idwebhost Bikin Website Sekarang

4 Tools Ampuh Kirim Direct Message Otomatis di Twitter untuk Boost Engagement

16 Agu 2024
4 Tools Ampuh Kirim Direct Message Otomatis di Twitter untuk Boost Engagement campaign-unlimited

Twitter kini menjadi salah satu alat marketing yang populer berkat fitur Direct Message otomatis. Pelajari cara menggunakan Tweet Hunter, Hive, SocialOomph, dan CrowdFire untuk mengirim DM otomatis dan tingkatkan produktivitas bisnis kamu.

Pendahuluan

Pengertian Direct Message

Di tahun 2024, pemasaran direct message (DM) menjadi salah satu perubahan terpenting dalam dunia social media engagement. Hal tersebut sudah terlihat dalam beberapa tahun terakhir. 

Pada tahun 2022, Meta melaporkan bahwa lebih dari satu miliar orang mengirim pesan ke kolega bisnis melalui aplikasinya setiap minggu. 

Di tahun yang sama, Adam Mosseri (bos Instagram) mengklaim bahwa DM adalah tempat di mana banyak pengguna menghabiskan waktu, selain Instagram Stories. Nah, DM menjadi alternatif sejumlah merek untuk melakukan pemasaran setelah konten umpan berita kini semakin sulit ditembus. Apa sih sebenarnya Direct Message?

Direct Message adalah bentuk komunikasi 1:1 yang dilakukan di media sosial. Setiap platform media sosial memiliki kotak masuk sendiri untuk menangani DM. Di sinilah penguna bisa berinteraksi satu sama lain dalam satu waktu atau membuat grup untuk mengirim pesan langsung ke beberapa pengguna sekaligus. 

DM Otomatis Twitter Berguna untuk Promosi Bisnis

Alat Dirrect Message Otomatis Twitter

Bicara soal marketing media sosial, Twitter menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan bisnis. Terlebih, Twitter juga memiliki fitur Direct Message bagi bisnis yang ingin berkomunikasi dengan followers, berbagi informasi terkini tentang perusahaan, mengiklankan produk mereka dan menyapa audiens. 

åTwitter Direct Message bisa menjadi alat efisien bagi bisnis untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan sekaligus penjualan asal digunakan dengan cara yang tepat.

  • Kirim Pesan yang Lebih Personal: Direct message di Twitter harus dibuat sepersonal mungkin untuk membuat orang tertarik dengan apa yang kamu kampanyekan. 
  • Berikan sesuatu yang eksklusif: Orang-orang cenderung berinteraksi dengan pesan langsung Twitter jika kamu memberi mereka sesuai yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain, seperti diskon eksklusif, bocoran promo yang akan datang dan cuplikan materi yang belum pernah dilihat sebelumnya. 
  • Fast Respon: Saat seseorang mengirimi kamu pesan langsung di Twitter, kamu harus segera menanggapinya. Ini menunjukkan kamu menghargai waktu dan keinginan orang lain. 
  • Kumpulan feedback: Direct Message otomatis adalah metode yang baik untuk mengumpulkan feedback dan komentar dari pengikut. Cara ini menjadi salah satu strategi untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan, sekaligus membantu kamu meningkatkan layanan pelanggan. 

Cara Mengirim Direct Message Twitter Secara Otomatis

Alat Dirrect Message Otomatis Twitter

Jika bisnis online kamu sudah berskala besar, mengirim pesan langsung di Twitter ke semua pelanggan tentu saja akan memakan banyak waktu. Oleh karena itu, mengirim DM otomatis bisa menjadi solusinya agar bisa konsisten menjalin interaksi dengan konsumen. 

Nah, artikel ini akan membahas 4 tools DM Otomatis Twitter, yaitu Tweet Hunter, Hive, SocialOomph, dan CrowdFire, yang dapat membantu kamu mengotomatiskan DM dan menghemat waktu. Dengan begitu, kamu bisa fokus pada hal-hal yang lebih penting.

Tweet Hunter

Tweet hunter adalah alat unggulan di koleksi alat Twitter marketing, yang menawarkan fitur untuk pemasaran di media sosial yang kini bernama X tersebut. Salah satu fitur utamanya adalah mengirim DM otomatis kepada siapapun yang telah berinteraksi dengan tweet bisnis kamu. 

