Penting! Ini Dia Yang Dimaksud Dengan Blog!
Blog Tips Keren

Penting! Ini Dia Yang Dimaksud Dengan Blog!

Blog merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis online yang kerap kali berperan untuk meningkatkan traffic website. Untuk memaksimalkan peran blog, sering kali pemilik website memaksimalkan peran SEO (Search Engine Optimization) dalam blognya. Untuk itu bagi anda pemilik usaha bisnis online sangat penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan blog dan bagaimana cara memanfaatkan fungsinya dengan baik.

Blog sangat mudah diakses melalui internet

Di era teknologi modern kini, blog cukup disukai oleh pengguna internet karena dapat diakses dengan mudah. Anda bisa mengakses blog sesuai dengan topik yang dibutuhkan dan tujuan dari pengguna blog tersebut. Untuk mengakses blog juga anda bisa dengan mudah hanya menuliskan suatu kata tertentu (keyword) pada search engine macam Google, Yahoo, Bing dan semacamnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Blog?

Secara harafiah, Blog merupakan singkatan dari “web log” yang merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan (yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog) pada sebuah halaman web umum (template blog). Berbagai tulisan yang dimuat di blog ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik (isi atau postingan yang terbaru ditempatkan lebih dahulu atau di urutan yang pertama baru diikuti dengan isi atau postingan yang lebih lama dibuat), namun ini bukanlah hal baku dan tidak semua blog seperti ini.

Sedangkan dari  sumber lain, yang dimaksud dengan blog adalah sebuah website yang dikelola beberapa penulis dan memiliki isi tentang pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain sehingga membuat pengunjung merasa betah berada di blog tersebut.

Jadi secara ringkasnya, blog adalah salah satu jenis website yang memiliki isi tentang pemikiran dari satu atau banyak penulis serta memiliki urutan dari artikel terbaru hingga terlama. Bagaimana sangat mudah bukan pengertian tentang blog?

Sejarah Blog

Media blog ini pertama kali populer pada tahun 2002 melalui blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs. Hingga akhirnya pada tahun 2003, Google mengakusisinya dan dirubah hingga saat ini lebih dikenal dengan blogspot.com.

Namun di tahun yang sama, salah satu saingan blogspot yaitu WordPress resmi diluncurkan. Blogger dan WordPress sama-sama menyediakan layanan blog personal gratis. Selain itu, layanan yang disediakan oleh keduanya sangat mudah untuk dioperasikan, bahkan bagi orang yang awam baru memulai sekalipun.

yang dimaksud dengan blog
WordPress cms paling populer saat ini

Dan sampai di tahun 2018 kini, WordPress muncul sebagai platform yang lebih populer dan digemari di kalangan blogger. Hal ini wajar saja karena WordPress berkembang tidak hanya sebagai penyedia blog, melainkan juga digunakan untuk membuat berbagai macam website dari toko online hingga website perusahaan. WordPress sendiri berhasil menguasai market share CMS (content management system) sebesar 51,09% sedangka blogspot hanya mampu menguasai market share sebesar 2%

Berbagai Macam Jenis Blog

Sering berjalannya waktu, blog memiliki fungsi beragam yang tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi. Mulai dari sebagai alat catatan harian, untuk keperluan pribadi, media melampiaskan hobi, media publikasi, kampanye politik hingga sebagai ladang bisnis untuk menghasilkan uang yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Oleh karena itu, di Indonesia bahkan seluruh dunia terdapat banyak jenis blog yang memiliki fungsi serta kegunaan yang berbeda-beda. Jadi ada berapa macam jenis blog? Berikut ulasannya

1. Blog Pribadi

Pertama adalah blog pribadi. Yang dimaksud dengan blog pribadi adalah jenis blog yang kontennya berisi tentang hal dan tujuan pribadi. Hal ini sesuai dengan awal kemunculan blog yang memang digunakan untuk tujuan pribadi. Biasanya blogger (sebutan untuk penulis blog) menggunakan blog untuk menulis kisah pribadi mereka yang bisa diakses secara online. Oleh karena itu blog sering kali disebut sebagai jurnal online karena memungkinkan penggunanya untuk mencatat “buku harian” secara online

Isi atau konten di blog pribadi biasanya sangat bebas. Karena hanya untuk tujuan dan keperluan pribadi, pemilik atau penulis bebas ingin menulis apa saja. Konten di blog jenis ini biasanya mengenai cerita liburan, pengalaman sekolah, cerita keluarga, cerita harian hingga tentang cerita cinta

Salah satu contoh orang yang berhasil sukses memperoleh penghasilan serta ketenaran dengan blog jenis ini adalah Raditya Dika. Lewat kisah cinta yang dibagi di blog pribadi ini, ia kini menjadi sangat terkenal hingga mampu mengangkat kisah cinta di blognya ke layar lebar

2. Blog Professional

Jenis blog yang kedua adalah blog professional. Berbeda dengan blog pribadi, blog tipe ini memiliki batasan tertentu dalam membuat setiap konten. Dalam blog jenis ini, penulis atau pemilik blog tidak boleh membuat konten sesuka hati. Biasanya di blog professional, kontennya memiliki isi yang dapat menunjuka profesionalitas pemilik blog di suatu bidang.

yang dimaksud dengan blog
Blog professional diisi oleh orang professional

Misalnya anda memiliki keahlian di bidang IT (Ilmu teknologi) dan komputer, maka anda bisa mengisi blog professional anda dengan berbagai konten yang berkaitan dengan bidang IT dan komputer. Di blog professional, anda harus membahas topik yang berkaitan dengan konten yang anda angkat secara mendalam agar pengunjung betah dan memahami dengan benar apa yang anda tulis.

Contoh jenis blog professional yang bisa anda jadikan referensi adalah blog di idwebhost. Di sini blog kami dibuat secara professional dengan berisikan konten mengenai domain, hosting, website hingga blog yang akan sangat membantu bagi anda.

3. Blog Bisnis (Content Marketing)

Jenis ketiga adalah blog bisnis. Yang dimaksud dengan blog bisnis adalah tipe blog yang digunakan untuk mendukung bisnis, jadi blog jenis ini dimanfaatkan untuk meningkatkan traffic kunjungan bagi website perusahaan atau toko online. Jadi blog tipe ini memiliki koneksi dengan perusahaan sehingga konten yang diisi tentu tidak boleh sembarangan dan harus menyesuaikan dengan perusahaan.

Mengapa bisnis harus menggunakan blog? karena blog lebih dinamis, mudah digunakan serta dapat merilis update konten tanpa batasan. Hal ini berbeda dengan website perusahaan yang kontennya hanya tentang informasi produk belaka.

Dengan menggunakan blog sebagai content marketing, anda bisa meningkatkan traffic pengunjung hanya menggunakan kata kunci yang sering dicari pengguna internet. Misal anda memiliki toko online yang menjual sepatu. Anda bisa membuat blog untuk bisnis yang kontennya berisi tentang sepatu, seperti tips mencuci sepatu dengan benar atau tips merawat sepatu agar tidak cepat rusak dan semacamnya

Itu dia pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan blog beserta sejarah dan berbagai macam jenis blog yang ada di internet. Keberadaan blog bagi suatu perusahaan sangat penting dan akan lebih baik lagi jika blog anda menggunakan domain murah. Karena dengan menggunakan domain akan membuat blog anda terlihat lebih terpercaya dan cocok untuk blog jenis professional.

Willy Budianto

Willy Budianto adalah lulusan S1 dengan konsentrasi Public Relations. Writer yang akrab disapa Willy ini merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.