Cara Redirect Website dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis Anda?
Blog Tips Keren

Cara Redirect Website dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis Anda?

Dengan seiringnya waktu, situs Anda akan tumbuh lebih kompleks. Selain mempertimbangkan peningkatan paket web hosting (untuk mendukung peningkatan pengguna dan lalu lintas). Anda membuat keputusan untuk menghapus beberapa halaman dan posting. Atau memutuskan untuk menyederhanakan struktur URL konten web. Mungkin Anda berpikir sebaiknya membeli beberapa domain baru untuk mengalihkan situs bahkan untuk mengubahnya sama sekali. Seperti kita ketahui, ada banyak alasan mengapa cara redirect website itu penting. Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Apa Itu Redirect?

Redirect adalah teknik yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung domain Anda ke URL yang berbeda. Anda dapat meneruskan nama domain ke situs web apa pun yang tersedia secara online. Saat seseorang mengetik atau mengklik pada URL asli, mereka akan dibawa ke halaman atau situs web baru.

Cara- Cara Redirect Website

Cara Redirect Website 301 dan 302
Cara Redirect Website 301 dan 302

Redirect 301

Redirect 301 adalah pengalihan yang dilakukan secara permanen. Ini adalah pengalihan yang paling umum digunakan. Redirect 301 mengacu pada kode status HTTP. Jenis pengalihan ini terjadi di tingkat peramban dan server. Pada waktunya, mesin pencari akan mengindeks redirect ini.

302 Found (HTTP 1.1) / Dipindahkan Sementara (HTTP 1.0)

Pengalihan 302 digunakan ketika ingin mengalihkan sementara URL, tetapi Anda memiliki niat untuk kembali ke URL lama. Misalnya ketika Anda mendesain ulang situs, tetapi ingin mengarahkan pengguna ke domain yang berbeda sampai website telah selesai dibangun. Internet berjalan pada protokol yang disebut HyperText Transfer Protocol (HTTP) yang menentukan cara kerja URL. Ini memiliki dua versi utama 1.0 dan 1.1. Dalam versi pertama, 302 mengacu pada kode status “Dipindahkan Sementara.” Ini diubah dalam versi 1.1 yang berarti “Ditemukan”. Pengalihan 302 tidak sering digunakan.

307 Pengalihan Sementara

Pengalihan sementara 307 ditambahkan sebagai bagian dari HTTP 1.1. Ia bekerja bagaimana pengalihan 302 pada awalnya dimaksudkan dan harus digunakan sebagai ganti dari 302 pengalihan. Baik 302 maupun 307 arahan ulang tidak melewatkan tautan awal ke lokasi baru.

Penyegaran meta

Penyegaran meta tidak sering digunakan. Namun, Anda mungkin masih melihat jenis pengalihan ini sebelumnya di layar pemuatan halaman. Merupakan jenis pengalihan yang dijalankan pada tingkat halaman daripada tingkat server. Mereka biasanya lebih lambat, dan bukan teknik SEO yang disarankan. Pernahkah Anda mendarat di suatu laman dan telah disambut dengan pesan yang berbunyi, “URL asli telah dipindahkan, Anda sekarang sedang dialihkan”. Kemudian Anda mengalami penyegaran meta.

Mengapa Anda Perlu Menerapkan Sebuah Redirect ?

Alasan Mengapa Menerapkan Sebuah Redirect
Alasan Mengapa Menerapkan Sebuah Redirect

Setelah Anda mengetahui jenis pengalihan yang dapat Anda terapkan, sekarang saatnya untuk masuk ke alasan mengapa Anda ingin mengalihkan URL. Berikut ini beberapa alasan untuk Anda ingin mengalihkan satu situs web ke situs web lain.

Nama domain yang serupa

Seorang pengguna mungkin salah mengetikkan URL Anda, misal seharusnya “example.com” menjadi “exmaple.com”. Dengan redirect, Anda bisa mengalihkan mereka ke lokasi yang benar. Alamat example.com dan example.net dapat dialihkan ke satu domain, atau halaman web, seperti example.org. Teknik ini juga sering digunakan untuk “mencadangkan” domain level teratas lainnya (TLD) dengan nama yang sama, atau membuatnya lebih mudah untuk “.edu” atau “.net” yang benar untuk mengarahkan ulang ke domain “.com” yang lebih dikenal.

Memindahkan halaman ke domain baru

Memindahkan Halaman ke Domain Baru yang Tersimpan di Bookmark
Memindahkan Halaman ke Domain Baru yang Tersimpan di Bookmark

Halaman web dapat dialihkan ke domain baru karena tiga alasan:

  1. Sebuah situs mungkin menginginkan, atau perlu, untuk mengubah nama domainnya;
  2. Seorang penulis mungkin memindahkan halamannya masing-masing ke domain baru;
  3. Menggabungkan dua situs sekaligus.

