Kelebihan Marketplace Yang Harus Anda Ketahui
Blog Tips Keren Kelebihan Marketplace Yang Harus Anda Ketahui

Kelebihan Marketplace Yang Harus Anda Ketahui

Transaksi sebuah perdagangan online (ecommerce) yang ada di Indonesia semakin lama mempunyai masa depan yang cerah. Hal ini karena nilai transaksi yang terus meningkat selama hampir 5 tahun terakhir. Marketplace merupakan salah satu pemain yang besar dalam sebuah bisnis ecommerce di Indonesia. Sebuah data yang dirilis oleh Katadata pada tahun 2014 lalu, nilai transaksi pada perdagangan online di Indonesia hanya ada di angka 25,1 Triliun rupiah saja, sedangkan pada tahun 2016 sudah mencapai pada angka 108,4 Triliun. Aktivitas jual beli yang dilakukan secara online memang sedang mengalami naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi, ada salah satu platform yang digunakan untuk melakukan berdagang secara online di Indonesia yang dikenal dengan nama marketplace. Untuk Anda yang belum familiar maka harus tahu dulu tentang kelebihan marketplace dan seluk beluknya.

kelebihan marketplace

Pengertian Marketplace

Marketplace merupakan sebuah perantara antara penjual dan juga pembeli yang ada di dunia maya. Situs atau website marketplace ini bertindak sebagai pihak ketiga dalam sebuah transaksi online. Selain itu juga menyediakan tempat untuk berjualan dan juga fasilitas pembayaran. Sehingga sangat bisa dikatakan jika marketplace seperti department store yang sifatnya online.

Jenis dan Kelebihan Marketplace

Secara umum, ada dua jenis kerjasama yang ada di situs marketplace di Indonesia, yaitu marketplace murni dan juga konsinyasi.

Kelebihan Marketplace Kerjasama Murni

Kerjasama yang dilakukan dengan metode marketplace murni adalah ketika situs marketplace hanya menyediakan tempat atau lapak yang digunakan untuk melakukan penjualan dan juga fasilitas pembayaran. Penjual yang melakukan kerjasama dengan marketplace nantinya akan diberikan keleluasaan yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kerjasama yang dilakukan secara konsinyasi. Penjual disini nantinya mempunyai kewajiban untuk menyediakan teks deskripsi dan juga foto produk secara mandiri. Tidak hanya itu, penjual juga nantinya akan menerima penawaran yang bersumber dari pembeli. Sehingga, sebelum dilakukan pembayaran, pembeli diberikan kesempatan untuk melakukan penawaran harga kepada penjual yang bersangkutan. Setelah nantinya mendapatkan harga yang sudah disepakati, maka pembeli bisa langsung mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang sudah disediakan pihak marketplace.

Kelebihan Marketplace Kerjasama Konsinyasi

Jenis kerjasama ini istilah yang mudah digunakan adalah titip barang. Jika ada seorang penjual yang melakukan kerjasama dengan metode konsinyasi, maka ia hanya perlu untuk menyediakan produk dan juga detail informasi yang diberikan kepada pihak marketplace. Contoh marketplace yang menyediakan kerjasama ini adalah Zalora. Pihak marketplace nantinya akan menguru seluruh penjualan mulai dari foto produk, gudang, pengiriman barang dan sampai dengan fasilitas pembayaran. Tentu sangat berbeda dengan metode kerjasama sebelumnya, karena dengan menggunakan metode ini pembeli tidak bisa melakukan tawar menawar harga. Karena keseluruhan proses transaksi ditangani langsung oleh pihak marketplace.

kelebihan marketplace

Kelebihan Marketplace

Banyak dari perintis usaha online yang memang mempercayakan dagangan mereka ke marketplace. Jika dilihat sangat logis, karena sangat memudahkan. Anda hanya perlu memikirkan sebuah nama dan tidak perlu lagi rumit untuk memikirkan website yang Anda gunakan. Anda sebagai pemilik toko hanya perlu mempelajari cara yang bisa dilakukan untuk mengupload sebuah produk, keterangan dalam sebuah penjualan dan juga proses transaksi dengan pembeli. Selain itu, marketplace merupakan tempat yang sudah cukup untuk mengumpulkan banyak calon pembeli produk. Sehingga Anda hanya perlu membuat barang Anda terlihat menarik, agar pembeli melakukan transaksi. Sedangkan dari segi networking, marketplace juga dapat digunakan sebagai lahan bagi para pemilik bisnis untuk membangun network dengan penjual yang lain.

Kelebihan Marketplace dan Kekurangannya

Produk yang akan jual harus siap bersaing secara terbuka apalagi dengan produk yang barang jualannya sama. Setelah nantinya diketikkan pada kotak pencarian, maka situs akan menampilkan produk yang sejenis pada layar secara bersamaan. Sehingga pembeli akan dapat langsung membandingkan satu dengan yang lain. Tentunya agar bisa memenangkan persaingan, harus bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih bagus. Kekurangan lainnya adalah, penjual tidak mempunyai kuasa penuh terhadap toko online-nya. Anda hanya memiliki kewenangan pada akun yang Anda punya. Sehingga, ketika pihak marketplace membuat sebuah kebijakan, maka penjual tidak bisa menolak, walaupun jika sistem demikian akan menghambat atau merugikan bisnis Anda.

kelebihan marketplace

5 Marketplace Terbesar di Indonesia

Persaingan marketplace di Indonesia memang semakin ketat. Banyak pemain baru dan juga pemain lama yang bersaing untuk memperebutkan konsumen di Idnonesia. Berikut ini lima besar marketplace yang termasuk pada jenis marketplace murni, karena jangkauan pasarnya jauh lebih banyak dan juga beragam.

Kelebihan Marketplace Tokopedia

Merupakan sebuah marketplace yang didirikan oleh William Tanuwijaya. Pada usia ke sepuluh tahun, tokopedia sudah berhasil mendapat predikat marketplace terbesar yang ada di Indonesia. Didukung dengan jumlah kunjungan perbulan yang mencapai 137.200.900. Tidak hanya itu, tokopedia juga menjadi salah satu startup unicorn yang ada di Indonesia. Yang berarti valuasi marketplace telah mencapai 1 miliar dollar Amerika.

Bukalapak

Bukalapak juga merupakan startup unicorn setelah tokopedia. Pada awal 2019, bukalapak sudah berhasil mengumpulkan 115.256.600 pengujung setiap bulan.

Shopee

Adalah sebuah marketplace yang berasal dari Singapura. Sejak tahun 2015, sudah mulai mengekspansi pasar Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Setelah kurun waktu 3 tahun sejak ekspansi Shopee berhasil menjadi marketplace yang terbesar di urutan ketiga yang ada di Indonesia. Kunjungan Shopee bisa mencapai 74.995.300 setiap bulannya. Apalagi, marketplace yang berada di bawa SEA Group ini bisa merebut perhatian banyak konsumen di Indonesia dengan menggunakan kampanye kreatif yang sudah melibatkan selebritas mancanegara seperti Blackpink.

Lazada

Pada awal tahun 2018, Lazada merupakan marketplace yang mempunyai pengunjung terbanyak. Tetapi, pada tahun 2019 Lazada hanya mampu untuk menduduki peringkat keempat dengan didukung jumlah pengunjung yang mencapai 52.044.500 tiap bulannya.

Blibli

Merupakan sebuah marketplace yang merupakan hasil buatan dari PT Global Digital Niaga yang meruapakan anak perusahaan Djarum. Blibli berhasil menduduki peringkat kelima dengan total pengunjung sebanyak 32.597.200 tiap bulannya.

Kesimpulan

Marketplace merupakan sebuah perantara yang menghubungkan antara penjual dan juga pembeli. Anda sangat bisa melakukan proses jual beli pada marketplace dan juga mempunyai website toko online sendiri. Dan bisa dianggap jika toko online Anda merupakan toko pusat, sedangkan marketplace hanya merupakan cabang dari toko pusat tersebut. Hal tersebut merupakan antisipasi apabila terjadi sebuah masalah atau perubahan dari kebijakan yang ada di pihak ketiga, atau marketplace. Dengan mempunyai toko online sendiri, Anda mempunyai toko yang nantinya tidak akan terkena masalah dari sebuah perubahan yang dilakukan oleh pihak ketiga. Tentu karena untuk mengontrol website toko online sepenuhnya ada di Anda sendiri. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.