Ketahui Apa Itu Site Audit: Panduan Evaluasi Website untuk Pemula

1 Mar 2024
Ketahui Apa Itu Site Audit: Panduan Evaluasi Website untuk Pemula campaign-unlimited

Pengembangan website juga melibatkan evaluasi berkala, yang disebut dengan site audit. Bagi kamu yang masih awam, mungkin kamu masih belum tahu apa itu site audit. Sebagai bagian penting dalam pemeliharaan website, kamu tidak boleh melewatkan atau bahkan mengabaikan site audit.

Pada artikel ini kami akan memberikan panduan singkat tentang site audit. Mulai dari pengertian, hal yang perlu diperhatikan di dalamnya, fungsi, tools, hingga cara melakukannya. Pastikan untuk mengikuti panduan kami sampai selesai ya. Mari menuju ke pembahasan!

Site Audit Adalah

Apa itu site audit? Site audit merupakan proses menyeluruh untuk mengevaluasi dan menganalisis performa situs. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi masalah, memperbaiki kekurangan, dan meningkatkan kualitas serta kinerja keseluruhan situs.

Melakukan site audit dapat membantu pemilik situs dan profesional digital marketer untuk memahami kondisi situs. Misalnya seperti dari aspek SEO, keamanan, kecepatan, pengalaman pengguna, dan kualitas konten website.

Dengan melakukan site audit secara berkala, maka kamu dapat mendeteksi celah keamanan atau bagian lemah lainnya dari website lebih awal. Alhasil, kamu bisa memanfaatkan temuan ini untuk perbaikan lebih lanjut dan memastikan website tetap dalam performa terbaiknya untuk menjalankan bisnis.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Site Audit

Sekarang kamu sudah tahu apa itu site audit, bukan? Mengingat site audit dapat dilakukan pada area yang berbeda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada setiap areanya tersebut. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

  • Site audit SEO – Mencakup faktor-faktor SEO seperti struktur URL, penggunaan kata kunci, meta deskripsi, judul halaman, dan backlink yang memastikan situs dioptimalkan untuk search engine.
  • Site audit keamanan – Meliputi pemeriksaan protokol keamanan yang tepat, termasuk SSL (Secure Sockets Layer) untuk enkripsi data dan perlindungan terhadap ancaman keamanan lainnya.
  • Site audit kinerja web – Meliputi evaluasi kecepatan website dan waktu memuat halaman untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal.
  • Site audit user experience – Mencakup pemeriksaan tata letak, navigasi, dan responsivitas situs untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik di berbagai perangkat.
  • Site audit kualitas konten – Mencakup pemeriksaan kualitas, relevansi, dan uniknya konten situs untuk memastikan situs memiliki konten yang informatif dan menarik bagi pengunjung.

Fungsi Site Audit

Jika sebelumnya, di bagian pengertian apa itu site audit telah dijelaskan garis besar kegunaannya, kini kami akan menjelaskannya dengan lebih detail. Melakukan site audit dapat memberikan sejumlah manfaat yang berarti pada pengembangan berbagai area dalam website. Adapun selengkapnya kegunaan site audit di antaranya, yaitu:

1. Membantu Mengidentifikasi Masalah

Site audit memungkinkan kamu, sebagai pemilik website, untuk mengidentifikasi masalah dan kekurangan yang ada pada website. Berbagai permasalahan seperti halaman error, link rusak, atau kesalahan teknis lainnya, dapat dideteksi dengan lebih cepat dengan melakukan site audit.

2. Meningkatkan Kinerja SEO

Melakukan analisis terhadap faktor-faktor SEO dapat meningkatkan peringkat situs di search engine. Hal ini dikarenakan upaya analisis berkala dapat membantu menjaga kualitas website, yang pada akhirnya dapat meningkatkan visibilitas website.

3. Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna

Site audit membantu untuk memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs. Semakin baik interaksi dalam website, pengunjung akan betah dan senang menghabiskan waktu di website. Oleh sebab itu, kamu bukan hanya perlu memahami seperti apa itu site audit, tapi juga memanfaatkannya untuk mengoptimalkan user experience.

4. Memperbaiki Performa Situs

Kebanyakan pemilik situs mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan masalah kecepatan website yang lemah. Dengan mengidentifikasi masalah kinerja, kamu bisa memperbaiki waktu memuat halaman dan meningkatkan performa keseluruhan situs.

5. Mengatasi Masalah Keamanan

Serangan siber dan peretasan dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Site audit bisa menjadi upaya identifikasi potensi masalah keamanan dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi situs.

Tools untuk Site Audit

Untuk melakukan site audit, kamu akan memerlukan bantuan dari beberapa tools. Penggunaan tools dapat sangat bermanfaat dalam pengukuran kinerja maupun identifikasi masalah lainnya dalam website. Misalnya, dalam site audit SEO. Untuk memantau kinerja SEO website, kamu dapat menggunakan bantuan dari Google Search Console.

Alat ini memungkinkan kamu untuk memantau seberapa optimal performa SEO dalam website dan mengidentifikasi adanya masalah potensial dalam web. Alternatif lainnya, kamu juga dapat menggunakan SEMrush atau Moz Pro.

Bagi kamu yang telah memahami seperti apa itu site audit, kamu akan dapat menggunakan alat-alat ini secara optimal. Tentunya ini juga dilakukan dengan memperhatikan beberapa faktor krusial, seperti yang telah kami jelaskan pada pembahasan awal.

Di sisi lain, site audit untuk meningkatkan kecepatan website dapat dilakukan menggunakan bantuan dari Google PageSpeed Insights. Alat ini dapat mengukur kecepatan dan kinerja halaman situs. Menariknya, kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi perbaikan dari alat ini.

Sementara, untuk site audit masalah teknis website, cobalah untuk menggunakan Screaming Frog. Dengan menggunakan alat ini, kamu bisa mengidentifikasi berbagai masalah teknis, seperti halaman error, redirect yang salah, dan duplikasi konten.

Cara Melakukan Site Audit

Terakhir, seperti apa itu site audit dalam praktiknya? Bagaimana cara melakukannya? Berikut ini kami paparkan apa saja langkah-langkah yang perlu diambil dalam proses site audit. Perhatikan baik-baik ya!

  • Tentukan tujuan site audit di awal. Pertama-tama, tentukan tujuan site audit dan target yang ingin dicapai di akhir evaluasi. Fokuskan perhatian pada aspek-aspek yang paling penting dan relevan bagi situs.
  • Berikutnya, gunakan tools dan software yang tepat. Kamu bisa memilih dan menentukan alat site audit yang telah disebutkan di atas untuk mempercepat dan mempermudah proses audit. Pastikan untuk menggunakan alat sesuai dengan kebutuhan site audit.
  • Lakukan analisis data. Menggunakan alat dan software yang telah ditentukan, kumpulkan data dan lakukan analisis. Proses ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dan rekomendasi perbaikannya.
  • Pastikan untuk memprioritaskan perbaikan. Usai mengidentifikasi masalah, prioritas utama adalah memperbaiki masalah yang paling kritis dan memiliki dampak terbesar pada kinerja situs.
  • Ambil langkah tindak lanjut. Setelah melakukan perbaikan, pantau hasilnya dan lakukan tindakan lanjutan untuk memastikan situs tetap dioptimalkan dan berkualitas.

Kesimpulan

Jadi, apa itu site audit? Dapat disimpulkan, bahwa site audit adalah proses yang penting untuk meningkatkan kualitas, kinerja, dan pengalaman pengguna situs. Dengan melakukan site audit secara berkala dan menggunakan alat yang tepat, kamu bisa mengidentifikasi masalah dan kesempatan perbaikannya.

Pastikan untuk tidak mengabaikan pentingnya site audit, karena itu merupakan langkah krusial dalam mencapai kesuksesan dalam lingkungan digital yang kompetitif saat ini. Untuk pemeliharaan website yang dibekali dengan dukungan teknis, kamu bisa percayakan pada layanan hosting IDwebhost! Mari pelajari lebih lanjut!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022