10 Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Website di Google
Blog SEO 10 Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Website di Google

10 Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Website di Google

Ketika kalian terjun di bidang website tentu tahu pentingnya mendapatkan visitor yang banyak. Apalagi sebagai pemilik bisnis dengan adanya trafik berlimpah pengunjung yang tinggi akan memberikan keuntungan yang luar biasa besar pada prospek bisnis jangka panjang. Peringkat website merupakan salah satu faktor yang berdampak pada seberapa besar trafik visitor akan mengakses situs yang kita miliki. Siapapun kalian baik seorang blogger, pengusaha atau pemilik website suatu keharusan untuk berupaya mendapatkan peringkat atas pencarian Google. Inilah yang nantinya akan menentukan keberhasilan bisnis kalian kedepannya.

Sebagian besar seorang pemilik website yang telah mengenal SEO (Search Engine Optimization) berupaya sebisa mungkin untuk mendapatkan page rank atau peringkat website yang baik di mesin pencari seperti Google. Memang benar SEO adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan peringkat atas hasil pencarian. Karena memang tidak ada cara terbaik untuk bisa memperoleh peringkat Google ini. Intinya bagaimana cara meningkatkan pengunjung ke website kita.

Saat orang sedang melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya hasil yang ditampilkan adalah rekomendasi dari pencarian. Semakin atas hasil pencarian maka persentase kemungkinan orang itu akan mengakses dan klik pada barisan atas akan semakin besar pula. Saat website kita memiliki hasil pencarian pada peringkat atas trafik yang didapatkan juga pasti terus meningkat.

Namun pada kenyatanya untuk kita bisa mendapatkan peringkat website di Google tidaklah semudah membalikkan telapak tangan ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Ada banyak faktor yang berpengaruh menentukan peringkat pencarian misalnya saja dari segi algoritma search engine dan lain sebagainya. Algoritma Google sendiri memungkinkan untuk menampilkan hasil penelusuran yang adil dan mencegah manipulasi hasil pencarian tersebut.

Yang Perlu Diperhatikan untuk Mendapatkan Peringkat Website

Ada faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google yang begitu banyak dan tidak ada yang bisa memastikan semuanya bahkan seorang SEO master sekalipun. Dengan demikian ada baiknya kita lebih berfokus pada penerapan SEO yang sesuai aturan dan pedoman yang telah Google berikan. Setidaknya kita telah berusaha semampu kita untuk memaksimalkan konten yang akan kita terbitkan nantinya. Nah berikut hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan peringkat website kalian:

 

Kecepatan Website

1. Kecepatan Website

Pernahkah kalian saat mencari kata kunci tertentu pada mesin pencari dan dari hasil pencarian setelah kalian klik ternyata situs tersebut tak kunjung terbuka bahkan masih loading terlalu lama?. Padahal kalian ingin segera mendapatkan informasi dari pertanyaan kalian kan?. Lantas jika mendapati situs yang seperti itu apa yang kalian lakukan apakah menunggu atau langsung kalian tutup halaman tersebut?. Pastinya seperti kebanyakan orang akan langsung menutup situs yang semacam itu.

Dari sini Google memberikan perhatian khusus pada hal semacam ini untuk memberikan pengalaman yang terbaik, akurat, dan relevan dari hasil pencarian. Bahkan Google sendiri memberikan pernyataan untuk bisa mendapatkan peringkat website atas selalu lakukan pengecekan pada kecepatan website.

Ada banyak tool yang bisa kalian gunakan untuk cek kecepatan website gratis seperti PageSpeed Insights, GTmetrix dan lain sebagainya.

konten yang berkualitas

2. Konten yang berkualitas

Sudah jelas konten adalah faktor penentu yang akan mempengaruhi peringkat website di mesin pencari. Pada dasarnya menulis konten berkualitas merupakan pilihan dari si penulis, kalian bisa memilih meluangkan waktu yang ada untuk menulis konten yang berkualitas atau menulis dengan asal-asalan. Pilihan kedua pastinya akan membuang-buang energi dan waktu kalian. Pilihan yang terbaik untuk memiliki website sukses adalah membuat konten berkualitas dengan penerapan SEO (Search Engine Optimization) yang telah kita pahami.

Adapun kriteria membuat konten berkualitas adalah:

  • Konten harus orisinil
  • Membuat headline yang baik dan kuat
  • Konten harus memberi jawaban atas pertanyaan pembaca
  • Akurat dan terpercaya dalam penyajiannya
  • Menciptakan engaging content
  • Tersedia gambar, video atau grafik
  • Memperhatikan EYD

Ciri-ciri konten website yang berkualitas

  • Konten berkualitas selalu mudah ditemukan (Findable)
  • Konten berkualitas mudah untuk dibagikan pada orang lain (Shareable)
  • Konten berkualitas berisikan tulisan yang mudah dibaca (Readable)
  • Konten baik akan selalu diingat (Memorable)

Penerapan SEO yang baik tingkatkan Peringkat Website

3. Penerapan SEO yang baik

Penerapan SEO tidak boleh terlewatkan atau diabaikan karena ini adalah salah satu faktor terpenting untuk mendapatkan peringkat website. Disini kita bisa menerapkan SEO Off Page dan SEO Onpage keduanya adalah bagian penting jika kita ingin mendapatkan peringkat Google search.

Optimasi Kata Kunci

4. Optimasi Kata Kunci

Ketika seseorang mencari informasi tertentu mereka akan mengetikkan kata kunci di pencarian. Dri kata kunci tersebut muncul hasil pencarian dari berbagai website dari yang teratas hingga hasil terbawah.Semakin atas hasil pencarian persentase klik akan semakin besara. Oleh karena itu optimasi kata kunci adalah faktor penentu peringkat website pada pencarian. Nah dalam penerapannya perlu di hindari yang namanya spam kata kunci atau keyword stuffing yaitu memasukan kata kunci yang berlebihan.

Penerapan Backlink

5. Penerapan Backlink yang Berkualitas

Backlink sendiri adalah link atau tautan yang mengarah ke website kita. Ini masuk dalam penerapan SEO Off Page. Semakin banyak backlink berkualitas yang kalian dapatkan akan semakin baik pula reputasi website kalian. Tentunya backlink yang didapatkan relevan dengan niche website kita. Kemudian backlink juga harus didapatkan dari website yang memiliki trafik bagus jangan sampai website abal-abal tidak punya trafik jadi backlink kita. Hal ini akan berpengaruh juga pada visitor yang akan klik link yang kita tanamkan pada website orang lain tersebut.

Nicetopik yang relevan

6. Nice/topik yang relevan

Boleh saja ketika kita membuat website dengan konten campuran, misalnya membahas seputar otomotif kemudian besok membahas kuliner besoknya membahas kecantikan hal ini tidak ada salahnya. Namun jika berbicara terkait SEO maka kalian harus berpikir ulang untuk membuat konten campuran. Disini tujuan kita adalah optimasi untuk mendapatkan peringkat website agar singgah di posisi atas. Relevansi ini tentu saja dari penerapan SEO ON Page dan SEO Off Page.

Jauh lebih mudah kita mempertahankan fokus pada niche tertentu dibandingkan dengan campuran. Kalian sudah tahu kan saat optimasi SEO pada bagian backlink mencari website yang relevan dengan website kita? Apa jadinya jika website kita campur aduk maka backlink yang kita dapatkan tidak berkualitas. Dan jika di ulas dari segi topik yang relevan ini masih banyak lagi terutama pengaruh pada Google search.

Baca juga: 5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search

Mobile Friendly

7. Pastikan Website Mobile Friendly

Saat ini sebagian besar orang sudah memiliki smartphone untuk berbagai keperluan. Dari pengguna internet sendiri saat ini terbanyak penggunanya berasal dari pengguna smartphone juga. Inilah mengapa Google merekomendasikan sebuah website untuk bisa di akses dengan baik dengan perangkat mobile. Bahkan Google sendiri telah meluncurkan Google AMP (Accelerated Mobile Pages) berfungsi untuk mempercepat akses pada perangkat mobile. Jadi bukan hal yang bisa dianggap sepele bahkan sejan 2018 kemasin algoritma Google lebih mengutamakan perangkat mobile.

Domain Authority

8. Meningkatkan Domain Authority

Salah satu cara Google menentukan reputasi website yaitu dengan menilai Domain Authority (DA) pada website tersebut. Nilai DA (Domain Authority) sendiri bisa diukur dari angka (0 sampai 100) semakin tinggi DA (Domain Authority) semaikn baik pula Google merekomendaikan website kalian di mesin pencari.

User Experience tingkatkan Peringkat Website

9. User Experience

Pengalaman pengguna atau User experience (UX) adalah bagaimana pengguna dapat merasakan pengalaman yang baik saat menjelajahi suatu website dengan mudah. Google juga bisa menilai pengalaman pengguna dengan AI mereka yang dinilai adalah CTR, Bounce Rate, Dwell Time. jika ingin jelas silahkan cari artikel mengenai AI dari Google tersebut.

Artikel yang bermanfaat meningkatkan Peringkat Website

10. Artikel yang bermanfaat

Blogger yang hebat adalah dia yang memberikan konten yang bermanfaat dan memberikan nilai tambah pada pembaca. Sebenarnya konten yang bermanfaat memiliki definisi yang luas tergantung nilai manfaat yang didapatkan pengguna. Saya sendiri sebagai penulis percaya bahwasanya Google pasti akan memberi reward atau hadiah khusus pada artikel yang bermanfaat pada pengguna.

Dengan konten yang ditunjukan pada orang bukan mesin maka kita harus ingat bahwa google diciptakan untuk bisa menyajikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tentunya dengan menjawab pertanyaan dari kata kunci yang dimasukan oleh pengguna.

Demikian pembahasan kali ini tentang cara mendapatkan peringkat website di Google. Semoga bermanfaat dan memberikan nilai tambah untuk pembaca salam dari kami IDwebhost.