8+ Tips Sukses Menjadi Content Writer Profesional

1 Mar 2022
8+ Tips Sukses Menjadi Content Writer Profesional campaign-unlimited

Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin beragam pula cara orang menghasilkan uang. Bahkan, zaman sekarang Anda bisa menghasilkan uang dari melakukan hobi, salah satunya hobi menulis.

Tidak sedikit penulis terkenal di Indonesia maupun luar negeri yang sukses dengan karya-karyanya. Tetapi, ternyata pekerjaan menulis bukan hanya sebatas menjadi penulis buku, lho. Salah satu pekerjaan menulis yang saat ini sedang naik daun adalah content writer.

Content writer atau penulis konten ini adalah salah satu pekerjaan yang sangat dicari oleh banyak orang saat ini. Sayangnya, belum begitu banyak yang memahami mengenai pekerjaan ini.

Tidak sedikit yang meragukan pekerjaan ini tidak dapat menghidupi. Padahal penghasilan seorang content writer juga tidak bisa diremehkan, lho. Nah, jika Anda ingin menjadi seorang content writer yang handal, kenali dulu apa itu content writer dan cara menjadi content writer profesional.

Apa Itu Content Writer

Apa Itu Content Writer?

Sebelum Anda mengetahui bagaimana menjadi seorang content writer profesional yang sukses, sebaiknya Anda mengenal lebih dahulu apa itu pekerjaan sebagai content writer.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pekerjaan ini adalah salah satu pekerjaan menulis. Content writer adalah pembuat konten tulisan seperti artikel di media online. Seorang penulis konten biasanya menulis untuk kebutuhan perusahaan. 

Pekerjaan ini sendiri sebetulnya berada dalam payung content marketing. Maksudnya bagaimana? Artinya pekerjaan sebagai content writer ini bertujuan untuk memasarkan atau mengenalkan perusahaan kepada audiens melalui media online.

Akan tetapi, penulis konten tidak selalu bertujuan untuk marketing. Pekerjaan ini juga menjadi pekerjaan utama untuk platform pemberitaan atau informasi yang berbasis internet.

Gaji seorang content writer di Indonesia rata-rata adalah sekitar Rp 4.200.000. Beberapa perusahaan memberikan gaji sebesar Rp 5.000.000 per bulannya. Nominal penghasilan seorang penulis konten sebetulnya bisa tidak terbatas.

Jika Anda membuka jasa penulisan artikel atau menulis konten di situs milik sendiri, bukan tidak mungkin Anda bisa mengantongi penghasilan sampai dua digit. Tetapi, tentu saja nominal ini tergantung dari kualitas Anda sebagai seorang penulis konten.

Artikel terkait:  7 Keuntungan dan Manfaat Menjadi Seorang Blogger Sukses

Cara Menjadi Content Writer Professional

Tips Menjadi Content Writer Profesional

Sebagai seorang penulis konten, tentu Anda harus membuat sebuah tulisan yang menarik dan juga enak dibaca oleh para audiens. Bukan hanya menarik dan enak dibaca, tetapi isi tulisan Anda juga haruslah memenuhi kebutuhan dari para audiens.

Jika tulisan Anda menarik, enak dibaca, dan memenuhi kebutuhan audiens, barulah Anda dapat menjadi seorang content writer yang handal. Lalu, bagaimana caranya untuk dapat memenuhi tiga hal tersebut?

Memiliki Hobi Membaca

  1. Rajin Membaca

Cara atau tips pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin membaca. Mau menjadi seorang penulis novel, konten, naskah, copy, atau penulis lainnya, Anda harus rajin membaca.

Melalui membaca, Anda dapat memperkaya wawasan tentang apapun baik kosakata dan informasi. Bukan hanya itu, Anda juga dapat belajar bagaimana cara berbicara lewat tulisan kepada audiens.

Membaca artikel yang berkualitas tinggi dapat membantu Anda untuk memahami alur dalam membuat artikel. Selain itu, Anda juga dapat belajar bagaimana membuat sebuah tulisan yang kompleks dan menarik.

Tanpa membaca, Anda hanya akan tahu bagaimana cara Anda menulis tanpa mengetahui bagaimana para penulis sukses menulis.

Rajin Berlatih Menulis

  1. Buatlah Tulisan yang Berbeda

Jika Anda membuka internet dan mencari sebuah informasi, maka Anda akan menemukan berbagai artikel yang mungkin memuat tulisan yang sama. Bahkan, tidak sedikit artikel yang dibuat dengan copy-paste dari artikel lainnya.

Sebagai seorang penulis konten, Anda tentu harus menghasilkan tulisan yang berkualitas dan tentunya berbeda dengan tulisan lainnya. Agar tulisan Anda bisa  menjadi pilihan pertama para audiens.

Tidak masalah jika Anda menulis topik yang sama, jika memang itulah yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari audiens. Tetapi, akan berbeda jika Anda menulis dari sudut pandang berbeda.

Misalnya, ketika banyak orang membahas cara memasak tempe saat musim hujan, Anda dapat membahas cara menyimpan kacang kedelai saat musim hujan. Keduanya merupakan topik untuk mengatasi masalah saat hujan dalam industri tempe, tetapi dalam sudut pandang yang berbeda.

Mencoba Menjadi Penulis Lepas (Freelance)

  1. Lakukan Riset untuk Tulisan Berkualitas

Yang dapat dilakukan selanjutnya adalah selalu lakukan riset untuk setiap tulisan Anda. Apapun bentuk tulisan itu, Anda tetap harus melakukan riset agar isi dari tulisan Anda berkualitas.

Sebagai seorang penulis konten, Anda akan selalu dituntut untuk dapat memenuhi deadline yang padat dan juga minim dari kesalahan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset.

Dengan melakukan riset secara menyeluruh, Anda dapat mengetahui informasi apa saja yang penting terkait dengan topik Anda. Informasi dan data-data tersebut nantinya dapat Anda manfaatkan untuk artikel Anda agar lebih berkualitas lagi.

Anda dapat memulai riset dari kompetitor lalu mencari informasi di situs yang terpercaya.

Mengikuti Pelatihan atau Workshop Kepenulisan

  1. Buatlah Outline

Setelah Anda melakukan riset, hal selanjutnya yang sebaiknya Anda lakukan sebelum menulis adalah membuat outline dari tulisan yang akan Anda buat. Kendala dari seorang penulis konten salah satunya adalah ide yang macet.

Membuat outline akan sangat membantu Anda dalam menulis. Letakkan semua hasil riset dan ide Anda ke dalam sebuah outline yang tersusun dalam sebuah alur.

Tulislah pertanyaan-pertanyaan ataupun hal yang ingin Anda bahas pada setiap bagian. Pikirkan juga apa yang pembaca ingin tahu atau butuhkan dari tulisan Anda ini. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat Anda jawab dengan menjabarkan dalam beberapa subjudul.

Dengan begitu, tulisan Anda akan lebih berkualitas dan tentunya lengkap sesuai dengan target dan kebutuhan audiens.

Bergabung dengan Grup Penulis

  1. Latihan Menulis menjadi Content Writer

Agar tulisan Anda semakin baik, tentunya Anda harus terus berlatih menulis untuk menjadi seorang content writer yang profesional. Teruslah menulis banyak tulisan sambil Anda terus membaca tulisan lain.

Dengan begitu, Anda dapat melatih alur berpikir dan juga cara berbicara kepada audiens dengan baik.

Bagaimana caranya? Anda dapat memanfaatkan portal menulis seperti Medium, Kompasiana, Terminal Mojok.co, dan lainnya. Buatlah tulisan dengan topik apapun yang sedang tren lalu publikasikan artikel tersebut.

Sehingga Anda dapat memperbaiki tulisan Anda dari waktu ke waktu dengan melakukan evaluasi terhadap tulisan-tulisan sebelumnya.

  1. Tingkatkan Kemampuan

Saat ini, kebutuhan akan content writer sangat tinggi. Banyak pihak sangat membutuhkan content writer untuk membantu mereka dalam pemasaran digital. Anda dapat meningkatkan kemampuan dengan mengikuti berbagai pelatihan atau belajar secara mandiri.

Banyak sekali pelatihan online dan juga buku-buku untuk meningkatkan skill sebagai seorang content writer dalam content marketing.

Anda bisa mempelajari membuat artikel menggunakan kaidah SEO (Search Engine Optimization) untuk penulisan blog website perusahaan agar dapat menempati peringkat pertama SERP. Banyak sekali tools yang dapat Anda gunakan untuk membuat artikel SEO.

Selain itu, Anda juga dapat mempelajari teknik copywriting yang baik untuk mempromosikan perusahaan dan produk.

Memiliki Mentor

6. Memiliki Mentor

Saat kalian benar-benar ingin terjun dan ingin berkarir di bidang content writer profesional, maka ada baiknya untuk memiliki mentor terlebih dahulu. Hal ini untuk mengasah kemampuan kalian dalam bidang menulis konten sehingga klien-klien besar berani membayar besar dari kemampuan kalian.

Mencari Inspirasi

7. Mencari Inspirasi dan Ide-Ide Baru

Inspirasi adalah salah satu aset penting dari seorang penulis, karena memang dari inspirasi inilah saat melakukan penulisan akan terus mengalir, menarik,informatif, dan bermanfaat.

