Strategi Memulai Twitter Marketing Untuk Bisnis Anda
Blog Tips Keren Strategi Memulai Twitter Marketing Untuk Bisnis Anda

Strategi Memulai Twitter Marketing Untuk Bisnis Anda

Twitter memang kembali populer digunakan oleh orang Indonesia. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya lonjakan market share yang berasal dari twitter dari yang semula 8.73% pada November 2018 menjadi 39% dua bulan berikutnya. Angka tersebut tidak hanya menguntungkan untuk twitter saja. Anda juga dapat memanfaatkan kepopuleran media sosial tersebut untuk bisa mempromosikan usaha yang Anda miliki. Untuk itu ada beberapa startegi yang bisa Anda terapkan untuk memulai twitter marketing agar bisa membantu kelancaran bisnis Anda.

twitter marketing

Mengetahui Potensi Marketing di Twitter

Jika dibandingkan dengan media sosial yang lain, Twitter memang mempunyai cara yang unik agar bisa menggaet calon klien kepada bisnis Anda. Tentunya dengan kemudahan fitur yang dimiliki dan cukup simple, marketing online melalui twitter memang mengedepankan engagement Anda dengan calon client bisnis Anda. Walaupun terkesan remeh, komunikasi personal antara pemilik bisnis dengan calon client memang sangat memegang peran yang cukup penting. Sebuah data menyebutkan 33% calon klien melalukan interaksi dengan suatu usaha melalui Twitter sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian. Tidak hanya itu, twitter marketing juga mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan marketing melalui media lain. Hal ini karena dinilai cukup efektif jika dibandingkan dengan iklan pada televise ketika melakukan siaran langsung. Hal tersebut karena banyak yang menonton siaran langsung sambil meninggalkan komentar di twitter. Sebuah data menyebutkan, 31% orang mengakui jika lebih mudah mengingat apa yang ada atau apa yang terjadi di twitter jika dibandingkan dengan mesin pencarian biasa. Tentu hal tesebut bisa sangat meguntungan untuk brand awareness bisnis yang Anda punya.

twitter marketing

Mengenal Strategi Jitu Twitter Marketing

Berikut ini merupakan strategi twitter marketing agar bisa menjalankan marketing di twitter. Cara marketing di twitter tidak hanya tentang penampilan visual saja tetapi juga berkaitan dengan hal teknis dan hal kreatif lainnya.

Mulai Memaksimalkan Profil

Tampilan profil merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Kalau diibaratkan orang, profil merupakan wajah dari bisnis yang Anda miliki. Bagian tersebut adalah hal yang pertama kali dilihat agar bisa menentukan reputasi dari bisnis yang Anda punya.

Twitter Marketing, Username

Username merupakan strategi marketing yang tidak kalah pentingnya. Anda juga harus memastikan untuk memilih username yang sesuai dengan usaha yang Anda punya. Jika terdapat perbedaan username dan nama usaha bisa jadi malah menyebabkan calon client Anda merasa kebingungan. Jika Anda kebingungan, Anda bisa memilih username yang pendek. Dengan demikian, Anda akan bisa menghemat karakter tweet. Username yang pendek juga bisa cenderung mudah untuk diingat dan sangat praktis ketika nantinya di sebut atau di mention dalam sebuah tweet.

Twitter Marketing, Foto Profil

Anda bisa menggunakan logo usaha Anda sebagai foto profil Twitter. Hal tersebut merupakan cara yang paling mudah agar bisa meningkatkan branding dan juga reputasi usaha yang Anda jalankan. Berbeda jika Anda seorang public figure, blogger atau bahkan content creator, alternative lain adalah dengan memasang foto profil dengan menggunakan latar belakang yang bersih. Foto dengan kriteria tersebut bisa membuat Anda tampak professional.

