idwebhost Bikin Website Sekarang

Mau Jadi Freelancer? Kenali Jenis Pekerjaannya Sebelum Mulai!

1 Jul 2024
Mau Jadi Freelancer? Kenali Jenis Pekerjaannya Sebelum Mulai! campaign-unlimited

Evolusi internet yang kian pesat saat ini membuat lapangan pekerjaan semakin luas. Internet membuat berbagai proses pekerjaan menjadi lebih mudah dan fleksibel, sehingga bisa dikerjakan di berbagai lokasi dan kapan saja. Tidak heran jika kini kesempatan kerja freelance juga semakin banyak.

Melihat fleksibilitas yang di masa kini, banyak orang menjadi tertarik untuk menjadi pekerja lepas. Selain bisa dilakukan dari mana saja, pekerjaan ini pun tidak membutuhkan modal yang banyak, melainkan hanya gadget dan koneksi internet.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang contoh-contoh kerja online yang bisa dilakukan. Selain itu, kami juga akan menjelaskan beberapa hal penting yang harus dipersiapkan untuk menunjang kemudahan dalam bekerja online nantinya. Mari kita simak selengkapnya!

Pengertian Kerja Freelance

jenis-jenis kerja freelance

Kerja freelance merupakan istilah yang merujuk pada pekerjaan yang tidak mengikat waktu kerja sekaligus lokasi pekerjanya. Selain menjadi alternatif untuk mencari penghasilan tambahan, pekerjaan ini juga dapat mengasah kemampuan kita lho.

Walaupun pekerjaan lepas tidak menuntut pekerja untuk terikat pada satu perusahaan atau bekerja sesuai jam kerja kantor, kerja lepas juga membutuhkan komitmen dan skill. Jika ditekuni, pekerjaan ini bisa memberikan penghasilan yang menjanjikan, sekaligus peluang usaha yang besar.

Jenis-Jenis Kerja Freelance

Terdapat banyak jenis kerja online freelance yang dapat kamu coba untuk mencari penghasilan tambahan. Asalkan mempunyai kemampuan yang dibutuhkan, jenis pekerjaan ini relatif dapat dilakukan siapa saja. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga orang yang sudah memiliki pekerjaan utama.

1. Freelance Writer

Untuk kamu yang memiliki minat di bidang menulis, mungkin kerja freelance satu ini cocok untuk dicoba. Freelance writer biasanya bekerja sendiri untuk menciptakan sebuah artikel, blog, ulasan produk, atau konten yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Bayaran seorang freelancer writer terbilang cukup menarik, karena pekerja lepas bisa menentukan rate biayanya sendiri, tergantung jenis konten yang dibuat. Di samping itu, pekerjaan ini juga menawarkan peluang yang besar, sebab berbagai perusahaan di seluruh dunia pun membutuhkan jasa penulisan konten.

2. Translator

Buat yang merasa jago dalam berbahasa asing dan sedang mencari kerja sampingan online, pekerjaan ini cocok untuk kamu. Entah yang masih pelajar, mahasiswa, hingga orang yang sudah mempunyai pekerjaan tetap. Kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. 

Bayaran dari seorang penerjemah terbilang cukup tinggi. Kamu bisa memulai dengan menjadi penerjemah artikel atau bergabung dalam sebuah proyek freelance. Bukan tidak mungkin bahkan bisa jadi ada perusahaan besar yang akan tertarik bekerja sama jika kamu konsisten dan menghasilkan banyak porto berkualitas.

3. Freelance Programmer

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang membutuhkan kerja freelance online dan memiliki minat di bidang pengembangan teknologi informasi. Bidang ini sedang populer di tengah banyaknya startup teknologi yang bermunculan saat ini. Sebagai seorang programmer, kamu akan mengembangkan software atau website sesuai dengan kebutuhan klien.

Untuk besaran bayarannya jangan ditanya lagi, karena sudah pasti menarik. Banyak perusahaan yang biasanya membutuhkan freelancer programmer sebagai tambahan tenaga untuk mengejar deadline. Jika reputasi dan portofolio yang kamu miliki sudah bagus, ini bisa jadi modal awal untuk kamu mendirikan perusahaan startup sendiri.

4. Dropshipper

Jika kamu mencari kerja online tanpa modal kamu bisa bekerja sebagai dropshipper. Sebagai seorang dropshipper, kamu hanya menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Jadi tidak perlu pusing memikirkan stock, packing, dan pengiriman barang.

Untuk memulainya, cari tahu produk yang sedang laku di pasaran. Tidak lupa, tentukan juga harga produk yang bisa bersaing. Setelah itu, cari supplier terpercaya yang bisa mengirimkan barangnya langsung ke pembeli.

5. Freelance Desain Grafis

Kamu tertarik dengan seni visual dan suka mendesain? Nah, pekerjaan freelancer yang ini wajib kamu coba. Di era modern yang serba visual saat ini, desain visual menjadi salah satu aspek yang banyak dibutuhkan. Mulai dari usaha kecil hingga besar, semua membutuhkan desain visual.

Besaran fee yang dipatok untuk pekerjaan ini biasanya cukup tinggi tergantung pada jenis desain yang dibuat dan kualitasnya. Semakin rumit permintaan klien, maka semakin tinggi fee yang akan didapatkan. 

6. Freelance Data Entry

Buat yang tertarik dengan pengolahan data dan ingin merasakan gimana sih rasa nya kerja online input data, ini mungkin cocok untuk kamu. Sebagai seorang data entry, kamu akan menginput berbagai data penting ke dalam komputer untuk membantu pekerjaan dari sebuah perusahaan.

Kerja freelance ini banyak yang menawarkan setting pekerjaan remote dari mana saja. Untuk melakukan pekerjaan ini kamu harus tekun dan teliti, mengingat akan ada banyak data penting untuk diinput. Selain itu, juga diperlukan kemampuan pengoperasian komputer yang baik seperti Excel, Word, dan software pendukung lainnya.

7. Influencer

Jika kamu tertarik dengan bidang digital marketing dan percaya diri di depan kamera, kamu bisa mencoba menjadi seorang influencer. Sebagai influencer kamu akan mempromosikan produk endorse dalam konten berbentuk foto atau video singkat.

Jika kamu sudah memiliki followers yang cukup, kamu juga bisa menjajal program afiliasi. Affiliate sendiri adalah salah satu strategi marketing di mana seseorang mendapatkan komisi saat dari pembelian produk yang diiklankan.

8. Gamer 

Emang hanya dengan bermain game bisa menghasilkan uang? Tentu bisa, apalagi buat kamu yang hobi main game dan sedang mencari penghasilan tambahan. Saat ini ada banyak ajang turnamen e-sport yang digelar dan menawarkan hadiah yang fantastis.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari bermain game. Mulai dari mengikuti turnamen, hingga menjadi pembuat konten game di suatu platform. Namun perlu diingat, ini tentu membutuhkan dedikasi waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Pastikan untuk konsisten ya! 

Tips Buat Mulai Kerja Freelance

kerja fleksibel

Tertarik untuk mulai kerja freelance? Jika kamu sudah siap untuk memulai karir kerja lepasmu, pastikan kamu mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Siapkan Perangkat Pendukung yang Memadai

Apapun pekerjaan yang kamu pilih, sudah pasti akan selalu membutuhkan perangkat pendukung. Persiapkan perangkat pendukung, seperti gadget, aplikasi tools, dan setting tempat kerja yang nyaman. 

2. Bangun Portofolio

Salah satu aspek penting untuk mendapatkan banyak klien adalah portofolio kerja. Biasanya ini akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan klien terhadap seorang freelancer. Semakin bagus kualitas portofolio, maka akan semakin mudah untuk menarik klien.

Ada beberapa cara untuk memiliki portofolio yang menarik. Salah satunya dengan membuat proyek buatan. Usahakan dalam pembuatannya dibuat sebaik mungkin agar terasa seperti proyek nyata. Dari sini kamu dapat memperlihatkan kemampuanmu kepada klien, melalui portofolio yang konkret.

3. Kenali Calon Klien

Mengenali calon klien termasuk hal yang penting saat akan mulai kerja online. Pastikan kamu menyediakan hal yang dibutuhkan oleh klien. Dengan melihat kita sebagai solusi kebutuhannya, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari klien.

Itulah beberapa contoh kerja freelance yang dapat kamu coba untuk mengisi waktu luang atau menambah penghasilan. Pastikan untuk memilih pekerjaan freelance yang sesuai dengan minat dan bakat agar pekerjaanmu lebih mudah dijalankan dan mampu membuka banyak peluang. 

Buat portofoliomu sekarang dengan layanan bikin website dari IDwebhost, yuk! Gratis domain hosting dan pastinya bikin profil kamu gampang dicari calon klien!

Ikuti Jejak Sukses Klien Kami!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022