Loading...

Sudah tahu apa itu SSL?

Kamu yang sering browsing diinternet mungkin tidak asing lagi dengan istilah SSL, artikel kali ini akan membahas beberapa hal mengenai SSL yang perlu diketahui.

Pengertian SSL

SSL atau Secure Socket Layer adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang pengunjung web mengunjungi situs yang aman dan menggunakan teknologi SSL, mereka akan menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online pada setiap harinya. Website yang menggunakan SSL maka alamatnya akan berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa lihat jenis SSL yang digunakan, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website.

Manfaat SSL

Situs atau website yang telah menggunakan SSL tentu memiliki dampak besar di dalamnya, antara lain ;

  1. Enkripsi Informasi Sensitif

SSL dapat menjaga informasi sensitif selama proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kamu kirimkan dinternet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer lain sampai ke server tujuan. Bahaya tidak menggunakan SSL antara lain, user lain baik dimana pun berada bisa melihat nomor kartu kredit, username dan password, serta informasi sensitif lain.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Web browser memberikan isyarat secara visual, seperti ikon kunci atau bar yang berwarna hijau, untuk memastikan dan memberitahu kepada pengunjung web bahwa mereka berada pada koneksi yang telah diberi jaminan keamanan. Hal ini bisa menambah kepercayaan dimata pengunjung.

  1. Ranking SEO

Website yang menggunakan SSL akan mendapatkan ranking SEO yang lebih baik dari Google dari pada website yang tidak diproteksi dengan SSL. Google menilai bahwa website-mu menunjukkan kredibilitas website dengan keamanan yang terbaik.

Jenis-Jenis SSL

SSL dapat dibagi berdasarkan tipe website yang digunakan.Berikut adalah jenis-jenis SSL yang perlu kamu ketahui.

  1. Domain Validation

Domain validation SSL adalah jenis SSL yang paling banyak dan mudah digunakan. Verifikasi yang dilakukan untuk registrasi jenis SSL ini hanya dengan email. SSL jenis ini dilisensikan pada domain-mu, sehingga website memiliki sertifikat sendiri/Private SSL.

  1. Business/ Organization Validation

SSL ini memerlukan dokumen berupa data organisasi atau persusahaan untuk verifikasi. Business validation SSL ini biasa dipakai untuk website sebuah organisasi atau perusahaan.

  1. Extended Validation

SSL jenis ini dapat diibaratkan sebagai SSL Premium karena memiliki nilai yang paling tinggi dibanding jenis SSL lainnya. Extended validation SSL memerlukan dokumen bisnis dan biaya lebih agar dapat digunakan, sebanding dengan biaya, tingkat pengamanan lebih tinggi.

Kamu bisa mulai menggunakan SSL untuk website melalui penyedia SSL yang terpercaya seperti Idwebhost. Idwebhost merupakan penyedia hosting, domain dan SSL yang sudah berpengalaman di Indonesia. Fitur menarik SSL dari Idwebhost yang perlu kamu ketahui adalah enkripsi SHA-2 dan 2048-bit yang terkuat, cocok dengan semua browser utama, hingga perlindungan server yang tak terbatas. Segera daftarkan bisnis-mu menggunakan Idwebhost dan dapatkan jaminan 30 hari uang kembali.

Masih bingung? Kamu bisa hubungi tim customer service terbaik kami melalui :

  • Live Chat
  • Email ( info@idwebhost.com, billing@idwebhost.com, support@idwebhost.com )
  • Hotline (0274) 415585

Selamat menikmati layanan kami 🙂

Apakah artikel ini bermanfaat? Silakan menilai

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan