Ingin Bisnis Meledak? Coba 7 Tips Jitu Social Media Marketing Ini!

16 Mei 2024
Ingin Bisnis Meledak? Coba 7 Tips Jitu Social Media Marketing Ini! campaign-unlimited

Saat ini semua orang dari berbagai kelompok usia menggunakan sosial media. Bukan hanya sekadar untuk mencari hiburan, kini media sosial juga diandalkan sebagai platform untuk mempromosikan berbagai produk. Social media marketing adalah cara memanfaatkan platform sosial media untuk mempromosikan suatu produk.

Cara ini cukup menguntungkan, mengingat banyaknya pengguna dari berbagai kalangan yang selalu menyisihkan waktunya untuk membuka platform media sosial. Pada artikel kali ini, kita akan membagikan tips sukses membangun strategi pemasaran media sosial. Langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Pengertian Media Sosial

Kunci keberhasilan bisnis

Media sosial adalah semua aplikasi atau website yang memfasilitasi penggunanya untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya secara online. Di sini kamu bisa saling berbagi informasi, foto, maupun video dengan pengguna lain tanpa batasan waktu.

Melalui berbagai fiturnya, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang efektif menjangkau audiens. Mulai dari pelaku usaha dari yang berskala kecil hingga besar, semua dapat menggunakan sosial media untuk promosi agar lebih banyak mendatangkan konsumen baru.

Menyadari kesempatan bersaing yang sama besarnya, baik bagi pengusaha kecil maupun besar, pemasaran melalui media sosial tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan strategi yang tepat, media sosial bisa menjadi jalan untuk mengembangkan bisnis yang efektif.

Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis

Di samping manfaatnya bagi pengguna personal, media sosial juga menawarkan banyak manfaat bagi pelaku usaha. Salah satunya adalah akan ada lebih banyak orang yang tahu dan tertarik dengan produk kamu.

Menurut data Hubspot, 71% orang mengatakan mereka cenderung membeli suatu produk setelah melihat konten media sosial produk tersebut. Ini menunjukkan bahwa mempromosikan produk melalui postingan media sosial dapat meningkatkan peluang untuk audiens melakukan pembelian.

Semakin besar eksposur produk, maka akan semakin mudah bagi pembeli potensial untuk lebih mengenal produk sehingga termotivasi untuk membeli. Hal ini sejalan dengan data Bazaarvoice, yang menyebutkan bahwa review produk yang baik akan meningkatkan kemungkinan transaksi hingga 133%. 

Tips Sukses Membangun Strategi Sosial Media Marketing

Setelah kita mengetahui apa itu sosial media marketing dan manfaatnya, selanjutnya kita akan mempelajari tips sukses untuk membangun strategi sosial media marketing. Praktik social media marketing melibatkan beberapa langkah yang strategis. Mari kita lihat di bawah ini!

1. Lakukan Riset Target Pasar

tentukan target pasar

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membangun strategi pemasaran media sosial adalah riset target pasar. Tujuannya agar kamu paham siapa target audiens yang dituju. Lakukan analisis demografi dari target audiens untuk mengumpulkan data-data seperti informasi berapa umur mereka, jenis kelamin, dan minatnya.

Dari hasil riset ini kamu dapat menentukan kira-kira seperti apa konten promosi yang harus dibuat dan platform mana yang cocok untuk digunakan. Langkah ini akan mempermudah kita untuk fokus pada target pasar yang kita inginkan.

2. Tentukan Tujuan

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai dari pemasaran sosial media. Kamu bisa menetapkan berbagai tujuan seperti, meningkatkan penjualan, mendapatkan leads, atau membangun brand awareness

Pecahkan tujuanmu menjadi tugas yang sederhana dan realistis. Sebagai contoh, kamu ingin meningkatkan brand awareness, dengan salah satu indikator penilaiannya berupa mendapatkan peningkatan jumlah pengikut.

Katakanlah sebelumnya pengikut media sosial kamu hanya 100 orang, maka kamu bisa menargetkan untuk mendapatkan 500 pengikut terlebih dahulu. Mendefinisikan tujuan ke dalam tugas-tugas sederhana akan memudahkan kita untuk mencapai target.

