Cara Mudah Untuk Melakukan Promosi di Media Sosial
Blog Tips Keren Cara Mudah Untuk Melakukan Promosi di Media Sosial

Cara Mudah Untuk Melakukan Promosi di Media Sosial

Di zaman yang semakin modern seperti saat ini, perkembangan teknologi dan informasi saat ini tumbuh amat sangat cepat dan pesat. Teknologi informasi yang menjadi sangat popular dan semakin familiar bagi lingkungan masyarakat saat ini adalah media sosial. Di era sekarang ini media sosial berubah dari yang tadinya hanyalah kebutuhan tersier seolah-olah menjadi kebutuhan pokok atau primer bagi semua orang atau masyarakat. Jejaring sosial yang cukup populer dan digunakan oleh masyarakat banyak antara lain facebook, instagram, twitter, whatsapp, telegram, path, line,  dan lain- lain. Sehingga tidak jarang para pelaku bisnis yang memanfaatkan untuk melakukan promosi di media sosial.

Hal ini tentu saja amat sangat penting mengingat peran media sosial yang sangat banyak digunakan sehingga bisa menjadi media promosi dan untuk membantu kegiatan marketing yang dimiliki oleh bisnis anda. Selain itu, fenomena media sosial ini tidak bisa dan tidak boleh ditolak begitu saja karena bisa- bisa anda akan dicap ketinggalan jaman dan kehilangan customer satu per satu.

Namun dalam kenyataannya, masih banyak yang belum memahami tentang cara maupun strategi promosi melalui situs jejaring sosial ini. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk memahami cara mudah untuk melakukan promosi melalui media sosial. Tapi sebelumnya kami ingin mengajak anda untuk memahami terlebih dahulu tentang apa itu media sosial secara lebih mendalam.

 

Cara promosi di media sosial

Apa itu Media Sosial?

Mungkin istilah media sosial tidak asing di telinga anda dan kerap disamakan dengan berbagai platform seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Google+, Line, Telegram dan masih banyak lagi. Namun apa sih arti sebenarnya dari media sosial itu sendiri? Media Sosial adalah media online atau daring yang dimanfaatkan sebagai sarana untuk bergaul atau bersosialisasi secara online di internet. Di media sosial sendiri, para penggunanya mampu saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya.

Media sosial mengunakan teknologi berbasis website atau aplikasi yang dapat mengubah suatu komunikasi ke dalam bentuk dialog interaktif. Beberapa contoh media sosial yang banyak digunakan adalah YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan lain-lain. Apa saja fungsi dari media sosial? Setelah memahami pengertian media sosial dan karakteristiknya, tentunya anda juga harus tahu apa saja fungsi dari media sosial. Berikut ini adalah beberapa fungsi media sosial secara umum:

  1. Memperluas interaksi sosial manusia dengan memanfaatkan teknologi internet dan website, jadi bisa berinteraksi secara online.
  2. Menciptakan komunikasi dengan banyak audiens secara bersamaan (many to many).
  3. Melakukan transformasi atau perubahan manusia yang dulunya pemakai isi pesan berubah menjadi pesan itu sendiri.
  4. Mencipatakan personal branding untuk para pengusaha ataupun tokoh masyarakat.
  5. Sebagai media komunikasi antara pengusaha ataupun juga tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial lainnya.

Apa Tujuan Media Sosial?

Seperti yang disebutkan pada definisi media sosial di atas, salah satu tujuannya adalah sebagai media komunikasi alternatif bagi masyarakat. Berikut ini adalah beberapa tujuan menggunakan media sosial secara umum:

1. Aktualisasi Diri

Bagi sebagian besar orang, media sosial merupakan tempat untuk aktualisasi diri.

 

Cara promosi di media sosial
idwebhost.com

2. Membentuk Komunitas

Media sosial menjadi wadah tempat berkumpulnya masyarakat online yang memiliki minat yang sama untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi atau pendapat.

3. Menjalin Hubungan Pribadi

Media sosial juga berperan penting dalam aktivitas menjalin hubungan personal dengan orang lain secara pribadi.

4. Media Pemasaran

Pengguna media sosial yang jumlahnya sangat banyak tentu saja menjadi tempat yang sangat potensial untuk memasarkan sesuatu.

Oke setelah sudah memahami pengertian tentang media sosial secara mendalam, sudah tahu kan betapa pentingnya media sosial untuk mendukung kegiatan dalam bisnis anda? Oke tanpa berlama – lama lagi, berikut ini merupakan cara mudah untuk melakukan promosi di media sosial

Cara Mudah Dalam Melakukan Promosi di Media Sosial

1. Jangan Membuat konten yang sama terus – menerus atau monoton

Cara mudah untuk melakukan promosi di media sosial yang pertama adalah hindari membuat konten yang monoton. Setiap melakukan posting di halaman pribadi ataupun orang lain, usahakan anda harus menggunakan kata – kata yang menarik perhatian audiens. Hal ini tentu saja penting untuk meningkatkan brand awareness dari kegiatan bisnis anda.

Jangan lupa gunakan konten yang fresh, atau yang lebih baik lagi. dan akan lebih baik lagi jika anda menggunakan konten yang up to date dengan berita atau kejadian penting terkini. Jika Anda melakukan promosi di group, coba gunakanlah kata – kata yang dapat memancing rasa ingin tahu dari orang lain. Anda dapat menggunakan postingan yang berisikan tips dan trik yang juga relevan dan sesuai dengan produk Anda.

2. Menggunakan Media Gambar

Gambar adalah elemen penting yang harus anda miliki dalam media sosial anda karena Media gambar berperan penting dalam promosi di sosial media. Mengapa? Karena manusia adalah makhluk yang visual. Dengan memasang promosi dengan media gambar yang menarik akan memancing emosi yang lebih dibandingkan dengan postingan yang hanya berisikan teks saja. Usahakan gunakan gambar yang memiliki perpaduan warna yang menarik. Sehingga bisa memancing rasa ingin tahu dan penasaran dari para audiens. Gunakan gambar yang simple, dan tidak ribet sehingga tidak membuat mata audiens pusing ketika melihatnya.

BACA JUGA: Pengertian dan Manfaat Etika Bisnis

 

Cara promosi di media sosial
idwebhost

3. Menggunakan hashtag

Cara mudah untuk melakukan promosi di media sosial yang berikutnya adalah menggunakan hashtag. Di era digital seperti saat ini, menggunakan hashtag amat sangat penting. Apalagi di platform yang mengandalkan hashtag seperti Instagram, Facebook dan lain – lain. Dengan menggunaan hashtag anda bisa mencari konten atau produk yang se – type di sosial media tersebut. Dengan adanya hastag maka akan akan memudahkan costumer kita untuk menemukan produk kita yang lainnya yang diinginkannya. Selain itu, dengan menggunakan hashtag juga akan semakin membuat jangkauan atau reach dari akun untuk bisnis anda menjadi semakin luas.

4. Harus Aktif dan Responsif

Tidak jarang postingan yang kita update atau post akan mendapatkan respon dari banyak pengunjung media sosial. Sebagai admin sebaiknya anda disarankan untuk memberikan respon yang cepat dan mengapresiasi atas respon mereka. Dengan melakukan hal tersebut, maka pengunjung akan merasakan senang dan bahkan akan menjadi loyal serta setia terhadap konten Anda dengan memberikan like, comment dan share hingga subscribe. Dengan strategi diatas dapat memaksimalkan pendapatan, pelayanan dan kegiatan promosi pada produk Anda.

Berikut tadi merupakan cara mudah melakukan promosi di media sosial .Strategi sosial media akan memiliki dampak yang besar ke perusahaan Anda jika Anda benar-benar memahami dan mengetahui caranya. Selain melalui media sosial, kegiatan promosi juga bisa dilakukan melalui pembuatan website sebagai sarana membangun hubungan komunikasi antara perusahaan dengan audiens atau pelanggan anda. Untuk memulainya, anda bisa membeli domain dan hosting murah dari IDwebhost.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.