idwebhost Bikin Website Sekarang

Tutorial Install OpenSID di cPanel: Solusi Terbaik untuk Sistem Informasi Desa

28 Agu 2024
Tutorial Install OpenSID di cPanel: Solusi Terbaik untuk Sistem Informasi Desa campaign-unlimited

Mengenal OpenSID: Solusi Terbaik untuk Sistem Informasi Desa

OpenSID adalah sebuah sistem informasi desa berbasis web yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan data dan informasi di tingkat desa. Sistem ini memungkinkan desa untuk membangun website desa yang lebih interaktif untuk meningkatkan pelayanan publik, dan mempercepat proses pembangunan desa. 

Artikel ini akan mengulas secara komprehensif mengenai OpenSID yang konsepnya sangat berbeda dengan website desa.

Apa Itu OpenSID?

OpenSID adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu mengelola informasi di desa. Aplikasi ini dibuat secara kolaboratif oleh para ahli desa dan pemrogram, sehingga bisa terus dikembangkan bersama-sama. Yang paling menarik, OpenSID bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja dan bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.

Akan tetapi, jangan salah arti dulu. OpenSID memiliki konsep berbeda  dengan website desa meskipun keduanya sama-sama memberikan informasi terkait suatu desa. 

OpenSID adalah sebuah sistem informasi desa berbasis web yang open-source. Artinya, OpenSID adalah software atau platform yang dikembangkan secara terbuka oleh komunitas dan dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis. OpenSID menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk mengelola informasi desa, seperti data penduduk, keuangan desa, dan pembangunan desa.

Ada pun website desa adalah sebuah situs web yang dibuat khusus untuk desa. Website desa dapat dibuat menggunakan berbagai platform, termasuk OpenSID. Namun, tidak semua website desa menggunakan OpenSID. Beberapa website desa mungkin dibuat menggunakan platform lain seperti WordPress atau Joomla.

Sampai sini sudah jelas?

Fitur-Fitur Utama OpenSID

Cara Install OPenSID di cPanel

Menurut website resmi OpenSID, www.opendesa.id, platform ini memiliki fitur-fitur yang dapat membantu setiap desa di Indonesia menerapkan sistem informasi secara terbuka. Berikut ini fitur-fiturnya:

  1. Info Desa

Fitur ini berguna untuk mengatur profil desa, wilayah administratif, pemerintah desa dan status Indeks Desa Membangun (IDM).

  1. Kependudukan

Kependudukan adalah data terpenting dalam lembaga pemerintahan. Dengan fitur ini desa dapat memantau stastisk para penduduknya, membantu pengarsipan, dan lain-lain. 

  1. Statistik

Menu ini menampilkan tabel, grafik, atau diagram terkait umur, pendidikan, pekerjaan, agama dari para penduduk desa. 

  1. Layanan Surat

OpenSID juga menawarkan fitur untuk modul administrasi persuratan. Fitur ini membantu mempercepat pelayanan publik terutama saat pembuatan surat yang dibutuhkan warga. 

  1. Sekretariat

Fitur ini berguna sebagai sekretaris digital, seperti mengelola dokumen dan kesekretariatan desa seperti peraturan dan informasi publik. 

  1. Keuangan

OpenSID juga menawarkan fitur pengelolaan data keuangan desa yang lebih transparan. Fitur ini mencakup informasi anggaran & realisasi APBDes secara grafis. 

  1. Analisis

OpenSID memiliki fitur analisis untuk mengolah data hasil survei, misalnya Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP) dan Prodeskel. 

  1. Bantuan

Terdapat fitur untuk mencatat program atau bantuan yang dikelola desa seperti PKH, Bansos, PIP, dan lain-lain.

  1. Pertanahan

OPenSID juga mencatat dan mendokumentasikan data pertanahan dan persil warga, baik milik pribadi, perorangan untuk dukuh, hingga tanah kas desa. 

  1. Pembangunan

Terdapat fitur monitoring kegiatan pembangunan desa, seperti lokasi, sumber dana, jumlah anggaran, tahun anggaran, volume, pelaksana, foto publikasi. 

  1. Lapak

Fitur ini digunakan untuk media promosi dan penjualan produk unggulan desa.

  1. Pemetaan

OpenSID juga menawarkan fitur pengelolaan geospasial seperti lokasi tempat tinggal penduduk, wilayah desa RT/RW/dusun, lokasi pembangunan, garis dan luas, sarana dan prasarana, dan lainnya. 

