Cara Membuat Hosting Sendiri di WHM

21 Oktober 2022
71

Buat kamu yang berprofesi sebagai pengembang website, salah peluang mendapatkan penghasilan tambahan adalah menyediakan layanan web hosting. Karena itu, kamu harus tahu cara membuat hosting sendiri di WHM. 

Tak hanya membuat hosting sendiri, kamu juga bisa lho, memberikan layanan lain. Misalnya dengan menyediakan paket hosting. Untuk sampai ke tahap ini, kamu bisa membeli layanan VPS hosting, sekaligus layanan cPanel. 

Baru setelah itu kamu bisa menawarkan layanan hosting pada pelanggan potensial. Sebuah peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik. 

Apa Itu WHM? 

Sebelum menginjak cara membuat hosting sendiri di WHM, apa itu WHM? WHM atau webhost manager adalah control panel yang digunakan untuk mengelola hosting VPS. 

Kamu akan mendapatkan WHM jika membeli hosting VPS sekaligus lisensi cPanel. WHM memiliki fungsi untuk memudahkan pekerjaan admin dan reseller dalam mengatur akun hosting pada web server. 

Kamu bisa membuat akun cPanel hosting sendiri, melakukan pengaturan keamanan, hingga memutuskan semua settingan server dapat dilakukan via WHM. 

Salah satu fitur paling menarik yang ada di WHM adalah dapat membuat hosting sendiri. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual jasa hosting atau mengelola beberapa website sekaligus. 

Cara Membuat Hosting Sendiri di WHM

Membuat akun cPanel di WHM caranya sangat mudah. Setelah layanan VPS yang kamu beli sudah aktif, kamu bisa menambahkan domainmu ke VPS lewat WHM. 

Tapi sebelum itu, kamu bisa menentukan paket hosting apa saja yang akan kamu jual. Kamu bisa melihatnya pada gambar di bawah ini. 

 

 

Membuat Feature List Name

  1. Login ke WHM melalui http://domainanda/whm atau http://whm.domainanda . Cari Menu Packages > Feature Manager > isi nama feature list > klik Add Feature List.

 

WHM
  1. Isi feature yang ingin digunakan.

Membuat Paket Hosting di WHM

Login ke WHM kamu melalui http://domainanda/whm atau http://whm.domainanda

Setelah login, Pilih menu Packages > Add a Packages.

Cara Membuat Hosting Sendiri di WHM

Masukkan nilai dari fasilitas – fasilitas yang ingin kamu berikan untuk paket yang akan dibuat.

Cara Membuat Hosting Sendiri di WHM
Cara Membuat Hosting Sendiri di WHM

Mengubah atau Menghapus Package

Cara Membuat Hosting Sendiri di WHM

Semoga panduan ini bisa membantu kamu, ya, Sahabat IDwebhost. Jika punya pertanyaan seputar layanan kami, silakan hubungi tim customer service terbaik IDwebhos melalui kanal berikut:

Live Chat

Email ( info@idwebhost.com, billing@idwebhost.com, support@idwebhost.com )

Hotline (0274) 415585

Selamat menikmati layanan IDwebhost, web hosting Indonesia:)

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *