8+ Tips Sukses Menjadi Content Writer Profesional
Blog Tips Keren 8+ Tips Sukses Menjadi Content Writer Profesional

8+ Tips Sukses Menjadi Content Writer Profesional

Di era serba digital seperti ini kebutuhan akan konten terus meningkat mengingat perusahaan-perusahaan besar maupun kecil ingin mendapatkan trafik yang tinggi yang bisa di konversi menjadi leads atau konsumen. Saat ini konten menjadi salah satu strategi yang cukup efektif untuk menarik pengunjung untuk membeli atau menggunakan suatu produk tertentu. Konten disini ada yang berupa video, audio, tulisan dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini IDwebhost akan membahas cara sukses menjadi content writer.

Kita tahu bahwa informasi apa saja yang kita cari di internet hampir semua ada dari informasi produk, jasa, teknologi, kesehatan dan lain-lain. Semua yang kita ketikkan pada mesin pencari Google akan ditampilkan dengan hasil yang relevan dengan pencarian kita. Nah dari hasil pencarian inilah ada ribuan artikel inilah informasi yang dibutuhkan bisa dengan mudah didapatkan. Dari sini tentu saja konten-konten tersebut tidak hadir begitu saja, merekalah content writer atau penulis konten yang selalu membuat artikel-artikel di Google.

Tahukah kalian bahwa ada ribuan artikel terposting setiap harinya? Ya benar ada ribuan bahkan jutaan artikel atau konten terposting di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa konten ini memang terus tumbuh, berkembang, dan semakin kaya. Nah dari sinilah banyak perusahaan yang berani membayar cukup besar untuk seorang content writer karena memang dibutuhkan di industri bisnis.

Jika tanpa konten maka sebuah website tidak akan bisa mendapatkan pengunjung yang nantinya bisa berpotensi menjadi konsumen atau pelanggan. Bagi seorang penulis mungkin ini akan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan juga. Namun untuk sekarang peminatnya masih sebagian orang, alasannya mungkin belum ada pengalaman untuk menulis konten. Nah sebelum kita mulai lebih jauh terkait profesi content writer ini ada baiknya untuk mengenalnya terlebih dahulu.

Apa Itu Content Writer

Apa Itu Content Writer?

Sebagian orang mungkin masih belum mengetahui apa itu profesi content writer atau penulis konten dan mungkin itu termasuk kalian. Content writer adalah seorang yang memiliki kemampuan atau keahlian dalam mengolah kata untuk menciptakan tulisan-tulisan yang menarik untuk dibaca di media online.

Content writer atau penulis konten akan membuat sebuah tulisan dalam bentuk blog, artikel atau tulisan apa saja yang bisa diposting di media online atau internet. Selain menulis seorang content writer diharuskan untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan memberikan nilai tambah pada pembaca. Selain itu juga perlu memastikan keselarasan dari konten-konten yang dibuat dengan relevansi yang baik antara konten satu dengan konten yang lainnya.

Seorang content writer harus bisa membuat tulisan atau artikel yang menarik minat pembaca, dengan memaksimalkan tulisannya yang bisa mendatangkan trafik pada website. Sehingga dari tulisan tersebut memiliki potensi yang besar pada perusahaan untuk.menjadi leads atau konsumen.

Profesi sebagai content writer ini memiliki beberapa jenis yang bisa dibedakan berdasarkan keahliannya. Ada banyak jenis keahlian conten writer ini sepert SEO writer, journalistic writer, technical writer, generalist writer, dan social media writer.

Bagi seorang SEO writer memiliki tugas untuk menulis konten dengan menentukan target kata kunci tertentu dengan menerapkan standar penulisan SEO. Dengan penerapan SEO inilah nantinya memiliki peluang untuk mendapatkan peringkat atas hasil pencarian sehingga bisa meningkatkan engagement.

Artikel terkait:  7 Keuntungan dan Manfaat Menjadi Seorang Blogger Sukses

Cara Menjadi Content Writer Professional

Cara Menjadi Content Writer Profesional

Nah dari penjelasan diatas apakah kalian tertarik untuk terjun di dunia content writer?. Dengan menjadi seorang penulis ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan termasuk menghasilkan uang. Mengingat kebutuhan akan konten saat ini sangat besar maka peluang untuk sukses menjadi seorang penulis konten yang profesional sangat besar juga. Jika kalian tertarik untuk menjadi penulis konten ada beberapa tips dan cara bisa menghasilkan artikel berkualitas sebagai berikut:

Memiliki Hobi Membaca

1. Content Writer Memiliki Hobi Membaca

Menjadi seorang penulis tentunya akan menuntut kalian untuk menyukai membaca. Dari hobi membaca inilah akan memperkaya pengetahuan, wawasan, inspirasi, mendapatkan ide-ide, kosakata yang meningkat untuk kebutuhan tulisan kalian nantinya. Jika hanya memiliki kosakata yang sedikit maka nanti akan menghambat dan kesulitan dalam melakukan penulisan.

Rajin Berlatih Menulis

2. Content Writer Rajin Latihan Menulis dan Konsisten

Sebagai seorang content writer itu harus bisa terus berkembang mengikuti tren dan informasi yang terus berkembang. Untuk itu terus melatih keterampilan menulis perlu ditingkatkan agar tidak ketinggalan. Kalian bisa berlatih menulis untuk blog personal dan lain sebagainya dengan begitu akan mengasah untuk bisa menulis konten yang berkualitas sehingga bisa mendapatkan peringkat atas hasil pencarian Google.

Mencoba Menjadi Penulis Lepas (Freelance)

3. Mencoba Menjadi Penulis Lepas (Freelance)

Nah Anda sedang berlatih menulis seperti disebutkan pada poin pertama, nah bagaimana jika kita berlatih menulis juga mendapatkan penghasilan, pasti akan semakin menarik. Kalian bisa bergabung dengan penyedia jasa penulis konten SEO. Disana kalian akan bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan, jika tidak bisa menawarkan jasa penulis konten di media sosial. Karena memang ada banyak yang butuh content writer ini.
Namun jika pemula terkadang agak sulit mendapatkan pelanggan dibandingkan bergabung dengan agen-agen penulis konten.Saat ini ada banyak situs-situs freelance penulis konten yang ada, kalian bisa bergabung dengan gratis.

Mengikuti Pelatihan atau Workshop Kepenulisan

4. Mengikuti Pelatihan atau Workshop Kepenulisan

Untuk bisa mengasah kemampuan dan keterampilan dalam bidang menulis, kalian bisa mengikuti pelatihan-pelatihan atau workshop yang ada. Sehingga akan menambah ilmu dan pengetahuan dalam bidang content writer ini. Disisi lain kalian perlu menyiapkan sejumlah uang untuk bisa mengikutinya.

Bergabung dengan Grup Penulis

5. Bergabung dengan Grup Penulis

Jika kalian mau bergabung dengan grup penulis konten, saat ini ada banyak grup-grup yang bisa kalian ikuti di media sosial dan lain sebagainya. Disana kalian akan saling berbagi pengalaman dan juga mendapatkan banyak hal terkait dunia penulis ini.

Memiliki Mentor

6. Memiliki Mentor

Saat kalian benar-benar ingin terjun dan ingin berkarir di bidang content writer profesional, maka ada baiknya untuk memiliki mentor terlebih dahulu. Hal ini untuk mengasah kemampuan kalian dalam bidang menulis konten sehingga perusahaan-perusahaan besar berani membayar besar dari kemampuan kalian.

Mencari Inspirasi

7. Mencari Inspirasi dan Ide-Ide Baru

Inspirasi adalah salah satu aset penting dari seorang penulis, karena memang dari inspirasi inilah saat melakukan penulisan akan terus mengalir, menarik,informatif, dan bermanfaat. Sering kali menjadi seorang penulis menjumpai kebuntuan ide sehingga saat ingin menulis sesuatu akan blak tidak tahu apa yang akan ditulis. Hal ini bisa jadi diakibatkan karena pikiran sudah mulai jenuh, untuk mengatasinya lakukan istirahat sejenak, olah raga, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Dengan demikian pikiran akan fresh kembali dan siap untuk bekerja menghasilkan karya-karya yang berkualitas.

Terbuka dengan Kritik dan Saran

8. Terbuka dengan Kritik dan Saran

Kritik dan saran adalah hal yang penting untuk kemajuan dan perkembangan untuk menjadi content writer yang profesional. Dari kritik, saran dan masukan inilah nantinya kalian bisa mengevaluasi dari kekurangan yang ada. Selain itu dengan adanya kritik dan saran dari pihak eksternal ini akan lebih memotivasi kalian untuk menciptakan tulisan-tulisan yang bermutu, berkualitas, informatif, dan bermanfaat.

Baca juga: Inilah Bedanya SEM dan SEO untuk Website Anda

Bonus Tips Content Writer untuk Belajar optimasi SEO

Menjadi seorang content writer membutuhkan beberapa skil pendukung lainnya tidak hanya bisa menulis begitu saja salah satunya yaitu optimasi SEO. Optimasi SEO konten ini sangat penting apalagi di dunia digital marketing maka SEO adalah kunci kesuksesan. Konten semenarik apapun jika tidak menerapkan optimasi SEO ini maka pada mesin pencari akan sulit bersaing untuk mendapatkan peringkat atas pencarian. Sedangkan perusahaan-perusahaan ingin mendatangkan trafik yang sebesar-besarnya. Nah untuk itu kalian perlu mengasah kemampuan SEO sebagai syarat untuk bisa mendapatkan peringkat atas hasil pencarian seperti Google. Selain menguasai teknik SEO jika ingin berkembang lebih jauh maka menjadi nilai tambah untuk kalian jika menguasai skil tambahan seperti copywriting, content marketing, desain, dan lain sebagainya.

Sahabat Ingin domain gratis? segera kunjungi website Idwebhost domain gratis. atau perlu Jasa pembuatan website agar usaha berkembang dan go-digital? Segera buat website di IDwebhost dan dapatkan harga terbaik di IDwebhost.