Cara Setting Rincian Server dan Client

18 Apr 2018
Cara Setting Rincian Server dan Client campaign-unlimited

Secara umum, setiap program komputer yang berkomunikasi di internet dibedakan jadi dua, yaitu client dan server. Komputer Server adalah komputer yang menawarkan suatu layanan tertentu kepada komputer atau jaringan lain. Salah satu jenis server adalah file server (server file). Server file menyediakan layanan penyimpanan dan penemuan kembali (retrieval) file-file.

Komputer Client adalah komputer yang meminta (request) satu layanan tertentu ke suatu server. Komputer client harus dilengkapi dengan aplikasi client khusus dan menjalankannya, sehingga dapat memanfaatkan layanan yang ditawarkan server. Sebagai contoh, untuk mengambil sebuah file dari file server, suatu program di komputer client harus memformat sebuah request (permintaan) dan mengirimkannya kepada program yang sedang berjalan di server. Selanjutnya, server akan mengirimkan file yang diminta sesuai dengan permintaan program client tersbut. Server dan client harus menggunakan suatu cara yang sama untuk berkomunikasi dan mengirimkan file antara satu komputer dengan yang lain, cara ini disebut sebagai protocol.

Untuk dapat menghubungkan komputer server ke komputer client, kamu bisa melakukannya melalui jaringan LAN. LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan komputer satu ke komputer lainnya dengan menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Router,Switch dan lain sebagainya.

Selain pemasangan jaringan LAN yang mudah, jaringan LAN juga praktis dan banyak di gunakan oleh kebanyakan orang. Jika kita lihat tempat internet umum seperti warnet, dimana semua komputer client terhubung ke satu komputer server biasanya mereka menggunakan jaringan LAN. Untuk menghubungkan komputer server ke komputer client selain pemasangan kabel LAN, Kita juga harus menyeting IP Komputer kita.

Perbedaan Server dan Client

Berikut beberapa perbedaan server dan client yang harus kamu tahu:

Berdasarkan fungsi

Perbedaan pertama adalah dari fungsinya. Server komputer berfungsi sebagai pusat dari seluruh jaringan komputer. Server menyediakan seluruh informasi yang ada.

Komputer ini  juga digunakan sebagai database, yang dapat menyimpan semua jenis database management system.

Sedangkan komputer client, hanya berperan sebagai penerima informasi dan data yang diberikan oleh komputer server. Selain itu, komputer client lebih banyak digunakan untuk tujuan pribadi.

Semua koneksi jaringan komputer, ujungnya adalah server komputer. Sehingga jika server mengalami masalah, komputer dari sisi client juga akan bermasalah. Kerusakan yang terjadi dapat mengganggu sistem yang sedang bekerja.

Oleh karena itu, perangkat yang digunakan, baik perangkat keras dan perangkat lunak kedua tipe komputer tersebut juga berbeda. Client umumnya menggunakan perangkat keras kelas rendah dengan performa yang biasa saja.

Beda halnya dengan komputer server. Tipe komputer ini menggunakan hardware berkualitas yang mampu mengelola jaringan dan harus hidup tanpa henti.

ruang server

Cara Setting Rincian Server dan Client

1. Setting IP server dengan model statis misal 192.168.1.1
2. Pada server buka C:\Program Files\NamaSoftware ,selanjutnya cari folder dbfile
3. Sharing folder tersebut secara full
4. Pada client klik icon Connect Database dan arahkan ke server misal \\192.168.1.1\dbfile
5. Pilih file db yang nampak dan klik OK
6. Selanjutnya client sudah terhubung

Untuk mengatur otoritas user hanya dilakukan di komputer server, selanjutnya program di komputer client akan membaca sesuai pengaturan user dan password yang dimasukkan. Tambahan untuk cara menghubungkan komputer server dan client pada windows 7 dan windows vista caranya sama tetapi ada yang khusus yaitu : software server tidak diinstal di c:\ tapi di d:\ atau di tempat lainnya asal jangan di c:\. Berikut caranya:

1. Setting IP server dengan model statis misal 192.168.1.1
2. Pada server buka D:\NamaSoftware ,selanjutnya cari folder dbfile
3. Sharing folder tersebut secara full
4. Pada client klik icon Connect Database dan arahkan ke server misal \\192.168.1.1\dbfile
5. Pilih file db yang nampak dan klik OK
6. Selanjutnya client sudah terhubung

Demikian cara setting rincian server dan client yang dapat kamu lakukan. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin mempelajari lebih jauh tentang dunia komputer.
Jika saat ini kamu sedang mencari web hosting yang sudah terpercaya di Indonesia, maka kamu dapat menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting dan domain yang terjangkau namun berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnismu menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013