Pengertian Marketing Tools dan Contoh Penerapannya
Blog Tips Keren Pengertian Marketing Tools dan Contoh Penerapannya

Pengertian Marketing Tools dan Contoh Penerapannya

Memasarkan sebuah produk atas jasa pada era digital marketing saat ini memiliki tantangan sekaligus menghadirkan peluang yang menjanjikan. Dikatakan memiliki tantangan karena perubahan tren pemasaran semakin cepat. Setiap saat, seorang pebisnis harus selalu bersiap untuk menghadapi perubahan, terutama dari bagaimana perilaku konsumen bekerja. Tantangan ini tentu saja menghadirkan peluang baru. Dan yang mampu beradaptasi sekaligus pandai membaca apa yang sedang terjadi adalah pemenangnya. Untuk itu Anda membutuhan marketing tools yang tepat. Dengan marketing tools yang tepat, Anda bisa melakukan banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tak hanya penjualan semata, tapi membangun merek agar keberadaannya selalu diingat oleh konsumen. Lebih jauh, artikel ini akan membahas apa definisi dari marketing tools dan apa saja .

Definisi Marketing Tools

Marketing tools adalah alat yang digunakan oleh perusahaan atau bisnis untuk mengembangkan porduk dan layanan mereka. Pada konteks ini, kata “tools” dimaksudkan sebagai teknik, strategi, dan material.

Marketing tools

Sebagian besar bisnis menggunakan beberapa marketing tools yang berbeda, seperti periklanan, direct mail, dan riset pasar yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan mereka. Dan kebanyakan perusahaan juga memiliki berbagai macam alat pemasaran yang mereka gunakan. Beberapa diantaranya secara khusus dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan, sementara itu tak sedikit yang berfokus mengumpulkan data konsumen. Tidak ada yang salah dari kedua tujuan ini, karena memang nantinya data yang dimiliki perusahaan dapat digunakan untuk menentukan strategi agar penjualan meningkat.

Sangat penting kiranya untuk mengetahui tools mana yang paling tepat untuk bisnis Anda. Dengan kata lain, tools yang Anda inginkan harus bisa mendukung untuk mencapai tujuan utama Anda. Dan yang terjadi umumnya adalah kebanyakan orang menggunakan beberapa marketing tools pada waktu yang sama.

Ada hal penting yang harus Anda ketahui. Banyak pebisnis yang menggunakan marketing tools untuk mengkomunikasikan informasi perusahaan, menstimulasi ketertarikan konsumen, dan menarik mereka untuk membuat keputusan. Untuk membangun bisnis yang bagus dan interaksi dengan konsumen harus menggunakan beberapa strategi pemasaran yang terintegrasi.

Tipe Marketing Tools

Di bawah ini, terdapat beberapa tipe marketing tools yan gharus Anda ketahui berikut dengan penjelasan singkatnya. Dan juga mengapa banyak bentuk bisnis yang menggunakannya.

Iklan Baris

Iklan baris sangat berguna untuk meningkatkan leads. Lead, yang dimaksud disini adalah konsumen potensial. Iklan baris dapat membuat orang mengunjungi sebuah web atau halaman yang spesifik. Iklan baris juga dapat menarik orang untuk mencari informasi lebih lanjut.

Media Sosial

Pada era internet marketing saat ini, media sosial adalah tool marketing dimana Anda bisa mengembangkan hubungan online interaktif dengan konsumen. Tujuannya bukan untuk mendapatkan data tentang mereka, namun lebih pada membangun kepercayaan. Blogging, posting, berbagai dan membaut cuitan adalah beberapa tools pemasaran yang populer. Internet marketing, dalam hal ini mengacu pada aktivitas pemasaran yang hanya terjadi secara online. SEO, atau Search Engine Organization dan periklanan online adalah contoh dari penerapan internet marketing.

Marketing tools

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan SEO. Langkah pertamanya adalah mengamankan nama domain yang andal dan sederhana. Dimana nama domain tersebut harus relevan situs, industri, ataupun kata kunci yang ingin Anda sasar. Dalam hal ini, Search Engine Optimization dimaksudkan sebagai teknik untuk meningkatkan tampilan situs di halaman pertama mesin pencari.

Survey

Survey sangat berguna untuk menentukan produk mana yang akan dibuat dan juga untuk meningkatkan atau mengupgrade barang yang sudah ada. Barang, dalam konteks ini adalah produk atau layanan. Survey juga sangat bermanfaat jika Anda inngin melakukan komparasi dengan dengan kompetitor Anda. Sebuah survey dapat menanyakan sampel yang representatif kepada konsumen, tentang apa yang mereka sukai dari produk Anda atau kompetitor.

