Berikut Strategi Content Marketing yang Bisa dicoba!
Blog SEO Berikut Strategi Content Marketing yang Bisa dicoba!

Berikut Strategi Content Marketing yang Bisa dicoba!

Strategi content marketing menjadi penting karena dapat membantu perusahaan dalam mengarahkan traffic, membangun kepercayaan dengan konsumen meningkatkan konversi dan membantu mempromosikan lini bisnis dengan saling cross promote.

Lebih lengkapnya, berikut penjelasan mengenai content marketing beserta strategi content marketingnya.

Daftar Isi

 

1. Apa itu Content Marketing ?

2. Mengapa Content Marketing Penting ?

2.1. Content Marketing Menjadi Strategi Jangka Panjang yang Scalable
2.2. Content Marketing Membantu Memaksimalkan Prospek
2.3. Content Marketing Membantu Mengoptimalkan Berbagai Channel Marketing
2.4. Content Marketing Membantu Mengedukasi Pelanggan Potensial
2.5. Content Marketing Memiliki Biaya yang Lebih Murah dalam Jangka Panjang

3. Strategi Content Marketing : Cara Membuat Content Marketing 

3.1. Kenali Target Pelanggan Anda
3.2. Temukan Minat yang dicari Orang
3.3. Update Konten secara Berkala
3.4. Promosikan Konten Anda

4. Kesimpulan

 

Apa itu Content Marketing ?

Content Marketing adalah merupakan sebuah strategi marketing dalam pembuatan serta penyebaran konten yang relevan, memiliki nilai, dan juga penerapannya konsisten agar dapat menarik perhatian audiens yang ditargetkan. 

Jadi tujuan dalam berstrategi content marketing adalah :

  • Menarik audiens baru agar mengenal bisnis Anda
  • Mengajak audiens baru untuk menjadi pelanggan setia Anda

Contoh penerapan content marketing dapat Anda jumpai ketika melihat akun sosial media pada perusahaan/brand besar. Nah, dalam akun sosial media di perusahaan tsb terdapat  konten berupa foto, video, artikel, atau sekedar update status.

Inilah salah satu contoh penerapan dalam content marketing.

Jadi, content marketing dapat berbentuk seperti gambar, video, audio, tulisan, dsb.

Selain dari segi bentuknya, content marketing ini juga bersifat menghibur, mendidik, dan emosional, dll.

Apapun itu, yang terpenting pada pembuatan content marketing ini adalah “harus menarik”.

Untuk itu, bisa disimpulkan kalau konten yang telah Anda buat tidak mampu membuat orang lain tertarik pada konten Anda, artinya upaya Anda dalam membangun content marketing ini telah gagal.

Untuk itu, sangat penting membuat content marketing ini agar terus menarik minat audiens.

 

Mengapa Content Marketing Penting ?

 

mengapa content marketing penting
mengapa content marketing penting

SEO, PPC, Email Marketing, Influencer Marketing membutuhkan content marketing. Berikut lima alasan mengapa content marketing penting untuk Anda kuasai. 

 

1. Content Marketing Menjadi Strategi Jangka Panjang yang Scalable

Jika Anda bertujuan membuat konten yang bermanfaat dan selalu menarik untuk dicari orang, maka Anda dapat membuat content marketing, mengapa? Karena dengan membuat content marketing, maka website Anda dapat berpotensi untuk mendapat peringkat tinggi di pencarian Google. 

Untuk itu, content marketing ini cocok menjadi strategi marketing yang memiliki jangka panjang serta cangkupan marketing yang lebih luas.

 

2. Content Marketing Membantu Memaksimalkan Prospek

Kebanyakan orang tidak hanya mencari sesuatu barang atau jasa lalu klik ke website dan berakhir dengan membeli barang atau jasa tsb.

Sebaliknya, orang akan melakukan aktivitas-aktivitas tertentu sebelum mencapai deal ke pembelian. Hal ini disebut “customer journey”.

Jadi, jika kita bedah bagaimana proses perjalanan customer journey ini, pertama mereka menyadari akan keberadaan website Anda. Lalu mereka akan mempelajari bagaimana produk atau jasa yang tertera pada informasi pada website Anda dapat membantu memberikan solusi permasalahan yang mereka hadapi. Jika produk atau jasa Anda menjawab permasalah pelanggan tsb, makan besar kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan Anda.

Agar lebih mudah memahami customer journey ini, Anda dapat melihat ilustrasi dari referensi blog ahrefs dengan gambar berikut ini :

 

customer journey
customer journey

 

Dari gambar diatas, Anda bisa lihat bagaimana perjalanan pelanggan Anda dari tahap menyadari produk atau jasa Anda (awareness), lalu tertarik (interest), kemudian mempertimbangkan apakah akan membeli atau tidak (consideration) sampai akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk atau jasa Anda (Conversion).

 

3. Content Marketing Membantu Mengoptimalkan Berbagai Channel Marketing

Melakukan optimasi pada berbagai macam channel marketing seperti di berbagai platform seperti website, sosial media, email, dsb tanpa membangun content marketing yang baik adalah hal yang sulit. Karena tanpa adanya content marketing, bagaimana membuat orang-orang tsb tertarik dengan produk Anda meskipun Anda sudah melakukan strategi di berbagai channel marketing seperti, seo, sem, smm, dan email marketing.