Dengan cara redirect website, tautan masuk ke web dengan URL yang kedaluwarsa dapat dikirim ke lokasi yang benar. Tautan ini mungkin berasal dari situs lain yang belum menyadari bahwa ada perubahan atau dari bookmark / favorit yang disimpan pengguna di browser mereka. Hal yang sama berlaku untuk mesin pencari. Mereka sering memiliki nama domain dan tautan yang lama / usang dalam database mereka dan akan mengirim pengguna pencarian ke URL lama ini. Dengan menggunakan pengalihan “pindah secara permanen” ke URL baru, pengunjung akan akan dipastikan tetap berada di halaman yang benar.

Logging tautan keluar

Log akses dari sebagian besar server web menyimpan informasi mendetail tentang dari mana pengunjung berasal dan bagaimana mereka menjelajahi situs yang dihosting. Namun, mereka tidak mencatat yang menautkan pengunjung yang tertinggal. Ini karena browser pengunjung tidak perlu berkomunikasi dengan server asli ketika pengunjung mengklik tautan keluar. Tautan di situs dapat mengarahkan ke URL di domain situs web asli yang secara otomatis mengarahkan ulang ke target sebenarnya. Teknik ini memiliki sisi negatif dari keterlambatan yang disebabkan oleh permintaan tambahan ke server situs web asli. Karena permintaan tambahan ini akan meninggalkan jejak di log server, mengungkapkan tautan mana yang diikuti, sehingga menimbulkan masalah privasi.

URL yang panjang

Aplikasi web sering menyertakan atribut deskriptif panjang dalam URL yang mewakili hierarki data, struktur perintah, jalur transaksi, dan informasi. Praktik ini menghasilkan URL yang sulit untuk diingat. Redirect akan mengarahkan pengguna dari URL yang panjang ke yang lebih pendek.

Perubahan URL

Terkadang URL halaman berubah meskipun isinya tetap sama. Oleh karena itu, pengalihan URL dapat membantu pengguna yang memiliki bookmark. 

Penargetan perangkat dan penargetan geo

Pengalihan dapat digunakan secara efektif untuk tujuan penargetan seperti penargetan perangkat atau penargetan geo. Penargetan perangkat menjadi semakin penting dengan munculnya klien seluler. Ada dua pendekatan untuk melayani pengguna seluler: Buat situs web responsif atau mengalihkan ke versi situs web seluler. Jika versi situs web seluler ditawarkan, pengguna dengan klien seluler akan diteruskan secara otomatis ke konten seluler yang sesuai. Untuk penargetan perangkat, pengalihan sisi klien atau pengalihan sisi server non-cacheable digunakan. Penargetan geo bertujuan untuk menawarkan konten yang dilokalkan dan secara otomatis meneruskan pengguna ke versi lokal dari URL yang diminta. Ini berguna untuk situs web yang menargetkan audiens di lebih dari satu lokasi atau bahasa. Biasanya pengalihan sisi server digunakan untuk geo tetapi pengalihan sisi klien dimungkinkan juga sebagai opsi, tergantung pada persyaratan.

Memanipulasi pengunjung

Pengalihan URL terkadang digunakan sebagai bagian dari serangan phishing yang membingungkan pengunjung tentang situs web mana yang mereka kunjungi. Karena peramban modern selalu menampilkan URL yang sebenarnya di bilah alamat, ancaman akan berkurang. Namun, pengalihan juga dapat membawa Anda ke situs yang justru menyerang dengan cara lain. Misalnya, pengalihan mungkin membawa pengguna ke situs yang akan mengelabui mereka agar mengunduh perangkat yang berisi Trojan.

Menghapus informasi referensi

Ketika tautan diklik, browser mengirimkan di dalam permintaan HTTP yang disebut referensi yang menunjukkan sumber tautan. Bidang ini diisi dengan URL halaman web saat ini, dan akan berakhir di log server yang melayani tautan eksternal. Karena halaman yang sensitif mungkin memiliki URL yang sensitif. Teknik ini juga menghilangkan informasi yang berpotensi sensitif lainnya dari URL perujuk, misalnya saja sesi memasukan ID. Selain itu juga dapat mengurangi phishing dengan menunjukkan kepada pengguna akhir bahwa mereka melewati gerbang yang jelas ke situs lain.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak alasan mengapa Anda perlu mengalihkan situs web. Selain itu, ada beberapa cara redirect website yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Semoga dengan artikel ini Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang redirect web.

Alya Nisania

Alya Nisania demikian nama lengkap writer yang memiliki panggilan Alya ini. Meskipun kesehariannya dia menjadi karyawan swasta, tetapi Alya tidak bisa meninggalkan hobi menulis yang menjadi passionnya.