3. Tentukan Media Sosial yang Digunakan

Setelah melakukan riset target pasar dan tujuan, selanjutnya pilih platform media sosial mana yang tepat untuk memasarkan konten kamu. Dengan pemilihan platform media sosial yang tepat, kamu bisa menjangkau target pasar yang sesuai sehingga tujuan bisnismu bisa lebih mudah dicapai. 

Sebagai contoh, target audiens kamu adalah orang-orang yang memiliki minat dengan desain visual. Maka Instagram menjadi pilihan platform media sosial yang tepat karena mendukung presentasi konten visual dengan fitur yang lengkap.

4. Buat Konten Unik

Tips selanjutnya adalah buatlah konten yang unik. Perlu kita ingat bahwa bukan hanya kita yang menggunakan media sosial sebagai media promosi. Ada banyak pelaku usaha lain, yang secara tidak langsung menjadi kompetitor kamu dalam menarik target audiens. 

Salah satu cara agar kamu dapat dilirik adalah dengan membuat konten yang menarik dan unik. Hal ini akan membantu kamu agar terlihat berbeda dari kompetitor lainnya. Selain itu, pastikan bahwa isi dari konten tetap harus relevan dengan area industri dari bisnismu.

5. Memaksimalkan Fitur Media Sosial

kunci keberhasilan bisnis

Kamu bisa memaksimalkan fitur media sosial yang telah tersedia sebagai salah satu cara untuk menarik audiens. Dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia, kamu akan semakin mudah untuk mempromosikan produk sekaligus dapat saling terhubung dengan pengikut kamu. 

Contohnya, seperti seperti fitur live streaming. Fitur ini memungkinkan kamu sebagai pelaku usaha untuk langsung mempromosikan produk kepada para pengikut kamu. Kamu bisa memberikan tutorial penggunaan produk, demo produk, atau menjawab pertanyaan seputar produk.

6. Sediakan Waktu untuk Mengelola Media Sosial

Tips strategi social media marketing yang sukses berikutnya: atur waktu untuk mengelola media sosial. Sediakan waktu luang untuk dapat mengatur platform media sosial kamu. Dari sini kamu dapat memaksimalkan upaya pemasaran dengan cara aktif interaksi dengan pengikut, baik melalui kolom komentar, kotak pesan, atau lainnya. 

Selain itu, waktu luang ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat rancangan ide konten yang baru, agar konten-kontenmu selalu segar dan lebih bervariasi. Melalui strategi ini, kamu bisa menumbuhkan rasa penasaran sehingga orang-orang akan selalu kembali lagi ke profil media sosialmu untuk melihat konten-konten baru.

7. Lakukan Evaluasi

Terakhir, lakukan evaluasi konten-konten yang sudah diunggah. Hal ini dilakukan untuk melihat seberapa efektif konten yang dibuat dalam menarik target pasarmu. Periksa efektivitas daya tarik masing-masing konten dengan meninjau tingkat interaksi yang dihasilkan, seperti jumlah komentar dan suka.

Data ini bisa digunakan sebagai patokan untuk menentukan strategi social media marketing kedepannya. Pastikan untuk meninjau konten secara rutin agar pengembangan tipe konten selalu relevan dan sesuai dengan minat audiens. Semakin efektif kinerja konten maka akan semakin mudah untuk mewujudkan tujuan bisnis.

Nah, itu dulu penjelasan tentang tips sukses membangun social media marketing. Kira-kira, apakah kamu tertarik untuk menerapkan strategi ini? Walaupun menjanjikan peluang yang besar, setiap metode pemasaran tetap membutuhkan waktu untuk memberikan hasil. Pastikan kamu konsisten dalam prosesnya ya!

Mau bikin reputasi yang kuat buat bisnismu? Selain punya akun verified pastikan kamu juga memiliki website yang andal! Jasa pembuatan website dari IDwebhost bisa bantu kamu mewujudkan website impian. Tanpa repot, cek pilihan paket jasa pembuatan website bisnis UMKM terbaik, sekarang!

Website kencang buka banyak peluang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022