idwebhost Bikin Website Sekarang

Jangan Salah Kaprah! Cari Tahu di Sini Fungsi Page Authority dan Domain Authority

9 Sep 2024
Jangan Salah Kaprah! Cari Tahu di Sini Fungsi Page Authority dan Domain Authority campaign-unlimited

Domain Authority dan Page Authority adalah sumber penting dalam praktik SEO dalam memprediksi seberapa baik peringkat website atau halaman tertentu di mesin pencari. 

Untuk para praktisi SEO pemula, Anda pasti masih bingung membedakan fungsi dari kedua elemen ini. Artikel ini akan membahas perbedaan Domain Authority vs Page Authority, serta apakah kedua elemen ini masih diperlukan untuk SEO 2024? 

Page Authority

Page Authority (PA) adalah sebuah metrik buatan Moz (alat SEO yang populer) yang diberikan mesin pencari pada halaman web. Nilai ini digunakan untuk menunjukkan kemungkinan halaman mendapat peringkat dalam hasil pencarian. 

Sederhananya, Page Authority dianggap sebagai nilai yang menunjukkan seberapa besar mesin pencari mempercayai dan menilai halaman tertentu di internet. Skor Page Authority biasanya berkisar dari nol hingga 100. 

Skor yang lebih tinggi menunjukkan potensi lebih besar halaman mendapat peringkat lebih baik di mesin pencari. Artinya, setiap artikel, halaman web produk, halaman tentang, dll., perlu mempertimbangkan Page Authority-nya agar lebih disukai oleh mesin pencari.

Domain Authority

Sama seperti Page Authority, Domain Authority (DA) adalah prediksi tentang bagaimana keberhasilan peringkat mesin pencari suatu domain diukur. 

Domain Authority memperkirakan efektivitas website secara keseluruhan dan harus  dipertimbangkan saat melakukan perombakan website. 

Semakin tinggi skor domain, semakin besar kemungkinan Google akan mempercayainya sebagai otoritas. Domain yang tinggi dapat mempengaruhi peringkat website secara signifikan di halaman hasil mesin pencari (SERP). 

Perbandingan Domain Authority vs Page Authority

Fungsi Domain Authority dan Page Authority

Domain Authority dan Page Authority sejatinya mirip menurut definisinya, tetapi kedua hal ini memiliki kekuatan yang berbeda untuk memprediksi peringkat website atau halaman. 

Page Authority mirip dengan Domain Authority karena berfokus pada kekuatan backlink, lalu lintas organik, dan faktor spam. 

Namun Page Authority berfokus pada URL satu halaman, sedangkan Domain Authority berfokus pada domain atau subdomain secara keseluruhan. 

Dalam praktik SEO, DA dan PA memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Untuk meraih posisi teratas suatu website di Halaman Mesin Pencari (SERP), Anda tidak boleh hanya mengandalkan Page Authority, tetapi juga harus mempertimbangkan Domain Authority. 

Pada dasarnya, Domain Authority yang kuat dapat membantu meningkatkan Page Authority halaman web individual dalam domain. 

Hal ini dikarenakan mesin pencari melihat website dengan Domain Authority tinggi dianggap lebih kredibel dan dapat dipercaya, yang pada gilirannya dapat menghasilkan peringkat yang lebih tinggi untuk halaman-halaman dalam domain tersebut.

Cara Mengecek Page Authority dan Domain Authority

Cara mengecek page authority dan domain authority sangatlah mudah. Saat ini ada banyak metode atau alat online yang bisa digunakan untuk mengecek kedua elemen ini pada suatu website, misalnya Moz, Ahrefs, dan Semrush. 

Cara Mengecek PA dan DA Melalui MOZ

Langkah 1: Memeriksa Alat Analisis SEO Domain. Setelah Anda membuka website yang ingin Anda teliti, ketik saja URL website yang ingin Anda teliti dan tekan tombol Analyze Domain

Langkah 2: Memeriksa Page Authority dengan Moz. Setelah setelah, lihat saja data yang disediakan setelah Moz menganalisis URL yang Anda masukkan. 

Langkah 3: Untuk Page Authority, Anda dapat melihat Link Explorer yang ditautkan di atas. Prosesnya hampir sama dengan Domain Explorer. 

Cara Mengecek PA dan DA Melalui Ahrefs

Meskipun agak mirip dengan Domain Authority Moz, Ahrefs menggunakan metrik “Site Authority” yang berbeda. 

Langkah 1: Seperti alat Moz, Ahrefs mengharuskan Anda memasukkan domain atau URL tertentu ke dalam pemeriksa.

Langkah 2: Setelah itu, Anda akan menerima rincian rincian otoritas situs Anda yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan pengoptimalan. Rincian ini terdiri dari Domain Rating (DR), profil Backlink dan Trafik Organik. 

Cara Mengecek PA dan DA Melalui Semrush

Menggunakan metrik yang mirip dengan Moz, Semrush menggunakan Semrush Authority Score untuk mengecek page authority dan domain authority secara keseluruhan. 

Langkah 1: Membuat akun

Langkah 2: Setelah membuat akun, navigasi ke desktop. Begitu berada di desktop, Anda cukup mencari domain dan halaman web tertentu dengan bilah pencarian di bagian atas. 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Domain Authority dan Page Authority

Fungsi Domain Authority dan Page Authority

Pada akhirnya, Domain Authority dan Page Authority sama-sama penting bagi situs web karena alasan yang berbeda tetapi terkait. Meski begitu, kedua elemen ini bukanlah faktor yang paling utama untuk pemeringkatan website oleh mesin pencaari. 

Faktor-faktor lain seperti relevansi dan kualitas konten, pengalaman pengguna, dan keberadaan kata kunci juga dapat mempengaruhi peringkat website di halaman hasil mesin pencari (SERP). Dalam hal mengoptimalkan Domain Authority dan Page Authority, ada sejumlah strategi yang dapat digunakan, yaitu: 

  • Backlink Berkualitas:

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi Domain Authority dan Page Authority adalah jumlah dan kualitas backlink yang mengarah ke halaman tertentu. Tautan yang relevan dan berkualitas tinggi dari situs web yang memiliki reputasi baik dapat meningkatkan otoritas suatu halaman secara signifikan.

  • Relevansi dan Kualitas Konten:

Mesin pencari mengutamakan relevansi dan kualitas konten. Halaman dengan konten informatif yang disusun dengan baik dan memuaskan keinginan pengguna cenderung memiliki Page Authority yang lebih tinggi. Hal ini nantinya juga akan mempengaruhi skor Domain Authority yang lebih tinggi karena sudah lebih dipercayai oleh mesin pencari. 

  • SEO pada Halaman:

Praktik SEO pada halaman yang tepat, termasuk tag meta, judul, dan penggunaan kata kunci yang dioptimalkan, berkontribusi pada Page Authority. Website yang terstruktur dengan baik dan mudah dinavigasi juga meningkatkan pengalaman pengguna.

  • Pengalaman Pengguna:

Pengalaman pengguna semakin penting dalam menentukan Page Authority. Faktor-faktor seperti kecepatan pemuatan halaman, responsivitas seluler , dan kegunaan keseluruhan berperan dalam algoritma mesin pencari.

  • Memanfaatkan media sosial:

Sinyal sosial, seperti share dan like, dapat membantu meningkatkan Domain Authority dan halaman. Dengan mempromosikan konten Anda secara aktif di platform media sosial, Anda dapat membantu membangun kehadiran dan kredibilitas online Anda.

Kesimpulan

Singkatnya, Domain Authority dan Page Authority adalah dua faktor pemeringkatan penting yang dapat mempengaruhi visibilitas dan keberhasilan website di halaman hasil mesin pencari secara signifikan. Meskipun keduanya saling terkait, keduanya memiliki tujuan yang berbeda dan harus dipertimbangkan secara terpisah dalam konteks SEO. 

Dengan membangun backlink berkualitas tinggi, membuat konten yang berharga dan relevan, memanfaatkan media sosial, dan mengoptimalkan SEO pada halaman, pemilik situs web dan profesional SEO dapat meningkatkan Domain Authority dan halaman mereka secara efektif.

Untuk bisa mempraktekkan analisis domain authority dan page authority agar peringkat website meningkat di mesin pencari, Anda terlebih memiliki website terlebih dahulu. Soal urusan web hosting murah, Anda bisa mencoba layanan IDWebhost. 


Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024