Cara Sinkronisasi VPS ke Cloudflare

1 Agustus 2022
464

VPS (Virtual Private Server) adalah server pribadi yang semua sumber dayanya hanya dipakai oleh satu pengguna saja. Sedangkan Cloudflare adalah jaringan pengiriman konten yang bertindak sebagai proxy antara website dengan pengunjung.

Mengapa VPS harus dihubungkan dengan cloudflare? Jawabannya adalah untuk memaksimalkan website. Caranya dengan sinkronisasi VPS ke Cloudflare.

Panduan kali akan mengajak kamu untuk memahami cara sinkronisasi VPS ke cloudflare.

Cara Sinkronisasi VPS ke Cloudflare

Berikut informasi cara sinkronisasi VPS ke Cloudflare

1. Login ke Cloudflare

Pastikan memiliki akun Cloudflare terlebih dahulu, bila belum silakan mendaftar langsung melalui website Cloudflare di sini atau login langsung melalui https://dash.cloudflare.com/login

2. Tambahkan domain yang ingin digunakan

Tambahkan domain yang ingin digunakan dengan klik Add Site seperti pada gambar di bawah. 

Cloudflare

SSL Cloudflare

3. Pilih paket/plan

Selanjutnya akan dibawa ke pilihan paket yang ditawarkan Cloudflare apakah berbayar atau gratis, dalam contoh ini pilih Free dan dilanjutkan dengan klik Continue. 

Plan

4. Scanning DNS

Selanjutnya menunggu proses scanning dns yang dilakukan Cloudflare bila domain sebelumnya sudah dipasang pada DNS server lain sehingga akan mengkopi isi DNS dari yang sudah ada pada DNS server lainnya. 

Scan DNS

DNS records

5. Setting DNS

Selanjutnya scroll kursor kebawah untuk menambah setting DNSnya sesuai IP VPS yang digunakan dalam contoh ini domain utama atau naked domain (@) yang ditambahkan. 

Bisa disesuaikan bila memiliki subdomain, www atau DNS lainnya semisal MX record. Bila sudah dilanjutkan klik Save dan bila selesai mengirikan DNS bisa dilanjutkan dengan klik Continue.

Cara Sinkronisasi VPS ke Cloudflare

Cara Sinkronisasi VPS ke Cloudflare

6. Cek Nameserver

Halaman selanjutnya berisi informasi nameserver yang harus disetting pada nama domainnya sehingga DNS akan mengarah ke Cloudflare. Setting nameserver dilakukan pada panel domain penyedia domain atau registrar domain milikmu. 

Proses perubahan biasanya memakan waktu beberapa jam sampai 1x24jam, tetapi jangan kuatir karena cloudflare akan mengecek perubahan nameserver pada domain anda secara berkala, bila sudah selesai mengubah nameserver bisa dilanjutkan dengan klik Done, check nameservers dan kembali ke menu Overview untuk melihat statusnya.

Cara Sinkronisasi VPS ke Cloudflare

7. Selesai

Di halaman Overview akan menginformasikan status domain saat ini bila sudah terhubung dengan Cloudflare maupun belum, harap bersabar. Bila sudah terhubung akan tertampil seperti pada gambar berikut dengan tulisan Great news! Cloudflare is now protecting your site dan setting sinkronisasi VPS ke Cloudflare selesai.

Cara Sinkronisasi VPS ke Cloudflare

Semoga panduan  ini bisa membantu kamu, ya, Sahabat IDwebhost. Jika punya pertanyaan seputar layanan kami, silakan hubungi tim customer service terbaik IDwebhos melalui kanal berikut:

Live Chat
Email ( info@idwebhost.com, billing@idwebhost.com, support@idwebhost.com )
Hotline (0274) 415585

Selamat menikmati layanan IDwebhost, web hosting Indonesia:)

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *