Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server?
Blog Tips Keren Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server?

Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server?

Ketika sedang beraktivitas di dunia maya, tentu perangkat yang Anda gunakan harus selalu terhubung ke internet. Sesaat setelah perangkat terhubung dan mendapatkan alamat IP, entah itu laptop, komputer, tablets maupun smartphone akan mendapatkan informasi mengenai perangkat yang Anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah lokasi, jenis perangkat, dan bahkan informasi pengguna. 

Bagi beberapa orang, tentu hal ini menjadi hal yang kurang nyaman ketika identitas kita diketahui orang lain atau website yang Anda kunjungi. Agar identitas Anda tidak terlihat di internet, salah satu cara untuk menyembunyikannya adalah menggunakan proksi. 

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan pada Sahabat IDwebhost semua, tentang apa itu server proxy dan mengapa orang menggunakannya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mari kita mulai. 

Internet Protocol

Ketika membahas proxy server, tidak sah rasanya jika tidak membahas internet protocol. Setiap mengakses website, secara otomatis internet akan memberikan perangkat sebuah alamat. Dan alamat ini dikenal dengan sebutan internet protocol (IP). 

IP digunakan untuk mengidentifikasi ke mana server harus mengirim konten website. Maka, perangkat lain atau server tahu arah sebuah informasi dikirimkan kembali ke perangkat yang Anda gunakan. Informasi tersebut seperti email, data website, foto, dan lain sebagainya. 

Alamat yang digunakan oleh perangkat Anda adalah alamat IP publik. Dan semua perangkat, pasti pasti dapat untuk mengaksesnya secara online. 

Tanpa alamat ini, perangkat Anda tidak akan bisa digunakan untuk melakukan aktivitas online, dan aktivitas online lainnya juga tidak bisa menjangkau perangkat Anda. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang internet protocol: 

  • IP bisa digunakan untuk memblokir akses pengguna. 
  • IP dapat digunakan untuk mengidentifikasi nama pengguna melalui jaringan internet di seluruh dunia. 
  • Jika IP digunakan oleh seseorang yang mempunyai kemampuan untuk meretas, dapat menjadi sebuah ancaman yang serius. 

Apa Itu Proxy Server? 

Lantas, apa yang dimaksud dengan proxy? Proxy adalah sebuah sistem yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan internet menggunakan IP berbeda yang diterima oleh perangkat. 

Sistem ini menggunakan proxy server untuk bisa bekerja. Sedangkan proxy server adalah  sebuah perangkat yang digunakan untuk menyediakan layanan proxy. Sehingga, Anda tetap bisa menggunakan jaringan internet yang digunakan sekarang dan menghubungkan ke proxy server. Ada banyak penyedia server proxy yang bertebaran di internet, dan Anda bebas mau menggunakan yang mana. Bahkan, ada juga yang gratis. 

Baca Juga : Cara Optimasi SEO Pada Spotify

Cara Kerja Server Proxy

Server proxy bekerja untuk meneruskan koneksi Anda ke alamat website yang ingin dibuka. Secara normal, ketika mengetikkan alamat website, membuat sebuah permintaan kepada Anda untuk menghubungkan dengan alamat tujuan. 

Beda ceritanya ketika menggunakan server proxy. Sambungan yang Anda gunakan akan terhubung terlebih dulu ke server proxy. Baru kemudian server proxy akan meneruskan permintaan Anda ke alamat tujuan. Cara ini membuat alamat IP asli yang Anda gunakan tidak akan terdeteksi oleh website, karena yang Anda gunakan adalah alamat IP server proxy. 

Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server

Proxy server adalah komputer yang bertindak sebagai perantara antara perangkat pengguna dengan internet. Hal ini memungkinkan perangkat klien untuk membuat koneksi jaringan tidak langsung ke layanan jaringan lainnya. 

Jika menggunakan server proxy, perangkat klien akan terhubung terlebih dulu ke proxy server dan meminta beberapa sumber daya. Seperti halaman website, game, video, dan lain sebagainya yang tersedia di internet. 

Segera setelah mendapatkan permintaan tersebut, server proxy akan mencari sumber daya dari cache di local hard disk. Jika sumber daya telah di-cache sebelumnya, proxy server akan mengembalikannya ke perangkat klien. Sedangkan jika tidak di-cache, ini akan terhubung ke server yang relevan dan meminta sumber daya atas nama perangkat klien. 

Kemudian, cache sumber daya dari server jauh dan mengembalikan permintaan berikutnya, untuk konten yang sama secara langsung. 

Baca Juga : Cara Menggunakan Ubersuggest Untuk Pemula

Manfaat Menggunakan Proxy Server? 

Apa saja manfaat menggunakan server proxy? Ya, orang menggunakan server proxy bukan tanpa alasan. Proxy server memiliki beberapa fungsi, yang tentu saja membuat Anda, para pengguna agar lebih mudah dalam mengakses internet. Berikut ini adalah beberapa manfaat  menggunakan server proxy: 

1. Server Proxy Dapat Meningkatkan Keamanan

Proxy server berfungsi sebagai penghalang sebuah website untuk mencatat alamat IP asli milik Anda. Hal ini karena website hanya bisa mendeteksi alamat IP server proxy. Jadi bisa dikatakan, Anda bisa mengakses internet dengan menggunakan proxy secara anonim. 

2. Dapat Memantau Trafik 

Dengan menggunakan proxy server, Anda bisa memantau para pengguna internet sedang mengakses website apa saja. Umumnya, diterapkan di lembaga pendidikan dan perusahaan. Lembaga-lembaga ini menggunakan proxy untuk meminimalkan penyalahgunaan jaringan internet. 

3. Mengakses Jaringan yang Diblok

Di internet, ada banyak konten yang dianggap tidak sesuai sengaja disembunyikan oleh para pemilik website dan juga dibatasi menggunakan faktor geografis. Namun, sebagian besar adalah karena adanya regulasi tentang jaringan dan hak cipta. Dengan proxy server, Anda dapat masuk ke alamat tersebut dengan mudah. 

4. Berbagi Koneksi Internet Pada LAN 

Beberapa bisnis skala kecil dan keluarga, memiliki beberapa komputer, namun hanya satu yang bisa terhubung ke internet. Dengan proxy server, Anda dapat berbagi koneksi internet untuk komputer lain di LAN. 

5. Untuk Mempercepat Penjelajahan di Internet

Ketika Anda menggunakan server proxy, semua permintaan dari komputer klien harus melewati server proxy terlebih dahulu. Kalau server proxy telah menembolok sumber daya yang diperlukan dalam hard disk lokal sebelum dengan fungsi cache web, klien akan mendapatkan umpan balik langsung dari server proxy. Kecepatan penjelajahan akan meningkat, daripada mengaksesnya langsung. 

6. Memindai Konten Keluar

Memindai konten keluar sangat penting untuk mencegah dari kebocoran data. Biasanya, banyak perusahaan dan instansi perusahaan menggunakan server proxy untuk mencegah kebocoran data. 

Risiko Menggunakan Proxy

Ketika menggunakan server proxy, selain mendapatkan manfaat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan proxy. Menggunakan proxy tak lepas pula dari risiko. Berikut ini adalah risiko menggunakan proxy: 

– Proxy Tidak Melakukan Enkripsi

Beberapa server proksi tidak melakukan enkripsi. Hal ini menjadikan identitas perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses website, masih bisa terlihat. 

– Mencatat Riwayat Trafik yang Melewatinya

Tak jarang, server proksi menyimpan data pengguna yang menggunakan layanannya. Apalagi jika menggunakan proxy, setiap lalu lintas harus melewati caching terlebih dulu. 

Penutup 

Penggunaan server proxy, untuk beberapa hal cukup memiliki manfaat. Namun, sebelum menggunakannya, Anda harus membertimbangkan penggunaan server proxy. Semoga dengan artikel ini Anda dapat memahami apa itu server proxy. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting murah Indonesia

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis