idwebhost Bikin Website Sekarang

Tips Bikin Email Newsletter Pakai Plugin Mailchimp di WordPress

3 Sep 2024
Tips Bikin Email Newsletter Pakai Plugin Mailchimp di WordPress campaign-unlimited

Plugin Mailchimp adalah salah satu alat email marketing yang bisa kamu gunakan untuk membuat email newsletter di situs WordPress. Ikuti tutorialnya di sini sampai habis!

Apa Itu Email Marketing?

Newsletter adalah salah satu media email marketing. Pengertian email marketing sendiri adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang menggunakan email untuk terhubung dengan pelanggan potensial, meningkatkan brand awareness, membangun loyalitas pelanggan, dan mempromosikan bisnis. 

Selain newsletter, ada banyak strategi pemasaran yang bisa dimasukkan ke dalam email marketing. Di antaranya, welcome email, email promosi, email edukasi, email transaksional, email feedback atau survei, email hari jadi pelanggan. 

Saat ini, tersedia banyak alat untuk membuat email marketing. Salah satu alat email marketing terbaik dan sering digunakan oleh digital marketer di seluruh dunia adalah Mailchimp. 

Kenapa Harus Mailchimp?

Plugin Mailchimp di WordPress untuk Email Newsletter

Saat ini, Mailchimp dianggap sebagai alat email marketing terbaik karena sudah digunakan oleh lebih dari 12 juta orang di seluruh dunia. 

Faktanya, menurut data Mailchimp, popularitas alat ini kian tumbuh sejuruh dengan proyeksi pendapatan dari email newsletter hingga 287 persen di seluruh dunia antara 2024 hingga 2023. 

Mailchimp adalah layanan email marketing yang memiliki serangkaian fitur canggih, termasuk membuat daftar pelanggan, pembuatan email, otomatisasi pemasaran, pembuatan prospek, serta analisis dan pelaporan. 

Selain itu, Mailchimp sangat mudah digunakan karena memiliki fitur antaramuka pengguna yang bersih, memudahkan pengguna menemukan apa yang mereka cari. 

Menariknya, Mailchimp kini juga sudah terintegrasi dengan WordPress sebagai plugin yang mudah diinstal dan digunakan oleh pemilik website WordPress. 

Salah satu fungsi utama plugin mailchimp dalam pengelolaan newsletter di WordPress. Tanpa harus meninggalkan browser atau belajar coding, Mailchimp bisa membantu kamu membuat email newsletter untuk membangun loyalitas pelanggan, meningkatkan ROI, dan mendongkrak pendapatan. 

Plugin Mailchimp untuk WordPress

Jika kamu menggunakan WordPress sebagai Content Management System (CMS) kamu, ada banyak plugin yang terintegrasi dengan MailChimp yang membantu kamu membuat email marketing keren. 

Beberapa contoh plugin Mailchimp di WordPress yang cukup populer, seperti Mailchimp for WooComerce, MC4WP : Mailchimp for WordPress, dan lain-lain. 

Apa pun plugin yang kamu pilih untuk Email Marketing, kamu tetap harus tahu cara menghubungkan Mailchimp ke website WordPress dengan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Daftar Akun Mailchimp

  • Pertama, kamu harus menuju ke website utama Mailchimp untuk membuat akun baru.
  • Setelah memasukkan informasi awal, akses email bisnis atau email pribadi kamu untuk mengkonfirmasi akun Mailchimp. 
  • Setelah akun aktif, lakukan pengisian beberapa formulir singkat untuk membantu Mailchimp membantu akun kamu. Biasanya, formulir ini berupa informasi tentang bisnis kamu. 
  • Setelah selesai mengisi formulir, pilih paket Mailchimp. Ada beberapa pilihan, termasuk versi gratis yang bisa kamu coba. 
  • Selanjutnya, kamu bisa menghubungkan akun media sosial bisnis kamu ke Mailchimp. Ini membantu kamu membagikan promosi secara langsung ke platform tertentu
  • Pilih Next untuk menyelesaikan proses penyiapan akun di Mailchimp. 

Langkah 2: Buat Daftar Email

  • Setelah akun Mailchimp siap, kamu bisa mulai menyiapkan daftar email pertama kamu. Kamu bisa mulai dengan mengunggah file berisi informasi daftar kontak kamu melalui Import Your Contact. 
  • Kamu juga bisa membuat daftar secara manual dengan memilih Add Contact dan memasukkan rincian setiap entri secara manual

Langkah 3: Install Plugin Mailchimp di WordPress

Sejatinya, kamu bisa menggunakan Mailchimp di website WordPress kamu tanpa alat tambahan apa pun. Namun, plugin Mailchimp untuk WordPress bisa menyederhanakan proses pembuatan email marketing. 

