Apa itu Affiliate Marketing? Tips Sukses Bisnis Affiliate

5 Mar 2022
Apa itu Affiliate Marketing? Tips Sukses Bisnis Affiliate campaign-unlimited

 Tahukah Anda, ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari internet. Mulai dari berjualan barang secara online, menjadi blogger, menjadi vlogger, sampai mengikuti program affiliate marketing. Affiliate marketing adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang di internet. 

Nah, affiliate marketing sendiri sedang menjadi satu diantara cara mendapatkan penghasilan yang paling populer di internet. Wajar saja, karena caranya gampang, dan potensi penghasilannya besar!

Ingin tahu kan apakah itu affiliate marketing dan cara kerjanya? Jangan khawatir, karena IDwebhost di artikel ini akan membahas affiliate marketing selengkapnya.

Baca Juga: Memilih Web Hosting Toko Online Untuk Memaksimalkan Website Toko Online

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah sistem pemasaran digital di mana Anda akan dibayar saat ada orang yang membeli produk yang Anda promosikan lewat link.

Dengan kata lain, Anda mendapatkan penghasilan dari memasarkan produk orang lain.

Pengertian affiliate marketing sederhana sekali kan? Nah, supaya Anda makin memahami, di bagian selanjutnya kita akan mengulas cara kerjanya lebih detail.

Affiliate marketing adalah
Bisnis Afiliasi Marketing

Cara Kerja Bisnis Afiliasi Marketing

Sama seperti yang telah diterangkan di atas, Anda akan menerima komisi jika ada orang yang membeli produk lewat link yang Anda berikan.

Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan afiliasi:

– Daftar Program Afiliasi – Anda dengan mendaftarkan program afiliasi dari perusahaan tertentu.

– Promosi – Produk Anda mempromosikan produk dari perusahaan tersebut di website dan sosial media yang Anda punya. Jangan lupa untuk menyisipkan kode referral Anda di konten Anda.

– Orang-Orang Menggunakan Kode Referral – Anda, Ada orang yang beli produk menggunakan kode referral yang Anda letakkan di media promosi Anda. Biasanya orang yang memakai kode referral akan memperoleh diskon tambahan

– Dapatkan Komisi Setelah itu – Anda akan memperoleh komisi bila ada orang yang beli lewat link yang Anda letakkan di website dan sosial media Anda.

Cukup mudah kan?

Langkah kerja affiliate marketing di atas ialah yang umum dan harus diingat jika alur kerja di setiap perusahaan penyedia affiliate marketing dapat berbeda-beda. Pastikan selalu untuk membaca persyaratan dan ketetapan sebelum mendaftarkan program afiliasi.

Manfaat dan Kelebihan Bisnis Afiliasi Marketing

1. Proses sangat Mudah

Tiap perusahaan penyedia program affiliate marketing mempunyai persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda. Tetapi, biasanya semua perusahaan menerapkan cara kerja affiliate marketing yang serupa. Anda mendaftar sebagai affiliate marketer, lalu mempromosikan produk, dan terakhir memperoleh komisi bila ada yang beli lewat link atau banner Anda.

2. Biaya yang Murah

Salah satu keuntungan bisnis affiliate marketing adalah biaya yang murah. Ada dua jenis perusahaan penyedia program afiliasi. Pertama ialah perusahaan yang tidak memberi persyaratan harus membeli produk perusahaannya untuk mendaftarkan program afiliasinya.

Jenis kedua adalah perusahaan yang mensyaratkan harus beli produknya untuk dapat mendaftarkan di program affiliate marketing.

Bila ingin mengikuti program afiliasi dari perusahaan jenis kedua, sebaiknya pilih produk yang Anda perlukan. Dengan demikian Anda dapat penuhi keperluan sekalian menghasilkan uang dari produk yang dibeli lewat affiliate marketing.