  1. Admin Web

Fitur Admin Web ini membantu desa dalam mengelola berita, widget, dan menu yang ditampilkan pada website desa. 

  1. Layanan Mandiri

Fitur ini menjadi media partisipasi warga desa dalam memanfaatkan layanan digital desa, misal permohonan surat hingga pelaporan dan pengaduan. 

Cara Install OpenSID di cPanel

Setelah mengetahui apa itu OpenSID dan fitur-fiturnya, selanjutnya kami akan menjelaskan cara install OpenSID di cPanel IDWebhost. Untuk itu, pastikan bahwa kamu juga sudah membeli domain dan hosting di IDWebhost yang murah unlimited. 

Selanjutnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk install OpenSID di cPanel:

Langkah 1: Download Aplikasi OpenSID

Saat ini, OpenSID belum tersedia di menu Softaculous pada cPanel IDWebhost, jadi kamu perlu mendownload aplikasi OpenSID secara gratis melalui Github. 

Langkah 2: Upload OpenSID di cPanel

  1. Login ke cPanel IDWebhost dengan memasukkan username dan password. 
  2. Upload file OpenSID melalui File Manager ke dalam folder “public_html”. 
  1. Extract file yang kamu upload seperti gambar berikut. 

  1. Pindahkan file OpenSID dari dalam folder “public_html/OpenSID-umum” ke “public_html”

Langkah 3: Membuat Database

Cara Install OPenSID di cPanel

Langkah selanjutnya, kamu bisa membuat database di cPanel melalui menu ‘Manage My Databases’. Jangan lupa mencatat nama database, username, dan password untuk modal kamu menginstal OpenSID di website. 

Langkah 4: Install OpenSID

Selanjutnya, kamu bisa memulai proses menginstall OpenSID melalui domain kamu. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Akses nama domain kamu pada menu cPanel. Misalnya, kita memakai nama domain: https://cobacobabolehdeh.my.id/. Lalu klik tombol ‘Langkah Berikutnya’. 
  1. Perlu dicatat, OpenSID membutuhkan versi php 7.4. Jadi apabila ada modul yang error atau tidak aktif, isilah sesuai versi php hosting kamu. Tetapi jika modul ekstensi yang diperlukan aktif, klik tombol ‘Langkah Berikutnya’. 
  1. Selanjutnya, pastikan juga kamu memiliki permission folder dan file di hosting yang kamu upload. Jika sudah hijau seperti gambar berikut, klik ‘Langkah Selanjutnya’. 
  1. Lengkapi informasi database yang akan kamu gunakan. Sesuaikan data kamu dengan data base yang kamu buat di Langkah 3 tadi. Klik ‘Langkah Selanjutnya’. 
  1. Tunggu beberapa saat, sampai kemudian muncul informasi bahwa koneksi database berhasil. Klik ‘Langkah Selanjutnya’. 
  1. Proses instalasi pun dimulai. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman administrator OpenSID. Di halaman tersebut, kamu diminta mengisi username dan password login. Setelah itu, klik ‘Langkah Selanjutnya’.
  1. Sampai di tahap ini, proses install OpenSID di hosting IDwebhost telah selesai. Selanjutnya, kamu bisa mengakses nama domainnya untuk melihat hasil instalasi.

Login ke Halaman Admin OpenSID

Untuk login ke halaman admini OpenSID, kamu bisa mengakses URL default berikut ini:

Untuk mengaksesnya, ubah ‘namadomainanda’ dengan nama domain yang kamu gunakan. Setelah masuk ke halaman admin, kami sudah berhak melakukan konfigurasi website desa kamu di OpenSID. 

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan betapa mudahnya bikin sistem informasi desa dengan OpenSID. Tinggal ikuti langkah-langkahnya, dan kamu bisa punya website desa yang keren dan informatif. Tapi, kalau kamu masih bingung atau nggak punya waktu untuk ngurusin teknisnya, tenang aja! Kamu bisa kok serahkan semuanya ke ahlinya. 

IDwebhost,misalnya, punya layanan pembuatan website desa yang super mudah dan harganya juga terjangkau. Dengan domain dan hosting yang unlimited, kamu bisa bebas bikin website sesuka hati. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, bikin website desa kamu sekarang juga!

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024