Berikut Strategi Content Marketing yang Bisa dicoba!

5 Jan 2024
Berikut Strategi Content Marketing yang Bisa dicoba! campaign-unlimited

Memulai bisnis baru bukanlah hal yang mudah. Di satu sisi, bisnis harus membangun kepercayaan merek, namun di sisi lain bisnis juga membutuhkan konversi penjualan segera. Dalam kondisi ini, content marketing boleh jadi merupakan strategi yang tepat untuk diandalkan. Apa itu content marketing?

Di artikel ini, kami akan mengajak kamu untuk memahami tentang content marketing, lebih dalam. Mulai dari mengetahui konsep dasar, tujuan, contoh, hingga manfaat yang bisa bisnis dapatkan. Mari, kita menuju ke pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan konten sebagai media komunikasi dan promosi. Melalui konten-konten yang mengandung informasi bermanfaat dan relevan, bisnis dapat mengiklankan merek dan produknya secara efektif, untuk mencapai tujuan tertentu.

Umumnya, content marketing banyak digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek. Konten menjadi platform andal untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi audiens. Di samping itu, melalui konten juga, bisnis dapat membagikan cerita brand.

Dari cerita inilah, bisnis dapat mengajak audiens untuk menyelami brand lebih dalam. Dengan membagikan visi dan misi, serta nilai-nilai brand, bisnis dapat menciptakan ikatan emosional yang lebih kuat. Dalam jangka panjang, strategi ini akan membuat merek menjadi top of mind audiens.

Bukan hanya meningkatkan brand awareness, tujuan content marketing juga mencakup pemasaran produk. Konten adalah media yang tepat untuk memberikan informasi dan visualisasi terkait produk dan jasa yang ditawarkan. Hal ini tidak terlepas dari peran visual konten yang membuatnya lebih mudah menarik perhatian audiens.

Kelengkapan informasi dalam konten juga tidak kalah penting. Menurut survei tahunan GE Capital Retail Bank, 81% pembeli melakukan riset online sebelum melakukan pembelian produk. Artinya, semakin mudah audiens mendapatkan informasi yang dibutuhkan, maka akan semakin mudah bisnis meningkatkan konversinya.

Apa saja Contoh Content Marketing?

customer journey

Dalam praktiknya, seperti apa itu content marketing? Strategi ini diwujudkan dalam pembuatan konten berkualitas dalam berbagai format. Bisnis perlu memahami target audiens untuk mendapatkan pemahaman format konten yang paling cocok untuk digunakan. Berikut ini kami berikan ringkasan beberapa contoh konten yang dapat bisnis kamu gunakan:

  1. Infografis

Ini merupakan contoh konten yang dapat digunakan untuk menjelaskan informasi yang rumit. Infografis adalah konten yang menguraikan informasi ke bentuk visual.  Biasanya, konten ini tidak menggunakan terlalu banyak teks, namun lebih menonjolkan aspek visualnya, seperti grafis dan diagram.

Jenis konten ini dapat digunakan untuk menjelaskan spesifikasi, manfaat, hingga cara penggunaan produk. Mengingat ketiga informasi ini biasanya cukup rumit, maka infografis dapat dioptimalkan untuk merangkum seluruh informasi sehingga lebih mudah untuk dipahami.

  1. Podcast

Banyak yang masih belum tahu, seperti apa itu content marketing yang dibuat dalam bentuk non-visual. Podcast adalah konten yang dapat dinikmati tanpa memerlukan audiens untuk terpaku ke layar perangkat. Konten ini berbentuk suara, sehingga dapat didengarkan sambil melakukan berbagai kegiatan.

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan konten buatan kreator besar seperti Raditya Dika, Deddy Corbuzier, atau Denny Sumargo. Di luar nama-nama ini, masih banyak kreator besar lainnya yang menghadirkan podcast dengan topik beragam, mulai dari kesehatan, politik, hingga hobi otomotif.

Membuat konten podcast dengan mengusung topik yang sedang booming dan relevan, akan mendatangkan banyak pendengar. Konten ini dapat memberikan peluang pemasaran yang besar, dengan adanya promosi produk secara natural dalam dialog di dalamnya.

  1. Video

Ini adalah contoh konten yang efektif menarik perhatian audiens. Kini berbagai media sosial hingga platform e-commerce memanfaatkan konten video untuk menarik lebih banyak konversi. Video merupakan format konten yang tepat untuk menjelaskan produk atau jasa bisnis dengan lebih menarik.

Bukan hanya itu saja, video juga bisa dijadikan sebagai media review yang dapat dipercaya oleh calon pembeli. Dengan melihat tutorial dan review produk, calon pembeli bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan lebih mudah mengambil keputusan untuk membeli.

  1. Artikel Blog

cara membuat content marketing

Content marketing juga dapat diwujudkan melalui pembuatan konten artikel blog. Melalui konten artikel blog, audiens bisa mendapatkan informasi yang lengkap terkait suatu produk, brand, atau jasa. Selain itu, artikel blog juga dapat digunakan untuk menjelaskan langkah-langkah prosedur penggunaan produk.

Terutama untuk meningkatkan brand awareness, artikel blog bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membagikan review hingga menciptakan cerita brand yang engaged. Namun, untuk membangun kepercayaan yang kuat, pastikan untuk membuat artikel blog yang berkualitas dan otentik.

  1. Konten Media Sosial

Kini ada banyak format konten media sosial yang dapat menarik perhatian audiens secara efektif. Misalnya seperti post foto produk atau video singkat proses produksi. Melalui konten media sosial, bisnis dapat mengptimalkan daya tarik konten visual untuk menarik minat audiens.

Bagi usaha fashion misalnya, membuat post yang menampilkan fit-check dress tentu dapat menarik para pembeli potensial. Begitu pula dengan usaha kuliner yang mengunggah video pendek penampilan hidangannya, ini tentu dapat memberikan gambaran nyata tentang produk.

Manfaat Content Marketing bagi Bisnis Pemula

Nah, dari pembahasan di atas kira-kira kamu sudah paham kan apa itu content marketing? Dengan berbagai format dan pendekatannya, content marketing dapat memberikan manfaat yang berarti bagi bisnis pemula, lho. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Content marketing dapat membantu bisnis baru menghasilkan traffic. Dengan konten yang relevan dan berkualitas, bisnis dapat mendatangkan lebih banyak traffic yang nantinya menjadi leads dan berpotensi melakukan konversi.
  • Content marketing dapat membantu bisnis mengenal target audiens. Membuat dan mengembangkan konten dapat membantu bisnis untuk memahami perilaku dan kebiasaan target audiens dengan lebih baik. Dalam jangka panjang, ini dapat menjadi bekal untuk menciptakan strategi pemasaran yang lebih efektif.
  • Content marketing membantu bisnis mengoptimalkan budget pemasaran. Bisnis baru sering kali masih kesulitan dalam mengatur alokasi budget, terutama untuk kebutuhan pemasaran. Content marketing merupakan strategi pemasaran yang tepat untuk memulai. Ini dikarenakan biayanya relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan iklan-iklan tradisional.

Sekian pembahasan tentang apa itu content marketing beserta contoh-contohnya. Dengan konsistensi dan riset mendalam, pemasaran konten dapat membantu bisnis pemula untuk memperkenalkan merek dan mempromosikan produk dengan efektif.

Jangan khawatir website lambat lagi dengan hosting IDwebhost! Mulai dari Rp 14 ribuan aja, kamu bisa naikin level webmu dengan unlimited traffic. Yuk, cek sekarang dan dapetin bonus sertifikat SSL juga!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022