idwebhost Bikin Website Sekarang

14 Cara Ampuh Meningkatkan Backlink SEO untuk Website

2 Okt 2024
14 Cara Ampuh Meningkatkan Backlink SEO untuk Website campaign-unlimited

Bagaimana sih, cara meningkatkan backlink yang berkualitas untuk website?

Belakangan ini, pegiat SEO kerap berdiskusi mengenai peran backlink dalam meningkatkan peringkat di mesin pencari, dan banyak yang sepakat bahwa backlink masih berperan sangat penting dalam menguatkan otoritas website kamu.

Meskipun tidak ada cara instan untuk membangun backlink, banyak strategi yang bisa kamu coba untuk meningkatkan jumlah backlink secara organik. 

Yuk, kita bahas 14 strategi yang bisa kamu gunakan untuk membangun backlink berkualitas.

Sebagai informasi, backlink adalah tautan yang mengarah dari satu website ke website lain. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan backlink.

#1. Pahami Audiens Target Kamu

Langkah pertama dalam membangun backlink yang efektif adalah memahami audiens targetmu. 

Dengan mengetahui siapa yang mengunjungi website-mu, kamu bisa lebih mudah menentukan platform atau website mana yang relevan untuk mendapatkan backlink

Carilah website yang sering dikunjungi oleh audiens targetmu, baik itu di media sosial atau website niche yang mereka suka.

#2. Membuat Konten Berkualitas Tinggi

Konten yang bermanfaat, relevan, dan menarik adalah kunci untuk mendapatkan backlink. Konten yang berkualitas secara alami akan menarik perhatian website lain untuk memberikan backlink

Artikel panduan, daftar lengkap, atau studi kasus adalah contoh konten yang sering di-share dan di-backlink. Pastikan kontenmu memiliki informasi yang berguna dan mudah dipahami ya.

Cara meningkatkan backlink

#3. Audit dan Perbarui Konten

Sebelum mulai mencari backlink, lakukan audit konten di website-mu. Identifikasi konten yang paling potensial untuk mendapatkan backlink, lalu perbarui jika diperlukan. 

Artikel atau halaman yang sudah lama mungkin membutuhkan pembaruan (optimasi) agar lebih relevan dengan tren saat ini.

Perbarui data, perbaiki tautan yang rusak, dan tambahkan informasi terbaru untuk membuat kontenmu lebih menarik bagi pihak lain yang mungkin ingin menautkannya.

Lakukan analisis kesenjangan link untuk mengetahui seberapa jauh kualitas backlink website kamu dibandingkan kompetitor. 

Dengan tools SEO seperti Ahrefs atau Semrush, kamu bisa melihat sumber backlink kompetitor dan mengidentifikasi kesenjangan yang bisa kamu tutupi. 

Strategi ini membantu kamu menemukan peluang baru untuk mendapatkan backlink dari website yang relevan, sehingga meningkatkan profil backlink situsmu. Kamu juga bisa memanfaatkan tools Backlink Gap untuk membandingkan backlink milikmu dan pesaing.

Selain menunggu backlink dari pihak ketiga, kamu juga bisa membangun link sendiri. Pastikan akun media sosial kamu terhubung dengan website milikmu. 

Kamu juga bisa membagikan kontenmu di forum atau kolom komentar, namun pastikan bahwa link tersebut relevan dan tidak terkesan seperti spam

Cara ini dapat membantu meningkatkan eksposur kontenmu dan mendatangkan backlink yang lebih banyak.

#6. Lakukan Outreach

Outreach adalah cara efektif untuk meminta backlink secara langsung dari pemilik website lain. Hubungi mereka dan minta agar mereka menautkan kontenmu yang relevan dengan audiens mereka. 

Buat pesan yang ramah dan profesional, serta jelaskan mengapa kontenmu bisa bermanfaat bagi audiens mereka. Jangan lupa untuk menyertakan link yang ingin kamu tautkan ya.

Broken link building adalah proses menemukan tautan yang rusak di situs terpercaya dan meyakinkan pembuat konten untuk menggantinya dengan tautan yang mengarah ke situsmu. 

Kamu bisa menggunakan alat seperti Backlink Audit untuk menemukan broken link. Setelah menemukan tautan tersebut, kamu dapat menghubungi pemilik website dan menawarkan konten relevan dari situsmu sebagai pengganti tautan yang hilang. 

Strategi ini memberikan keuntungan ganda: pemilik website mendapatkan konten yang berfungsi, sementara kamu memperoleh backlink yang dapat meningkatkan otoritas dan peringkat situsmu di mesin pencari.

Jika salah satu backlinkmu dihapus, cobalah untuk mendapatkan kembali tautan tersebut. Gunakan alat Backlink Audit untuk menemukan backlink yang hilang dan kirim email ramah kepada pemilik halaman untuk meminta tautan itu kembali. 

Terkadang, mereka mungkin tidak sadar telah menghapusnya, jadi jangan ragu untuk menjangkau dan bertanya.

#9. Dapatkan Liputan Media

Mendapatkan liputan dari media, seperti berita atau blog, adalah cara yang bagus untuk mendapatkan backlink. Buatlah konten yang menarik bagi jurnalis, seperti hasil penelitian baru atau pandangan ahli tentang tren terkini.

Kamu bisa berhubungan dengan jurnalis melalui media sosial atau siaran pers untuk mendapatkan perhatian mereka. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kredibilitas dan jumlah backlink ke website kamu.

#10. Ciptakan Brand Awareness yang Kuat

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tautan adalah dengan membangun kesadaran merek alias brand awareness. Brand yang sudah kuat dan memiliki nama, cenderung lebih cepat dijadikan rujukan oleh website lain.

#11. Terlibat dalam Guest Blogging

Guest blogging atau menulis artikel tamu adalah salah satu strategi terbaik untuk mendapatkan backlink

Strategi ini melibatkan menulis konten untuk website lain, lalu menautkan link di tulisan tersebut ke situsmu. Pastikan untuk memilih website yang relevan dan memiliki audiens yang sesuai dengan niche-mu ya.

#12. Manfaatkan HARO (Help A Reporter Out)

HARO adalah platform yang mempertemukan jurnalis dengan narasumber yang bisa memberikan informasi berkualitas. 

Dengan mendaftar sebagai narasumber, kamu bisa menjawab pertanyaan dari jurnalis yang sedang mencari informasi di bidangmu. 

Jika jawabanmu membantu, ada peluang besar untuk mendapatkan tautan ke situsmu dalam artikel mereka.

#13. Gunakan Konten Listicle

Artikel dalam bentuk daftar, atau listicle, sangat mudah dibaca dan dibagikan, sehingga memiliki potensi besar untuk mendapatkan backlink

Pilih topik menarik yang relevan bagi audiensmu, seperti “7 Tools Terbaik untuk Meningkatkan SEO.” Artikel seperti ini cenderung menarik perhatian banyak pihak untuk menautkan kontenmu di website mereka.

#14. Gunakan Direktori

Mendaftarkan website di direktori bisnis online yang tepercaya bisa menjadi salah satu cara sederhana untuk mendapatkan backlink

Namun, pastikan untuk memilih direktori yang berkualitas dan bukan yang bersifat spam agar tidak merusak performa SEO situsmu. Beberapa direktori memiliki otoritas tinggi di mesin pencari, sehingga bisa memberikan dorongan positif pada SEO website-mu. 

Contoh direktori yang baik untuk digunakan meliputi Yellow Pages, TripAdvisor, dan Foursquare. Dengan terdaftar di direktori, kamu dapat meningkatkan visibilitas dan mendapatkan backlink yang kredibel untuk situsmu.

Cara meningkatkan backlink

Baca Juga: Cara Menentukan Key Opinion Leader (KOL) untuk Brand

Kesimpulan

Membangun backlink yang berkualitas memang memerlukan waktu dan usaha, tetapi hasilnya sangat sepadan dibanding dengan membangun backlink dengan cara-cara culas. 

Strategi di atas akan membantumu meningkatkan otoritas dan peringkat website-mu di mesin pencari. Jangan lupa, kamu juga perlu menggunakan hosting SEO-friendly dari IDwebhost jika ingin website-mu semakin disukai oleh Google.

Rifka Amalia

Member since 23 Aug 2024