Mengaktifkan TLS 1.1 dan 1.2 di Windows 7

6 September 2022
999

TLS atau Transport Socket Layer adalah protokol keamanan baru yang disebut-sebut lebih canggih daripada SSL, protokol keamanan terkemuka saat ini. 

TLS sendiri memiliki banyak versi dan bisa digunakan diberbagai sistem informasi. Termasuk Windows 7.  

Hanya saja, Windows 7 sudah memasuki masa End of Support pada 14 January 2020, sehingga tidak akan mendapatkan pembaharuan lagi dari Microsoft (https://www.microsoft.com/en-us/windows/end-of-support).

 Windows 7 secara default hanya mendukung versi TLS 1.0. Dimana TLS versi tersebut sudah banyak ditinggalkan oleh pengembang sebagai salah satu protokol sekuriti. Pada update cPanel versi terbaru (Versi 84.x.x), cPanel sudah  tidak memberikan support lagi untuk TLS versi 1.0 sebagai layer keamanan di mail servernya.

Sehingga, bagi pengguna OS Windows 7 yang masih menggunakan TLS 1.0, akan mendapatkan error  ”your server does not support the connection encryption type you have specified   ketika menghubungkan akun email yang ada di cPanel ke Microsoft Outlook. Saran kami update OS Windows 7 ke versi terbaru dengan alasan security agar keamanan datamu lebih terjamin.

Mengaktifkan TLS 1.1 dan 1.2 di Windows 7

Namun, jika masih ingin memakai Windows 7 dan fungsi email dengan enkripsi SSL/TLS tetap berjalan di Outlook. Sebagai alternatif kamu bisa mengaktifkan layer TLS 1.1 dan 1.2 secara manual. Namun seluruh resiko yang ditimbulkan merupakan tanggung jawab sepenuhnya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Download dan install file update windows 7 dari URL berikut :
http://www.catalog.update.microsoft.com/search.aspx?q=kb3140245

cara mengaktifkan TLS

2. Download dan jalankan file MicrosoftEasyFix51044.msi untuk pengaktifan TLS 1.1 dan 1.2, download dari halaman berikut (https://support.microsoft.com/en-us/help/3140245/update-to-enable-tls-1-1-and-tls-1-2-as-default-secure-protocols-in-wi) pada bagian dibawah ini :

Cara Mengaktifkan TLS 1.1 dan 1.2 di Windows 7

Setelah semua proses sudah selesai, silahkan cek email outlook dan lakukan test account setting. Jika pada test account semua complete, artinya kamu sudah bisa menggunakan email outlook kembali seperti biasanya.

Namun saran kami tetap untuk melakukan upgrade OS Windows 7 ke versi terbaru.

Semoga panduan cara mengaktifkan TLS 1.1 dan 1.2 di Windows 7 ini bisa membantu kamu, ya, Sahabat IDwebhost. Jika punya pertanyaan seputar layanan kami, silakan hubungi tim customer service terbaik IDwebhos melalui kanal berikut:

Live Chat

Email ( info@idwebhost.com, billing@idwebhost.com, support@idwebhost.com )

Hotline (0274) 415585

Selamat menikmati layanan IDwebhost, web hosting Indonesia:)

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *