Freelance Tips: Cara Menggunakan Fiverr untuk Freelancer Mendapatkan Klien Potensial

14 Feb 2024
Freelance Tips: Cara Menggunakan Fiverr untuk Freelancer Mendapatkan Klien Potensial campaign-unlimited

Berkat kemajuan teknologi saat ini, bekerja tidak lagi monoton dan harus selalu dari kantor. Perkembangan dunia digital bahkan memungkinkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan melalui platform online saja. Contohnya dengan menggunakan Fiverr. Jika kamu ingin menekuni dunia freelance, kamu wajib tahu cara menggunakan Fiverr.

Layaknya bekerja pada umumnya, freelance juga dapat memberikan penghasilan. Hanya saja, bekerja freelance tidak akan membuat seseorang terikat dengan instansi dan jam kerja tertentu. Dengan Fiverr, kamu bisa mendapatkan klien-klien potensial dan mengerjakan proyek sesuai bidang keahlianmu. Bagaimana caranya, mari langsung saja ke pembahasan!

Apa Itu Fiverr?

Fiverr adalah sebuah marketplace online yang menawarkan berbagai produk dan jasa dari pekerja lepas. Cara menggunakan Fiverr, baik dari sisi klien maupun sisi pekerja freelance pun cukup mudah. Hal ini dikarenakan Fiverr benar-benar bertindak sebagai perantara tanpa terlibat dalam kesepakatan antara klien dan freelancer.

Platform ini menyediakan tempat yang memberikan kebebasan bagi klien dan freelancer. Ini sejalan dengan gagasan dibuatnya Fiverr, yang bertujuan untuk mempermudah proses perekrutan pekerja lepas. Fiverr menyediakan etalase layanan freelancer tanpa tambahan perantara pihak ketiga, proses kontrak yang rumit, hingga urusan personalia lainnya.

Di online marketplace ini, klien bisa mencari layanan yang dibutuhkan dan menentukan ketentuan freelancer yang ingin dipekerjakan. Sementara untuk pekerja freelance pun juga bisa menjual layanannya kapan saja ke perusahaan apapun. Fiverr dapat menghubungkan klien dan freelancer secara global.

Produk di Fiverr         

Tertarik untuk mulai bergabung dengan Fiverr? Tunggu dulu, sebelum melanjutkan ke cara menggunakan Fiverr, kamu perlu mengetahui produk apa saja yang bisa dijual melalui online marketplace ini. Fiverr menyediakan sepuluh kategori produk, yang meliputi:

  • Graphics & Design: Desain logo, desain website, ilustrasi, editing foto, merchandise, dan desain arsitektur & interior.
  • Digital Marketing: Jasa optimasi SEO, social media marketing, music promotion, SEM, e-commerce marketing, video marketing, dan paid social media.
  • Writing & Translation: Artikel & blog post, ghostwriting, konten website, product description, scriptwriting, proofreading, translation, dan book editing.
  • Video & Animation: Video editing, animasi karakter, e-commerce product video, social media video, video ads & commercials, dan visual effects.
  • Programming & Tech: HTML & CSS developer, android developer, Shopify developer, WordPress developer, Phyton developer, iOS developer, dan Wix developer.
  • Data: Data analyst, desain database, analisis teks, analisis survei, data entry, Excel help, dan web scraping.
  • Business: Manajemen CRM, business plan, virtual assistant, market research, legal consulting, e-commerce store manager, dan accounting & bookkeeping.
  • Lifestyle:  Career counseling, styling & beauty, life coaching, online tutoring, game coaching, dan Fortnite coaching.
  • Photography: Fotografer di New York, fotografer interior desain, fotografer fashion, food fotographer , dan kursus fotografer.
  • End-to-end Projects: Branding bundle dan website builder.

Cara Kerja Fiverr

Apakah kamu menemukan kategori yang sesuai dengan bidang pekerjaanmu? Selanjutnya, kamu perlu mengetahui bagaimana Fiverr bekerja. Pada dasarnya, proses perekrutan dan penyelesaian kerja sama di Fiverr cukup simple.

Project akan dimulai dengan adanya penawaran maupun permintaan layanan tertentu. Bagi freelancer, cara menggunakan Fiverr untuk mendapatkan proyek bisa dimulai dengan pembuatan penawaran langsung.

Cara lainnya, pekerja freelance juga bisa memantau layanan yang sedang dicari oleh klien terlebih dahulu. Apabila sudah menemukan kategori yang sesuai, freelancer bisa mengajukan penawaran atau Gig.

Freelancer dapat menyesuaikan layanan yang ditawarkan dan harga jasanya. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, akan lebih menarik untuk mengajukan penawaran layanan bundle pada calon klien. Setelah penawaran Gig, klien selanjutnya akan memilih freelancer yang sesuai dengan kriterianya.

Jika sudah cocok, freelancer akan memasuki tahapan pembuatan produk. Freelancer harus memenuhi layanan yang ditawarkan sebelumnya dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan. Namun, jika proyek bersamaan dengan proyek lainnya, freelancer perlu menyelesaikan proyek dengan tenggat waktu terdekat terlebih dahulu.

Usai pengerjaan proyek selesai, freelancer akan secara otomatis menerima pembayaran dari klien. Besarnya pembayaran yang diterima oleh freelancer adalah 80% dari total nilai proyek yang telah dikerjakan.

Cara Join Fiverr

Sekarang kamu sudah punya gambaran yang lebih jelas tentang cara menggunakan Fiverr, bukan? Jika kamu tertarik untuk segera menemukan klienmu, pastikan kamu tahu cara daftar Fiverr. Berikut telah kami uraikan langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah membuat akun. Buka website Fiverr dan pilih opsi Join. Kamu bisa membuat akun dengan email maupun menggunakan akun platform lain, seperti Google, Facebook, atau Apple. Lanjutkan proses pembuatan akun hingga pembuatan nama dan kata sandi.
  • Berikutnya, lakukan aktivasi akun. Setelah akun berhasil dibuat, kamu akan mendapatkan pesan di kotak masuk. Buka pesan ini di kotak masuk untuk mengaktifkan akun dan melengkapi isi profile.
  • Lalu, siapkan profile. Agar dapat dilirik oleh klien, kamu perlu menampilkan profile yang tampak profesional. Bagaimana caranya? Gunakanlah foto profile profesional, lengkapi deskripsi profile dengan detail, dan berikan informasi lengkap tentang latar belakangmu. Informasi latar belakang yang dimaksud, meliputi keterangan pendidikan, keahlian, bahasa, dan sertifikat kursus yang pernah kamu peroleh.
  • Selanjutnya, mulailah membuat penawaran. Tanpa perlu menunggu permintaan dari klien, kamu bisa langsung membuat penawaran. Pilih menu Selling dan lanjutkan dengan opsi Gig. Berikutnya, kamu akan diarahkan ke opsi Create New Gig. Jika sudah, lengkapi bagian overview gig dengan judul, kategori, dan tag pencarian yang relevan.
  • Lengkapi gig dengan informasi harga dan keterangan lainnya. Berikan penawaran di harga yang layak namun tetap menarik di mata klien. Untuk meyakinkan klien, berikan deskripsi gig dan persyaratan yang jelas. Tambahkan juga dokumentasi terkait gig, agar lebih menarik.
  • Terakhir, publikasikan penawaran. Jika sudah melengkapi seluruh keterangan penawaran, publikasikan gig agar dapat dilihat oleh klienmu secara global. Klik Publish Gig dan promosikan juga penawaranmu melalui media sosial.

Tips Mendapatkan Klien di Fiverr

Jaringan global dan cara menggunakan Fiverr yang mudah membuat persaingan menjadi cukup kompetitif. Kamu perlu mengoptimalkan penawaran dan layananmu agar dapat dilirik oleh klien-klien potensial. Untuk itu, kami memberikan dua tips yang bisa kamu terapkan sebagai berikut.

1. Buat Tampilan Profile yang Menarik

Sebagai wadah yang menghubungkan klien dan freelancer, di Fiverr tentu kamu juga akan menemukan banyak freelancer lainnya. Oleh sebab itu, kamu perlu mengambil satu langkah lebih depan, dengan menampilkan keunggulan layananmu. Salah satu caranya adalah dengan membuat tampilan profile yang menarik.

Tampilan profile yang menggunakan foto jelas dan deskripsi yang lengkap, cenderung lebih mudah dipercaya oleh klien. Pastikan kamu membangun profilemu sebaik mungkin dan jangan lupa untuk berkomunikasi dengan baik juga pada klien.

2. Optimalkan Penawaran

Kamu mungkin ingin langsung mendapatkan banyak uang dari Fiverr. Tidak ada salahnya, namun jika kamu memberikan penawaran dengan harga yang tinggi, kamu mungkin bisa mudah tersaingi oleh freelancer lainnya. Jadi, pastikan kamu sudah melakukan riset harga sebelum menentukannya pada Gig-mu.

Selain itu, jika kamu memang ingin mematok harga yang lebih tinggi, jelaskan kelebihan apa yang bisa klien dapatkan dari harga tersebut. Pastikan untuk menjelaskan Gig-mu dengan deskripsi yang jelas, dokumentasi yang lengkap, dan menggunakan harga yang masuk akal.

Itulah penjelasan kami tentang cara menggunakan Fiverr bagi freelancer. Semoga penjelasan kami bisa bermanfaat, terutama bagi pengguna Fiverr untuk pemula. Untuk meningkatkan reputasi layanan freelance, kamu juga bisa membuat website portofolio dengan Rp 50 ribuan saja, per bulan. Tertarik? Ayo, pelajari selengkapnya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022