Twitter Marketing, Header Image

Anda juga tidak bisa membiarkan header image pada bagian atas profil Anda terlihat kosong. Elemen ini sangat strategis agar bisa meningkatkan brand awareness. Tentunya terdapat beberapa opsi agar yang bisa Anda unakan untuk header image. Anda juga dapat menggunakan bagian ini agar bisa memperkuat reputasi usaha Anda dengan cara memamerkan penghargaan dan pencapaian, promosi, produk terbaru atau hanya sekedar tagline saja.

Twitter Marketing, Bio Profil

Bio juga bisa Anda manfaatkan sebagai bentuk perkenalan kepada audines. Sehingga Anda tidak bisa mengasal untuk mengisi pada bagian ini. Ketika menulis bio, yang Anda perlukan hanya memperkenalkan usaha Anda atau apa yang Anda lakukan. Bio semacam ini versatile dan dapat dengan mudah untuk dipahami oleh audience.

Mengirim Tweet di Waktu Yang Tepat

Jika Anda ingin mencapai audiens tweet yang banyak, maka Anda harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mempublikasikan tweet Anda. Anda bisa membiasakan untuk aktif pada pagi, siang dan juga sore hari. Waktu tersebut merupakan waktu ketika audiens Anda mengisi waktu dijalan untuk sembari berangkat menuju ke sekolah atau ke kantor dan juga ketika mengisi waktu ketika makan siang.

twitter marketing

Mulai Memaksimalkan Fitur Yang Ada

Twitter memag tidak hanya konten teks. Saat ini, ada berbagai macam fitur yang perlu Anda kombinasikan dalam tweet Anda.

Twitter Marketing, Gambar

Anda bisa menambahkan gambar pada tweet yang bisa menambah 150% kemungkinan di re-tweet oleh audience. Sehingga, ketika Anda ingin memperluas jaringan tweet Anda, Anda harus memastikan gambar pada tweet tersebut. Terdapat dua cara agar bisa mengkombinasikan gambar ke tweet. Bisa dengan menambah gambar sebagai ilustrasi sebuah konten. Bisa juga dengan menjadikan beberapa gambar sebagai cerita yang bersambung. Cara ini memang bisa Anda gunakan ketika mempunyai konten yang cukup panjang, tetapi Anda tidak ingin mempublikannya keadalam bentuk teks.

Video

Jika Anda mencari engagement, Anda juga bisa menambahkan video ke dalam tweet Anda, sehingga bisa meningkatkannya sampai dengan 10 kali lipat. Anda bisa mencuri perhatian audiens Anda dengan cara menunjukan latar belakang yang menarik, gerakan atau sebuah aktivitas. Video yang diambil dari jarak yang dekat dan juga dapat membuat visual yang meninggalkan kesan penasaran. Jangan lupa untuk selalu menyertakan logo bisnis Anda.

GIF

Cara lain yang bisa meningkatkan engagement adalah dengan menambahkan GIF ke dalam tweet Anda. Dengan cara tersebut bisa meningkatkan engagement sampai dengan 55% jika dibandingkan dengan tweet yang tidak menyertai GIF.

Polling

Cara ini merupakan cara paling strategis agar bisa membangun engagement dan juga mencari insight tentang audiens Anda.

Selalu Menggunakan Bahasa Percakapan

Sebenarnya, inti dari menggunakan twitter adalah engagement. Maka penting sekali untuk membuat bahasa yang Anda gunakan menjadi senatural mungkin. Contohnya seperti sedang melakukan percakapan. Cara yang paling mudah agar bisa memancing interaski adalah dengan cara mengajukan sebuah pertanyaan. Hindari untuk menanyakan hal yang jawabannya terbatas hanya iya atau tidak. Karena format tersebut tidak akan mendapat banyak respon dari pengguna twitter. Sama halnya dengan tweet yang bernada monolog sehingga terkesan sangat kaku. Gaya tersebut hanya akan membuat followers Anda menjadi ragu untuk menanggapi.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak strategi twitter marketing yang bisa Anda lakukan. Mempromosikan usaha Anda melalui twitter memang bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Tetapi dengan menggunakan strategi yang tepat, Anda dapat mendapatkan hasil yang diinginkan dengan menjadi lebih efektif dan juga efisien. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.