Bermacam metode bisa Anda lakukan untuk melakukan survey ini. Anda bisa melakukan survey dengan cara tatap muka, atau menggunakan telepon, bisa juga menggunakan pos, dan cara paling populer saat ini adalah melakukan survey secara online. Banyak tools yang diciptakan untuk memudahkan orang melakukan survey secara online. Google Docs dan Surey Monkey adalah beberapa tools yang bisa Anda gunakan.

Para professional di bidang pemasaran akan menyebutkan survey sebagai marketing tools yang paling penting ketika ada orang yang bertanya pada mereka.

Google Analytics

Jika Anda memilik bisnis online atau mempunyai sebuah website, Google Analytics adalah tools yang sangat berguna. Ini bisa memberikan Anda overview dari mana pengunjung Anda berasal. Google Analytics juga akan memberikan informasi pada anda tipe-tipe pengunjung, dan apa konten terbaik yang Anda miliki hingga banyak pengunjung menyukainya.

Anda juga bisa menggunakan Google Analytics untuk meningkatkan konversi. Data-data yang Anda dapatkan nantinya sangat berguna untuk menetapkan strategi dalam tujuan untuk meningkatkan konversi.

Direct Mail

Mudahnya, direct mail adalah bentuk internet marketing yang secara khusus menargetkan pelanggan potensial. Sejak munculnya internet dan email, metode ini banyak disebut sebagai salah satu cara terbaik dalam digital marketing.

Dengan cara ini, Anda bisa menargetkan secara spesifik target market dan hal apa saja yang bisa menarik mereka mereka.

Media Monitoring Tools

Tools marketing ini digunakan untuk melakukan pemindaian website dan memberi tahu Anda tentang percakapan yang relevan dengan perusahaan, produk, atau merek Anda. Alat-alat ini memindai antara lain misalnya, situs media sosial, forum, blog dan juga video.

Pemantauan ini memungkinkan Anda menemukan apa yang orang katakana tentang produk atau layanan Anda secara online sehingga dapat memberikan respon atau bereaksi terhadap percakapan mengurangi penyebaran berita negative, bahkan mampu meningkatkan brand awareness akan produk, layanan, atau perusahaan Anda.

Program Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan dalam hal ini mengacu pada kemungkinan bahwa pelanggan yang sudah ada akan kembali lagi. Dengan kata lain, seberapa sering pelanggan tersebut kembali lagi dan lagi pada produk atau layanan Anda. Garis bawahnya adalah bahwa ini berbeda dengan loyalitas merek.

Marketing tools

Diantara banyaknya marketing tools, program loyalitas pelanggan adalah salah satu yang paling sering diabaikan. Padahal, program loyalitas pelanggan jauh lebih efisien untuk menjaga penjualan daripada mencari pelanggan baru. Para professional di bidang marketing mengungkapkan bahwa dibutuhkan biaya yang lebih banyak untuk mendapatkan pelanggan baru, dibandingkan dengan merawat pelanggan yang sudah ada.

Automatisasi

Otomatisasi adalah tools pemasaran yang bisa menghemat banyak waktu. Pemasar dapat mengurangi waktu yang terbuang karena melakukan tugas-tugas harian seperti menyimpan file dan email ke spreadsheet. Beberapa tools memungkinkan Anda untuk membuat rantai fungsi. Misalnya membuat pernyataan kondisional sederhana seperti “If This Then That”atau “Jika Ini Maka Itu”. Fungsi ini bisa bekerja di Facebook, Twitter, FitBit, Google Drive, dan Gmail.

Kesimpulan

Di luar sana banyak sekali marketing tools. Banyak diantaranya yang sangat powerfull sehingga bisa berkontribusi meningkatkan skala bisnis anda. Anda hanya membutuhkan beberapa saja. Jadi, Anda harus selektif memilih marketing tools terbaik untuk Anda. Jika masih bingung menentukan marketing tools yang ingin digunakan, silakan untuk berkonsultasi dengan penyedia hosting dan domain dimana Anda berlangganan. Provider domain dan hosting terbaik akan semaksimal mungkin memberikan solusi untuk pelanggannya. Kunjungi IDwebhost untuk mendapatkan artikel terupdate tentang dunia website. Cek juga beragam paket domain dan hosting murah hanya untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis