Marketplace Adalah: Pengertian dan Marketplace Paling Popupler di Indonesia 2022

17 Aug 2021
Marketplace Adalah: Pengertian dan Marketplace Paling Popupler di Indonesia 2022

Saat ini, marketplace adalah tempat utama bagi sebagian besar orang di dunia untuk berbelanja. Begitu banyak produk yang dapat Anda temukan melalui marketplace. Bahkan, Anda dapat menemukan bahan makanan mentah seperti daging atau sayur juga, lho. Mungkin Anda salah satu orang yang lebih memilih berbelanja melalui platform ini.

Perubahan dunia membuat hampir semua aktivitas dan kebutuhan dapat terpenuhi melalui teknologi digital. Alhasil, hal ini pun membuat banyak orang lebih memilih berbelanja online dibanding langsung ke toko. Hal ini juga yang mendukung banyak lahir marketplace besar di Indonesia.

Marketplace Adalah

Marketplace Adalah

Jika membahas mengenai platform ini, tidak sedikit orang yang salah pemahaman mengenai apa itu marketplace. Sebagian orang mengira bahwa marketplace dan e-commerce adalah sama. Walau tak sepenuhnya salah, tetapi pengertian ini kurang tepat.

Singkatnya, marketplace adalah sebuah pasar online berbentuk website yang menjual berbagai produk oleh pihak ketiga.

Pihak ketiga dalam marketplace ini sendiri adalah mereka yang memiliki produk atau toko. Sedangkan, marketplace adalah platform atau pasar tempat para toko ini menjajakan produknya kepada para pembeli seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya. Jadi, platform yang satu ini bertugas untuk menghubungkan antara penjual dengan pembeli.

Nah, pengertian ini berbeda dengan apa itu e-commerce. E-commerce sendiri adalah website toko online yang fokus menjual satu produk milik sendiri. Jadi, e-commerce dimiliki oleh pihak pertama yaitu penjual dan pemilik brand itu sendiri tanpa ada pihak ketiga seperti marketplace. Biasanya, mereka yang memiliki e-commerce adalah brand yang sudah cukup dikenal.

Selain itu, perbedaan keduanya juga terdapat dalam fasilitas yang tersedia. Oleh karena marketplace memiliki cakupan yang lebih luas, fasilitasnya pun juga lebih luas. Mulai dari metode pembayaran yang lebih beragam hingga pada jasa pengiriman. Sedangkan, e-commerce memiliki batasan seperti pengiriman dan metode pembayaran.

Jenis Marketplace di Indonesia

Meski berdasarkan pengertian marketplace adalah pasar dengan banyak penjual, tetapi ternyata ada dua jenis platform ini berdasarkan fungsinya. Sebetulnya, secara umum dua jenis ini tidak terlalu berbeda yaitu menjual banyak produk dari berbagai penjual atau brand. Hanya saja, sistem dan fungsi yang digunakan keduanya berbeda.

Nah, berikut ini dua jenis marketplace yang ada di Indonesia.

  1. Marketplace Murni Adalah

Jenis yang pertama ini sebetulnya adalah jenis yang memang sesuai dengan pengertian dan juga yang paling sering ditemui oleh banyak orang. Marketplace jenis ini memang murni sebagai wadah bagi penjual dan pembeli untuk berinteraksi. Jadi, semua pengelolaan dipegang secara penuh oleh penjual itu sendiri. Mulai dari informasi produk hingga pada pembayarannya.

Dalam pasar online jenis ini, antara penjual dan pembeli bebas melakukan interaksi seperti jual-beli, penawaran harga, custom product dan sebagainya. Hal ini secara penuh difasilitasi oleh pasar online itu sendiri.

  1. Marketplace Konsinyasi

Jenis pasar online yang satu ini memiliki sistem kerja yang berbeda jauh dengan marketplace murni. Marketplace konsinyasi adalah jenis pasar online dimana penjual hanya menitipkan produknya tanpa terjun langsung untuk berinteraksi dengan pembeli. Penjual hanya bertugas untuk menyediakan produk serta informasi detail mengenai barang tersebut.

Sedangkan, kebutuhan terkait foto, pembayaran, pengiriman dan lainnya semua dilakukan oleh pasar online jenis ini. Tetapi, biasanya jenis produk yang dijual masih dalam satu kategori. Misalnya kategori fashion seperti pakaian pria dan wanita, aksesoris, sepatu, tas dan sebagainya. Contoh marketplace jenis ini yang ada di Indonesia yaitu Berrybenka, Zalora dan lainnya.

Daftar 5 Marketplace Populer di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sendiri banyak sekali terdapat marketplace, baik yang murni maupun konsinyasi. Bukan hanya platform dari luar negeri, di Indonesia sendiri memiliki marketplace lokal yang tak kalah bagus. Bahkan, platform lokal ini berhasil menempati urutan pertama sebagai marketplace populer di Indonesia.

Apa saja marketplace populer yang ada di Indonesia? Nah, berikut ini daftar 5 marketplace yang ada di Indonesia per Maret 2022 menurut Similarweb.

  1. Tokopedia

Saat ini Tokopedia berhasil menempati posisi pertama sebagai marketplace terpopuler di Indonesia. Bahkan, posisi ini sudah berhasil diduduki sejak 2021 berdasarkan data yang dikutip dari iPrice per kuartal 4. Berdasarkan data tersebut, website Tokopedia mendapatkan sekitar 157 kunjungan setiap bulan.

Fasilitas yang disediakan oleh Tokopedia sendiri selalu diperbarui untuk menunjang kenyamanan para penggunanya dalam berbelanja. Bahkan, Anda tidak hanya dapat berbelanja, tetapi juga kebutuhan lain seperti menabung emas dan pembayaran berbagai tagihan.

Marketplace Adalah

  1. Shopee

Pada posisi kedua, terdapat Shopee sebagai salah satu marketplace populer di Indonesia. Platform yang berpusat di Singapura ini memiliki pasar yang cukup banyak di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia, Shopee juga bergerak di pasar negara lain seperti Filipina, Malaysia, Thailand, Taiwan dan Vietnam.

Penggunaan platform ini sangat terkenal di Indonesia lantaran banyaknya macam produk dengan harga murah sekalipun. Anda juga dapat membeli produk dari luar negeri seperti Cina melalui platform yang satu ini. Sama seperti Tokopedia, Shopee memiliki banyak fasilitas yang menunjang kenyamanan para pengguna seperti yang baru-baru ini yaitu Shopee Food.

Marketplace -Shopee

  1. Lazada

Beranjak lebih jauh, ada Lazada yang menempati posisi ketiga sebagai marketplace populer di Indonesia. Lazada adalah marketplace yang bernaung di bawah Alibaba Group. Sebetulnya, Lazada merupakan platform asal Singapura yang berdiri pada 2012. Tetapi, sejak 2016 Alibaba Group telah mengakuisisi perusahaan ini  hingga sekarang.

Nah, platform yang satu ini juga sama seperti Shopee. Ada banyak produk dari luar negeri yang dapat Anda beli melalui platform ini. Lazada sendiri juga beroperasi di beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina dan Thailand.

Lazada Indonesia

  1. Bukalapak

Selain Tokopedia, marketplace lain yang juga populer di Indonesia adalah Bukalapak. Platform satu ini merupakan startup berupa marketplace asal Indonesia. Hebatnya, Bukalapak tercatat sebagai salah satu perusahaan unicorn di Indonesia pada 2021. Perusahaan unicorn asal Indonesia ini memiliki fokus yang sedikit berbeda dengan platform lainnya.

Bukalapak sendiri memiliki fokus untuk bekerja sama dengan berbagai UKM di Indonesia. Hal ini tentu sangat baik, apalagi Indonesia memiliki banyak sekali UKM di berbagai bidang. Fasilitas yang tersedia dalam aplikasi marketplace yang satu ini pun juga cukup lengkap seperti platform lainnya.

Bukalapak

Baca juga: 12 Tips Sukses Jualan Online Mudah Menguntungkan Terbaru

 

  1. Blibli

Pada posisi ke-5, terdapat Blibli yang juga cukup populer di Indonesia. Anak perusahaan yang dimiliki oleh Djarum ini berdiri sejak tahun 2010. Blibli juga merupakan marketplace jenis murni yang membebaskan para penjual untuk mengatur sendiri ‘toko’ mereka. Mulai dari informasi produk hingga pada pengelolaan pembayaran.

Kesimpulan

Marketplace adalah wadah bagi penjual dan pembeli untuk berinteraksi secara online. Ada banyak sekali produk yang tersedia di platform ini. Bahkan, Anda dapat membeli bahan makanan seperti daging mentah atau sayur melalui marketplace. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali marketplace lokal yang populer di masyarakat.

Selain melalui marketplace, banyak pembeli yang membeli produk langsung ke e-commerce milik brand itu sendiri. Jika Anda memiliki bisnis, Anda juga dapat menjualnya di e-commerce sendiri dengan menggunakan layanan pembuatan toko online dari IDwebhost.

Tidak hanya mudah dalam membuat toko online, website Anda dijamin berjalan lancar dengan layanan hosting murah dan hosting lainnya. Jangan ketinggalan juga berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik disini!

Promo IDwebhost

 

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022