Cara Mencari Expired Domain yang Berkualitas

22 Jun 2019
Cara Mencari Expired Domain yang Berkualitas campaign-unlimited

Sebagian besar blogger lebih memilih untuk membeli domain lama yang telah diperbaharui untuk blog mereka. Mengapa mereka melakukan itu? Karena ada fakta menarik dibalik expired domain atau domain lama. Domain lama mempunyai domain authority serta backlink. Karena domain authority tersebut menjadikan website semakin mudah untuk menempati peringkat tinggi halaman hasil mesin pencarian. Bahkan beberapa dari domain lama, sengaja dibeli untuk tujuan branding. Jadi apakah bagus membeli domain lama? Ya bagus saja.

Namun, sebelum anda membeli expired domain, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu berikut ini. Sebelum membahasnya, Anda mungkin ingin menginvestasikan sejumlah uang untuk membeli domain kedaluwarsa. Ini merupakan saat yang tepat untuk anda membaca panduan dari kami sebelum membelinya.

Apa itu Expired Domain?

Apa itu Expired Domain
IDwebhost

Expired domain merupakan domain yang tidak diperbaharui lagi oleh pembuatnya. Itu pengertian sederhananya, secara teknis. Ada banyak orang yang tidak sengaja sehingga domainnya sampai expired. Mereka kebanyakan orang-orang yang lupa untuk memperbaharui domain mereka atau mereka memang tidak mempunyai uang untuk memperbaharuinya lagi. Jadinya, si pemilik domain biasanya akan memberikan perpanjangan 30 hari gratis untuk memperbaharui domain Anda.

Nah, jika mereka belum memperbaharui domain mereka dalam waktu 30 hari tersebut, maka domain tersebut akan dinyatakan sebagai expired domain dan si pemilik domain akan memulai menawarkan ke publik atas domain itu.

Penawaran atau lelang tersebut akan berlangsung selama 7 hari, domain akan diberikan kepada penawar harga beli yang tertinggi. Jadi dengan tawaran tertinggi itu Anda dapat membeli domain kadaluwarsa dengan mudah, dan dalam proses ini, Anda dapat mengambil sejumlah domain kedaluwarsa yang bagus, tidak cuma satu saja.

Bagaimana Anda dapat memakai domain lama ini?

Domain yang kedaluwarsa sebenarnya merupakan properti yang bagus untuk melakukan banyak kepentingan Anda yang terkait pengembangan website. Sebelum kita mebahas lebih lanjut, mari kita belajar bagaimana caranya untuk membeli domain kedaluarsa. Selain itu, ketahui juga apa saja yang harus dilihat pada saat membeli. Yuk, Mari simak langsung!

301 Redirect atau Pengalihan

Bagaimana Anda dapat memakai expired domain
IDwebhost

Pengalihan ini adalah cara mudah untuk meneruskan semua rangkuman tautan ke situs atau blog baru. Katakanlah, Anda ingin membeli nama domain yang mempunyai tautan balik dari TechCrunch, Mashable, Forbes, HBC atau berbagai situs besar lainnya.

Nah, yang harus Anda lakukan hanya dengan mengarahkan kembali nama domain itu ke situs Anda yang bisa menghasilkan uang dan coba lihat peningkatan ratingnya bagaimana. Jadi, cobalah cek domain expired yang Anda butuhkan itu.

Menguji Domain Authority (DA) pada Domain itu dan Meningkatkannya

Coba cek DA dari domain yang Anda inginkan dan jika domain itu sudah mendapatkan backlink dari beberapa situs dengan DA tinggi, Anda tidak perlu berupaya susah-susah lagi. Anda hanya merutinkan menulis blog dengan konten yang berkualitas SEO.

Nantinya Anda akan menyadari bahwa setiap konten yang Anda tulis atau posting di blog itu bisa menaikkan peringkat di halaman pertama Google. Meskipun hanya dikerjakan beberapa bulan saja, anda bisa menghasilkan pendapatan yang bagus dengan domain lama tersebut. Jadi, Anda bisa saja membangun situs Anda dengan domain kedaluwarsa serta masih mendapatkan peringkat tinggi karena hasil dari otoritas (DA) dari domain itu.

