idwebhost Bikin Website Sekarang

Tutorial Subdomain Finder C99.nl: Alat Penting untuk Riset Domain

22 Agu 2024
Tutorial Subdomain Finder C99.nl: Alat Penting untuk Riset Domain campaign-unlimited

Subdomain finder adalah alat yang bisa bantu kamu menemukan bagian tersembunyi pada subdomain dari domain utama, seperti layanan internal, IP address, database, atau bahkan website yang tidak terdaftar.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan salah satu alat subdomain finder yang cukup populer, yakni c99.nl. C99.nl ini adalah alat gratis yang mudah diakses melalui browser web. Jadi kamu tidak perlu instalasi software tambahan. 

Keunggulan dari alat subdomain finder ini adalah memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif sehingga mudah digunakan bahkan untuk pengguna pemula. Alat ini juga bermanfaat untuk berbagai keperluan seperti riset domain, pengembangan website, dan audit keamanan. 

Cara menggunakan subdomain finder C99.nl ini sangat mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langlah berikut ini:

Cara Penggunaan

  1. Akses website: buka browser kamu dan kunjungi website subdomain finder c99.nl. Kamu akan mendapati tampilan sederhana c99.cl di halaman website, seperti ini:
  1. Masukkan Domain: Pada kotak pencarian yang disediakan, masukkan nama domain utama yang ingin kamu cari subdomain-nya (misalnya, contoh.com). 
  2. Centang Privasi: Kamu bisa mencentang bagian checklist di bawah kotak pencarian. Fitur ini opsional. Jika kamu beri tanda centang, artinya pencarian kamu akan bersifat privasi alias tidak akan terindeks atau diidentifikasi pemilik domain utama. 
  1. Klik Tombol Cari: Setelah memasukkan domain, klik tombol “Start Scan” yang terletak di sebelah kanan kotak pencarian. 
  2. Tunggu Hasil: C99.nl akan melakukan proses scanning subdomain dari domain utama contoh.com dalam beberapa saat. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil akan bervariasi tergantung pada kompleksitas domain dan beban server. 
  3. Analisis Hasil: Setelah proses pencarian selesai, C99.nl akan menampilkan daftar subdomain yang ditemukan. Daftar ini biasanya disusun dalam format yang mudah dibaca, dengan setiap subdomain pada baris yang berbeda. 

Fitur – Fitur di Subdomain Finder C99.nl

Selain menemukan deretan subdomain pada domain utama, subdomain finder c99.nl juga memiliki sejumlah fitur yang bisa membantu kamu menganalisis hasil pencarian

1. WHOIS Check

Fitur WHOIS check bisa kamu gunakan untuk mengetahui data kepemilikan domain utama yang kamu cari daftar subdomainnya. Saat kamu mengklik fitur ini pada domain contoh.com, kamu akan mendapati data berikut ini:

[Querying whois.verisign-grs.com]

[Redirected to whois.psi-usa.info]

[Querying whois.psi-usa.info]

[whois.psi-usa.info]

Domain Name: contoh.com

Registry Domain ID: 50928846_DOMAIN_COM-VRSN

Registrar WHOIS Server: whois.psi-usa.info

Registrar URL: https://www.psi-usa.info

Updated Date: 2024-01-04T22:31:37Z

Creation Date: 2001-01-03T01:37:03Z

Registrar Registration Expiration Date: 2025-01-03T01:37:03Z

Registrar: PSI-USA, Inc. dba Domain Robot

Registrar IANA ID: 151

Registrar Abuse Contact Email: domain-abuse@psi-usa.info

Registrar Abuse Contact Phone: +49.94159559482

Domain Status: clientTransferProhibited https://www.icann.org/epp#clientTransferProhibited

Registry Registrant ID:

Registrant Name: Admin Contact

Registrant Organization: PrivateName Services Inc.

Registrant Street: 1100-1200 West 73rd Avenue

Registrant City: Vancouver

Registrant State/Province: BC

Registrant Postal Code: V6P 6G5

Registrant Country: CA

Registrant Phone: +1.6047572882

Registrant Phone Ext:

Registrant Fax: +1.6047572882

Registrant Fax Ext:

Registrant Email: info@privatename.com

Registry Admin ID:

Admin Name: Admin Contact

Admin Organization: PrivateName Services Inc.

Admin Street: 1100-1200 West 73rd Avenue

Admin City: Vancouver

Admin State/Province: BC

Admin Postal Code: V6P 6G5

Admin Country: CA

Admin Phone: +1.6047572882

Admin Phone Ext:

Admin Fax: +1.6047572882

Admin Fax Ext:

Admin Email: info@privatename.com

Registry Tech ID:

Tech Name: Admin Contact

Tech Organization: PrivateName Services Inc.

Tech Street: 1100-1200 West 73rd Avenue

Tech City: Vancouver

Tech State/Province: BC

Tech Postal Code: V6P 6G5

Tech Country: CA

Tech Phone: +1.6047572882

Tech Phone Ext:

Tech Fax: +1.6047572882

Tech Fax Ext:

Tech Email: info@privatename.com

Name Server: ns1.parkingcrew.net

Name Server: ns2.parkingcrew.net

DNSSEC: unsigned

URL of the ICANN WHOIS Data Problem Reporting System: https://wdprs.internic.net/

>>> Last update of Whois database: 2024-08-24T02:23:21Z <<<

2. Status Check

Fitur C99.nl selanjutnya gunanya untuk menampilkan IP address dari masing-masing subdomain pada domain utama yang dicari. Berikut ini tampilan status subdomain pada domain contoh.com:

3. Copy to Clipboard

Fitur ini memungkinkan kamu dengan cepat dan mudah menyalin teks atau data yang dipilih ke clipboard komputer. Clipboard adalah area penyimpanan sementara di mana Anda dapat menyimpan informasi untuk digunakan nanti.