Untuk itulah, dengan membangun content marketing yang baik, tentu saja dapat membantu mengoptimalkan berbagai channel marketing yang Anda terapkan.

 

4. Content Marketing Membantu Mengedukasi Pelanggan Potensial

Selain content marketing dapat mengoptimalkan berbagai strategi di channel marketing, content marketing juga membantu “memaintenance” pelanggan-pelanggan Anda agar mereka setia menanti kabar terbaru dari Anda dan bisa bebas berinteraksi dengan bisnis Anda layaknya hubungan pertemanan yang baik.

Hal ini karena rutin update content marketing dengan berbagai informasi yang bermanfaat dan menarik dapat memberikan ilmu atau “insight” baru kepada pelanggan Anda, sehingga pelanggan Anda tidak bosan dengan informasi jualan Anda. Alhasil, mereka jadi senang dengan berita yang Anda update dan suka berinteraksi pada konten-konten Anda. 

 

5. Content Marketing Memiliki Biaya yang Lebih Murah dalam Jangka Panjang

Selain manfaat-manfaat yang telah Anda tahu seperti yang terlampir di poin-poin di atas, ternyata content marketing juga bermanfaat untuk menurunkan biaya atau cost pada pengeluaran biaya marketing Anda menjadi lebih murah.

Hal ini karena Anda telah mendapatkan data-data pelanggan Anda, dan Anda melakukan maintenance yang baik dengan pelanggan Anda.

Contohnya Anda dapat melakukan maintenance atau menjalin kedekatan dengan pelanggan Anda menggunakan email marketing, whatsapp, telegram dsb sehingga Anda pun bisa bebas mempromosikan produk atau jasa Anda dengan biaya murah bahkan bisa tanpa di pungut biaya karena hal tsb berada di area kekuasaan Anda.

 

Strategi Content Marketing:Cara Membuat Content Marketing 

 

cara membuat content marketing
cara membuat content marketing

 

Jadi sekarang, Anda sudah mulai tertarik untuk membuat content marketing? Jika ya, Anda dapat mengikuti tips cara membuat content marketing berikut ini.

 

1. Kenali Target Pelanggan Anda

Kesalahan umum dalam proses pembuatan content marketing adalah tidak tahu siapa target pelanggan. Untuk itu sangat penting perlu diketahui siapa dan bagaimana karakteristik orang yang Anda targetkan supaya menjadi pelanggan Anda.

Hal ini pun akan menurun kepada bagaimana bentuk hasil content marketing yang Anda akan lahirkan.

Contoh, jika bisnis Anda adalah hijab, berarti karakteristik pelanggan Anda adalah wanita, muslimah, usia remaja sampai remaja, dan memiliki minat terhadap hijab. Alhasil, content marketing yang dihasilkan pun akan tampak terlihat lebih anggun, lebih syar’i, cute dsb.

Jadi, tidak mungkin Anda membuat content marketing tsb menjadi melenceng ke target bapak-bapak yang suka bola, otomotif dsb karena karakteristiknya sudah Anda tentukan dari awal.

 

2. Temukan Minat yang dicari Orang

Untuk mendapatkan hasil jangka panjang dari content marketing, maka idealnya konten Anda harus mendapat peringkat di mesin pencari seperti Google atau Youtube.

Untuk melakukan ini, Anda perlu menemukan topik yang dicari oleh pelanggan Anda serta sesuai dengan niche pada bisnis Anda.

Mulailah dengan melakukan brainstorming dengan beberapa topik yang relevan dengan niche bisnis Anda.

 

3. Update Konten secara Berkala

Secara otomatis, jika Anda tidak rutin melakukan update content, maka Anda pun tidak mendapat peringkat di pencarian.Untuk membantu Anda agar konsisten melakukan update konten secara rutin, ada baiknya Anda mulai melakukan perencanaan dan penjadwalan menggunakan kalender. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyusun kerangka dan tema konten Anda.

4. Promosikan Konten Anda

Terakhir, Anda dapat melakukan promosi pada content marketing yang telah Anda buat. Karena, tidak mungkin secara ajaib konten dapat ditemukan tanpa sebelumnya gencar melakukan promosi.

Jadi, Anda harus secara aktif mempromosikan konten Anda dan menampilkannya di target audiens Anda.

 

Kesimpulan

Strategi content marketing menjadi penting untuk Anda lakukan jika Anda ingin sukses mendapatkan hati pelanggan Anda agar selalu setia menanti update atau informasi dari Anda.

Untuk itu, Anda dapat melakukan strategi content marketing seperti yang telah dijelaskan pada artikel ini.

Kemudian agar Anda tidak ketinggalan informasi seputar bisnis, Anda dapat terus keep up to date informasi di blog IDwebhost.

Selain itu jika Anda membutuhkan layanan web hosting dan domain, Anda dapat menghubungi IDwebhost. Karena IDwebhost memberikan promo tiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.