Private Blog Network (PBN)

Ini merupakan metode agak curang lainnya untuk mengelabui mesin telusur raksasa Google. Pakar SEO mengetahui bahwa mereka bisa membuat blog sendiri untuk di-backlink ke “money website” mereka. Maksudnya yang mana? Ya itu menggunakan jaringan blog pribadi mereka sendiri.

Mempunyai domain yang sudah kadaluwarsa dengan DA, PA, dan backlink yang tinggi dari situs besar atau populer bisa menjadi keuntungan besar. Setelah Anda membangun situs yang bagus dengan domain yang kedaluwarsa tersebut dan juga sudah memberi backlink ke “money website” Anda, Anda  bisa untuk  lebih meningkatkan lagi peringkat situs Anda.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membelinya

hal yang perlu diperhatikan untuk Expired Domain
IDwebhost

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli domain itu. Berikut ini penjelasan selengkapnya!

Cek, Apakah Domain Itu Memuat Spam

Jika domain kedaluwarsa tersebut digunakan untuk tujuan spam oleh pemilik situs sebelumnya, maka ada kemungkinan besar bahwa situs Anda natinya akan terpengaruh buruk juga. Hal ini sebenarnya merupakan yang pertama Anda cek ketika sedang mencari domain kedaluwarsa yang cocok berdasarkan SEO atau branding. Pertanyaannya sekarang, bagaimana Anda dapat menentukan konten yang ada di expired domain? Solusinya yaitu memakai Wayback.

Pada website-nya, coba anda cari domain kedaluwarsa yang ingin Anda beli. Kemungkinan besar akan terlihat di sana, Wayback tersebut sudah mencatat snapshot dari beberapa halaman yang sebelumnya pada domain tersebut. Dengan melihat dari kontennya, Anda dapat menentukan apakah konten tersebut termasuk spam atau bukan.

Apakah Tautannya Juga Mengandung Spam

Cara lain untuk mengetahui domain kedaluwarsa itu dulunya digunakan untuk spamming atau tidak adalah dengan memeriksa profil backlink-nya. Bagaimana cara? Coba anda gunakan beberapa tools yang tersedia di internet.

Ketika Anda mengakses situs dari tools tersebut, Anda akan diberikan dua opsi yaitu new index dan historic index. Masukkan URL domain kedaluwarsa Anda, lalu pilih historic index dan klik “enter”. Anda akan mendapatkan semua backlink lama yang mengarah ke domain itu. Hanya dengan menganalisis backlink yang tersedia, Anda sudah dapat menentukan apakah itu spam atau bukan. Anda juga bisa juga memeriksa semua backlink yang ada memakai Ahrefs . Tools ini mempunyai database backlink terbesar di internet.

Periksa Otoritas Domainnya

Otoritas domain (DA) merupakan salah satu metrik terbaik untuk mengukur kekuatan peringkat dari sebuah situs. Setelah Anda memastikan bahwa domain tersebut tidak dipakai untuk spam, hal berikutnya yaitu dengan memastikan bahwa domain yang akan Anda beli itu mempunyai nilai D.A minimal 20+.

Jika Anda menemukan domain tersebut memiliki otoritas domain kurang dari 20, tinggalkan domain tersebut. Ingat, otoritas domain yang tinggi sangatlah penting. Itulah alasan utama mengapa orang lebih memilih membeli domain yang kedaluwarsa.

Anda bisa mengecek otoritas domain dari domain apapun dengan memakai Open Site Explorer . Tools lainnya seperti Small SEO Tools dan Moonsy . Kedua tools tersebut akan mengembalikan otoritas domain situs dan juga otoritas halaman dari nama domain yang dimiliki.

Kesimpulan

Dengan membaca artikel diatas, Anda menjadi mengetahui cara mencari expired domain yang berkualitas. Artikel ini sebagai bentuk komitmen kami sebagai provider hosting murah berkualitas. IDwebhost ingin membantu untuk mensukseskan Anda secara online. Silakan tinggalkan komentar anda dan jangan lupa untuk membaca berbagai konten bermanfaat lainnya dari kami, yang terkait pengembangan bisnis dan pengembangan website. Selamat mengembangkan usaha online Anda ya, semoga berhasil!