Beberapa Tools Mail Marketing Terbaik Untuk Website
Blog Tutorial

Beberapa Tools Mail Marketing Terbaik Untuk Website

Mail marketing merupakan sebuah tools yang wajib dimiliki untuk website pemula/startup supaya bisa terhubung dengan pelanggan. Selain itu, hal ini akan menjaga supaya pelanggan tetap terhubung dengan konten yang anda produksi setiap harinya. Banyak sekali pilihan mail marketing tool yang bisa anda pilih. Bahkan beberapa diantaranya telah terbukti mampu meningkatkan interaksi antara perusahaan startup tersebut dengan pelanggan. Alhasil, jumlah pemasukan yang didapat pun juga semakin banyak. Adanya mail marketing juga sangat krusial dalam menciptakan sebuah transaksi yang lebih mudah. Ini juga membuka jalan anda menjadi seorang marketing yang sukses. Berikut adalah beberapa mail marketing dengan fitur cerdas yang bisa anda manfaatkan dari sekarang.

Mail Marketing Mailchimp

Mail marketing tool yang satu ini adalah yang paling populer dan banyak digunakan. Pasalnya, sejumlah fitur yang tersedia didalamnya memudahkan anda untuk melakukan aktivitas pemasaran produk, jasa, maupun konten apapun yang anda miliki dalam website. Sejumlah fitur penting yang bisa anda dapatkan didalamnya antara lain adalah all-in-one email marketing solution. Dengan memanfaatkan fitur yang satu ini, bukan hal mustahil anda bisa melakukan konfigurasi terhadap email yang anda kirim kepada target pelanggan. Selain itu, banyak pilihan template design untuk mail marketing yang bisa anda gunakan untuk melakukan campaign atau kampanye produk.

Menariknya lagi, MaiChimp juga memberikan anda fasilitas penting lainnya, yakni analytic reports atau laporan analisis yang up to date. Dengan hadirnya laporan ini, maka anda pun tidak akan kesulitan dalam menggunakan mail marketing tersebut untuk beberapa tujuan tertentu. Misalnya untuk mendata performa web anda, serta menyusun rencana kedepan untuk marketing yang lebih presisi dan akurat. Selain itu, jika anda menggunakan MailChimp versi Premium, maka anda akan memperoleh layanan yang terintegrasi dengan third part, yakni Google Analytics supaya hasil yang diberikan juga lebih akurat. Selain itu, MailChips juga support digunakan hingga 2.000 subscirbers dan 12.000 email per bulannya. Luar biasa, bukan?

 

Mail marketing
idwebhost

Constant Contact

Mail marketing tools lainnya yang bisa anda gunakan adalah Constant Contact. Ini adalah alternatif yang bisa pakai selain menggunakan MailChimp diatas. Dengan memanfaatkan tool yang satu ini, maka anda akan bisa menggunakan layanan mail marketing untuk jumlaah email dan subscriber yang unlimited (tak terbatas). Ditambah lagi, Constant Contact juga akan menyediakan layanan 24 jam non stop melalui telepon, email dan Live Chat. Tersedia juga fitus data analisis yang akan memudahkan anda untuk mengamati langsung performa kampanye marketing yang anda lakukan.

Baca Juga: Ini Dia Cara Setting Email Ms Outlook 2010 di IDwebhost

Tools ini akan memberikan anda kemudahan menikmati layanan free trial untuk 60 hari. Anda bisa menggunakan semua fitur yang ada didalamnya untuk 2 bulan kedepan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Selanjutnya, jika anda ingin terus menggunakan mail marketing ini, anda bisa memulainya dengan membayar cukup 20 Dollar saja per bulan.

AWeber

Mail marketing
idwebhost

Mail marketing tool yang satu ini membantu anda melakukan kampanye promosi yang lebih simpel. Anda bisa mengkustomisasi setiap proses yang hendak dilakukan, mulai dari sign up hingga follow up email. Selain itu, ada begitu banyak koleksi template yang bisa anda gunakan didalamnya. Beberapa fitur yang bisa anda dapatkan yakni 7 hari premium support via telepon, email dan Live Chat. Bahkan AWeber juga bisa diintegrasikan dengan Smartphone yang anda miliki. Anda bisa mengaksesnya dengan mudah melalui gadget Android maupun iOS.  Selain itu, mail marketing ini juga bisa terhubung dengan platform-platform website yang populer, antara lain WordPress, Joomla, dan lain sebagainya.

