Cara Mengetahui Nama Database WordPress Dengan Tepat
Blog Tips Keren

Cara Mengetahui Nama Database WordPress Dengan Tepat

Pemahaman tentang cara mengetahui nama database WordPress akan membantu anda untuk mendapatkan informasi tentang nama database yang anda butuhkan. Hal ini pastinya diperlukan oleh anda yang ingin melakukan konfigurasi terhadap hosting yang anda gunakan. Hal ini juga nantinya akan menghubungkan sejumlah pengaturan yang ingin anda ciptakan terhadap hosting itu sendiri. Jadi anda memang harus benar-benar tau bagaimana cara penerapa untuk mengatur hosting anda, yakni dengan memahami nama-nama yang terdapat pada database WordPress itu sendiri. Dengan menggunakan wp-config.php, anda akan bisa mendapatkan semua yang anda butuhkan dengan mudahnya.

Beberapa persiapan yang harus anda lakukan adalah memiliki akun webhosting yang masih aktif tentunya. Disini akun hosting tersebut juga sebaiknya anda buat sedemikian rupa dengan baik, misalnya sudah aktif sebagai shared hosting, dedicated hosting dan VPS hosting, atau cloud hosting. Kemudian, anda juga harus sudah memiliki dashboard WordPress yang terinstall didalamnya. Anda juga harus memiliki File Manager atau akses untuk akun FTP itu sendiri. Setelah semua persiapan sudah siap berikut adalah tahapan cara mengetahui nama database WordPress yang bisa anda lakukan.

Panduan Cara Mengetahui Nama Database WordPress

 

Cara Mengetahui Nama Database WordPress
idwebhost

 

Cara mengetahui nama database WordPress bisa anda lakukan berikut ini, hal awal yang harus anda lakukan adalah menggunakan File Manager atau FTP Client, contohnya yakni FileZilla. Berikut adalah yang harus anda ketahui.

Melalui File Manager

Cara mengetahui nama database WordPress dengan menggunakan File Manager dimulai dengan melihat banyak sekali direktori dan file yang akan anda cek didalamnya. Maka pada dasarnya, anda hanya tinggal mencari sebuah file yang bernama wp-config.pho. Kemudian, anda hanya tinggal mencari lokasinya yang terletak di script WordPress yang anda install tersebut. Apabila anda melakukan penginstallan pada domain utama, maka anda hanya tinggal masuk ke home/username/public_html/wp-config.php. Setelah itu anda akan mendapatkan akses yang anda butuhkan tersebut. Tapi jika anda memasukannya didalam subfolder, yakni (addon, domain dan subdomain, dan lain sebagainya), maka yang harus anda lakukan yaitu masuk saja langsung ke direktori home/username/public_html/nama subfolder/wp-config.php. Dari sinilah semua yang anda butuhkan akan bisa didapatkan dengan mudah didalamnya. Satu hal yang pasti adalah, anda sebetulnya bisa melakukannya dengan penerapan cara yang tepat dari sekarang.

Keterangan yang perlu anda garis bawahi dalam hal ini, yaitu username merupakan nama dari cPanel yang anda gunakan. Kemudian nama subfolder merupakan nama dari subfolder yang aanda install oitu sendiri. Apabila sudah diinsal di direktori utama, maka anda bisa segera menggunakannya sesuai kebutuhan yang anda inginkan saat ini.

Melalui FileZilla

Cara mengetahui nama database WordPress dengan menggunakan FileZilla bisa anda terapkan usai anda login di akun FTP yang anda gunakan. Disini anda akan langsung bisa melihat direktori utama berupa Home, kemudian diikuti dengan public_html. Dari sini anda akan bisa masuk ke folder utama daan instalasi WordPress anda tersebut. Lokasinya tentu saja akan terletak di home/public_html/ atau anda juga bisa melihatnya di bagian home – public html – wp folder. Disini anda bisa tau bahwa semua langkah signifikan bisa anda terapkan untuk melakukan instalasi terhadap WordPress itu sendiri.

Silahkan Tentukan Nama Database Anda Melalui File WP-CONFIG

 

Cara Mengetahui Nama Database WordPress
idwebhost

 

Cara mengetahui nama database WordPress bisa anda mulai selanjutnya dengan cara melihat isi file yang terdapat pada wp-config.php yang ada didalamnya. Dengan melihat file tersebut melalui edit atau view maka akan terbuka informasi dari file yang anda inginkan tersebut. Apakah caranya sama dengan FTP atau File Manager? Ya, tentu saja caranya sama. Jadi anda tidak perlu cemas dan khawatir lagi. Apabila nantinya sudah terbuka, maka anda bisa memilih baris DB_Name yang terdapat didalamnya. Anda bisa tinggal memencet tombol CTRL + F untuk mendapatkan semua informasi yang anda butuhkan. Jadi semua benar-benar bisa anda temukan dengan fitur Find yang tersedia di browser anda.

Tentu cara mengetahui nama database WordPress ini tidaklah susah jika anda sudah tau bagaimana cara penerapannya dengan baik. Ada beberapa fitur menarik yang akan bisa anda lakukan terhadap cPanel atau FTP anda. Jadi jangan ragu untuk menyempatkan waktu luang mengutak-atik fitur tersebut sehingga anda nantinya bisa mendapatkan informasi penting yang anda butuhkan. Satu hal yang pasti adalah dalam penerapannya, database tersebut akan bisa memberikan kepada anda berbagai informasi yang dibutuhkan. Selain itu, anda pun juga akan bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang useful lainnya dari penerapan database tersebut. Jadi silahkan anda melakukan konfigurasi kapan saja anda mau.

Kenapa Anda Harus Mengecek cPanel dan FTP?

Banyak yang bertanya selain cara mengetahui nama database WordPress, kenapa anda harus rutin dalam melakukan pengecekan terhadap FTP dan juga cPanel yang anda miliki? Hal ini jelas dikarenakan beberapa informasi yang ada didalamnya memang sejak awal sudah tersedia lebih banyak bagi anda. Namun, satu hal yang pasti adalah disini anda akan lebih terbiasa untuk melakukan pengaturan tidak hanya dari permukaan saja, tapi juga dari dalam sistem yang ada pada hosting anda. Dengan cara tersebut, sudah pasti akan lebih banyak manfaat dan keuntungan yang bisa anda peroleh didalamnya. Sudah pasti akan lebih banyak lagi manfaat signifikan yang bisa anda dapatkan dan ciptakan dari penerapan pengecekan itu sendiri.

 

Cara Mengetahui Nama Database WordPress
idwebhost

 

Baca Juga: Mempelajari Fungsi Menu Dashboard pada WordPress

Memang adanya pengetahuan tentang database WordPress bisa memberikan andil signifikan yang anda butuhkan. Jadi pada dasarnya, hal ini juga memang amat penting supaya anda bisa mendapatkan segala jenis informasi yang signifikan tersebut dengan mudahnya. Dengan adanya penerapan yang tepat tersebut, maka anda pun akan mampu mencapai segalanya yang anda butuhkan kapan saja anda mau. Yang jelas, hal ini akan bisa anda lakukan penerapannya dengan mudah asalkan anda tau bagaimana melakukannya dengan baik. Beberapa hal seperti DB Host, kemudian DB User, dan juga DB Password perlu anda perhatikan karena di dalamnya ada baris perintah yang berbeda-beda secara signifikan. Hal tersebut akan memudahkan anda dalam mendapatkan semua yang anda inginkan dengan mudah didalamnya.

Kesimpulan

Panduan dan penerapan untuk cara mengetahui nama database WordPress memang tidaklah sulit. Anda hanya tinggal melakukan beberapa tahapan yang signifikan dan kemudian mendapatkan sejumlah informasi yang anda butuhkan darinya. Disinilah semua yang anda peroleh akan bisa anda capai dengan lebih mudah dan signifikan. Jadi tidak ada yang perlu anda bingungkan lagi. Pasalnya, disini semuanya akan bisa anda dapatkan dengan lebih baik lagi. Untuk penerapannya memang harus sering, lambat laun anda akan paham dengan sendirinya.

Satu hal yang pasti, pengeditan terhadap cPanel dan FTP bukanlah hal susah dilakukan, asalkan anda tau bagaimana cara penerapannya dengan baik dan juga tepat. Lalu disitulah akan terdapat banyak manfaat yang dapat anda terapkan didalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.