunyai suatu aplikasi mobile yang telah Anda kembangkan dan ingin dipromosikan dengan tujuan mencari sebanyak-banyaknya orang untuk mendownload atau menginstall mobile apps Anda, Google Ads App ini bisa menjadi solusi yang bisa Anda coba.

Dengan menggunakan Google Ads App, Anda dapat mempromosikan mobile apps Anda ke berbagai platform seperti Google Play, Youtube, Discover di Google Search, dan Google Display Network.

 

Cara Kerja Google Ads App

 

Iklan dibentuk dengan format teks iklan, gambar, video dan beberapa format asset yang tersimpan pada app’s store yang Anda miliki.

Format iklan dapat disalurkan ke beberapa jaringan platform seperti Google Play, Youtube, Discover di Google Search dan Google Display Network.

Untuk memulai, Anda perlu menyediakan ad copy atau format text sebagai text promosi iklan Anda, jumlah anggaran per harinya. Kemudian dalam bentuk bid dan budget harian, dan juga pengaturan bahasa serta lokasi yang ingin Anda tuju.

Lalu beberapa format gambar yang disarankan adalah gambar dalam format landscape, 1 video berformat portrait, dan satu video dalam format landscape serta asset-asset media yang support dengan HTML5.

Jadi, sistem google ads akan menguji berbagai kombinasi format iklan yang Anda sertakan untuk menguji seberapa besar penayangan iklan yang dapat menghasilkan kinerja yang terbaik.

 

Dasar – dasar Google Ads App

 

dasar-dasar-google-ads-app

Beriklan menggunakan Google Ads App merupakan jenis iklan yang berjalan secara otomatis sehingga memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan marketing. Contohnya seperti meningkatkan pengguna untuk menginstall mobile apps Anda serta tindakan konversi lainnya.

Sejauh penempatan berjalan, beriklan apps dapat menghubungkan Anda dengan pengguna yang berada di Google Search, Google Display, YouTube dan Google Play.

Pada dasarnya, setelah Anda submit beberapa format teks iklan, gambar, video, tujuan iklan, anggaran (budget) dan bid (tawaran). Google Ads secara otomatis dapat membuat iklan Anda tsb untuk dioptimalkan dan disesuaikan jaringan platform media yang dituju.

Selain itu, Google Ads juga memberikan hasil terbaik dan memprioritaskan atas kinerja iklan yang berjalan dan telah disetting oleh pengiklan sebelumnya.

 

Jenis Objective Campaign pada Google Ads App

 

Objective campaign adalah tujuan yang dimaksud oleh pengiklan dalam mempromosikan iklannya di Google Ads. Contohnya apakah tujuannya mendapatkan traffik kunjungan, mendapatkan data pelanggan, mendapatkan jumlah orang yang mendownload aplikasi, atau mendapatkan orang yang melakukan pembayaran terhadap iklan yang dipromosikan.

Nah, di iklan mobile apps pada Google Ads ini, terdapat dua jenis penargetan yang bisa Anda pilih, yaitu :

1. Cost per Install (CPI)

Cost per Install atau CPI adalah tujuan beriklan di Google Ads dengan fokus meningkatkan atau mendorong orang untuk melakukan install mobile apps yang dipromosikan oleh advertiser sebanyak-banyaknya dengan menyesuaikan batasan anggaran yang dimiliki.

 

2. Cost per Action (CPA)

Cost per Action adalah tujuan beriklan di Google Ads dengan fokus meningkatkan atau mendorong orang untuk melakukan install mobile apps. Dan juga memiliki potensi orang tsb juga melakukan tindakan dalam aplikasi dengan menyesuaikan batasan anggaran yang dimiliki.

Tindakan yang dimaksud ini adalah seperti orang tsb melakukan pembayaran untuk menggunakan layanan fitur premium pada aplikasi tsb. Bid yang Anda set haruslah berupa sejumlah uang yang Anda bayarkan untuk setiap tindakan konversi yang terjadi pada apps.

Jika Anda memilih tujuan iklan CPA, maka sebelumnya Anda perlu mempersiapkan conversion tracking pada Google Ads yang dapat mengumpulkan data tentang pengguna. Hal ini agar dapat menyelesaikan tindakan konversi dalam aplikasi tertentu.

 

Conversion Tracking untuk Iklan App

 

Untuk meningkatkan orang-orang yang melakukan install mobile apps sebanyak mungkin, sistem iklan pada Google Ads perlu mengawasi data konversi pengguna. Hal ini agar Anda agar dapat mendorong pendapatan.

Dengan melakukan pelacakan dalam mobile apps Anda, Anda dapat membuat database pelanggan Anda yang dapat dioptimalkan. Hal ini agar sesuai sasaran tindakan atau konversi dalam mobile apps Anda.

Anda dapat menggunakan Google Analytics for Firebase. Platform ini digunakan sebagai alat gratis untuk mengukur data penggunaan aplikasi dan melacak keterlibatan pengguna.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pelaporan tak terbatas tentang ratusan peristiwa konversi dalam aplikasi. Selain itu juga kemampuan untuk mensegmentasikan basis pengguna Anda menurut perilaku dan menargetkannya.

Selain itu juga terdapat Conversion Window yang mengacu pada jumlah waktu yang dibutuhkan lead atau prospek dalam melakukan tindakan konversi setelah melakukan klik pada iklan Anda.

Jika tindakan konversi yang Anda inginkan terjadi dalam conversion window, maka tindakan konversi tersebut dapat dikaitkan dengan iklan apa pun yang diklik oleh prospek.

Anda dapat menetapkan conversion window apa pun yang Anda inginkan, akan tetapai secara default conversion window sudah tersetting selama 30 hari.

 

Cara Membuat Iklan Google Ads App

 

cara-membuat-iklan-google-ads-app

Setelah mengetahui informasi diatas, sudah siap untuk memulai mengiklankan mobile apps Anda di Google Ads? Berikut untuk langkah-langkah dalam membuat iklan Google Ads App yang bisa Anda ikuti.

 

1. Sign In ke Google Ads

Langkah pertama, Anda dapat masuk ke Google Ads dan pilih “campaigns” pada menu sebelah kiri. Klik tombol “+” untuk membuat iklan baru

 

2. Pilih Campaign Type “Universal App”

Setelahnya, pilih opsi Aplikasi di sisi paling kanan yaitu “Universal App”. Kemudian, pilih platform apps (Android atau iOS).

 

3. Tentukan Nama Apps

Masukan nama Apps Anda dan pilih daftar yang dibuat Google Ads.

 

4. Tentukan Format Ad

Masukan teks iklan sebagai ads copy pada iklan Anda. Anda memerlukan setidaknya empat baris teks terpisah yang bisa dikombinasikan dengan berbagai ad.

Baris ini harus terdiri dari 25 karakter atau lebih pendek, dan setidaknya salah satunya harus 20 karakter atau lebih pendek agar dapat menyesuaikan pada ukuran layar perangkat yang lebih kecil.

5. Upload Gambar dan Video

Langkah selanjutnya, Anda dapat mengupload gambar dan video. Sebagai rekomendasi, Anda dapat membuat berbagai gambar dan video promosi yang berbeda-beda agar dapat diuji untuk mendapatkan hasil performa iklan yang terbaik Anda. Ada 3 jenis aset visual yang bisa lampirkan yaitu gambar (.jpg, .png, .gif), Youtube videos, dan HTML5.

Jika Anda tidak memiliki aset untuk diupload, maka sistem dari Google Ads akan menarik beberapa dari dalam aplikasi Anda dan menggunakannya untuk iklan Anda.

 

6. Tentukan Bahasa dan Lokasi Penargetan

Lalu, tentukan juga bahasa dari browser yang biasa dipakai oleh user apakah inggris, indonesia atau keduanya. Kemudian tentukan juga wilayah geografis yang menunjukan lokasi user yang Anda targetkan.

 

7. Optimasi Iklan

Terakhir, Anda dapat melakukan optimasi pada iklan Anda untuk meningkatkan penginstallan mobile apps oleh user atau tindakan (conversion) pada mobile apps Anda.

 

Kesimpulan

 

Google Ads App adalah sarana untuk mempromosikan apps atau mobile apps yang di inginkan pengiklan untuk dipromosikan ke berbagai platform agar menjangkau lebih banyak pengguna dan tercapai tujuan marketing yang diinginkan.

Semoga bermanfaat

Anda juga dapat mengetahui terus perkembangan informasi seputar teknologi, bisnis dsb di bagian blog IDwebhost secara gratis.

Anda juga bisa menghubungi IDwebhost  untuk mendapatkan layanan web hosting dan domain untuk kebutuhan bisnis Anda yang mempunyai promo setiap harinya. Salam!

 

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.