idwebhost Bikin Website Sekarang

Apa Itu Web Scraping? Panduan Lengkap untuk Pemula

27 Jun 2024
Apa Itu Web Scraping? Panduan Lengkap untuk Pemula campaign-unlimited

Transformasi digitalisasi banyak membawa perubahan dalam, terutama dalam hal pembuatan keputusan yang berbasis data. Web scraping adalah salah satu teknik yang digunakan untuk mengekstraksi data, guna mengoptimalkan strategi bisnis yang data-driven.

Data sangat diperlukan untuk mendukung berbagai kegiatan bisnis. Misalnya seperti untuk kebutuhan riset pasar, penentuan strategi, hingga pembuatan kampanye marketing. Melihat besarnya volume data yang dibutuhkan oleh bisnis, diperlukan teknik web scraping dan data mining untuk mengumpulkannya.

Di artikel ini kami akan membahas tentang apa itu web scraping, cara kerja, manfaat, serta rekomendasi website yang dapat diekstraksi datanya. Mari simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Web Scraping

Web scraping adalah teknik mengekstraksi atau mengambil data dari website untuk disimpan dalam format tertentu. Teknik ini biasanya dilakukan dengan cara manual dan otomatis. Namun, untuk kebutuhan volume data yang besar, ekstraksi data biasanya dilakukan menggunakan bantuan software web scraping tools.

Web scraping dan data mining adalah metode yang efektif untuk mengumpulkan dan menyimpan informasi dari website di internet. Ini merupakan hal yang kini cukup wajar dipraktikkan oleh berbagai bisnis. Biasanya, web scraping banyak digunakan untuk melakukan analisis kompetitor.

Dengan menggunakan web scraping, kamu dapat mengumpulkan data-data terkait bisnis kompetitor dan menggunakannya untuk keperluan pengembangan bisnis. Walaupun mengambil data-data secara langsung, web scraping sifatnya legal. Hal ini dikarenakan ekstraksi dilakukan untuk data-data yang memang disediakan untuk umum.

Cara Kerja Web Scraping

web scraping adalah

Web scraping adalah proses pengambilan data dari halaman web menggunakan perangkat lunak atau skrip. Pertama, scraper data diminta untuk memuat satu atau lebih URL yang ditentukan sebelumnya. Kemudian, scraper mengunduh seluruh kode HTML dari halaman web yang dituju, termasuk elemen CSS dan Javascript jika diperlukan.

Selanjutnya, scraper akan mengekstrak data yang diminta dari halaman web tersebut. Kamu dapat memilih data spesifik yang ingin diambil, misalnya harga dan model produk dari halaman situs web e-commerce seperti Amazon. Scraper kemudian mengekstrak data yang dipilih tersebut.

Terakhir, data yang telah dikumpulkan akan ditampilkan dalam format yang dapat kamu pahami. Misalnya seperti dalam format spreadsheet CSV atau Excel untuk kemudian dianalisis atau digunakan dalam berbagai aplikasi.

Ada juga scraper yang mendukung format lain seperti JSON, yang biasanya digunakan dalam konteks API untuk pertukaran data antar aplikasi. Dengan demikian, web scraping merupakan proses yang relatif sederhana meskipun bisa memiliki kompleksitas tertentu tergantung pada kebutuhan dan kompleksitas situs yang di-scrapping.

Manfaat Data Scrapping

Melakukan data scraping dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi bisnis. Adapun beberapa manfaat web scraping adalah sebagai berikut:

1. Pengumpulan Data dalam Volume Besar

Data scraping memungkinkan pengumpulan informasi yang luas dari berbagai sumber online dalam waktu singkat. Ini dapat membantu bisnis untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk analisis dan pengambilan keputusan.

2. Analisis Tren dan Perilaku

Dengan data scraping, pengguna dapat mengumpulkan data dari web dan platform online untuk menganalisis tren, pola, dan perilaku pengguna. Kamu bisa memanfaatkan data-data ini untuk memahami kebutuhan pasar, mengidentifikasi tren konsumen, dan mengantisipasi perubahan perilaku pengguna.

3. Analisis Kompetitor

Data scraping banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk melakukan riset pasar dan analisis strategi pesaing mereka. Informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk menyesuaikan strategi pemasaran dan mengembangkan competitive advantages bisnis.

4. Brand Monitoring

Data scraping dapat membantu proses pemantauan kinerja merek atau produk tertentu secara online. Melalui pengumpulan data yang cepat, perusahaan dapat mengamati reputasi merek, menanggapi perubahan, dan mengelola isu-isu yang muncul dengan lebih cepat.

5. Penelitian dan Analisis Data

Pengumpulan data atau data scraping adalah langkah awal dalam penelitian dan analisis data. Data yang dikumpulkan dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola, hubungan, dan wawasan baru yang dapat mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

6. Pengembangan Produk dan Layanan

Informasi dari data scraping dapat digunakan untuk mengembangkan produk dan layanan. Cara ini dianggap efektif sebab pengembangan yang berbasis data lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi pelanggan.

Rekomendasi Website untuk Web Scraping

Untuk melakukan web scraping, kamu tentu perlu berkaca pada data-data yang dibutuhkan oleh bisnis. Dengan mengetahui kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai selanjutnya kamu dapat menentukan website yang akan digunakan untuk data scraping. Berikut kami rangkumkan beberapa website yang bisa digunakan untuk web scraping:

1. Website E-Commerce

Jika kamu ingin mengembangkan e-commerce, maka kamu dapat melakukan riset terkait data-data apa saja yang dibutuhkan dengan web scraping. Data-data yang tersedia di website e-commerce antara lain mencakup informasi produk, ulasan pengguna, referensi harga, informasi penjual, dan deskripsi produk.

Contoh website: Amazon, eBay, Alibaba

2. Website Berita dan Media Sosial

Melalui website berita dan media sosial, kamu bisa mengumpulkan data-data terkait topik pembahasan terkini, perilaku pengguna media sosial, dan informasi tren media sosial.

Contoh website: CNN, Twitter, Facebook

3. Website Review dan Rating

Web scraping adalah teknik paling efektif untuk mengumpulkan data dalam volume besar, layaknya pos ulasan dan rating. Dengan melakukan data scraping di website kategori ini kamu bisa menemukan tren bisnis/film, preferensi pelanggan, kompilasi film, dan informasi kontak reviewer sebagai leads.

Contoh website: Yelp, IMDb, TripAdvisor

4. Website Pendidikan dan Referensi

Di bidang pendidikan, web scraping juga dapat bermanfaat untuk membantu memeriksa terkait hasil riset atau artikel topik tertentu, autobiografi tokoh-tokoh di internet, dan konten materi belajar siswa.

Contoh website: Neliti, Wikipedia, Khan Academy

5. Website Informasi Kesehatan

Platform terkait informasi kesehatan kini semakin ramai semenjak semakin populernya telemedisin/konsultasi dokter online. Jika kamu sedang melakukan riset terkait kesehatan, kamu dapat melakukan web scraping untuk mengakses informasi penyakit yang sedang merebak, tren kesehatan, dan informasi tenaga ahli.

Contoh website: Klik Dokter, Alo Dokter, Halodoc

Walaupun web scraping adalah metode yang legal dan diperbolehkan, pastikan untuk tetap mengikuti kebijakan penggunaan data dari masing-masing website. Biasanya informasi ini akan ditampilkan saat kamu mengakses halaman website.

Buat website sendiri untuk kembangkan bisnismu, yuk! Bikin website sama IDwebhost bisa gratis domain dan hosting sekaligus. Banyak yang sudah membuktikan lho.

Ayo wujudkan website impianmu!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022