3. Bisa jadi Passive Income

Passive income atau penghasilan pasif sekarang bukan hanya dapat didapat dari bisnis kontrakan saja. Keuntungan lain bisnis Affiliate marketing adalah sebagai penghasilan sampingan Anda. Dengan satu postingan Anda dapat mendapatkan uang dari orang-orang yang beli produk lewat link atau banner Anda.

4. Tidak Terbatas Hanya Satu Program Affiliate Marketing

Mungkin mengikuti program afiliasi dari satu perusahaan belum cukup untuk Anda. Tenang saja karena Anda dapat mendaftarkan program afiliasi dari perusahaan lain asal tidak bertabrakan dengan persyaratan dan ketentuan dari perusahaan lainnya.

5. Jam Kerja yang Flexsibel

Saat bisnis afiliasi Anda telah stabil, karena itu Anda bisa memilih untuk menjadikan bisnis afiliasi untuk sumber pendapatan utama. Secara otomatis jam kerja Anda jadi fleksibel karena tidak terikat dengan waktu.

Dengan menjalankan bisnis ini tidak ada patokan lama bekerja. Jika sudah dirasa cukup, Anda bisa bersantai dengan teman atau keluarga. Bisa dibilang, keuntungan lain bisnis affiliate marketing adalah waktu yang fleksibel.

6. Mendapatkan Pengetahuan Baru

Sudah pasti Anda inginkan usaha afiliasi yang sudah dibuat semakin berkembang. Dengan jam kerja yang fleksibel tanpa patokan lamanya bekerja, bisa Anda gunakan waktu senggang untuk perdalam kembali pengetahuan Anda tentang bisnis afiliasi.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Afiliasi Hosting

affiliate marketing adalah
Alur program bisnis afiliasi marketing

Tips Menjalankan Affiliate Marketing

Sedikit yang Anda perlukan untuk mengikuti program afiliasi. Tiap perusahaan bisa berbeda-beda persyaratan dan ketentuannya. Tetapi, ada banyak hal umum yang jelas diperlukan untuk semua program afiliasi:

1. Lakukan Riset Program Affiliate Marketing

Ada banyak sekali program afiliasi yang dapat Anda coba. Tetapi, mana yang terbaik untuk Anda?

Berikut kenapa Anda perlu lakukan penelitian lebih dulu. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pikirkan ketika menentukan program afiliasi:

  1. Relevansi produk/layanan – Anda harus pastikan jika produk atau layanan yang dipromosikan sesuai dengan media yang Anda pakai untuk berpromosi.
  1. Komisi – Setiap program affiliate tentu menjelaskan persentase komisi yang mereka tawarkan. Yakinkan persentasenya sesuai yang Anda harapkan.
  2. Pengguna afiliasi – Salah satu cara untuk pastikan kualitas program afiliasi dengan melihat penggunanya. Selainnya melihat reputasinya, Anda bisa juga tahu apa programnya menguntungkan apa tidak.
  3. Support – Yakinkan programnya tawarkan support. Baik dalam bentuk live chat atau email. Sehingga, Anda dapat mendapatkan kontribusi bila ada masalah terkait programnya.

Jika keempat faktor di atas telah penuhi ekspektasi Anda, maka Anda dapat mencoba untuk bergabung dengan programnya. Janganlah lupa untuk memahami cara kerja tiap program affiliate marketing.

2. Mencari Media Promosi

Pasti Anda memerlukan media promosi karena yang akan Anda kerjakan ialah mempromosikan produk. Anda dapat memanfaatkan website, sosial media, atau kanal YouTube untuk mempromosikan produk affiliate marketing Anda. Yakinkan media promo yang Anda pakai adalah media yang diperbolehkan oleh penyedia program afiliasi.

Bila Anda belum mempunyai website, tak perlu khawatir. Karena membuat website sekarang lebih mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Anda dapat ikuti panduan Cara Membuat Blog dan Anda bisa langsung memulai program affiliate marketing Anda.