  • Setelah plugin terpasang dan diaktifkan di website kamu, buka opsi Setting Mailchimp di dashboard WordPress kamu. 
  • Setelah itu, kamu bisa menghubungkan akun Mailchimp ke website kamu menggunakan API KEY. 
  • Simak langkah selanjutnya untuk mengakses daftar dan formulir dari situs kamu

Langkah 4: Cari dan Dapatkan API KEY

API Key berfungsi menghubungkan situs kamu ke layanan lain (dalam hal ini, Mailchimp). 

  • Untuk mendapatkan API Key, kunjungi Mailchimp for WP > Mailchimp in WordPress
  • Di bawah kolom API Key, klik Generate Your API Key here
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke website Mailchimp. Pilih Create Key , lalu copy kode yang diberikan. Kembali ke web WordPres kamu, paste kode tersebut ke kolom API Key, lalu tekan Save Changes
  • Kini kamu memiliki akses ke daftar kontak, formulir yang dibuat sebelumnya, dan integrasi apa pun langsung di dashboard kamu. kamu juga bisa membuat formulir baru dengan membuka Mailchimp for WP > For
  • Setelah dibuat, kamu bisa menambahkan formulir ke halaman, postingan, atau widget menggunakan kode pendek yang disediakan. 

Langkah 5: Tambahkan Formulir Mailchimp ke Website WordPress

Setelah plugin Mailchimp terpasang di website WordPress, kamu bisa bisa membuat dan menambahkan formulir pendaftaran dengan mudah. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan plugin Mailchimp:

  • Menambahkan Pendaftaran Pop-Up

Untuk menambahkan formulir pop-up ke situs web kamu, misalnya, navigasikan ke Lists > Signup forms > Subscriber pop-up di Mailchimp.

  • Menambahkan Pendaftaran Inline

Formulir pendaftaran sebaris memungkinkan kamu mengumpulkan email pelanggan, tanpa mengganggu Pengalaman Pengguna (UX). Untuk memulai proses , buka Lists > Signup forms > Embedded forms dalam Mailchimp.

  • Menambahkan Pendaftaran Sidebar

Mirip dengan menambahkan formulir sebaris, menambahkan formulir pendaftaran bilah sisi dimulai dengan membuka Lists > Signup forms > Embedded forms. Untuk bilah sisi, kami sarankan Super Slim atau Naked .

Atau, kamu dapat membuka Appearance > Widgets di WordPress, memilih widget Custom HTML, dan menyeretnya ke kolom Sidebar.

  • Mendesain Formulir Pendaftaran Mailchimp

Untuk menata formulir kamu, buka Mailchimp for WordPress > Formdi WordPress. kamu dapat membuat perubahan pada setiap kolom, konten, dan tampilan formulir. 

Tips Bikin Email Newsletter Pakai Plugin Mailchimp di WordPress

Plugin Mailchimp di WordPress untuk Email Newsletter

Dengan plugin Mailchimp, kamu bisa membuat email newsletter sebagai senjata marketing bisnis kamu. Bahkan, kamu bisa menyeting otomatis newsletter untuk dikirim kepada pelanggan. 

  • Untuk memulainya, kamu memerlukan instalasi RSS Feeds for WordPress.
  • Buka Campaigns > Create Campaign > Create an Email > Automated pada Mailchimp. 
  • Pilih Share blog posts, beri nama kampanye Mailchimp sesuai keinginan, lalu klik Begin.
  • Selanjutnya, kamu harus memasukkan RSS feed URL, tentukan waktu pengiriman dan konfigurasi opsi lain sesuai kebutuhan. 
  • Jangan lupa untuk memilih Penerima, dan buat perubahan Setup yang diperlukan (misalnya, pada kolom Subjek ). 
  • Terakhir, pilih opsi Mailchimp Template and Design. Setelah selesai, cukup klik Confirm dan newsletter kamu sudah siap didistribusikan. 

Kesimpulan

Pemasaran melalui email adalah sebuah strategi bisnis yang tidak pernah mati, dan tidak akan hilang begitu saja. Email Marketing bahkan dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk menarik dan memelihara prospek pelanggan yang tertarik dengan merek bisnis kamu. Intinya, strategi ini berdampak sangat besar bagi bisnis, meskipun sering menjadi tugas berat bagi administrator website.

Mailchimp adalah layanan yang meringankan banyak beban kamu, dan berbagai fiturnya memberi kamu kebebasan untuk membuat kampanye pemasaran tepat, salah satunya email newsletter. Untungnya, Mailchimp saat ini sudah kompatibel dengan CMS WordPress melalui plugin yang bisa kamu instal dan konfigurasikan dengan mudah.

Ingin email bisnis Anda selalu terkirim dan terlihat profesional? Dengan email hosting IDwebhost, kamu tidak hanya mendapatkan alamat email kustom nama@bisniskamu.com, tetapi juga perlindungan dari spam dan virus. Coba sekarang dan rasakan perbedaannya!

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024