Untuk tahap awal, anda bisa menggunakan layanan mail marketing ini dengan 30 hari free trial. Selanjutnya, jika anda ingin menggunakan layanan premium, anda cukup merogoh kocek hingga 19 Dollar saja per bulannya. Tool ini juga fleksibel dan mudah digunakan karena bisa di-build dengan sistem drag and drop. Jadi anda tinggal menggerakan kursor untuk mengatur tampilan yang ada didalamnya. Jika anda menggunakan smartphone, maka sistem drag and drop ini akan membuat anda lebih fleksibel dalam mengatur tampilan yang ada didalamnya.

Sendy

Mail marketing tool lainnya yang bisa anda gunakan adalah Sendy. Tool ini bekerja sangat bagus bagi anda yang menggunakan Amazon SES (Simple Email Services). Anda pun bisa mengirimkan banyak promosi atau kampanye kepada target pelanggan dengan lebih mudah. Selain itu, tool ini juga bisa terhubung dengan baik menggunakan WordPress, Joomla, Zapier, Magento, dan lain sebagainya. Anda bisa memulai menggunakan tool ini dengan biaya hanya 1 Dollar per 10.000 email yang digunakan. Sebuah tool yang sangat ideal untuk dipakai anda yang ingin lebih hemat budget.

Drip

Pilihan mail marketing lainnya yang bisa anda gunakan adalah Drip. Ini juga menjadi salah satu tool yang terpopuler ada saat ini. Didalamnya anda akan bisa menikmati berbagai fitur yang bisa anda jalankan secara otomatis. Alhasil, ini bisa lebih menghemat waktu yang anda keluarkan nanti. Anda juga akan bisa menikmati fitur tracing yang tersedia didalamnya. Fitur ini akan membantu anda menyeleksi mana dari sekian banyak pelanggan tersebut yang bisa menjadi pelanggan potensial anda. Layanan ini juga bisa anda sinkronisasikan dengan PayPal atau WooCommerce. Hasilnya pun jugua akan lebih banyak dari yang anda bayangkan.

Jika anda menggunakan Drip untuk free plan saja, maka anda hanya bisa memakainya untuk 100 subscribers saja. Namun, jika anda menggunakan versi premium, anda harus mengeluarkan dana sebesar 41 dollar per bulan.  Terlihat lebih mahal dibandingkan mail marketing lainnya yang disebutkan diatas. Akan tetapi, hal ini cukup fair jika melihat sejumlah fitur otomatis yang akan bisa anda dapatkan dengan menggunakan layanan yang satu ini.

Kesimpulannya

 

Mail marketing
idwebhost

Mail marketing tool adalah sebuah perangkat penting yang wajib anda miliki untuk bisa terhubung dengan pelanggan lebih baik. Di era yang modern saat ini, banyak tool yang tersedia dan mungkin membuat anda bingun. Tugas anda hanyalah memilih mana dari sekian banyak tool tersebut yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Pada saat anda sudah mendapatkan tool yang tepat, anda akan bisa menkikmati keuntungan yang ada didalamnya. Lalu mana yang terbaik dari 5 opsi diatas? Jika anda memiliki website startup dengan range yang masih kecil, sebaiknya anda menggunakan MailChimp. Pasalnya, MailChimp menyediakan fiitur all-around yang memudahkan proses mail marketing yang dilakukan. Kedua, jika anda menginginkan tool yang menyediakan banyak jumlah template menarik, AWeber adalah pilihannya. Disini anda bisa menemukan mail marketing yang ideal dengan tampilan yang menarik untuk digunakan. Ketiga, untuk tool yang hemat budget, anda bisa memilih Sendy. Harga yang anda keluarkan tiap bulan tentunya tidak seberapa besar, tapi fitur yang diberikan cukup maksimal.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.