3. Mendalami Pengetahuan Tentang Produk

Janganlah sampai Anda memberikan informasi tidak benar tentang produk. Informasi atau spesifikasi yang tidak sesuai dengan akan menurunkan kepercayaan calon pembeli. Tingkat peluang untuk membeli lewat referral Anda juga kecil karena informasi yang Anda berikan salah. Maka dalami baik-baik produk yang akan Anda promosikan supaya review Anda dianggap reliable/terpercaya oleh calon konsumen.

4. Promosi

Mungkin Anda tidak pernah mempromosikan produk apapun sebelumnya. Tidak apa karena Anda dapat belajar sembari mempraktekkannya. Anda dapat pelajari cara promosi produk dari affiliate marketer lain, dari blog-blog pakar internet marketer, dan lainnya. Beberapa perusahaan bahkan juga ada yang menyediakan kelas untuk para anggota program afiliasinya. Maka tak perlu khawatir jika Anda tidak mempunyai pengalaman mempromosikan produk karena Anda dapat mempelajarinya.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Affiliate Marketing

Daftar program afiliasi GRATIS
Promosi program bisnis afiliasi marketing

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

Memulai affiliate marketing bukanlah hal yang sulit. Sepanjang Anda mempunyai media promosi dan niat untuk mempelajari affiliate marketing, Anda dapat menghasilkan dari komisi penjualan. Berikut adalah tujuh tips untuk menjalankan affiliate marketing yang menghasilkan:

1. Buat Review yang Personal

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

Anda bisa jadi membuat ulasan produk tanpa perlu benar-benar menggunakannya. Tetapi, isi kontennya akan sama dengan review-review produk yang sama yang bertebaran di internet. Tambah nilai plus di ulasan dengan pengalaman Anda menggunakan produk yang Anda promosikan. Dengan demikian review Anda mempunyai nilai personal yang tidak dapat dijumpai di review-review lain.

2. Jangan Fokus Mencari Komisi Saja

Tujuan utama Anda memang untuk mendapatkan uang dari program afiliasi. Tetapi, tidak berarti Anda dapat mengabaikan kebutuhan pembaca Anda. Yang dicari pembaca saat cari produk bukan hanya informasi harga dan spesifikasi saja. Mereka mencari pengalaman beberapa orang yang telah memakai produk yang ingin mereka beli. Mereka perlu pertimbangan dari orang lain untuk menentukan membeli sebuah. Review produk ialah sarana Anda untuk membantu mereka menentukan produk yang paling cocok buat mereka.

3. Buat Review yang Menarik

Meskipun program afiliasi dapat dianggap sebagai pekerjaan sambilan, bukan berarti Anda dapat melakukan setengah-setengah. Buat review semenarik mungkin. Berikan pengalaman Anda saat menggunakan produk. Tambah gambar produk dengan kualitas tinggi. Bila dibutuhkan, Anda bisa juga membuat infografik sederhana mengenai produk yang Anda promosikan. Intinya adalah buat konten promosi semaksimal mungkin.

4. Perhatikan SEO

Konten review yang menarik akan lebih baik lagi saat didukung SEO yang optimal. Dapatkan keyword yang banyak dicari terkait produk yang akan Anda promosikan lewat riset keyword. Kemudian buat konten review sesuai aturan SEO. Dengan demikian ulasan Anda dapat ada di halaman pertama hasil penelusuran dan mempunyai peluang semakin tinggi untuk diklik dan dibaca.

5. Pahami Target Audience

Ketahui apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen produk yang Anda promosikan. Cari tahu apa pertanyaan yang kerap mereka sampaikan tentang produk yang Anda promosikan lewat sosial media dan forum-forum. Setelah itu, jawab pertanyaan-pertanyaan mereka mengenai produk yang Anda promosikan lewat review yang Anda buat.

6. Fokus pada Niche Tertentu

Affiliate marketing adalah
Kode Referal, salah satu ciri bisnis afiliasi marketing

Anda bisa ikuti banyak program affiliate dalam waktu bersamaan, tetapi bukan berarti Anda dapat asal mendaftar program afiliasi. Pilih produk yang sesuai niche/tema blog Anda.

