Cara Konfigurasi Email Hosting Pada Gmail

16 Oktober 2022
97

Gmail merupakan salah satu layanan Google yang berbasis email dan dapat digunakan dalam banyak media teknologi. Antara lain handphone, komputer, web browser, dan masih banyak lagi. Kemampuan ini membuat pengguna merasa nyaman untuk menggunakan Gmail.

Salah satu keunggulan dari menggunakan Gmail yaitu satu akun Gmail dapat digunakan oleh akun email yang lain. Pada tutorial kali ini, kami akan menjelaskan mengenai cara melakukan konfigurasi email hosting ke akun Gmail.

Persiapan Konfigurasi Email Hosting pada Gmail

Sebelum masuk ke tahapan selanjutnya kami sarankan untuk menyiapkan dahulu beberapa hal seperti berikut :

  • Akun gmail yang ingin dipakai – jika belum memilikinya, dapat membuat akun Gmail terlebih dulu.
  • Akun email hosting – jika belum memiliki email hosting, kamu dapat membuatnya pada provider hosting.
  • Mail Client Manual Setting yang berisi detail POP3 dan SMTP email.

Selanjutnya jika persiapan sudah selesai, bisa login ke hosting email dan Gmail. Berikut panduannya.

Langkah pertama login ke hosting email

Silakan login ke hosting email untuk membuat akun email di hosting dengan menggunakan url https:namadomainanda.com/cpanel

Search Email di kotak pencarian lalu klik Email Accounts

cara konfigurasi email hosting

Jika akun email hosting sudah dibuat, silakan pilih akun mana yang akan di setting ke Gmail. Kemudian klik check email untuk melihat settingan POP3 dan SMTP lalu pilih Configure Mail Client. Disarankan untuk menggunakan settingan Secure SSL/TLS Settings (Recommended)

cara konfigurasi email hosting

Langkah Kedua konfigurasi gmail dengan akun email hosting

Kemudian, kamu akan diarahkan ke layar Inbox email. Kemudian, klik ikon roda gerigi setelan yang terdapat di pojok kanan atas. Lalu akan muncul beberapa opsi drop-down menu dan pilih Lihat Semua Setelan.

Langkah ketiga, import

Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman setelan umum.  Di sana terdapat beberapa opsi menu, pilih menu Akun dan Import.

akun import

Langkah keempat, tambahkan akun email

Selanjutnya, kamu akan menemukan opsi setelan “Periksa email dari akun lain” dan klik Tambahkan akun email. Setelah itu, akan muncul tab baru pada browser.

periksa email

Di sini, Gmail meminta untuk memasukan email yang ingin ditambahkan. Klik Berikutnya

tambahkan akun email

Setelah itu akan muncul dua opsi sebagai berikut : Kami menyarankan untuk memilih opsi ‘impor email dari akun saya yang lain (POP3)’. Klik Berikutnya

impor email

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi data yang sesuai dengan Mail Client Manual Setting. Di sini, kamu harus memasukan data username, password, dan port untuk POP3, kemudian klik Tambahkan akun

edit akun email

Pada bagian bawah, terdapat empat checkbox, yaitu:

  • Tinggalkan salinan pesan yang diambil di server – jika mencentang ini, maka pesan yang masuk ke Gmail juga akan masuk ke server.
  • Selalu gunakan sambungan aman (SSL) saat mengambil pesan – jika menggunakan Secure SSL/STL Settings maka harus mencentang bagian ini
  • Beri label pada pesan masuk – jika mencentang opsi ini, maka setiap pesan yang masuk ke inbox akan dibedakan dengan label berdasarkan alamat email.
  • Arsipkan pesan masuk – pesan masuk akan dipisahkan dari inbox.

Selanjutnya, setelah akun berhasil ditambahkan, terdapat dua opsi yang muncul sebelum melanjutkan pada tahap selanjutnya. Pilih ‘Ya, saya ingin mengirim email sebagai youremail@domain.com’ klik Berikutnya

akun email

 

Pada tahap selanjutnya, Gmail akan meminta nama yang akan dipakai untuk email yang ditambahkan. Kamu bebas untuk menggunakan nama apa saja.

Setelah selesai, Gmail akan meminta data berupa username, password, dan port untuk STMP berdasarkan data yang ada pada Mail Client Manual Settings. Kemudian klik Tambahkan Akun

SMTP

Untuk sambungan ada 2 opsi yaitu

  • Sambungan aman menggunakan SSL( disarankan )
  • Sambungan aman menggunakan TLS

Kami menyarankan untuk menggunakan opsi sesuai dengan rekomendasi.

Setelah selesai, pada tahap berikutnya kamu akan diminta verifikasi alamat email yang ditambahkan dengan mengirimkan pesan verifikasi ke alamat email tersebut. Kamu dapat mengeceknya pada webmail hosting.

menambahkan alamat email

Konfirmasi kode verifikasi

Selanjutnya login ke webmail hosting untuk cek konfirmasi kode verifikasi yang dikirimkan dari Gmail

konfigurasi email

Setelah itu salin ke bagian verifikasi kode konfirmasi, lalu klik verifikasi. Contohnya seperti tampilan berikut.

verifikasi email

Selanjutnya, cek kembali Gmail yang anda miliki. Jadikan email Gmail milikmu sebagai default bila ingin menjadikannya alamat utama.

Cara Konfigurasi Email Hosting pada Gmail

Akhirnya, kamu sudah bisa berkirim pesan menggunakan email hosting melalui Gmail. Seperti contoh berikut :

Cara Konfigurasi Email Hosting pada Gmail

Bagaimana, mudah bukan membuat email hosting sendiri?  Jika kamu ingin menambahkan akun email yang berbeda, kamu juga dapat lakukan dengan langkah yang sama, ya.

 

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *