Panduan dan Teknik-Teknik Web Scraping

20 Apr 2019
Panduan dan Teknik-Teknik Web Scraping campaign-unlimited

Bagi Anda yang sudah mempunyai website toko online, mungkin ada banyak data yang perlu anda kumpulkan untuk keperluan bisnis Anda. Mulai dari data pelanggan sampai data email pelanggan yang mensubscribe ke email Anda. Mungkin akan merepotkan anda jika anda mengumpulkan semuanya secara manual. Nah, solusinya yaitu Anda dapat melakukan web scraping untuk mempermudah proses pengumpulan data tersebut.

Apa Itu Web Scraping?

Web scraping merupakan proses ekstrasi data dari sebuah website. Salah satu contoh webscraping yaitu meng-copy data daftar contact dari sebuah direktori web. Memang Anda bisa melakukan ini secara manual, misalnya dengan meng-copy paste datanya ke program excel. Tetapi, bagaimana jika datanya banyak? Untuk ini, Anda membutuhkan automation yang dapat membantu proses webscraping Anda lebih cepat dan mudah.

Web scraping bisa dilakukan dengan memakai aplikasi web scraper, bot, web spider, ataupun web crawler. Web scraper sendiri merupakan aplikasi untuk masuk ke halaman website, mendownload kontennya, mengekstrak data dari konten, lalu menyimpan data website tersebut ke satu file atau database.

apa itu web scraping
IDwebhost

Kenapa Kita Perlu Melakukan Web Scraping?

Ada banyak alasan kenapa web scraping semakin banyak diperlukan pada saat ini. Dengan semakin berkembangnya teknologi big data, jumlah data yang tersedia menjadi sangat banyak dan tidak terhitung lagi. Bayangkan kalau Anda harus mengumpulkan serta menyimpan jutaan data dalam satu file tunggal, pasti anda pusing kan? solusinya yaitu dengan Web scraping, yang dapat membantu Anda untuk mengumpulkan data tersebut dengan lebih cepat. Selain itu, jika memang data yang Anda kumpulkan sangat besar, Anda juga dapat melakukan automation dan Anda tidak perlu repot serta pusing lagi karena yang terpenting server anda berjalan dengan lancar.

Dengan efisiensi web scraping, juga membantu dalam proses analisa data Anda. Karena webscraping membantu untuk mengumpulkan semua data tanpa terkecuali, Anda akan mendapatkan data lengkap dengan cara ini. Dengan begitu, Anda dapat mencari tahu lebih banyak tentang demografis Anda, mulai dari gender, umur, serta data-data lain yang dapat membantu bisnis Anda. Data-data ini tentunya akan memberikan insight yang bernilai untuk membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat dalam berbisnis.

Dapat juga menganalisa data kompetitor

Selain data pelanggan, Anda juga dapat memanfaatkan web scraping untuk mengumpulkan data penting lain untuk keperluan bisnis Anda. Salah satu hal yang sering dikumpulkan oleh pelaku bisnis dengan teknik ini adalah untuk menganalisa data kompetitor. Tidak peduli apa model bisnis Anda, kemungkinan besar Anda akan memerlukan melihat bagaimana cara kompetitor Anda bekerja. Mungkin akan terasa sulit bagi Anda untuk membandingkan semua kompetitor bisnis Anda secara manual. dengan webscraping, proses membandingkan kompetitor anda akan lebih mudah.

Jika bisnis Anda sudah berjalan, mungkin Anda ingin melakukan brand monitoring. Anda juga dapat mengumpulkan berbagai review serta komentar dari publik tentang brand, layanan, produk, dan kompetitor Anda melalui teknik webscraping. Dengan melakukan ini, Anda dapat menggunakannya untuk terus meningkatkan bisnis Anda.

Sebenarnya, ada satu komponen internet yang dapat melakukan teknik web scraping setiap harinya, ialah search engine atau mesin pencari. Untuk keperluan SEO (Search Engine Optimazation) atau pengoptimalah mesin telusur, Google telah melakukan web scraping setiap hari untuk memeriksa setiap situs yang ada di dunia supaya mereka bisa menentukan ranking sebuah situs di halaman hasil pencarian. Tidak hanya Google, dengan tools monitoring SEO seperti Moz, SEMrush, serta Ahrefs juga dapat melakukan web scraping untuk memberikan informasi ke user mereka tentang strategi SEO untuk situs mereka.

kenapa kita memerlukan web scraping
IDwebhost

Baca juga: Cara meningkatkan Seo Pada Website

Teknik-Teknik Web Scraping

Dengan semakin banyaknya warganet yang melakukan web scraping, ada beberapa teknik automasi yang dapat Anda lakukan untuk melakukan web scraping.

Parsing HTML

Parsing HTML merupakan salah satu teknik yang paling banyak dipakai dalam web parsing. Biasanya parsing HTML dilakukan melalui bahasa JavaScript lalu menarget halaman HTML linear serta nested. Metode ini termasuk cepat untuk mengidentifikasi script HTML di website, yang mungkin saja dilakukan secara manual. Script ini kemudian dipakai untuk mengekstraksi text, links, dan data.

Parsing DOM

Konten, style, serta struktur file XML didefinisikan dalam DOM, singkatan dari Document Object Model. Scrapers yang ingin mengetahui cara kerja internal pada halaman web lalu mengekstrak skrip yang berjalan di dalamnya, biasanya memilih untuk melakukan web scraping melalui teknik parsing DOM. Node spesifik dikumpulkan memakai parser DOM serta alat-alat seperti XPath membantu proses scraping pada sebuah halaman web.

XPath

XML Path Language atau lebih dikenal dengan XPath, merupakan bahasa query yang bekerja pada dokumen XML. Karena dokumen XML biasa disusun menggunakan struktur pohon (tree structure), XPath dapat digunakan untuk menavigasi struktur dokumen tersebut dengan cara memilih nodes berdasarkan berbagai parameter. XPath juga dapat digunakan bersamaan dengan teknik DOM parsing dalam mengesktrasi seluruh halaman website lalu menampilkannya di website lain.

teknik-teknik web scraping
IDwebhost

 

Google Docs

Google Sheets juga ternyata dapat digunakan sebagai alat scraping, loh! Malahan ini merupakan salah satu alat scraping yang popular. Di Google Sheets sendiri, Anda dapat memanfaatkan fungsi IMPORTXML untuk melakukan proses scraping data dari suatu website. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan command tersebut untuk melihat apakah website Anda aman dari scraping. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak di luar sana tersedia banyak software serta layanan web scraping. Teknik-teknik scapping yang disebutkan di atas lebih cocok untuk mereka yang ingin melakukan web scraping sendiri.

Kesimpulan

Di artikel ini IDwebhost sudah membahas semua mengenai pengertian, manfaat, dan teknik-teknik web scraping. Web scraping memang dapat membantu Anda untuk mempermudah proses pengumpulan data. Manfaatkan web scraping sebaik mungkin untuk mengumpulkan data-data yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda! Sebagai provider web hosting Indonesia, IDwebhost berkomitmen untuk membantu pelanggannya supaya sukses berbisnis online. Untuk mengetahui lebih banyak tips dan trik menarik seputar bisnis, website dan development. Jangan lupa, anda untuk subscribe ke blog kami dengan cara memasukkan email Anda di bawah ini. Semoga artikel ini membantu anda dalam memahami scaping pada website!