Misalkan, Anda mengelola website dengan niche teknologi karena itu seharusnya produk-produk yang Anda promosikan adalah produk teknologi. Bila website Anda nichenya ialah fashion, seharusnya Anda mendaftarkan program affiliate dari perusahaan fashion juga.

Baca juga: Afiliasi IDwebhost, Program Afiliasi Yang Menjanjikan

Fokus pada niche tertentu adalah strategi untuk menarik kepercayaan pembaca. Pasti mereka lebih yakin pada review-review yang ditulis oleh ahlinya. Dengan fokus pada niche tertentu Anda otomatis membuat narasi jika Anda ahli di bidang itu.

7. Berikan Call to Action

Tujuan khusus Anda dari mendaftar program affiliate marketing ialah agar beberapa orang memakai kode referral Anda. Cukup dengan kode referral tersebut perusahaan penyedia afiliasi dapat mengenali jika orang-orang beli produknya melalui Anda.

Untuk memberikan perintah kepada pengunjung untuk menggunakan kode referral Anda, Anda memerlukan CTA atau Call to Action. Call to Action adalah petunjuk atau perintah ke pengunjung untuk melakukan suatu tindakan, dalam hal ini ialah memakai kode referral Anda. CTA bisa berbentuk gambar atau teks.

Program afiliasi bukanlah hal asing di dunia marketing. Telah banyak perusahaan baik di luar negeri atau dalam negeri yang menyediakan program afiliasi. Amazon, eBay, dan Rakuten ialah beberapa perusahaan penyedia program afiliasi di luar negeri.

Contoh Perusahaan Yang Mengaplikasikan Affiliate Marketing di Indonesia

Perusahaan Indonesia  juga banyak yang menyediakan program afiliasi. Contohnya seperti :

– Bukalapak

– BliBli

– Tokopedia

– Matahari Mall

– Tiket.com

– IDwebhost

affiliate marketing adalah

Sistem Pembayaran Affiliate Marketing

Berikut sejumlah sistem pembayaran affiliate marketing bila Anda berhasil ajak seseorang beli memakai kode Anda:

1. Pay Per Click

Sama dengan namanya, pay per click adalah sistem pembayaran di mana Anda akan memperoleh komisi bila ada yang mengklik link afiliasi Anda. Nah, link tersebut biasanya akan mengarah ke situs perusahaan afiliasi. Semakin banyak orang yang mengklik link Anda, makin bertambah juga komisi yang akan didapat.

2. Pay Per Lead

Pada sistem pembayaran pay per lead, Anda akan memperoleh komisi jika ada orang yang telah berhasil jadi leads. Seperti mengisi info kontak, mendaftar jadi anggota, mendownload sesuatu, atau berlangganan newsletter. Maka, jika orang itu belum melakukan salah satu hal tersebut, Anda tidak memperoleh komisi.

3. Pay Per Sale

Pay per sale adalah sistem pembayaran yang akan bayar Anda dari persentase harga penjualan produk afiliasi. Misalnya dapat Anda dapatkan pada program affiliate marketing IDwebhost yang memberikan Anda komisi yang besar. 

Kesimpulan

Affiliate marketing adalah jalan keluar untuk Anda yang ingin menghasilkan uang dari internet dengan mudah.  Pemasaran afiliasi adalah bisnis yang dapat dilakukan oleh siapa saja, sepanjang punya niat dan kemauan untuk mempelajarinya.

Anda dapat menjadikan affiliate marketing sebagai penghasilan tambahan tanpa mengusik pekerjaan utama Anda.

IDwebhost adalah salah satu penyedia website hosting murah dan terbaik di Indonesia yang telah berpengalaman sejak tahun 2004. Dengan Lebih dari 100 ribu pelanggan telah puas menggunakan layanan hosting IDwebhost.

Dapatkan juga berbagai promo menarik IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini!

special promotions

Penulis
Member since 2 Jul 2013