Berikut cara menggunakan fitur ini:

  • Masuk ke Tweet Hunter menggunakan profil Twitter kamu
  • Klik tulis tweet dari panel kiri
  • Mulailah menulis tweet kamu di panel kanan, dan klik opsi lanjutan
  • dan di sini, kamu dapat mengkonfigurasi pengaturan untuk mengirim DM otomatis

Hivoe (DM Otomatis Twitter)

Jika kamu ingin memanfaatkan direct message di Twitter, gunakan Hivoe. Aplikasi ini bisa mengirim DM Twitter secara otomatis, menggelar kompetisi berhadiah, menawarkan integrasi dengan Notion, Google Sheet dan banyak lagi. 

Kamu dapat menggunakan alat ini untuk mengirim DM otomatis ke setiap followers baru yang mempromosikan layanan, penasaran, produk dan lainnya. Sesuai dengan penjelasan di website-nya, selama kamu tidak melakukan spam, dan mengikuti aturan Twitter mengirim DM otomatis, bisnis kamu akan baik-baik saja. 

Berikut ini cara menggunakan Hive untuk DM otomatis Twitter:

  1. Buat Akun dan Hubungkan Akun Twitter kamu
  2. Buat Workflow Baru, yang bisa ditemukan pada dashboard Hive. Workflow ini akan menjadi alur kerja otomatis untuk pengiriman DM. 
  3. Tentukan trigger berdasarkan tindakan pengguna. Misalnya, kamu bisa mengatur agar DM otomatis terkirim ketika seseorang mengikuti akun kamu, mention dan menyukai tweet kamu. 
  4. Buat pesan DM yang ingin kamu kirim secara otomatis. Kamu bisa menggunakan variabel untuk mempersonalisasi pesan, seperti nama pengguna atau nama akun Twitter. 
  5. Tentukan siapa saja yang akan menerima DM otomatis, seperti menargetkan followers baru, pengguna yang mention kata kunci tertentu, atau segmen audiens bisnis kamu. 
  6. Konfigurasi tambahan, seperti A/B testing dan Analytics. A/B testing untuk melihat pesan mana yang lebih efektif, dan analytics untuk melacak DM otomatis kamu dengan melihat matriks tertentu. 
  7. Simpan dan aktifkan Workflow agar DM otomatis mulai berjalan sesuai dengan konfigurasi yang kamu buat. 

SocialOopmh

Alat Dirrect Message Otomatis Twitter

SocialOopmh adalah alat yang membantu kamu meningkatkan produktivitas dengan mengirimkan pesan langsung otomatis, melacak kata kunci, mengikuti orang-orang yang mengikuti kamu, mendapatkan pengikut baru, menggunakan buzz dan masih banyak lagi. 

Berikut ini cara menggunakan SocialOomph untuk DM Otomatis Twitter:

  1. Buat akun SocialOomph dan hubungkan akun Twitter kamu. Biasanya melibatkan pemberian izin akses SocialOomph ke akun Twitter. 
  2. Buat AutoMessage baru, yang menunya terdapat di dashboard. 
  3. Klik “Konfigurasi” untuk mengkonfigurasi salah satu profil yang terhubung. Kamu dapat mengkonfigurasi pesan yang akan dikirim.
  4. Aktifkan AutoMessage agar DM otomatis mulai berjalan sesuai dengan konfigurasi yang kamu buat.

CrowdFire

Crowdfire adalah fitur yang membantu kamu mengirim pesan sambutan secara otomatis. Alat ini dianggap lebih unggul dari ketiga alat di atas, karena kamu bisa menambahkan beberapa DM sambutan dan semua pesan akan dikirim secara acak. Meski demikian, penggunaan CrowdFire ini sama saja dengan alat-alat DM otomatis Twitter di atas. 

Kesimpulan 

Twitter, yang memiliki fitur Direct Message dan didukung empat alat DM Otomatis di atas bisa membantu kamu mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke website kamu, meningkatkan kesadaran merek, melibatkan audiens kamu, menciptakan hubungan personal dengan pengikut dan pelanggan kamu, meningkatkan konversi, dan marketing, dan meningkatkan penjualan kamu. 

Untuk mendukung kesuksesan bisnis online kamu, IDwebhost menawarkan paket hosting yang lengkap dengan berbagai fitur, mulai dari domain hingga SSL certificate. Nikmati pengalaman hosting yang mudah dan tanpa ribet.

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024