4. Download CSV

CSV (Comma-Separated Values) adalah format file teks yang digunakan untuk menyimpan daya tabular. Fitur download CSV pada c99.nl ini memungkinkan kamu mendapatkan data hasil subdomain finder yang mudah cibada dan diedit, serta mudah diimpor dan diekspor oleh berbagai aplikasi. 

Contoh baris dalam file CSV pada c99.nl setelah di-download dan dibuka dengan Notepad:

  1. </> Download JSON

Fitur ini memungkinkan kamu men-download data dalam format JSON (JavaScript Object Notation). Data ini sering digunakan untuk menyimpan dan menukar data antara aplikasi. File JSON biasanya memiliki ekstensi .json.

Setelah mengunduh file JSON, Anda bisa membukanya dengan editor teks atau menggunakan aplikasi khusus untuk melihat dan mengedit kontennya.

Berikut ini tampilan file .json untuk domain contoh.com pada c99.nl setelah di-download dan dibuka dengan aplikasi Xcode:

Cara Kerja c99.nl di Balik Layar

Selain cara penggunaan c99.nl, kamu juga harus memahami bagaimana cara kerja alat subdomain finder satu ini di balik layar. Berikut ini penjelasannya:

DNS Lookup

DNS Lookup (Domain Name System Lookup) adalah komponen penting dari bagaimana alat pencari subdomain bekerja. Ini adalah proses menginterogasi server DNS untuk menemukan informasi tentang domain atau subdomain tertentu.

Alat c99.nl mengirimkan permintaan ke server DNS untuk mencari semua catatan DNS yang terkait dengan domain utama yang kamu masukkan. Catatan DNS ini berisi informasi tentang subdomain, alamat IP, dan pengaturan lainnya.

Wordlist

Subdomain Finder c99.nl juga menggunakan daftar kata-kata umum yang sering digunakan sebagai subdomain (misalnya,www, blog, mail, admin, dan sebagainya). Daftar kata-kata ini kemudian digabungkan dengan domain utama untuk membentuk kemungkinan subdomain.

Algoritma Pencarian

Alat ini menggunakan algoritma pencarian yang canggih untuk menemukan kombinasi subdomain yang valid. Algoritma ini terus berkembang dan menjadi lebih efisien seiring waktu.

Kenapa Harus Pakai Subdomain Finder?

Seperti yang kita tahu, subdomain finder ini tidak hanya mengidentifikasi subdomain dari nama domain utama tertentu. Secara teknis, alat subdomain finder juga bakal memberi penilaian terhadap subdomain dan mendeteksi kesalahan lewat audit secara menyeluruh. 

Mengawasi domain dan subdomain sangat penting untuk mengoptimalkan website di era digital sekarang ini. Kenapa? 

Saat ini mesin pencari sudah menganggap setiap subdomain adalah situs yang berbeda. Makanya kamu juga perlu mengoptimalkan masing-masing subdomain agar tetap bisa mendulang traffic dan meningkatkan performa website. 

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa alasan mengapa kamu perlu melacak subdomain dengan subdomain finder berikut ini:

  • Untuk mengidentifikasi target potensial untuk suatu serangan. Dengan menghitung semua subdomain, kamu mungkin bisa menemukan subdomain yang kurang terlindungi. Memperoleh wawasan tentang organisasi. Subdomain finder bisa memberi wawasan tentang struktur organisasi, layanan yang mereka tawarkan dan sebagainya.
  • Menemukan entri DNS yang salah konfigurasi. Pernah dengar kasus peretasan Yahoo!Voices yang terkenal pada tahun 2014? Insiden ini terjadi karena aplikasi rentan yang disebarkan pada subdomain Yahoo.com. Ya. dalam beberapa kasus, target peretasan mungkin menampilkan entri DNS yang salah konfigurasi dan secara tidak sengaja membocorkan IP address. 
  • SEO. Secara nggak langsung, subdomain enumeration juga berguna bagi para praktisi SEO untuk menemukan peluang optimasi. Subdomain finder membantu praktisi SEO menemukan peluang optimasi yang lebih luas, sehingga website bisa bersaing lebih efektif di SERP.

Kesimpulan

Begitulah cara menggunakan subdomain finder c99.nl dengan mudah. etelah mendapatkan daftar subdomain, sebaiknya periksa kembali hasil pencarian secara manual untuk memastikan keakuratannya.

Selain c99.nl, ada banyak alat serupa yang tersedia di internet. Anda bisa mencoba beberapa alat untuk mendapatkan hasil yang lebih lengkap. Misalnya, Sublist3r, Shodan, Certspotter, FindSubdomains. Ada juga alat-alat premium subdomain finder atau berbayar, seperti: Hunter.io, Ahrefs, SEMrush, dan BinarySense. 

Cara terbaik untuk menemukan alat yang tepat untuk kebutuhan kamu adalah dengan mencoba beberapa alat yang berbeda dan melihat perbedaannya. Saran terbaiknya, kamu bisa menggabungkan beberapa teknik dan alat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Soal urusan domain dan subdomain, IDwebhost memiliki beberapa kelompok Name Server (NS) yang digunakan untuk fitur Manage DNS. Jika kamu kesulitan untuk menemukan domain Anda berada di kelompok NS mana maka jangan ragu menghubungi kami.

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024