idwebhost Bikin Website Sekarang

Tips Jitu Branding Bisnis Agar Makin Eksis di Komunitas

24 Jul 2024
Tips Jitu Branding Bisnis Agar Makin Eksis di Komunitas campaign-unlimited

Memiliki eksistensi yang kuat adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis. Dengan eksistensi yang kuat, bisnis mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dan menjangkau pasar yang lebih luas. Salah satu upayanya ialah dengan mengembangkan komunitas bisnis. Sebagai pelaku bisnis, kamu wajib mengetahui cara membangun eksistensi bisnis di komunitas.

Komunitas yang kuat bisa menjadi peluang besar bagi bisnis untuk menciptakan hubungan erat antara merek dan pelanggan. Dalam jangka panjang, cara ini juga dapat membantu merek untuk mengkomunikasikan pesannya secara lebih efektif. 

Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara membangun eksistensi bisnis melalui komunitas. Ketahui juga manfaat apa saja yang kamu bisa dapatkan dengan mengembangkan komunitas bisnis. Tanpa berlama-lama, mari simak pembahasan selengkapnya berikut!

Apa Itu Komunitas Bisnis?

Cara Membangun Eksistensi Bisnis

Sebelum kita membahas cara mengembangkan komunitas bisnis, mari pertama-tama kita ketahui pengertian komunitas bisnis. Komunitas bisnis adalah sekumpulan individu yang memiliki ketertarikan di bidang bisnis tertentu atau menggunakan produk dari sebuah bisnis yang sama.

Layaknya komunitas pada umumnya, anggota dari komunitas bisnis juga terorganisir dan memiliki karakteristiknya sendiri. Biasanya, kebanyakan anggota komunitas ini merasa saling terhubung antara satu dan lainnya karena memiliki kepercayaan akan sebuah brand atau produk yang sama.

Kepercayaan ini membuat para anggota tertarik dan loyal terhadap komunitas. Sebagai pelaku usaha, memiliki komunitas bisnis dapat sangat membantu untuk membangun eksistensi bisnis yang kuat.

Kamu bisa mendapatkan saran dan masukan, yang bukan hanya bisa mendorong pertumbuhan bisnis tapi juga membangun bonding loyalitas konsumen. Dari komunitas ini, selanjutnya informasi terkait brand atau produk juga dapat disiarkan lebih luas, lantaran setiap anggota komunitas tak lain ialah leads di jaringannya masing-masing.

Manfaat Komunitas Bisnis

Jadi, mengapa bisnis perlu mengembangkan komunitas? Untuk memperjelasnya, kami telah merangkumkan beberapa manfaat dari mengembangkan komunitas bisnis. Mari, simak pembahasannya berikut:

  • Networking dan Kolaborasi: Di komunitas bisnis, kamu bukan hanya akan bertemu dengan konsumen namun juga sesama pengusaha. Dengan komunitas bisnis kamu berkesempatan untuk membangun jaringan yang kuat dengan sesama pengusaha lain. Ini tentunya akan membuka peluang kolaborasi yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.
  • Akses ke Berbagai Insight: Komunitas bisnis sering kali menjadi tempat berbagi informasi, tips, dan trik bisnis antar anggotanya. Hal ini tentu bisa sangat berguna bagi kamu yang mungkin sedang membutuhkan solusi untuk mengatasi tantangan atau permasalahan bisnis yang sedang kamu hadapi.
  • Dukungan Moral dan Motivasi: Komunitas bisnis juga bisa menjadi support system lho. Dengan memiliki jaringan pendukung yang terdiri dari orang-orang yang menghadapi tantangan serupa, kamu bisa lebih termotivasi dan terdorong untuk terus maju.
  • Peluang Memasarkan Produk: Komunitas juga bisa jadi tempat yang cocok untuk memasarkan produk barumu. Kamu bisa berpartisipasi aktif dalam komunitas bisnis sekaligus mempromosikan produkmu pada anggota lain, yang sudah pasti relevan.
  • Meningkatkan Kredibilitas Bisnis: Menjadi bagian dari komunitas bisnis yang yang memiliki reputasi baik bisa membantu kamu untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Keaktifan sebagai anggota komunitas akan membuat cara pandang audiens dan mitra potensial menjadi lebih positif.

Cara Membangun Eksistensi Bisnis di Komunitas

Cara Membangun Eksistensi Bisnis

Akhirnya kita tiba juga di pembahasan cara membangun eksistensi bisnis di komunitas. Untuk memastikan bisnis kita dikenal dengan baik di komunitas, sebaiknya lakukan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Lakukan Identifikasi Komunitas yang Tepat

Sebelum mulai mengembangkan komunitas bisnis, ketahui terlebih dahulu komunitas seperti apa yang tepat. Pilihlah komunitas yang sesuai dengan industri dan tujuan bisnis. Kedua hal ini bisa menjadi karakteristik awal yang perlu kamu pertimbangkan untuk menentukan komunitas yang tepat.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan terlebih dahulu terkait keaktifan komunitas. Pastikan komunitas yang kamu pilih aktif dan memiliki anggota yang relevan dengan bisnismu. Komunitas yang aktif dan responsif menjadi kunci penting untuk membantu usahamu lebih maju.

2. Partisipasi Aktif

Kamu tidak perlu terburu-buru langsung memperkenalkan bisnismu kepada semua anggota. Mulailah dengan membangun keterlibatan yang aktif. Kamu bisa mulai dengan terlibat secara aktif dalam diskusi, berbagi pengetahuan, dan memberikan kontribusi lain yang sekiranya juga bermanfaat bagi anggota komunitas.

Dari sini kamu akan lebih dekat dengan para anggota komunitas dan bisa memperkenalkan bisnismu dengan cara yang lebih berkesan. Melalui pendekatan ini, kamu bisa meningkatkan reputasimu sebagai anggota komunitas yang aktif dan mendapatkan perhatian lebih dari anggota lainnya.

3. Bagikan Konten-Konten yang Bermanfaat

Jangan ragu untuk membagikan pengetahuan yang kamu miliki kepada anggota komunitas lainnya. Kamu bisa membagikan artikel, video, atau infografis yang informatif dan relevan dengan anggota komunitas.

Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi yang bermanfaat untuk membangun komunitas bisnis. Dari cara ini juga kamu bisa menarik perhatian anggota komunitas lebih lagi dan meningkatkan visibilitas bisnismu di hadapan anggota lainnya.

4. Bangun Relasi

Alih-alih membangun keaktifan yang semu, kamu bisa mencoba membangun jaringan relasi yang lebih berarti. Untuk memulainya kamu bisa mencoba beberapa cara seperti melakukan interaksi pribadi, kolaborasi, atau menawarkan kemitraan.

Dari sini kamu bisa membangun hubungan relasi yang lebih intens dan dapat memberikan manfaat bagi kamu maupun anggota lainnya. Tentu saja untuk melakukan cara ini, kamu perlu memastikan bahwa anggota komunitas tersebut juga memiliki tujuan bisnis, pandangan, dan ketertarikan yang sama juga ya.

5. Mengadakan Acara Komunitas

Untuk merawat komunitas agar tetap aktif dan terus saling mendukung, kamu bisa menyelenggarakan acara, workshop, atau webinar yang bermanfaat. Tidak perlu mulai dari pembuatan acara yang besar atau megah.

Kamu bisa mulai dengan mengadakan kegiatan rutin, seperti pertemuan bulanan atau webinar mingguan untuk saling bertukar wawasan. Melalui cara ini, kamu bisa meningkatkan eksposur dan membangun eksistensi bisnis yang lebih kuat.

Tips Membangun Komunitas Bisnis

Cara Membangun Eksistensi Bisnis

Selain cara-cara tadi, kami juga memiliki sedikit saran yang bisa kamu aplikasikan saat membangun komunitas bisnis. Sebagai anggota komunitas, kamu perlu mengetahui bahwa sebuah komunitas tidak terlepas dari hubungan timbal balik yang saling memberikan manfaat. Oleh karenanya, mari perhatikan tips-tips dari kami berikut:

  • Kenali Tujuan dan Visi: Kamu perlu memiliki tujuan dan visi yang jelas, sebelum mengetahui komunitas yang tepat untuk dikembangkan. Dengan mengetahui tujuan dan visi bisnismu, kamu bisa menarik anggota yang memiliki minat dan tujuan yang sama.
  • Terlibat dalam Pembuatan Aturan dan Nilai-Nilai Komunitas: Pastikan untuk ikut berkontribusi dalam menetapkan aturan dan nilai-nilai komunitas. Tips ini dapat membantumu untuk mendapatkan eksposur sebagai anggota dengan integritas dan memberikan fokus yang jelas pada bidang cakupan komunitas.
  • Bantu Kemudahan Komunikasi Komunitas: Untuk berinteraksi secara aktif terkadang membutuhkan tools atau platform tertentu. Kamu bisa bantu untuk menyarankan dan menyediakan platform yang mendukung komunikasi antar anggota komunitas. Misalnya seperti forum online, grup media sosial, atau aplikasi chatting.

Itulah sedikit pembahasan tentang cara membangun eksistensi bisnis melalui komunitas. Semoga apa yang kami jelaskan dalam artikel ini bisa bermanfaat dan membantu bisnismu berkembang lebih hebat lagi ya. 

Baca artikel lainnya seputar bisnis dan teknologi di blog IDwebhost. Selain gratis, kamu juga bisa dapatkan berbagai promo hosting paling update dengan harga termurah se-Indonesia! Yuk, cek sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022