Sering kali seorang penulis menjumpai kebuntuan ide sehingga saat ingin menulis sesuatu akan blak tidak tahu apa yang akan ditulis. Hal ini bisa jadi diakibatkan karena pikiran sudah mulai jenuh, untuk mengatasinya lakukan istirahat sejenak, olahraga, mendengarkan musik dan lain sebagainya.

Dengan demikian pikiran akan fresh kembali dan siap untuk bekerja menghasilkan karya-karya yang berkualitas.

  1. Minta Kritik dan Saran dari Sesama Penulis

Tips lainnya bagi Anda yang ingin menekuni pekerjaan sebagai content writer adalah untuk selalu meminta kritik dan saran dari sesama content writer. Berikanlah beberapa karya tulisan Anda yang telah dipublikasi maupun yang masih berbentuk draft.

Mintalah pendapat content writer profesional lainnya mengenai isi dari artikel Anda. Tanyakan apakah tulisan Anda sudah memenuhi semua kriteria tulisan yang baik.

Anda juga dapat meminta evaluasi dari perusahaan atau atasan Anda atas tulisan yang telah Anda buat. Terimalah semua kritik dan saran yang mereka berikan kepada Anda dan jadikan semua kritik dan saran tersebut sebagai bahan evaluasi.

Setelah itu, buatlah artikel yang lebih baik lagi berdasarkan setiap kritik dan saran yang ada.

Terbuka dengan Kritik dan Saran

  1. Buatlah Portofolio Content Writer

Terakhir, tips yang dapat dan harus Anda lakukan untuk menekuni pekerjaan sebagai seorang content writer adalah membuat portofolio penulis konten yang baik.

Klien atau perekrut akan mempercayai kemampuan Anda sebagai content writer dengan melihat tulisan Anda. Oleh karena itu, membuat portofolio menarik tentang semua tulisan Anda adalah hal penting.

Anda bisa membuat portofolio digital seperti membuat website pribadi atau dengan menyusunnya dalam satu file. Selain website pribadi, Anda juga dapat membangun citra diri sebagai penulis konten dengan mengoptimalkan profil profesional di media sosial.

Anda dapat memanfaatkan platform seperti LinkedIn, Instagram, Facebook, dan website atau blog. Cantumkan setiap hasil tulisan Anda berupa link atau dokumen file lengkap dengan kontak Anda.

Baca juga: Inilah Bedanya SEM dan SEO untuk Website Anda

Apakah Pekerjaan Content Writer Menjanjikan?

Saat memilih bidang pekerjaan sebagai jalur karir, tentu akan muncul pertanyaan apakah pekerjaan tersebut menjanjikan untuk masa depan? Ketika akan memutuskan untuk menekuni pekerjaan sebagai content writer, pertanyaan tersebut pasti juga muncul di benak Anda.

Seperti yang telah disampaikan dalam beberapa bagian diatas, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan content writer. Mengapa banyak perusahaan membutuhkan content writer?

Saat ini, Indonesia telah memasuki era industri digital yang artinya hampir semua pelaksanaan industri memanfaatkan teknologi digital, salah satunya adalah  pemasaran.

Salah satu bentuk pemasaran digital yang dilakukan adalah melalui content marketing dengan cara membuat berbagai artikel SEO. Oleh karena itu, saat ini perusahaan berlomba-lomba untuk menempati peringkat pertama mesin pencari melalui kinerja para content writer.

Dan tentu saja, pekerjaan sebagai penulis konten sangat menjanjikan melihat dari kebutuhan yang semakin tinggi.

Kesimpulan

Banyak peluang yang terbuka untuk menekuni hobi menulis menjadi sebuah pekerjaan yang menghasilkan. Menjadi seorang content writer adalah salah satu pekerjaan yang dapat Anda lakukan dari hobi menulis.

Agar dapat menjadi seorang content writer yang profesional, Anda harus terus membaca dan berlatih menulis. Manfaatkan berbagai  platform menulis untuk melatih Anda menjadi seorang penulis konten yang profesional.

Buatlah juga portofolio mengenai hasil tulisan Anda dalam bentuk digital di website atau melalui sosial media. Anda juga dapat menerbitkan tulisan berupa artikel ataupun tulisan lainnya dengan membuat website seperti melalui WordPress. Agar terlihat lebih profesional, Anda dapat membeli domain murah di IDwebhost untuk website pribadi Anda.  

Dapatkan juga berbagai promo menarik dari IDwebhost, sehingga Anda bisa membuat website lebih murah lagi tanpa mengurangi kualitasnya.

Gunakan layanan IDwebhos supaya websitemu makin jos! Web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013