idwebhost Bikin Website Sekarang

5 Rekomendasi Marketplace Buat Jualan Produk Digital

28 Agu 2024
5 Rekomendasi Marketplace Buat Jualan Produk Digital campaign-unlimited

Saat ini berbisnis produk digital nggak sesulit dulu. Ada banyak banget marketplace produk digital yang bisa kamu pakai untuk jualan ebook, kursus online sampai desain grafis. Nah, untuk kamu yang masih bingung mau pilih platform mana, kita akan bahas 3 platform untuk berjualan produk digital yang lagi hits banget.

Apa Sih Produk Digital Itu?

Produk digital itu merujuk pada produk atau layanan nonfisik atau tidak berwujud. Tidak seperti produk fisik tradisional, yang berwujud dan menempati ruang fisik, produk digital diciptakan, didistribusikan, dan dikonsumsi dalam lingkup digital. 

Contoh produk digital yang bisa dijual, di antaranya: aplikasi software, konten digital (e-book, musik, video, podcast, desain grafis), platform online, Software as a Service (Saas), hingga layanan digital. 

Bisnis produk digital saat ini sedang booming sekali. Bayangkan saja, menekuni bisnis ini tidaklah sesulit kamu merintis bisnis atau berjualan produk fisik. Asalkan kamu punya ide kreatif yang bisa diwujudkan dalam bentuk digital, kamu bisa meraup keuntungan. 

Kerennya, buat mulai bisnis ini nggak perlu modal gede, cukup punya laptop dan koneksi internet aja. Makanya, banyak banget orang yang jadi pengusaha digital sukses.

Dimana Kamu Bisa Jual Produk Digital?

Rekomendasi Marketplace Produk Digital

Nah, buat kamu yang baru mau mulai, salah satu cara paling gampang adalah jualan di marketplace khusus produk digital. Marketplace produk digital punya fitur-fitur yang lebih lengkap, seperti sistem pembayaran yang aman, integrasi dengan berbagai platform, dan analisis data penjualan. Dengan begitu, kamu bisa mengelola bisnis kamu dengan lebih baik.

Saat ini ada begitu banyak marketplace untuk menjual karya digital kamu,. 

Berikut ini 5 marketplace produk digital yang bisa kamu coba. Ketiga marketplace ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mari simak lebih lanjut. 

1. Etsy

Etsy saat ini memang dianggap sebagai e-commerce populer yang memfokuskan diri pada barang-barang handmade, antik, dan unik. Namun, Etsy juga menjadi marketplace yang cocok untuk produk digital. Menariknya, produk-produk digital banyak dibutuhkan di pasar Amerika dan Asia. Biasanya, produk digital yang dijual di Etsy ini misalnya desain wallpaper, e-book, worksheet, hingga template-template yang memudahkan produktivitas pekerjaan. 

Untuk memulai berjualan di Etsy, kamu harus menentukan dulu jenis produk digital yang akan dijual. Kemudian buat nama toko online kamu seunik mungkin sekaligus membuat akun di platform tersebut. 

Perlu dicatat, untuk membuka toko di Etsy, kamu harus memiliki platform pembayaran online seperti Paypall, Visa, dan juga nomor atm digital atau kartu kredit agar kamu dapat secara otomatis membayar biaya operasional toko. 

2. Tokopedia

Lain dengan Etsy, Tokopedia memfasilitasi para pelaku bisnis produk digital lokal untuk memasarkan produk mereka secara online dengan mudah. Pada dasarnya, Tokopedia tidak melayani penjualan produk digital dari seller, karena marketplace ini sudah memiliki layanan produk digital seperti top up pulsa, paket internet, voucher game. Namun, Tokopedia membuka kesempatan kamu sebagai agen Tokopedia lewat aplikasi Android Top Seller. 

Berikut ini cara mendaftar sebagai agen Tokopedia agar kamu bisa menjual produk digital:

  • Install dan buka aplikasi Tokopedia Seller setelah men-download-nya di Google Play Store, kemudian masuk ke akun tokomu.
  • Setelah itu masuk ke akun tokomu, dan pilih ikon Menu
  • Masuk ke kategori “Produk Digital”, lalu pilih jenis produk digital, misal pembayaran atau top up. 
  • Pilih produk yang akan dibeli, selesaikan transaksi sampai ke tahap pembayaran.
  • Setelah transaksi selesai, kamu bisa mendapatkan komisi yang langsung masuk ke saldo Tokocash milikmu.

3. Shopify

Menjual produk digital di Shopify itu sangat mudah. Kamu tidak butuh inventaris barang, margin keuntungan tinggi, halaman produk selalu diperbarui. Kedengarannya seperti mimpi, bukan?

Jika kamu ingin membangun toko Shopify dari awal, ikuti panduan berikut ini:

  • Install aplikasi unduhan digital.

Perlu diketahui, Shopify tidak memiliki fitur upload produk digital bawaan, jadi kamu harus men-download aplikasi yang membantu berjualan di Shopify. Kamu bisa menggunakan EDP (Easy Digital Products), SendOwl, atau Digital Download 

  • Setelah kamu menentukan pilihan yang kamu inginkan, instal, pilih paket, dan mari mulai bekerja.
  • Setelah itu, saatnya kamu menambahkan produk digital ke toko Shopify kamu dengan aplikasi tersebut. 
  • Setelah produk digital kamu sudah tersedia untuk diunduh, kamu perlu menonaktifkan pengiriman. Jadi, saat ada pembeli membeli produk kamu, kamu hanya tinggal mengirimkan link unduhan produk langsung ke email pembeli. 
  • Agra produk digital kamu punya visibilitas tinggi, kamu perlu mengoptimalkan halaman produk digital kamu agar mudah ditemukan calon pembeli. Kamu bisa mengatur title dan meta description Shopify, deskripsi prpduk, gambar produk dibuat menarik dan alt text gambar

4. RedBubble

RedBubble memungkinkan para seniman dunia untuk memonetisasi desain mereka dengan menawarkan berbagai macam produk, termasuk pakaian, dekorasi rumah, alat tulis, dan banyak lagi.

Untuk membuka toko RedBubble pertama kamu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Buat Nama Profil yang Unik

Untuk memulai penjualan di Redbubble, kamu akan mulai dengan membuat profil artis unik kamu. Selanjutnya, kamu akan dibawa ke halaman pendaftaran Redbubble di mana kamu harus memberikan alamat email, membuat nama pengguna, dan kata sandi.

Langkah 2: Unggah Gambar Sampul

Pilih avatar dan foto sampul untuk profil Redbubble kamu. Ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk menceritakan kisah unik dan menarik perhatian pembeli.

Langkah 3: Masukkan Rincian Pembayaran

Dari halaman akun kamu, klik tautan Edit Payments Detail di menu sebelah kiri. Dari sini kamu dapat menambahkan informasi yang diperlukan. Kamu dapat menautkan akun Paypal atau rekening bank kamu untuk setoran langsung.

Langkah 4: Tambahkan Karya Digital ke Toko Kamu

Setelah akun kamu beres, saatnya untuk mulai menambahkan karya seni yang ingin kamu jual.

Klik profil kamu dari sudut kanan atas dan menu tarik-turun akan muncul. Klik Manage Portfolio untuk membuka halaman koleksi untuk semua karya seni kamu. Dari sana, klik Add new work.

Lalu, klik menu Upload new work. Setelah terunggah, tulis judul untuk karya kamu agar mudah ditemukan saat pencarian. 

Langkah 5: Promosikan Produk Kamu

Jika kamu ingin meningkatkan penjualan di Redbubble, kamu perlu mempromosikan toko kamu kepada calon pelanggan. Dengan begitu banyak artis di platform ini, penting untuk membangun pengikut yang tertarik dengan karya kamu.

5. Gumroad

Rekomendasi Marketplace Produk Digital

Gumroad adalah platform yang memberdayakan kreator untuk menjual produk digital langsung ke audiens mereka. Lewat antarmuka yang mudah digunakan, para kreator dapat memasarkan dan menjual produk digital seperti e-book, musik, software, dan lainnya. 

Gumroad juga menawarkan fitur-fitur seperti pre-order, upselling, dan manajemen audiens untuk membantu kreator dalam mengembangkan basis pelanggan dan memaksimalkan potensi penjualan mereka.

Berikut panduan langkah demi langkah tentang cara menyiapkan dan menjalankan toko Gumroad kamu:

Langkah 1: Daftar akun Gumroad

Kamu hanya butuh beberapa menit dan memerlukan tiga informasi: foto pengguna kamu, biodata profil kamu, dan nama pengguna kamu.

Langkah 2: Daftarkan produk kamu dan buat halaman produk

Kamu dapat menawarkan unduhan digital, video streaming, lisensi perangkat lunak, dan banyak lagi.

Langkah 3: Mengatur harga

Tentukan berapa biaya yang akan dikenakan untuk setiap produk kamu. kamu juga dapat mengaktifkan diskon atau promosi dengan kode kupon.

Langkah 4: Konfigurasikan pengaturan pembayaran

Pilih pemroses pembayaran (seperti PayPal atau Stripe) dan putuskan bagaimana kamu ingin menangani pajak, biaya pengiriman, dan biaya lainnya.

Langkah 5: Promosikan produk kamu

Gumroad memudahkan kamu berbagi halaman produk di media sosial, mengirimkan buletin, dan membuat program pemasaran email kamu sendiri.

Kesimpulan

Dalam memilih marketplace yang cocok untuk berbisnis produk digital perlu mempertimbangkan banyak hal. Marketplace produk digital ini memang memiliki banyak manfaat dan keuntungan, tetapi jika kamu salah pilih bisa-bisa bisnis online kamu tidak berjalan sesuai rencana.

Pertimbangkan apakah kamu ingin menjual produk digital kamu melalui website kamu sendiri atau melalui platform e-commerce. Memiliki situs web yang terlihat profesional dan menarik merupakan faktor kunci 

Tapi, kalau kamu pengen punya toko online yang lebih personal dan bisa kamu kustomisasi sepuasnya, bikin website e-commerce sendiri adalah pilihan yang tepat! IDwebhost bisa bantu kamu mewujudkan impian itu. Dengan domain dan hosting yang unlimited, kamu bisa bebas bikin toko online sesuka hati. Nggak perlu ribet lagi ngurusin teknisnya, tinggal fokus aja bikin produk yang keren!

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024